Latihan Soal 1 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas XII

 






.\qquad \: \begin{array}{|c|c|l|c|c|}\hline \textrm{No}&\textrm{Pilihan}&\textrm{Keterangan}&\textrm{Opsi}&\textrm{Simpulan}\\\hline 1&(\textrm{i})&\begin{aligned}AC&=a\sqrt{2}\\ &=\left ( 8\sqrt{2} \right )\sqrt{2}=16\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&16\: \: \textrm{cm}&\textrm{Benar}\\\hline 2&(\textrm{ii})&\begin{aligned}AG&=a\sqrt{3}\\ &=\left ( 8\sqrt{2} \right )\sqrt{3}=8\sqrt{6}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&16\: \: \textrm{cm}&\textrm{Salah}\\\hline 3&(\textrm{iii})&\begin{aligned}A&\: \: \textrm{ke garis}\: \: CD\: \: \textrm{sama dengan}\\ A&\: \: \textrm{ke}\: \: D,\: \textrm{sama dengan sisi kubus}\\ \textrm{y}&\textrm{aitu}\: \: AD=a=8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm}&\textrm{Benar}\\\hline 4&(\textrm{iv})&\begin{aligned}A&\: \: \textrm{ke garis}\: \: BG\: \: \textrm{sama dengan}\\ A&\: \: \textrm{ke}\: \: B,\: \textrm{sama dengan sisi kubus}\\ \textrm{y}&\textrm{aitu}\: \: AB=a=8\sqrt{2}\: \: \textrm{cm} \end{aligned}&8\sqrt{3}\: \: \textrm{cm}&\textrm{Salah}\\\hline \end{array}





Sebagai tambahan penjelasan berikut diilustrasikan panjang beberapa unsur dalam kubus








dan









Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A terletak pada garis AB

(2) titik A terletak di luar garis BC

(3) titik A pada bidang ABFE

(4) titik A di luar bidang ABCD

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....

Jawab: e

Cukup jelas baik poin (1), (2), maupun (3)



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik M terletak pada garis LM

(2) titik N terletak di luar garis KL

(3) titik R pada bidang KLMN

(4) titik K dilalui garis SN

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : a

Jawaban cukup jelas



Jika diberikan pernyataan-pernyataan sebagai berikut

(1) titik A pada bidang  

(2) titik B pada bidang  

(3) titik C di luar garis AB

(4) titik C tidak pada bidang  

Pernyataan yang benar dan sesuai dengan 

kondisi gambar di atas adalah ....


Jawab : d

Jawaban juga cukup jelas



Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : c

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas




Pernyataan berikut yang benar adalah ....


Jawab : b

Jawaban sudah cukup jelas
apabila masih ada kendala bisa disampaikan dikolom komentar
agar bisa diperjelas pemabahasannya





 

Latihan Soal 12 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas X

106.Diberikan gambar daerah yang diarsir berikut ini.....


.Daerah yang diarsir merupakan daerah penyelesaian daria.y<x25x14b.y>x25x14c.yx25x14d.yx2+5x14e.yx2+5x+14Jawab:cAlternatif  1Ambil titik uji saja(0,0)untuk mengujiwilayah fungsiy...x25x14Alternatif  2Fungsi di atas adalah fungsi:y=f(x)=ax2+bx+cKarena kurva menghadap ke atas, makamaka nilaiapositifJelas pilihanasalahkarena:a<0Karena kurva puncaknya di kuadran IVmaka nilaib<0Jelas pilihand,esalahKarena kurva memotong sumbu-Ydi bawah sumbu-X. maka nilaic<0Dan karena kurva berupa kurvamulusmaka jawabanbjuga salahkarena jika digambar akan berupakurva yang putus-putus.Jadi, jawaban yang mungkin adalah:c.

107.Diberikan gambar daerah yang diarsir berikut ini.....


.Daerah yang diarsir merupakan daerah penyelesaian daria.x2+y24;x+2y4b.x2+y24;x+2y4c.x2+y216;yx+1d.x2+y216;yx+1e.x2+y216;xy1Jawab:dDiketahui bahwa ada sebuah lingkarandengan persamaan:x2+y2=16dansebuah garisy=x+1.Ambil titik uji saja(0,0)untuk mengujiwailayah lingkaran dan sekitar garisyaitu:(0,0)02+02...16dan(0,0)0...0+1Tentunya tanda yang tepat adalah:.Sehingga wilayah yang terarsir di atas{x2+y216yx+1.

