Lanjutan 3 : Grafik Fungsi Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XI)

3. Grafik Fungsi Tangen



x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)013313311330x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)13313311330

Pada fungsi Tangen demikian juga nanti Cotangen ada beberapa nilai yang tida terdefinisi. Dalam fungsi Tangen fungsi, nilai fungsi yang tidak terdefini terdapat saat nilai  x=π2=90 dan x=3π2=270. Sehingga pada saat posisi nilai itu, maka dibuatlah garis putus-putus pada grafik yang dan ditampakkan berupa grais vertikal yang selanjutnya garis vertikal itu disebut sebagai asimtot.


LIMIT FUNGSI ALJABAR

 A. Pendahuluan

Mengingat kembali definisi limit yang telah dipelajari sebelumnya di kelas XI, yaitu limit fungsi aljabar f(x) yang didefinisikan dengan:

limxaf(x)=LadalahJikaxmendekatiadengan tidak sama dengana,maka nilaif(x)mendekatiL.

Perhatikan definisi di atas istilah  xmendekatia dituliskan dengan simbol  (xa). Suatu nilai limit dianggap ada jika nilai f(x) mendekati  a dari arah kiri sama dengan nilai f(x) mendekati  a dari arah kanan dengan nilai yang sama misalnya L. Jika disimbolkan pernyataan ini menjadi berikut

limxaf(x)=limxa+f(x)=limxaf(x)=L .

Perlu diperhatikan bahwa didekati darikiridisimbolkan denganlimxaf(x),dankanandisimbolkan denganlimxa+f(x).

CONTOH SOAL.

1.Tentukanlah nilai limit darif(x)=x24x2Jawab:Perhatikanlah ketika fungsix24x2di sekitarx=2sebagaimana dalam tabelberikut.


.Jadi, nilailimx2x24x2=2atau dapat dikatakannilailimx2x24x2adameskipun nilai substitusi langsungx=2yaituf(0)=02000=00berupa bentuk taktentu. Berikut ilustrasinya


2.Selidikilah limit fungsi berikut apakahmemiliki harga limitlimx5f(x),untukf(x)={xsaatx<55xsaatx5Jawab:Perhatikanlah ketika didekati dari kiri yaitux5,makalimx5f(x)=xataulimx5f(x)=5boleh juga dituliskan denganlimx5f(x)=x=5.Sedangkan ketikadidekati dari arah kanan yaitux5+,makalimx5+f(x)=limx5+(5x)=55=0.Karena nilailimx5f(x)limx5+f(x),makanilai atau hargalimx5f(x)tidak adaBerikut ilustrasi gambarnya.
3.Selidikilah limit fungsi berikut apakahmemiliki harga limitlimx0f(x),untukf(x)=cosxJawab:Perhatikanlah ketika didekati dari kiri yaitux0,makalimx0cosxx0,50,40,30,20,10cosx......0,9999860,9999940,99999851Sedangkan ketikadidekati dari arah kanan yaitux0+,makalimx0+cosxx00,10,20,30,40,5cosx10,99999850,9999940,999986......Karena nilailimx0f(x)=limx0+f(x)=1,makanilailimx0cosx adaBerikut ilustrasi gambarnya.

B. Sifat-Sifat Limit Fungsi

Misalkanfdangadalah fungsi-fungsi yangmempunyai nilai limit di titik sekitarx=aatau(xa)dancadalah suatu konstantasertanadalah suatu bilangan bulat positif,maka berlaku sifat-sifat berikut:1.limxac=c2.limxaxn=an3.limxac.f(x)=c.limxaf(x)4.limxa(f(x)±g(x))=limxaf(x)±limxag(x)5.limxa(f(x)×g(x))=limxaf(x)×limxag(x)6.limxaf(x)g(x)=limxaf(x)limxag(x)7.limxa(f(x))n=[limxaf(x))]n8.limxaf(x)n=limxf(x)n,denganlimxaf(x)0danngenap



