Latihan Soal 2 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas XII

  


Garis yang sejajar dengan bidang ABGH adalah ....


Jawab: d
Sebagai pembahasannya garis yang sejajar dengan bidang ABGH adalah AB, EF, HG, dan DC



Pasangan bidang yang sejajar adalah ....


Jawab : c
Cukup jelas ya


bidang yang tidak memotong bidang ADHE adalah ....


Jawab : a
Sebagai pembahasannya adalah
bidang ADHE dengan opsi (b) yaitu bidang ABFE berpotongan di AE (potongan berupa garis). Demikian juga 
bidang ADHE dengan opsi (c) yaitu bidang ABCD berpotongan di AD (potongan berupa garis juga). 
Demikian juga untuk bidang DCGH dan EFGH masing-masing berpotongan dengan bidang ADHE di HD dan EH


Jika panjang panjang sisi kubus adalah 6 cm,

maka panjang CE adalah .... cm


Jawab : b

Sebagai pembahasannya adalah sebagai berikut

Karena CE adalah diagonal ruang maka 

perhatikanlah ilustrasi berikut

Sehingga cukup jelas, ya



Jika panjang rusuk tegaknya adalah 13 cm

dan panjang rusuk KL = 8 cm dan LM = 6 cm

Jarak titik T ke bidang KLMN adalah ... cm



Jawab: e
Perhatikanlah ilustrasi berikut

Pada limas T.KLMN titik tengah alas berupa persegi pajang adalah titik O (bisa juga dikatakan titik O adalah proyeksi titik T pada bidang KLMN)

Sekarang kita partisi dengan memperhatikan segitiga TOM yang siku-siku di titik O.
Karena OM adalah setengan dari panjang KM dan panjang KM secara Pythagoras adalah 10 cm, maka panjang OM adalah 5 cm.

Sehingga untuk jarak titik T ke bidang KLMN di atas cukup di wakili jarak titik T ke titik O dan panjang TO sendiri adalah sisi pengapit sisi siku-siku segitiga TOM, maka



Sebagai TAMBAHANnya
Anda perlu mengingat triple Pythagoras agar dalam pengerjaan soal berikutnya lebih menghemat waktu, yaitu

Tripel Pythagoras 
  •  3, 4, 5
  •  5, 12, 13
  •  7, 24, 25
  •  8, 15, 17
  •  9, 40, 41
  •  11, 60, 61
  •  12, 35, 37
  •  13, 84, 85
  •  15, 112, 113
  •  16, 63, 65
  •  17, 144 , 145
  •  20, 21, 29
  •  20, 99, 101
  •  28, 45, 53
  •  33, 56, 65
  •  36, 77, 85
  •  39, 80, 89
  •  48, 55, 73
  •  65, 72, 97
  •  60, 91, 109

 

pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : e
Jawaban cukup jelas


Jika panjang rusuk kubus adalah   cm, 

maka panjang HB adalah .... cm


Jawab : a

Karena HB adalah diagonal ruang, maka panjang HB adalah 



Jika jarak titik A ke titik G adalah 9 cm,

maka jarak titik A ke titik B adalah .... cm


Jawab : c


Jika panjang rusuknya adalah 12 cm,

maka panjang KT adalah ... cm


Jawab : b

Sebelumnya silahkan perhatikan panjang beberapa unsur kubus berikut


Sehingga panjang  KT adalah :

Jika masih mengalami kesulitan, 
pembaca dapat menuliskan pertanyaan di kolom komentar

Jika panjang rusuknya adalah 12 cm,

maka panjang OU adalah ... cm


Jawab : d

Perhatikanlah segitiga siku-siku TOK dengan titik siku-sikunya di titik O.

untuk menentukan panjang OU, maka 



Dan jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami solusi di atas, 

Anda dapat menyampaikan pertanyaan di kolom komentar


terima kasih 




Latihan Soal 1 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas XII

 