108.Diberikan gambar daerah yang diarsir berikut ini.....


.Daerah yang diarsir merupakan daerah penyelesaian daria.yx2+5x;yx2b.yx2+5x;yx+2c.yx2+5x;yx+2d.yx25x;yx+2e.yx25x;yx+2Jawab:cDiketahui bahwa dua buah kurva, yaitulinear dan kuadrat:{y...ax2+bx+cy...px+qAlternatif 1Ambil titik uji saja(0,0)untuk mengujiwilayah kedua kurva tersebutAlternatif 2Lihat titik ekstrim fungsi kuadratnyaKarena berada di kuadran III, makanilaib>0,akibatnya opsi jawabanddanesalah.Dan karena garis linearnya (garis lurus)sumbu-Y di atas sumbu-X, maka jawabanasalahTinggal opsi jawabanbdancdengan titik uji(0,0),maka opsicyang paling tepat.

109.Diberikan gambar daerah yang diarsir berikut ini.....


.Daerah yang merupakan daerah penyelesaian dari{yx21y4x2Ditunjukkan oleh daeraha.Ib.IIc.IIId.IVe.VJawab:aDengan titik uji(0,0)didapatkanyx21001benarlihat ilustrasi gambar 109.a di bawahy4x2040benarlihat ilustrasi gambar 109.b di bawahJika kedua gambar dikolaborasi menjadigambar 109.c.






110.Diberikan gambar daerah yang diarsir berikut ini.....

.Daerah yang diarsir merupakan daerah penyelesaian dari{2y3x227y2xx2yx25Ditunjukkan oleh daeraha.Ib.IIc.IIId.IVe.VJawab:eDengan titik uji(0,0)didapatkan2y3x2270027salahy2xx200bisa benartetapi saat titiknya diganti(1,0)jelas tampak salahnya2yx25005salahDari semua fakta di atasopsi e yang paling mungkin benar














Lanjutan Materi 2 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel

 3. Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Kuadrat dan Kuadrat (SPDVKK)

Bentuk Persamaan (SPDVKK)

Bentuk Umum:{ax2+by2+cxy+dx+ey+f=0px2+qy2+rxy+sx+ty+u=0.

Perhatikan tabel berikut

1.Penyelesaiany=y2.Proses:ax2+bx+c=px2+qx+rdengansyaratap0diubah kebentuk umumAx2+Bx+C=0denganD=B24AC3.Sebagai PenjelasanD>0SPDVKK mempunyai 2 penyelesaian berbedaD=0SPDVKK mempunyai 1 penyelesaian sajaD<0SPDVKK tidak mempunyai penyelesaian.

Bentuk Pertidaksamaan (SPtDVKK)

Bentuk Umum:yax2+bx+cypx2+qx+rCatatan:Tanda Ketaksamaan bisa digantidengan tanda ketaksamaan yanglainnya

Bentuk Pertidaksamaan dari SPtDVKK adalah wilayah atau daerah dengan menentukan penyelesaian seperti persamaan langkah awalnya kemudian dibuatkan wilayah yang menunjukkan pertidaksamaannya. Wilayah SPtDVKK ini adalah irisan antara wilayah penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat yang pertama dengan wilayah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat yang kedua.

CONTOH SOAL.

1.Carilah ada/tidaknya penyelesaian dari SPDVKK berikut ini.{y=x2y=x2+2x+1dan sketsalah tafsiran geometrinyaJawab:Diketahui bahwa:{y=x2y=x2+2x+1substitusikany=x2key=x2+2x+1sehingga diperolehx2=x2+2x+12x2+2x+1=0{a=2b=2c=1Karena, nilaiD=b24ac=(2)24(2)(1)=48=4<0maka diperoleh keterangan bahwa kedua parabola tersebuttidak berpotongan dan tidak bersinggungan.

2.Tentukan himpunan penyelesaian dari SPtDVLK berikut ini{y4x2yx22x3Jika ada, sketsalah tafsiran geometrinyaJawab:a.Pembuat nol fungsi,{y=4x2y=x22x3,yaitu:Untuk:y=f(x)=4x24x2=0x2=4x=±2Jadi titik potongnya:(2,0)dan(2,0)Titik puncak grafik fungsinya(xss,y),yaitu:xss=baatauxss=x1+x22xss=2+(2)2=02=0,makay=f(0)=402=4Jadi, titik puncaknya:(0,4)Dan untuk:y=f(x)=x22x3x22x3=0(x+1)(x3)=0x=1ataux=3Jadi titik potongnya:(1,0)dan(3,0)Titik puncak grafik fungsinya(xss,y),yaitu:xss=baatauxss=x1+x22xss=(1)+32=22=1,makay=f(1)=122(1)3=4Jadi, titik puncaknya:(0,4)b.Melakukan uji titik untuk menentukanwilayah pertidaksamaan, yaitu:Ambil titik bebas saja, misal kita pilih lagititik(0,0),maka(0,0)y4x2040204benar(0,0)yx22x30022(0)303salahini berarti wilayah yang di dalamnyaterdapat titik uji(0,0)bukanwilayah penyelesaian kedua pertidaksamaantersebutc.Menggambar wilayah pertidaksamaanberikut ilustrasi gambarnya.


atau


DAFTAR PUSTAKA
  1. Kanginan, M., Akhmad, G., Nurdiansyah, H. 2014. Matematika untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA.
  2. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo: TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI.

Lanjutan Materi 1 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel

 2. Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear Kuadrat (SPtDVLK)

Bentuk Persamaan (SPDVLK)

Bentuk Umum:{ax+by+c=0px2+qy2+rxy+sx+ty+u=0.

Perhatikanlah tabel berikut

1.Penyelesaiany=y2.Proses:ax+b=px2+qx+rdiubah ke bentuk umumAx2+Bx+C=0denganD=B24AC3.Sebagai PenjelasanD>0SPDVLK mempunyai 2 penyelesaian berbedaD=0SPDVLK mempunyai 1 penyelesaian sajaD<0SPDVLK tidak mempunyai penyelesaian.

Bentuk Pertidaksamaan (SPtDVLK)

Bentuk Umum:yax2+bx+cypx+qCatatan:Tanda Ketaksamaan bisa digantidengan tanda ketaksamaan yanglainnya

Bentuk Pertidaksamaan dari SPtDVLK adalah wilayah atau daerah dengan menentukan penyelesaian seperti persamaan langkah awalnya kemudian dibuatkan wilayah yang menunjukkan pertidaksamaannya. Wilayah SPtDVLK ini adalah irisan antara wilayah penyelesaian dari pertidaksamaan linear dan wilayah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.

CONTOH SOAL.

1.Carilah ada/tidaknya penyelesaian dari SPDVLK berikut ini{y=x+2y=x23x+2Jika ada, sketsalah tafsiran geometrinyaJawab:Diketahui bahwa:{y=x+2y=x23x+2makay=yx23x+2=x+2x22x=0x(x2)=0x=0ataux=2selanjutnyahasil ini dapat kitasubstitusikan key=x+2untuk mendapatkan nilaiyyaitu:{x=0y=0+2=2,diperoleh titik(0,2)x=2y=2+2=0,diperoleh juga titik(2,0)sehingga HP-nya={(0,2),(2,0)}.

2.Tentukan himpunan penyelesaian dari SPtDVLK berikut ini{x+y<4yx29Jika ada, sketsalah tafsiran geometrinyaJawab:a.Pembuat nol fungsi,y=f(x)=x29,yaitu:x29=0x2=9x=±3Jadi titik potongnya:(3,0)dan(3,0)Titik puncak grafik fungsinya(xss,y),yaitu:xss=baatauxss=x1+x22xss=3+(3)2=02=0,makay=f(0)=029=9Jadi, titik puncaknya:(0,9)b.Melakukan uji titik untuk menentukanwilayah pertidaksamaan, yaitu:Ambil titik bebas saja, misal kita pilihtitik(0,0),maka(0,0)yx29002909benar(0,0)x+y<4jugabenar0+0<40<4ini berarti wilayah yang di dalamnyaterdapat titik uji(0,0)merupakanwilayah penyelesaian kedua pertidaksamaantersebutc.Menggambar wilayah pertidaksamaanberikut ilustrasi gambarnya.


atau


3.Tentukan himpunan penyelesaian dari SPtDVLK berikut ini{yx+2yx23x+2Jika ada, sketsalah tafsiran geometrinyaJawab:Dengan cara sama seperti no. 2:ditambah dengan{y=x+2y=x23x+2makay=yx23x+2=x+2x22x=0x(x2)=0x=0ataux=2selanjutnyahasil ini dapat kitasubstitusikan key=x+2untuk mendapatkan nilaiyyaitu:{x=0y=0+2=2,diperoleh titik(0,2)x=2y=2+2=0,diperoleh juga titik(2,0)sehingga titik potongnya={(0,2),(2,0)}Dan wilayah solusinya adalah irisandari kedua pertidaksamaan tersebutBerikut Gambar wilayahnya.


atau




Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel

Sebelumnya telah diketahui sistem persamaan linear dua variabel, silahkan lihat di sini.

1. Sistem Persamaan Dua Variabel Linear dan Kuadrat

Sebelumnya akan kita singgung dulu fungsi linear dan kuadrat sebagai mana tabel berikut:

Fungsi Linear

FungsiLinear adalah:fungsi di aman fungsi yang hanya memiliki satu variabelatau peubah dan berpangkat satu.Misal,f:xax+b.

Dalam menentukan persamaan linear/garis lurus adalah:

Melalui titik(x1,y1)Melalui titik(x1,y1)dan bergradienmdan(x2,y2)y=m(xx1)+y1yy1y2y1=xx1x2x1dengan:m=y2y1x2x1Sejajar denganTegak lurus dengangaris bergradienm1garis bergradienm1Syarat dua garisSyarat dua garisSejajarm1=m2Tegak lurusm1×m2=1y=m2(xx1)+y1y=1m2(xx1)+y1

Fungsi Kuadrat

PengertianSuatu fungsi yang berbentukf(x)=ax2+bx+ca,b,c,R,a0Grafik FungsiKeteranganTitik potong sumbu xJika adauntuk titik potongterhadap sumbu x Jika y = 0 maka ax2+bx+c=0Selanjutnya tinggalmenentukan nilai DD=b24acadalahnilai diskriminan.JikaD>0maka grafikmemotong sumbu xdi dua tempat berbedayaitu di(x1,0)dan(x2,0).dan jika D = 0maka grafik hanya menyinggungsumbu x di satu titikyaitu di (x1,0)dan jikaD<0maka grafiktidak memotongatau menyinggung sumbu xTitik potong sumbu ytitik potong terhadapsumbu y, jika x = 0y=f(x)=ax2+bx+cy=f(0)=a(0)2+b(0)+cy=cSumbu Simetri (SS)x=b2aTitik Puncak(b2a,D4a)Posisi grafikJikaa>0makagrafik terbuka ke atasDan jika nilaia<0makagrafik terbuka ke bawah.

Selanjutnya cara membuat grafik fungsi kudratnya adalah sebagai berikut:

Jika memotong sumbuXJika menyinggung sumbuXdi titik(x1,0)dan(x2,0)di titik(x1,0)dan melaluidan melalui sebuah titik lainsebuah titik lainy=f(x)=a(xx1)(xx2)y=f(x)=a(xx1)2Jika grafik fungsi itu melaluiJika grafik fungsi itu melaluiTitik puncakP(xp,yp)dantiga buah titik yaitu(x1,y1)sebuah titik lain(x2,y2)dan(x3,y3)y=f(x)=a(xxp)2+ypy=f(x)=ax2+bx+c.

CONTOH SOAL.

1.Jikafadalah fungsi linear denganf(2)f(2)=8,maka nilai darif(4)f(2)adalah....Jawab:Diketahui bahwa:f(x)=ax+bf(2)f(2)=(a(2)+b)(a(2)+b)=88=2a+2a8=4a2=af(x)=2x+b,denganbkonstanSehingga nilaif(4)f(2)=(2(4)+b)(2(2)+b)=8+b+4b=12.

2.Ubahlah86xx2ke dalam bentuka(x+b)2,selanjutnya tentukandaerah hasil darif(x)=86xx2untukxbilangan real(NTU Entrance Examination AO-level)Jawab:1.DiketahuiMisal86xx2=f(x)f(x)=x26x+8=(x2+6x8)=(x2+6x+917)=((x+3)217)=(x+3)2+172.Mencari koordinat(xSS,ySS)f(x)=x26x+8{a=1b=6c=8MakaxSS=b2a=(6)2(1)=3ySS=f(3)=(3+3)2+17=17(xSS,ySS)=(3,17)3.Nilai fungsiKarenaa=1<0maka fungsi menghadapke bawah,sehinggadaerahhasilnya(Rf)adalah:{<y17}Berikut ilustrasinya.

3.Jikaαdanβadalah akar-akar dari persamaan kuadratx2+mx+m=0,maka nilaimyang menyebabkan jumlah kuadrat akar-akar mencapaiminimum adalah....(UM UNDIP 2014 Mat Das)Jawab:Diketahuix2+mx+m=0persamaan kuadratdalamx,makax2+mx+m=x2(α+β)x+(αβ)=0{α+β=mαβ=mSelanjutnyaα2+β2=(α+β)22αβ=(m)22mdan dapat kita tuliskan sebagaif(m)=m22m{a=1b=2c=0fungsi kuadrat dalamm,sehingga kita perlu mencari titik(mSS,f(mSS)),tetapi yang kita perlukancumamnya saja, yaitu:m=mSS,denganmSS=b2a=(2)2.1=1.


Latihan Soal 10 Persiapan PAS Gasal Matematika Wajib Kelas XI

 91.Titik A(4,-4) dicerminkan terhadapgarisy=xtan15menghasilkanbayanganA(a,b)adalah...a.3d.43b.23c.33e.63Jawab:d(ab)=(cos2θsin2θsin2θcos2θ)(xy)=(cos2.15sin2.15sin2.15cos2.15)(44)=(cos30sin30sin30cos30)(44)=(1231212123)(44)=(2322+23){a=232b=2+23maka nilai daria+b=(232+2+23)=43.

92.Lingkaranx2+y25x+8y+7=0ditranslasikan olehT=(mn)menghasilkanbayanganx2+y29x+2y+6=0.Nilaim+n=...a.2d.5b.3c.4e.6Jawab:dDiketahui sebuah lingkaran dengan persamaan:x2+y25x+8y+7=0karena akibat translasi, maka{x=xmy=ynx2+y25x+8y+7=0sehingga(xm)2+(yn)25(xm)+8(yn)+7=0x2+y22mx2ny+m2+n25x+5m+8y8n+7=0x2+y2(2m+5)x+(82n)y+m2+n2+5m8n+7=0x2+y29x+2y+6=0(akhir bayangan){9=2m+5m=22=82nn=3Jadi , nilaim+n=2+3=5.

93.Jika titik A(-2,1) dicerminkan terhadap garisy=13x3,maka bayangan darititik \textit{A} tersebut adalah....a.A(1123,12+3)b.A(1123,12+3)c.A(1123,123)d.A(1123,123)e.A(1+123,12+3)Jawab:bDiketahuibahwa:y=13x3=(133)x=(tan30)x=tan(18030)x=tan150.xmakaθ=1502θ=300(xy)=(cos2θsin2θsin2θcos2θ)(xy)=(cos300sin300sin300cos300)(21)=(1212312312)(21)=(1123312).

94.Bayangan titik A(2,4) dicerminkan terhadap garisyx=0dilanjutkanke garisx33y=0adalah...a.A(2+3,1+23)b.A(2+3,123)c.A(13,2+3)d.A(2+3,1+23)e.A(23,123)Jawab:aDiketahui bahwa:{x33y=0y=133xy=tan30.xxy=0y=x(xy)=(cos2θsin2θsin2θcos2θ)(0110)(xy)=(cos2.30sin2.30sin2.30cos2.30)(0110)(xy)=(1212312312)(0110)(24)=(3+21+23).

95.JikaT1=(1211)danT2=(2513)maka bayangan garisx+y+1=0olehT2T1adalah...a.x2y1=0b.x+2y1=0c.x+2y+1=0d.x2y+1=0e.x+y1=0Jawab:aDiketahui bahwa:(xy)=T2T1(xy)=(2513)(1211)(xy)=(2+54+51+32+3)(xy)=(3121)(xy)=(3x+y2x+y)Diperolehx=3x+yy=2x+yxy=xx=xy....(1)makay=x3x=x3(xy)=3y2x....(2)Sehinggax+y+1=0xy+3y2x+1=0x+2y+1=0x2y1=0makabayangan garisnyax2y1=0.

96.Garis2x+y+4=0ditranslasikanoleh(25)dilanjutkan transformasioleh(1201)persamaan bayangannyaadalah...a.2x+y+3=0b.2x3y+3=0c.2x+3y+3=0d.3x+2y+3=0e.3x2y+3=0Jawab:bDiketahui bahwa:(xy)=(xy)+(25)=(x2y+5)(xy)=(1201)(xy)=(1201)(x2y+5)=(x2+2y+10y+5)=(x+2y+8y+5)Diperolehx=x+2y+82y=2y+10x2y=x2x=x2y+2....(1)makay=y5....(2)sehingga2x+y+4=02(x2y+2)+(y5)+4=02x3y+3=0makabayangan garisnya2x3y+3=0.

97.DiketahuiMadalah pencerminan terhadapgarisy=xdanTadalah transformasiyang dinyatakan oleh matriks(2301)Koordinat bayangan titikA(2,8)olehtransformasiMdilanjutkan olehTadalah...a.(10,2)b.(2,10)c.(10,2)d.(10,2)e.(2,10)Jawab:cDiketahui bahwa:(xy)=TM(xy)=(2301)(0110)(28)=(032+00+10+0)(28)=(3210)(28)=(6+162+0)=(102).

98.JikaWadalah transformasi olehmatriks(1031),maka titik muladariW(2,5)adalah...a.(11,2)b.(11,2)c.(2,11)d.(2,11)e.(12,11)Jawab:cDimisalkan:A=(25),danW=(1031),sertaX=(xy)makaA=BXB1A=B1BXB1A=I.XB1A=XX=B1A(xy)=1|1031|(1031)(25)=1.(2+06+5)=(211).

99.Jika setiap titik pada grafik dengandengan persamaany=xdicerminkanterhadap garisy=x,maka persamaangrafik yang dihasilkan adalah...a.y=x2,x0b.y=x,x0c.y=x2,x0d.y=x,x0e.y=x,x0UMB Tahun 2011 Kode 152Jawab:aDiketahui bahwa:y=x,atauy2=xAlternatif 1makasaat dicerminkan terhadapgarisy=x,adalahx2=yatauy=x2.Alternatif 2Jikaingin dikerjakan dengan rumus(xy)=Mx=y(xy)=(0110)(xy)=(yx)Selanjutnya hasilnya disubstitusikanke persamaany=xx=yy=xmakay=(x)2selanjutnyay=x2.

Sebelum dicerminkan terhadap garis y=x
Gambar kurva/grafik setelah cerminkan terhadap garis y=x

100.TransformasiTadalah pencerminanterhadap garisy=x3dilanjutkan olehpencerminan terhadap garisy=3x.Matriks yang bersesuian dengantransformasiTadalah...a.(1001)b.(1001)c.(1001)d.(0110)e.(0110)SBMPTN Tahun 2013 Kode 433Jawab:bDiketahui bahwa:sebuah persamaan garis lurusdapat dituliskan dengan:y=mxDiketahui pula bahwa ada 2 garis:y1=13xdany2=3xsebagai representasi transformasiT.Karenam1×m2=(13)(3)=1berarti 2 garis di atas saling tegaklurus dan hal ini seperti rotasi 2kali90atau180Jadi,T=(cos180sin180sin180cos180)T=(1001).


DAFTAR PUSTAKA

  1. Johanes, Kastolan, Sulasim, 2006. Kompetensi Matematika 3A SMA Kelas XII Program IPA Semester Pertama. Jakarta: YUDHISTIRA.
  2. Nugroho, P. A. Gunarto, D. 2013. Big Bank Soal-Bahas MAtematika SMA/MA. Jakarta: WAHYUMEDIA.
  3. Sharma,S.N., dkk. 2017. Jelajah Matematika SMA Kelas XI Program Wajib. Jakarta: YUDHISTIRA.