Lanjutan 2 : Grafik Fungsi Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XI)

2. Grafik Fungsi Cosinus


x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)1123122120121221231x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)123122120121221231


Notasi Sigma Lanjutan Induksi Matematika (Matematika Wajib Kelas XI)

A. Pendahuluan

Notasi sigma dari asalnya dari yaitu dari huruf yunani yang memiliki makna jumlah. Dalam matematika lambang notasi sigma ""  selanjutnya akan menunjukkan penjumlahan yang teratur sehingga penulisan sebuah deret dari suatu bilangan yang berpola tertentu dapat disederhanakan lebih ringkas.

Sebagai ilustrasinya untuk deretny adalah sebagai berikut

a.1+2+3+4+5++100b.1+3+5+7+9++199c.12+22+32+42+52++1002

Dari bentuk deret di atas jika dimodelkan dengan notasi sigma maka bentuknya akan menjadi lebih sederhana, yaitu:

i=1nai=a1+a2+a3++anDibaca:"Jumlahdariaiuntukidari 1 sampai dengann"danaiadalah suku kei

Sehingga contoh ilustrasi deret di atas jika dinotasikan dengan notasi sigma menjadi

a.1+2+3+4+5++100=i=1100ib.1+3+5+7+9++199=i=1100(2i1)c.12+22+32+42+52++1002=i=1100i2

B. Sifat-Sifat Notasi Sigma

Misalkan diketahui ak  dan bk  adalah suku ke-k dan C adalah sebuah konstanta, maka

k=1nC=nCk=1nC.ak=Ck=1nakk=1n(ak+bk)=k=1nak+k=1nbkk=1n(ak+bk)2=k=1nak2+2k=1nakbk+k=1nbk2k=1nak=k=1n1ak+ank=1nak=k=1mak+k=m+1nak,1<m<n

CONTOH SOAL

1.Uraikan jumlah berikut dengan lengkapa.k=14kf.k=132kb.k=14(k3)g.k=1313kc.k=145kh.k=15(k2+1)d.k=13(4k+2)i.k=145(23)ke.k=13(2k+3)j.k=15(k2+2k3)

Jawab1.Perhatikanlah,a.k=14k=1+2+3+4=10b.k=14(k3)=(13)+(23)+(33)+(43)=2.c.k=145k=5.1+5.2+5.3+5.4=50d.k=13(4k+2)=(4.1+2)+(4.2+2)+(4.3+2)=30e.k=13(2k+3)=(2.1+3)+(2.2+3)+(2.3+3)=21f.k=132k=21+22+23+24=2+4+8+16=30g.k=1313k=131+132+133=13+19+127=9+3+127=1327h.k=15(k2+1)=++++i.k=145(23)k=+++j.k=15(k2+2k3)=++++

2.Nyatakanlah penjumlahan berikut dengan notasi sigmaa.2+4+8+16+32+64b.2+6+18+54+162c.15+24+35+48d.23+45+87+169+3211e.ab+a2b2+a3b3+a4b4

Jawab(a)2+4+8+16+32+64=k=162k(b)2+6+18+54+162=k=152.3k1(c)15+24+35+48=k=14(k2+6k+8)(d)23+45+87+169+3211=k=152k(2k+1)(e)ab+a2b2+a3b3+a4b4=k=14(ab)k

3.Dengan menggunakan kaidah notasi sigma,tunjukkan bahwaa.k=16(2k+3)=2k=16k+18b.k=38(k+3)=k=16k+30c.k=25(2k2+3k+3)=2k=14k2+7k=14k+32d.k=05k2=k=16k22k=16k+6e.k=36(k2+2k3)=k=16k2+6k=14+20

