Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel-Linear-Linear (Kelas X Matematika Wajib)

$\begin{array}{ll}\\ &\textbf{BENTUK UMUM}\\ &\color{blue}\begin{cases} ax+by<c \\ ax+by\leq c \\ ax+by>c \\ ax+by\geq c \end{cases}\\\\ &\textbf{LANGKAH-LANGKAH}\\ &\color{purple}\textrm{dalam membuat gambar grafik persamaan linear}\\ &\: \textrm{adalah sebagai berikut}:\\ &\bullet\quad \textrm{membuat gambar grafik}\: \: \color{red}ax+by=c\\ &\quad \: \: \textrm{untuk batas wilayahnya}\\ &\bullet \quad \textrm{menyelidiki wilayah yang dimaksud di sekitar}\\ &\quad \: \: \textrm{garis} \: \: \color{red}ax+by=c\\ &\bullet \quad \textrm{ambillah sebuah titik}\: \color{red}\left ( x_{0},y_{0} \right )\: \color{black}\textrm{sembarang}\\ &\: \: \quad \textrm{kemudian substitusikan ke pertidaksamaan}\\ &\quad \: \: \color{red}ax+by\: ....\: c\\ &\bullet \quad \textrm{jika diperoleh nilai ketaksamaan yang benar},\\ &\: \: \quad \textrm{maka daerah di mana titik uji}\: \color{red}\left ( x_{0},y_{0} \right )\\ &\: \: \quad \textrm{berada merupakan wilayah penyelesaiannya}\\ &\: \: \quad \textrm{demikian juga sebaliknya} \end{array}$

$\LARGE\color{blue}\fbox{CONTOH SOAL}$

$\begin{array}{l}\\ 1.&\textrm{Gambarlah himpunan penyelesaian (HP)}\\ &\textrm{dari pertidaksamaan linear berikut}\\ &\textrm{a}.\quad 3x+2y< 6\\ &\textrm{b}.\quad 3x+2y\leq 6\\ &\textrm{c}.\quad 3x+2y> 6\\ &\textrm{d}.\quad 3x+2y\geq 6\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Mula}-\textrm{mula kita gambar garis}\: \: 3x+2y=6\\\\ &\color{blue}\begin{array}{|c|c|c|}\hline \textrm{Komponen}&\textrm{pada}&\textrm{pada}\\ \textrm{titik}&\textrm{sumbu}-y&\textrm{sumbu}-x\\\hline x&0&2\\\hline y&3&0\\\hline (x,y)&(0,3)&(2,0)\\\hline \end{array}\\\\ &\textrm{Selanjutnya gambar grafiknya sebagai berikut}. \end{aligned} \end{array}$

Dan berikut untuk wilayah dan juga batas-batas untuk pertidalsamaan
$\color{red}3x+2y<6$
Kita dapat menggunakan titik uji untuk memastikan kondisi gambar di atas, yaitu di antaranya
$\begin{array}{|c|c|c|}\hline \color{black}\color{purple}\textrm{Titik}&\color{black}\textrm{Pengujian}&\color{black}\textrm{Keterangan}\\ &\color{blue}\textrm{Uji}&\color{red}3x+2y<6\\\hline (0,0)&3(0)+2(0)=0<\textbf{6}&\textrm{Dalam wilayah}\\\hline (0,1)&3(0)+2(1)=2<\textbf{6}&\textrm{Dalam wilayah}\\\hline (1,0)&3(1)+2(0)=3<\textbf{6}&\textrm{Dalam wilayah}\\\hline (1,1)&3(1)+2(1)=5<\textbf{6}&\textrm{Dalam wilayah}\\\hline (0,2)&3(0)+2(2)=4<\textbf{6}&\textrm{Dalam wilayah}\\\hline (2,0)&3(2)+2(0)=6=\textbf{6}&\color{red}\textrm{Di luar wilayah}\\\hline (2,2)&3(2)+2(2)=10>\textbf{6}&\color{red}\textrm{Di luar wilayah}\\\hline (0,3)&3(0)+2(3)=6=\textbf{6}&\color{red}\textrm{Di luar wilayah}\\\hline (3,0)&3(3)+2(0)=9>\textbf{6}&\color{red}\textrm{Di luar wilayah}\\\hline (3,3)&3(3)+2(3)=15>\textbf{6}&\color{red}\textrm{Di luar wilayah}\\\hline \vdots &\vdots&\vdots \\\hline \end{array}$

Dan berikut untuk wilayah yang memenuhi  $"\color{red}3x+2y\leq 6$
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Selesaikanlah pertidaksamaan berikut}\\ &\textrm{a}.\quad 12x+2>4x+6\\ &\textrm{b}.\quad 2-3x<6-x\\ &\textrm{c}.\quad 6x+1\geq 2\\ &\textrm{d}.\quad \displaystyle \frac{2-3x}{2}<\frac{3-x}{3}\\\\ &\textrm{Jawab}\\ &\color{purple}\begin{aligned}\color{black}\textrm{a}.\: \: 12x&+2>4x+6\\ 12x&-4x>6-2\\ 8x&>4\\ x&>\displaystyle \frac{1}{2} \end{aligned}\\ &\color{blue}\begin{aligned}\color{black}\textrm{b}.\: \: &2-3x<6-x\\ &-3x+x<6-2\\ &-2x<4\: \: \color{red}\textrm{dikali}\: \: (-1)\\ &2x>-4\: \: (\color{black}\textrm{tanda berubah})\\ &x>-2 \end{aligned}\\ &\color{purple}\begin{aligned}\color{black}\textrm{c}.\: \: 6x&+1\geq 2\\ 6x&\geq 2-1\\ x&\geq \displaystyle \frac{1}{6} \end{aligned}\\ &\color{blue}\begin{aligned}\color{black}\textrm{d}.\: \: \: \: \color{blue}\displaystyle \frac{2-3x}{2}&<\frac{3-x}{3}\\ 3(2-3x)&<2(3-x)\\ 6-9x&<6-2x\\ -9x+2x&<6-6\\ -7x&<0\: \: \color{red}\textrm{di kali}\: \: (-1)\\ 7x&>0\: \: (\color{black}\textrm{tanda berubah})\\ x&>\displaystyle \frac{0}{7}\\ x&>0 \end{aligned} \end{array}$

DAFTAR PUSTAKA
  1. Heryadi, D. 2007. Modul Matematikauntuk SMK Kelas X. Bogor: YUDHISTIRA.
  2. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Perspektif Matematika 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo. PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi