Contoh Soal Lanjutan 2 Bangun Ruang Dimensi Tiga (Matematika Wajib Kelas XII)

 


Garis yang sejajar dengan bidang ABGH adalah ....


Jawab: d
Sebagai pembahasannya garis yang sejajar dengan bidang ABGH adalah AB, EF, HG, dan DC



Pasangan bidang yang sejajar adalah ....


Jawab : c
Cukup jelas ya


bidang yang tidak memotong bidang ADHE adalah ....


Jawab : a
Sebagai pembahasannya adalah
bidang ADHE dengan opsi (b) yaitu bidang ABFE berpotongan di AE (potongan berupa garis). Demikian juga 
bidang ADHE dengan opsi (c) yaitu bidang ABCD berpotongan di AD (potongan berupa garis juga). 
Demikian juga untuk bidang DCGH dan EFGH masing-masing berpotongan dengan bidang ADHE di HD dan EH


Jika panjang panjang sisi kubus adalah 6 cm,

maka panjang CE adalah .... cm


Jawab : b

Sebagai pembahasannya adalah sebagai berikut

Karena CE adalah diagonal ruang maka 

perhatikanlah ilustrasi berikut

Sehingga cukup jelas, ya



Jika panjang rusuk tegaknya adalah 13 cm

dan panjang rusuk KL = 8 cm dan LM = 6 cm

Jarak titik T ke bidang KLMN adalah ... cm



Jawab: e
Perhatikanlah ilustrasi berikut

Pada limas T.KLMN titik tengah alas berupa persegi pajang adalah titik O (bisa juga dikatakan titik O adalah proyeksi titik T pada bidang KLMN)

Sekarang kita partisi dengan memperhatikan segitiga TOM yang siku-siku di titik O.
Karena OM adalah setengan dari panjang KM dan panjang KM secara Pythagoras adalah 10 cm, maka panjang OM adalah 5 cm.

Sehingga untuk jarak titik T ke bidang KLMN di atas cukup di wakili jarak titik T ke titik O dan panjang TO sendiri adalah sisi pengapit sisi siku-siku segitiga TOM, maka



Sebagai TAMBAHANnya
Anda perlu mengingat triple Pythagoras agar dalam pengerjaan soal berikutnya lebih menghemat waktu, yaitu

Tripel Pythagoras 
  •  3, 4, 5
  •  5, 12, 13
  •  7, 24, 25
  •  8, 15, 17
  •  9, 40, 41
  •  11, 60, 61
  •  12, 35, 37
  •  13, 84, 85
  •  15, 112, 113
  •  16, 63, 65
  •  17, 144 , 145
  •  20, 21, 29
  •  20, 99, 101
  •  28, 45, 53
  •  33, 56, 65
  •  36, 77, 85
  •  39, 80, 89
  •  48, 55, 73
  •  65, 72, 97
  •  60, 91, 109














Contoh Soal Lanjutan Bangun Ruang Dimensi Tiga (Matematika Wajib Kelas XII)

 



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A terletak pada garis AB

(2) titik A terletak di luar garis BC

(3) titik A pada bidang ABFE

(4) titik A di luar bidang ABCD

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....

Jawab: e

Cukup jelas baik poin (1), (2), maupun (3)



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik M terletak pada garis LM

(2) titik N terletak di luar garis KL

(3) titik R pada bidang KLMN

(4) titik K dilalui garis SN

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : a

Jawaban cukup jelas



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A pada bidang  

(2) titik B pada bidang  

(3) titik C di luar garis AB

(4) titik C tidak pada bidang  

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : d

Jawaban juga cukup jelas



Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : c

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas




Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : b

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas pemabahasannya





Persamaan Nilai Mutlak

$\LARGE{\textrm{A. Pendahuluan}}$

Nilai Mutlak suatu bilangan adalah sebuah jarak yang pengukurannya dimulai dati titik O pada suatu garis bilangan.


\begin{array}{cccc|cccc}\\ &&&&&&\\ &&&&&&\\ \left | x \right |=-x&&&&&&&\left | x \right |=x\\\hline \color{red}x<0&&&\color{blue}O&&&&\color{magenta}x>0\\ &&&&&&\\ \end{array}

Selanjutnya nilai mutlak disimbokan dengan |x|, dengan

$\left | x \right |=\begin{cases} x,\quad \textrm{untuk}\: \: x> 0\\ 0,\quad \textrm{untuk}\: \: x=0 \\ -x,\quad \textrm{untuk}\: \: x< 0 \end{cases}$

Sebagai contohnya adalah:

|2020| = 2020 dan |-2020| = - (-2020) = 2020

Sebagai catatan sebuah bilangan diposisi paling depan dalam perhitungan dalam matematika tanda bilangannya jika tidak dituliskan selalu bertanda positif.


$\color{blue}\LARGE{\textrm{Contoh Soal}}$

Coba perhatikan 

$\begin{aligned}2-\left | -3 \right |+\left | 10 \right |-\left | 5 \right |+9-7&=2-\color{red}3\color{black}+10-5+9-7\\ &=+2+10+9-3-5-7\\ &=+(2+10+9)-(3+5+7)\\ &=+21-15\\ &=+6\\ &=6 \end{aligned}$

Selanjutnya cara model pengerjaan di atas cukup dituliskan dengan
\begin{aligned}2-\left | -3 \right |+\left | 10 \right |-\left | 5 \right |+9-7&=2-\color{red}3\color{black}+10-5+9=6 \end{aligned}

$\LARGE{\textrm{B. Menyelesaikan Persamaan Nilai Mutlak}}$

$\LARGE{\textrm{a. Bentuk}}$  $\left | f(x) \right |=a\: \: \textrm{dengan}\: \: a\geq 0$

Solusi dari bentuk di atas adalah  $f(x)=\pm a$

Perhatikan contoh berikut ini

$\begin{array}{l}\\ \textrm{Tentukanlah penyelesaian berikut}\\ \left | x-2020 \right |+2=2021\\\\ \textrm{Jawab}:\\ \left | x-2020 \right |+2=2021\\ \left | x-2020 \right |=2021-2\\ \left | x-2020 \right |=2019\\ x-2020=\pm 2019\\ \begin{array}{ll}\\ \color{red}\textrm{Bentuk 1}&\color{blue}\textrm{Bentuk 2}\\ x-2020=2019&x-2020=-2019\\ x=2019+2020&x=-2019+2020\\ x=4039&x=1 \end{array} \end{array}$

$\LARGE{\textrm{b. Bentuk}}$ $\left | f(x) \right |=g(x)$

Penyelesaian bentuk di atas sama persis dengan kasus di poin a di atas tetapi bedanya, hasil yang telah didapatkan harus diuji dulu apakah masuk wilayah daerah penyelesaian tang dimasud atau bukan. Andai hasil yang didapatkan termasuk pada wilayah yang diharapkan, maka hasil tersebut merupakan penyelesaian persamaan model ini dan andai kata tidak memenuhi, maka hasil yang didapat bukan termasuk penyelesaian.

Coba perhatikanlah contoh soal berikut
$\begin{array}{l}\\ \textrm{Tentukanlah nilai}\: \: x\: \: \textrm{jika}\: \: \left | x+2 \right |=3x-4 \end{array}$

Jawab:
Perhatikanlah langkah berikut
$\begin{aligned}\textrm{untuk}\: \: \left | x+2 \right |&=3x-4\: \: \begin{cases} x\geq -2 & \text{maka } \Rightarrow x+2=+(3x-4)\\ x< -2& \text{maka } \Rightarrow x+2 =-(3x-4) \end{cases} \end{aligned}$
$\begin{array}{|c|c|}\hline x\geq -2&x< -2\\\hline \begin{aligned}x+2&=+(3x-4)\\ x+2&=3x-4\\ x-3x&=-4-2\\ -2x&=-6\\ x&=3 \end{aligned}&\begin{aligned}x+2&=-(3x-4)\\ x+2&=-3x+4\\ x+3x&=4-2\\ 4x&=2\\ x&=\displaystyle \frac{1}{2} \end{aligned}\\\hline \color{blue}\textrm{memenuhi}&\color{red}\textrm{tidak memenuhi}\\\hline \end{array}$
Jadi yang memenuhi persamaan di atas cuma x = 3 saja

$\LARGE{\textrm{c. Bentuk}}$ $\left | f(x) \right |=\left | g(x) \right |+a$

Penyelesaian bentuk ini adalah dengan menggunakan definisi mutlak. Selanjutnya perbagian dikondisikan sesuai dengan posisinya beraitan dengan pertidaksamaan yang nanti timbul sebagai batas wilayah daerah penyelesaian.
berikut ini diberikan contoh soalnya



$\LARGE\fbox{Contoh Soal}$





Lanjutan Limit Fungsi Trigonometri

B. Definisi Limit 

CONTOH

Tentukanlah nilai dari limit 

JAWAB:

Saat kita diberikan   , bagaimana saat nilai x mendekati 2, 

Perhatikanlah tabel berikut!

Karena dari kiri dan dari kanan menunjukkan hasil yang sama yaitu 4 (hasilnya), maka dapat disimpulkan bahwa nilai 

Sebagai gambarannya dapat kita gambarkan hasil di atas sebagai berikut


Sebagai pengingat Kekontinuan suatu fungsi

Definisi

CONTOH

Selidikilah apakah  fungsi 

 

kontinu di x = 2

JAWAB:


Daftar Pustaka

1. Noormandiri. 2017. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: ERLANGGA.

LIMIT FUNGSI

 A. Pengertian Limit

Definisi:

Limit suatu fungsi f(x) ketika x mendekati a akan sama dengan L selanjutnya dituliskan dengan

jika nilai fungsi f(x) dapat dibuat sedekat mungkin dengan L dengan cara mengkondisikan nilai x sedekat mungkin dengan a tetapi tidak sama dengan a.

Selanjutnya limit suatu fungsi f(x) itu ada jika nilai limit (harga batas) tersebut memiliki kiri dan limit kanan yang bernilai sama 

Coba perhatikanlah contoh berikut


Jika kita ilustrasikan lewat grafik akan didapatkan