Jawab(a)k=16(2k+3)=k=162k+k=163=k=162k+6.3=2k=16k+18(b)k=38(k+3)=k=3282((k+2)+3)=k=16(k+5)=k=16k+k=165=k=16k+6.5=k=16k+30(c)k=25(2k2+3k+3)=k=2151(2(k+1)2+3(k+1)+3)=(d)k=05k2=k=0+15+1(k1)2=(e)k=36(k2+2k3)=

LATIHAN SOAL

.Buktikanlah bahwaa.k=612k2=k=17k2+10k=17k+175b.k=1n(3k1)2=9k=1nk26k=1nk+nc.k=mnak=k=m+pn+pakpd.i=mnai=i=1naii=1m1aie.k=1nak=k=0n1ak+1=k=2n+2ak1f.k=1n5ak=k=1nakk=(n5)+1nak


DAFTAR PUSTAKA

  1. Kuntarti, Sulistiyono, Kurnianingsih, S. 2005. Matematika untuk SMA dan MA Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
  2. Kuntarti, Sulistiyono, Kurnianingsih, S. 2007. Matematika SMA dan MA untuk Kelas XII Semester 2 Program IPA Standar Isi 2006. Jakarta: ESIS.


Lanjutan 1 : Grafik Fungsi Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XI)

B. Grafik Fungsi Trigonometri

Dalam melukis grafik fungsi trigonometri nantinya yang ditampilkan adalah nilai-nilai untuk sudut istimewa saja. Dan selanjutnya besar sudutnya disajikan dalam derajat dan atau radian.

Selanjutnya perhatikanlah uraian berikut

1. Grafik Fungsi Sinus


x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)0121221231123122120x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)121221231123122120


Induksi Matematika (Kelas XI Matematika Wajib)

A. Pendahuluan

Misalkan kita menjumlahkan 100 bilangan ganjil pertama (anggap saja sebagai penjumlahan suku pertama sampai suku ke seratus) yaitu : 1+3+5+...+199, maka untuk memudahkannya kita dapat menentukan cara menjumlahkan dengan atau menurut pola tertentu sebagaimana ilstrasi berikut ini

1=12=S11+3=22=S21+3+5=32=S31+3+5+7=42=S41+3+5+7+9=52=S51+3+5+7+9++(2n1)=n2=Sn1+3+5+7+9++199=1002=S100

B. Induksi Matematika

Pola bilangan tertentu dalam matematika sebagaimana misal contoh di atas dapat ditarik suatu bentuk umum. Selanjutnya untuk membuktikan bahwa suatu bentuk umum dari sebuah pernyataan berlaku, kita dapat menggunakan Induksi Matematika ini. Tentunya semunya dari pernyataan tersebut harus memenuhi kriteria tertentu. Sehingga Induksi Matematika dapat juga disebutkan sebagai proses pembuktian pernyataan (teorema) dari kejadian-kejadian khusus yang berlaku untuk setiap bilangan asli.

Dalam pembuktian dengan Induksi Matematika, perhatikanlah beberapa langkah-langkah ini

Misalkan P(n) adalah suatu pernyataan yang akan dibuktikan kebenarannya untuk semua bilangan asli n, maka

Langkahnya:(1)buktikanP(1)benar untukn=1Selanjutnya disebut Langkah Basis(2)Asumsikan pernyataan berlaku untukn=k,yaituP(k)benar, dengankA,maka untukn=k+1bahwaP(k+1)juga benarSelanjutnya disebut Langkah Induksi(3)Setelah langkah(1)dan(2)terpenuhiatau benar, maka dapat disimpulkan bahwaP(n)benar untuk setiapnSelanjutnya disebut Konkulsi


CONTOH SOAL

(1)Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlaku1+2+3+...+n=n(n+1)2Bukti

.DiketahuiP(n)1+2+3+...+n=n(n+1)2(a)Langkah basisP(1)benar, karena1=1(1+1)2(b)Langkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)1+2+3+...+k=k(k+1)2,makauntukn=k+1:1+2+3++(k)+(k+1)=(k+1)(k+2)21+2+3++(k)k(k+1)2+(k+1)=(k+1)(k+2)2k(k+1)2+(k+1)=(k+1)(k+2)2(k+1)(k2+1)=(k+1)(k+2)2(k+1)k+22=(k+1)(k+2)2(k+1)(k+2)2=(k+1)(k+2)2P(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1(c)Kesimpulan/KonklusiJadi,P(n)berlaku untuknN.