.\qquad \: \begin{array}{|c|c|l|c|c|}\hline \textrm{No}&\textrm{Pilihan}&\textrm{Keterangan}&\textrm{Opsi}&\textrm{Simpulan}\\\hline 1&(\textrm{i})&\begin{aligned}AC&=a\sqrt{2}\\ &=\left ( 8\sqrt{2} \right )\sqrt{2}=16\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&16\: \: \textrm{cm}&\textrm{Benar}\\\hline 2&(\textrm{ii})&\begin{aligned}AG&=a\sqrt{3}\\ &=\left ( 8\sqrt{2} \right )\sqrt{3}=8\sqrt{6}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&16\: \: \textrm{cm}&\textrm{Salah}\\\hline 3&(\textrm{iii})&\begin{aligned}A&\: \: \textrm{ke garis}\: \: CD\: \: \textrm{sama dengan}\\ A&\: \: \textrm{ke}\: \: D,\: \textrm{sama dengan sisi kubus}\\ \textrm{y}&\textrm{aitu}\: \: AD=a=8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm}&\textrm{Benar}\\\hline 4&(\textrm{iv})&\begin{aligned}A&\: \: \textrm{ke garis}\: \: BG\: \: \textrm{sama dengan}\\ A&\: \: \textrm{ke}\: \: B,\: \textrm{sama dengan sisi kubus}\\ \textrm{y}&\textrm{aitu}\: \: AB=a=8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&8\sqrt{3}\: \: \textrm{cm}&\textrm{Salah}\\\hline \end{array}





Sebagai tambahan penjelasan berikut diilustrasikan panjang beberapa unsur dalam kubus








dan









Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A terletak pada garis AB

(2) titik A terletak di luar garis BC

(3) titik A pada bidang ABFE

(4) titik A di luar bidang ABCD

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....

Jawab: e

Cukup jelas baik poin (1), (2), maupun (3)



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik M terletak pada garis LM

(2) titik N terletak di luar garis KL

(3) titik R pada bidang KLMN

(4) titik K dilalui garis SN

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : a

Jawaban cukup jelas



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A pada bidang  

(2) titik B pada bidang  

(3) titik C di luar garis AB

(4) titik C tidak pada bidang  

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : d

Jawaban juga cukup jelas



Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : c

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas




Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : b

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas pemabahasannya





 

Latihan Soal 12 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas X

$\begin{array}{ll}\\ 106.&\textrm{Diberikan gambar daerah yang diarsir }\\ &\textrm{berikut ini}\: ....\\ \end{array}\\$.


$.\qquad \begin{array}{l}\\ \textrm{Daerah yang diarsir merupakan daerah }\\ \textrm{penyelesaian dari}\\ \textrm{a}.\quad y<-x^{2}-5x-14\\ \textrm{b}.\quad y>x^{2}-5x-14\\ \textrm{c}.\quad \color{red}y\leq x^{2}-5x-14\\ \textrm{d}.\quad y\geq x^{2}+5x-14\\ \textrm{e}.\quad y\leq x^{2}+5x+14\\\\ \textbf{Jawab}:\quad \textbf{c}\\ \begin{aligned}&\color{blue}\textbf{Alternatif  1}\\ &\textrm{Ambil titik uji saja}\: \: (0,0)\: \: \textrm{untuk menguji}\\ &\textrm{wilayah fungsi}\: \: y...x^{2}-5x-14\\ &\color{blue}\textbf{Alternatif  2}\\ &\textrm{Fungsi di atas adalah fungsi}:\\ &y=f(x)=ax^{2}+bx+c\\ &\textrm{Karena kurva menghadap ke atas, maka}\\ &\textrm{maka nilai}\: \: \textbf{a}\: \: \textrm{positif}\\ &\textrm{Jelas pilihan}\: \: \textbf{a}\: \: \textrm{salah}\\ &\textrm{karena}\: :\: a<0\\ &\textrm{Karena kurva puncaknya di kuadran IV}\\ &\textrm{maka nilai}\: \: \textbf{b}<0\: \: \\ &\textrm{Jelas pilihan}\: \: \textbf{d,e}\: \: \textrm{salah}\\ &\textrm{Karena kurva memotong sumbu-Y}\\ &\textrm{di bawah sumbu-X. maka nilai}\: c<0\\ &\textrm{Dan karena kurva berupa kurva}\: \textbf{mulus}\\ &\textrm{maka jawaban}\: \: \textbf{b}\: \: \textrm{juga salah}\\ &\textrm{karena jika digambar akan berupa}\\ &\textrm{kurva yang putus-putus}.\\ &\textrm{Jadi, jawaban yang mungkin adalah}\: :\: \textbf{c} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 107.&\textrm{Diberikan gambar daerah yang diarsir }\\ &\textrm{berikut ini}\: ....\\ \end{array}\\$.


$.\qquad \begin{array}{l}\\ \textrm{Daerah yang diarsir merupakan daerah }\\ \textrm{penyelesaian dari}\\ \textrm{a}.\quad x^{2}+y^{2}\leq 4\: ;\: x+2y\leq 4\\ \textrm{b}.\quad x^{2}+y^{2}\leq 4\: ;\: x+2y\geq 4\\ \textrm{c}.\quad x^{2}+y^{2}\leq 16\: ;\: y\geq x+1\\ \textrm{d}.\quad \color{red}x^{2}+y^{2}\leq 16\: ;\: y\leq x+1\\ \textrm{e}.\quad x^{2}+y^{2}\leq 16\: ;\: x-y\leq 1\\\\ \textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ \begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa ada sebuah lingkaran}\\ &\textrm{dengan persamaan}:\: x^{2}+y^{2}=16\: \textrm{dan}\\ &\textrm{sebuah garis}\: \: y=x+1.\\ &\textrm{Ambil titik uji saja}\: \: (0,0)\: \: \textrm{untuk menguji}\\ &\textrm{wailayah lingkaran dan sekitar garis}\\ &\textrm{yaitu}:\\ &\bullet \quad (0,0)\Rightarrow 0^{2}+0^{2}...16\: \: \textrm{dan}\\ &\bullet \quad (0,0)\Rightarrow 0...0+1\\ &\textrm{Tentunya tanda yang tepat adalah}:\: \: \leq .\\ &\textrm{Sehingga wilayah yang terarsir di atas}\\ &\begin{cases} & x^{2}+y^{2}\leq 16 \\ & y\leq x+1 \end{cases} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 108.&\textrm{Diberikan gambar daerah yang diarsir }\\ &\textrm{berikut ini}\: ....\\ \end{array}\\$.


$.\qquad \begin{array}{l}\\ \textrm{Daerah yang diarsir merupakan daerah }\\ \textrm{penyelesaian dari}\\ \textrm{a}.\quad y\leq x^{2}+5x\: ;\: y\geq x-2\\ \textrm{b}.\quad y\leq x^{2}+5x\: ;\: y\geq x+2\\ \textrm{c}.\quad \color{red}y\leq x^{2}+5x\: ;\: y\leq x+2\\ \textrm{d}.\quad y\leq x^{2}-5x\: ;\: y\geq x+2\\ \textrm{e}.\quad y\leq x^{2}-5x\: ;\: y\leq x+2\\\\ \textbf{Jawab}:\quad \textbf{c}\\ \begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa dua buah kurva, yaitu}\\ &\textrm{linear dan kuadrat}:\\ &\begin{cases} y... & ax^{2}+bx+c \\ y... & px+q \end{cases}\\ &\color{blue}\textbf{Alternatif 1}\\ &\textrm{Ambil titik uji saja}\: \: (0,0)\: \: \textrm{untuk menguji}\\ &\textrm{wilayah kedua kurva tersebut}\\ &\color{blue}\textbf{Alternatif 2}\\ &\textrm{Lihat titik ekstrim fungsi kuadratnya}\\ &\textrm{Karena berada di kuadran III, maka}\\ &\textrm{nilai}\: \: \textbf{b}>0,\: \: \textrm{akibatnya opsi jawaban}\\ &\textbf{d}\: \: \textrm{dan}\: \: \textbf{e}\: \: \textrm{salah}.\\ &\textrm{Dan karena garis linearnya (garis lurus)}\\ &\textrm{sumbu-Y di atas sumbu-X, maka jawaban}\\ & \textbf{a}\: \: \textrm{salah}\\ &\textrm{Tinggal opsi jawaban}\: \: \textbf{b}\: \: \textrm{dan}\: \: \textbf{c}\\ &\textrm{dengan titik uji}\: \: (0,0),\: \textrm{maka opsi}\: \: \textbf{c}\\ &\textrm{yang paling tepat} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 109.&\textrm{Diberikan gambar daerah yang diarsir }\\ &\textrm{berikut ini}\: ....\\ \end{array}\\$.