(2)Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlaku1+3+5+7+...+(2n1)=n2Bukti

.DiketahuiP(n)1+3+5+...+(2n1)=n2(a)Langkah basisP(1)benar, karena2.11=121=1(b)Langkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)1+3+5+...+(2k1)=k2,makauntukn=k+1:1+3+5++(2k1)+(2(k+1)1)=(k+1)21+3+5++(2k1)k2+(2(k+1)1)=(k+1)2k2+(2(k+1)1)=(k+1)2k2+(2k+21)=(k+1)2k2+2k+1=(k+1)2(k+1)2=P(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1(c)Kesimpulan/KonklusiJadi,P(n)berlaku untuknN.

(3)Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlaku2n3<2n2Bukti

.DiketahuiP(n)2n3<2n2(a)Langkah basisP(1)benar, karena2.13<212demikian pula untukn=2(b)Langkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)(2k3)<2k2,makauntukn=k+1:2(k+1)3=2k+23=(2k3)+2<2k2+2sehingga(2k3)+2<2k2+2<2k2+2k2,untukk3(2k3)+2<2.2k2(2k3)+2<2(k+1)2maka rumus berlaku untukP(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1(c)Kesimpulan/KonklusiJadi,P(n)berlaku untuknN.

(4)Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlaku(1+h)n1+nhBukti

.DiketahuiP(n)(1+h)n1+nh(a)Langkah basisP(1)benar, karena(1+h)11+1h(b)Langkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)(1+h)k1+kh,makauntukn=k+1:(1+h)k+1(1+kh)(1+h)(1+h)k+1(1+(k+1)h+kh2)(1+h)k+11+(k+1)hmaka rumus berlaku untukP(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1(c)Kesimpulan/KonklusiJadi,P(n)berlaku untuknN.

.Catatanuntukk=2(1+h)2=1+2h+h21+2h,maka(1+h)n1+nh

(5)Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlakuh=1n3h=32(3n1)Bukti

.DiketahuiP(n)h=1n3h=32(3n1)(a)Langkah basisP(1)benar, karena untukn=131=32(311)(b)Langkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)h=1k3h=32(3k1),makauntukn=k+1:h=1k+13h=h=1k3h+h=k+1k+13h=32(3k1)+3k+1=12(3k+13+2.3k+1)=12(3.3k+13)=32(.3k+11)maka rumus berlaku untukP(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1(c)Kesimpulan/KonklusiJadi,P(n)berlaku untuknN.

LATIHAN SOAL

.Buktikanlah dengan induksi matematikauntuknbilangan asli berlaku

.1.2+4+6+8+...+2n=n2+n2.12+22+32+...+n2=16n(n+1)(2n+1)3.13+23+33+...+n3=14n2(n+1)24.1.2+2.3+3.4+...+n(n+1)=13n(n+1)(n+2)5.11.2+12.3+13.4+...+1n(n+1)=nn+16.11.3+13.5+15.7+...+1(2n1)(2n+1)=n2n+17.11.2.3+12.3.4+13.4.5+...+1n(n+1)(n+2)=n(n+3)4(n+1)(n+2)8.1+12+13+...+1n<2n+129.n3nhabis dibagi oleh310.n5nhabis dibagi oleh511.5n+6.7n+1habis dibagi oleh412.52n1habis dibagi oleh313.3n12n14.2n+7<(n+3)215.2+4+6+8+...+2n2n16.(3+5)n+(35)nhabis dibagi oleh2n

DAFTAR PUSTAKA

  1. Budhi, W.S., 2018. Bupena Mathematika SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.
  2. Kemendikbud. 2017. Matematika untuk SMA/MA/SMK Kelas XI Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
  3. Tampomas, H. 1999. SeribuPena Matematika Jilid 3 untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Erlangga
  4. Tim ITB. 2007. Program Pembinaan Kompetensi Siswa Bidang Matematika Tahap 1. Bandung: LPPM ITB


Persamaan Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XI)

A. Persamaan Trigonometri

Ada minimal 3 yang utama untuk persmaan trigonometri sederhana, yaitu:

1.sinx=sinαx={=α+k.360=(180α)+k.360dengankZ

.atau

.sinx=sinαx={=α+k.2π=(πα)+k.2πdengankZ

2.cosx=cosαx={=α+k.360=α+k.360dengankZ

.atau

.cosx=cosαx={=α+k.2π=α+k.2πdengankZ

3.tanx=tanαx=α+k.180dengankZ

.atau

.tanx=tanαx=α+k.πdengankZ

CONTOH SOAL

1.Tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan-persamaan trigonometri berikutini untuk0x360a.sinx=12f.tanx=133k.sin2x=12b.cosx=123g2cosx=3l.cos2x=123c.tanx=3h3tanx=3m.tan2x=3d.sinx=1i.sinx=sin46n.sin(2x30)=sin45e.cosx=122j.cosx=cos93o.sin(2x+60)=sin90

.Jawab:

.a.sinx=12sinx=sin30x={30+k.360(18030)+k.360k=0diperoleh:x={30(memenuhi)150(memenuhi)k=1tidak ada yang memenuhiHP={30,150}

.b.cosx=123cosx=cos30x={30+k.36030+k.360k=0diperoleh:x={30(memenuhi)30(tidak memenuhi)k=1x={30+360=390(tidak memenuhi)30+360=330(memenuhi)HP={30,330}

.c.tanx=3tanx=tan60x=60+k.180k=0diperoleh:x=60memenuhik=1x=60+180=240memenuhik=2x=60+360=420tidak memenuhiHP={60,240}

.d.sinx=1sinx=sin270x={270+k.360(180270)+k.360k=0diperolehx={270memenuhi90tidak memenuhik=1tidak memenuhi semuanyaHP={270}

.n.sin(2x30)=sin45(2x30)={45+k.360(18045)+k.3602x={45+30+k.360135+30+k.360x={37,5+k.18082,5+k.180k=0diperolehx={37,582,5k=1diperolehx={37,5+180=217,582,5+180=262,5k=2tidak ada yang memenuhiHP={37,5,82,5,217,5,262,5}

Contoh Soal 10 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

46.Jumlah akar-akar persamaan5x+1+52x30=0adalah....a.2b.1c.0d.1e.2Jawab:d5x+1+52x30=0(5x).51+525x30=05(5x)2+2530(5x)=0Persamaan kuadratdalam5x,maka5(5x)230(5x)+25=0{a=5b=30c=25(5x1).(5x2)=ca5x1+x2=255=55x1+x2=51x1+x2=1

47.Jumlah akar-akar persamaan2020x27x+7=2021x27x+7adalah....a.7b.5c.3d.5e.7Jawab:e2020x27x+7=2021x27x+7Karena basistidak sama,maka haruslah pangkatnya=0,x27x+7=0dan jumlahakar-akarnya adalah:x1+x2=ba,dari persamaanx27x+7=0{a=1b=7c=7makax1+x2=ba=71=7

48.Nilai dari22020+2201822018+22016adalah... .a.2b.5c.10d.20e.40Jawab:b22020+2201822018+22016=24.22016+22.2201622.22018+22016=22016(24+22)22016(22+1)=16+44+1=205=4