$.\qquad \begin{array}{l}\\ \textrm{Daerah yang merupakan daerah }\\ \textrm{penyelesaian dari}\\ \begin{cases} y &\geq x^{2}-1 \\ y & \leq 4-x^{2} \end{cases}\\ \textrm{Ditunjukkan oleh daerah}\\ \textrm{a}.\quad \color{red}\textbf{I}\\ \textrm{b}.\quad \textbf{II}\\ \textrm{c}.\quad \textbf{III}\\ \textrm{d}.\quad \textbf{IV}\\ \textrm{e}.\quad \textbf{V}\\\\ \textbf{Jawab}:\quad \textbf{a}\\ \begin{aligned}&\textrm{Dengan titik uji}\: \: (0,0)\: \: \textrm{didapatkan}\\ &\bullet \quad y \leq x^{2}-1\Rightarrow 0\geq 0-1\: \: \textbf{benar}\\ &\qquad\textrm{lihat ilustrasi gambar 109.a di bawah}\\ &\bullet \quad y \leq 4-x^{2} \Rightarrow 0\leq 4-0\: \: \textbf{benar}\\ &\qquad\textrm{lihat ilustrasi gambar 109.b di bawah}\\ &\textrm{Jika kedua gambar dikolaborasi menjadi}\\ &\textrm{gambar 109.c}\\ \end{aligned} \end{array}$.






$\begin{array}{ll}\\ 110.&\textrm{Diberikan gambar daerah yang diarsir }\\ &\textrm{berikut ini}\: ....\\ \end{array}\\$.

$.\qquad \begin{array}{l}\\ \textrm{Daerah yang diarsir merupakan daerah }\\ \textrm{penyelesaian dari}\\ \begin{cases} 2y &\leq 3x^{2}-27 \\ y & \leq -2x-x^{2} \\ y & \leq -x^{2}-5 \end{cases}\\ \textrm{Ditunjukkan oleh daerah}\\ \textrm{a}.\quad \textbf{I}\\ \textrm{b}.\quad \textbf{II}\\ \textrm{c}.\quad \textbf{III}\\ \textrm{d}.\quad \textbf{IV}\\ \textrm{e}.\quad \color{red}\textbf{V}\\\\ \textbf{Jawab}:\quad \textbf{e}\\ \begin{aligned}&\textrm{Dengan titik uji}\: \: (0,0)\: \: \textrm{didapatkan}\\ &\bullet \quad 2y \leq 3x^{2}-27\Rightarrow 0\leq 0-27\: \: \textbf{salah}\\ &\bullet \quad y \leq -2x-x^{2} \Rightarrow 0\leq 0\: \: \textbf{bisa benar}\\ &\qquad \textrm{tetapi saat titiknya diganti}\\ &\qquad (1,0)\: \: \textrm{jelas tampak salahnya}\\ &\bullet \quad 2y \leq -x^{2}-5\Rightarrow 0\leq 0-5\: \: \textbf{salah}\\ &\textrm{Dari semua fakta di atas}\\ &\textrm{opsi e yang paling mungkin benar}\\ \end{aligned} \end{array}$