49.(UM IPB)Jikaab=abdanab=a3bmaka nilaiaadalah....a.0b.0,5c.1d.0,25e.0,75Jawab:aDiketahuiab=abb=aba=ab1.....1makaab=a3b...............21ke2aab1=a3ba2b=a3b2b=3b4b=2b=12................33ke1a(12)=a1214a2=aa24a=0a(a4)=0a=0ataua=4

50.Jika3.x32=4,makax=....a.1,1b.1,2c.1,3d.1,4e.1,5(SAT Test Math Level 2)Jawab:c3.x32=4(3.x32)2=4232.x3=42x3=4232x3=4232×33x34232×43x3(4333)x3(43)3x43x1,333x1,3

51.Hitunglah22071220712207122071...8nyatakan jawabannya dalam bentuk a±bcddengan a, b, c, dan d bilangan-bilangan bulat

Pembahasan:

x8=2207122071220712207...x8x8=22071x8x8+1x8=2207(x4+1x4)2=2207+2(x4+1x4)=2209=47

x4+1x4=47(x2+1x2)2=47+2x2+1x2=49=7(x+1x)2=7+2x+1x=9=3x23x+1=0,persamaan kuadrat dalam x,gunakan rumus abcx1,2=3±52=3±152=a±bcdSehingga,{a=3b=1c=5d=2


DAFTAR PUSTAKA

  1. Enung, S., Untung, W. 2009. Mandiri Matematika SMA Jilid I untuk Kelas X. Jakarta: ERLANGGA.
  2. Kanginan, M., Nurdiansyah, H., Akhmad, G. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA
  3. Kanginan, M., Terzalgi, Y. 2013. Matematika untuk SMA-MA/SMK Kelas X Wajib. Bandung: SEWU.
  4. Susianto, B. 2011. Olimpiade Matematika dengan Proses Berpikir Aljabar dan Bilangan. Jakarta: GRASINDO. 


Contoh Soal 9 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

41.Penyelesaian pertidaksamaan eksponen(13)2x+1>273x1adalah....a.x>65b.x<65c.x>56d.x<2e.x<2Jawab:d(13)2x+1>273x13(2x+1)>312(3(x1))(2x+1)>12(3(x1))4x2>4x4x+x>4+23x>63x<6x<2

42.(UMPTN 01)Nilaixyang memenuhi4x2x2.2x2+3x10<116adalah....a.x<5ataux>2b.x<2ataux>53c.2<x<1d.2<x<53e.5<x<2Jawab:d4x2x2.2x2+3x10<11622(x2x2)+(x2+3x10)<242(x2x2)+(x2+3x10)<43x22x+3x410+4<03x2+x10+<0(x+2)(3x5)<02<x<53

43.(SPMB 04 Mat IPA)Himpunan Penyelesaianpertidaksamaan eksponen24x23x+2<(12)36x3adalah....a.{x|x>4}b.{x|x>2}c.{x|x<1}d.{x|1<x<4}e.{x|2x3}Jawab:d24x23x+2<(12)36x321+22(x23x+2)<236x31+(x23x+2)<36x3x23x+3<1+2xx25x+4<0(x1)(x4)<01<x<4

44.(SBMPTN 2015 Mat IPA)Nilaicyang memenuhi(0,12)4x2+8x+c<(0,0144)x2+4x+4adalah....a.c>0b.c>2c.c>4d.c>6e.c>8Jawab:e(0,12)4x2+8x+c<(0,0144)x2+4x+4(0,12)4x2+8x+c<(0,12)2(x2+4x+4)4x2+8x+c>2(x2+4x+4)2x2+c8>0haruslah definit positifSyaratnya{a=2>0D=b24ac<0MakaD=b24ac<0ambil dari2x2c8=0{a=2b=0c=c8=024.2(c8)<08c+64<08c<648c>64c>8

45.Nilaixyang memenuhi92x10.9x+9>0,xRadalah....a.x<1ataux>0b.x<0ataux>1c.x<1ataux>2d.x<1ataux>2e.x<1ataux>1Jawab:b92x10.9x+9>0(9x)210.(9x)+9>0(9x1)(9x9)>09x<1atau9x>99x<90atau9x>91x<0ataux>1

Contoh Soal 8 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

36.Bentuk sederhana dari33+800272162=....(SIMAK UI 2012 Mat IPA)a.22b.82c.2+2d.2+52e.8+52Jawab:bmisalkan,x=33+800272162=(33+202272.92)=33+20227182x2=33+202+271822(33+202)(27182)=60+22233.2733.182+27.20220.18.2=60+222891720+54025942=60+222171542=60+2221712.272=60+222171227.272=60+2221712162.9=60+222162+92162.9=60+222(1629)=60+222(923)x2=66162x=662.82=64+2264.2=642=82

37.Jika12+3+5=a2+b3+c512,makaa+b+c=....(UM UGM 2016 Mat Das)a.0b.1c.2d.3e.4Jawab:e12+3+5=12+3+5×(2+35)(2+35)=2+35(2+3)2(5)2=2+352+3+22.35=2+3526×66=12+183012=23+323012=32+233012{a=3b=2c=1a+b+c=3+2+(1)=4

38.Tunjukkan bahwa1+21+31+41+51+=3Buktix2=x2x2=1+(x21)=1+(x1)(x+1)=1+(x1)(x+1)2=1+(x1)1+(x+1)21=1+(x1)1+(x+11)(x+1+1)=1+(x1)1+x(x+2)=1+(x1)1+x(x+2)2=1+(x1)1+x1+(x+2)21=1+(x1)1+x1+(x+21)(x+2+1)=1+(x1)1+x1+(x+1)(x+3)=1+(x1)1+x1+(x+1)(x+3)2x2=1+(x1)1+x1+(x+1)...x=1+(x1)1+x1+(x+1)...

39.Jika bentukab1a1b1dinyatakan dalam pangkat positif=....a.a2abb.a2a1c.baabd.a2bae.1ab(\textit{SAT Test Math Level 2})Jawab:dab1a1b1=ab1a1b1×bb=aa1b1=aa1b1×aa=a2ba

40.Jika terdapat hubungan berikuta.2p=3q=6r,tunjukkan bahwapr+qrpq=0b.2x=32y=6z,tunjukkan bahwa 2xy2yzxz=0c.315a=55b=153c,tunjukkan bahwa 5abbc3ac=0

bukti

Yang akan ditunjukkan adalah no. 40 yang poin c, yaitu:

315a=55b=153c{3=55b15a315a5b=b(ab=cda=cdbatauabd=c)315a=153c315a=(3×5)3c315a=(3×315a5b)3c315a=33c+9cbaf(x)=ag(x)f(x)=g(x)15a=3c+9acb15ab=3bc+9ac5ab=bc+3ac5abbc3ac=0


Contoh Soal 7 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

31.Nilaixyang memenuhix+x+x+=3adalah... .a.3b.6c.7d.8e.9Jawab:bMisalkanA=+x++x+x+x+=3dikuadratkanx+x+x+x+=9x+3=9x=93x=6

32.Nilaixyang memenuhix=494949333adalah... .a.777b.7c.14d.49e.813Jawab:bx=494949333x3=49494949333x3=49xx2=49x=49=7

33.Nilaixyang memenuhixxxxx=2020adalah... .a.2020b.20202020c.20202020d.20202020e.20202020Jawab:bxxxxx=2020x2020=2020x=20202020

34.Nilai dari1+231+23+43adalah... .a.1b.23+1c.231d.43+1e.431Jawab:e1+231+23+43×231231=(23)2123+43+8312343=431831=43121=431

35.Nilai dari5+2+525+1322adalah... .a.1b.221c.122d.53e.25Jawab:a5+2+525+1322=5+2+525+1×5+15+1322=7+35+355+1(21)=(3+52)+(512)5+1+12=2+2521+5+12=22+12=2+12=1


Contoh Soal 6 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

26.(UM UGM 05)Hasil dari0,3+0,08=a+b,maka1a+1b=....a.25b.20c.15d.10e.5Jawab:c0,3+0,08=0,2+0,1+4×0,2×0,1=0,2+0,1+2×0,2×0,1=0,2+0,1maka,a=0,2,b=0,1sehingga1a+1b=10,2+10,1=5+10=15

27.(SPMB 06)Jika bilangan bulatadanbmemenuhi565+6=a+b30,makaab=....a.22b.11c.9d.2e.13Jawab:a565+6=565+6×5656=5230+656=112301=11+230sehinggaa=11,b=2,makaab=(11)×2=22

28.(OSK 2013)Misaladanbbilangan aslidengana>b.Jika94+22013=a+bmaka nilaiabadalah... .Jawab:94+22013=61+33+261×33=61+33=a+bSehinggaa=61,b=33,makaab=6133=28

29.Daerah hasil dari fungsi eksponeny=x23adalah....a.y<0b.y>0c.y0d.y0e.Semua bilangan realJawab:bPerhatikanlah gambar berikut


.diketahuiy=x23y3=x2y3=1x2,atauy3×x2=1,sehinggaytidak mungkin berharga0

30.Jikaf(x)=bx,di mana konstan positif,f(x2+x)f(x+1)=....a.f(x2)b.f(x+1)f(x1)c.f(x+1)+f(x1)d.f(x+1)f(x1)e.f(x21)Jawab:ef(x2+x)f(x+1)=bx2+xbx+1=bx2+x(x+1)=bx21=f(x21)


Contoh Soal 5 Fungsi Eksponen (Matematika Peminatan Kelas X)

 21.Nilaipqpquntukp=2danq=2adalah....a.18b.14c.1d.18e.256Jawab:epqpq=(2(2))2(2)=44=256

22.Bentuk sederhana dari3x+8(73x+1×34x1)2(72x×33x+2)3adalah....a.49b.9c.7d.72x+2e.32x1Jawab:a3x+8(73x+1×34x1)2(72x×33x+2)3=3x+8+2(4x1)×72(3x+1)73.2x×33(3x+2)=3x+8x+82×76x+239x+6×76x=30×72=1×49=49

23.Jika(0,24)3(0,243)5(3,6)7=2p3q5r,maka nilaip+q+radalah....a.7b.8c.9d.10e.11Jawab:c(0,24)3(0,243)5(3,6)7=(24100)3×(2431000)5(3610)7=(8×3)3×(35)5(22×32)7×1071003×10005=(23×3)3×325(214×314)×107(102)3×(103)5=2914.33+2514.107615=25.314.1014=25.314.(2.5)14=2514.321.514=219.314514Sehinggap+q+r=19+14+14=9

24.Nilai eksak dari1102020+1+1102019+1+...+1102019+1+1102020+1a.2020b.2020,5c.2021d.2021,5e.2022Jawab:bMisal,x=1102020+1+1102019+1+...+1102019+1+1102020+1maka,x=11102020+1+11102019+1+...+1102019+1+1102020+1=1020201+102020+1020191+102019+...+1102019+1+1102020+1=1020201+102020+1102020+1+1020191+102019+1102019+1+...+110+1=102020+1102020+1+102019+1102019+1+102018+1102018+1+...+101+1101+1+110+1=1+1+1+1+1+...+1sebanyak2020+12=2020,5

25.Nilai dari54+145+12235+32107adalah....a.10b.11c.12d.56e.66Jawab:cmisal diketahuix=54+145+12235+32107untuk54+145=49+5+2.75=7+512235=7+527.5=7532107=25+72.57=57+=7+5=12