Contoh 7 Soal dan Pembahasan Materi Hubungan Dua Lingkaran

31.Persamaan lingkaran yang melalui titik(0,0)dan titik potong kedua lingkaranx2+y26x8y11=0danx2+y24x6y22=0adalah....a.x2+y212x+10y=0b.x2+y2+8x10y=0c.x2+y28x+12y=0d.x2+y28x10y=0e.x2+y2+12x8y=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y26x8y11=0L2=x2+y24x6y22=0UntukL1L2=2x2y+11=0KarenaL3melalui(0,0),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y26x8y11+p(2x2y+11)=002+020011+p(0+11)=0p=1SehinggaL3=x2+y26x8y11+(2x2y+11)=0L3=x2+y28x10y=0.

Berikut ilustrasi gambarnya

32.Persamaan lingkaran yang melalui titik(8,4)dan titik potong lingkaranx2+y2=16danx2+y24x4y=0adalah....a.x2+y28x8y16=0b.x2+y28x+8y+16=0c.x2+y28x8y+16=0d.x2+y2+8x+8y16=0e.x2+y2+8x+8y+16=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y216=0L2=x2+y24x4y=0UntukL1L2=4x+4y16=0x+y=4KarenaL3melalui(8,4),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y216+p(x+y4)=082+4216+p(8+44)=08p=64p=8SehinggaL3=x2+y2168(x+y4)=0L3=x2+y28x8y+16=0Berikut ilustrasi gambarnyanya.

33.Persamaan lingkaran yang melalui titik(7,4)dan titik potong kedua lingkaranx2+y26x+8y27=0danx2+y226x+4y+121=0adalah....a.x2+y236x2y+121=0b.x2+y2+24x4y222=0c.3x2+3y218x+2y121=0d.x2+y236x+2y+195=0e.x2+y2+24x+2y+195=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y26x+8y27=0L2=x2+y226x+4y+121=0UntukL1L2=20x+4y148=0KarenaL3melalui(7,4),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y26x+8y27+p(20x+4y148)=072+(4)2423227+p(14016148)=024p=36p=32SehinggaL3=x2+y26x+8y2732(20x+4y148)=0L3=x2+y236x+2y+195=0.

Berikut ilustrasi gambarnya

Jika dimensi gambar diperkecil menjadi

34.Persamaan lingkaran yang melalui perpotonganlingkaranx2+y212x+6y+20=0danx2+y216x14y+64=0serta pusatnyaterletak pada garis8x3y19=0adalah....a.x2+y220x34y+108=0b.x2+y216x+12y+96=0c.x2+y212x+20y+88=0d.x2+y2+16x24y+108=0e.x2+y2+22x34y+96=0Jawab:Diketahui bahwa persamaan lingkaran:L1=x2+y212x+6y+20=0L2=x2+y216x14y+64=0Persamaan tali busurnya (garis kuasa)adalah:L1(x,y)L2(x,y)=4x+20y44=0x=115ySelanjutnya dengan substitusi x2+y212x+6y+20=0(x6)2+(y+3)2=25(115y6)2+(y+3)2=25(y5y)2+(y+3)2=2526y244y+9=0Sehingga denganmemodifikasi26y244y+9=025y244y+y2+9=0arahkan ke bentuk kuadrat sempurna25y210y+1+y234y+8=025y210y+1+y234y+172172+8=0(5y1)2+(y17)2281=0ingat bahwa ada tali busur5y=11x(11x1)2+(y17)2281=0(10x)2+(y17)2281=0x220x+100+y234y+289281=0x2+y220x34y+108=0Berikut ilustrasi gambarnya





35.Persamaan lingkaran dengan titik pusatpada garisx+2y3=0dan melaluititik potong dua lingkaranx2+y22x4y+1=0danx2+y24x2y+4=0adalah....a.x2+y26x+7=0b.x2+y23y+4=0c.x2+y22x2y+1=0d.x2+y22x4y+4=0e.x2+y23x2y+7=0Jawab:Alternatif 1Gunakan cara pembahasan sebagaimana padanomor-nomor sebelumnyaAlternatif 2DiketahuiL1x2+y22x4y+1=0,danL2x2+y24x2y+4=0Persamaantali busurdari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y22x4y+1(x2+y24x2y+4)=02x2y3=0Selanjutnya perlu ditentukan jugaPersamaanberkas lingkaranmelaluititik-titik potong kedua lingkarandi atas adalah:L1+λL2=0x2+y22x4y+1+λ(x2+y24x2y+4)=0(1+λ)x2+(1+λ)y2(2+4λ)x(4+2λ)y+1+4λ=0Saatλ=1,maka persamaan berkaslingkarannya adalah:2x2y3=0Hal ini hasilnya sama persis saat kitamenentukan persamaantali busurdi atasSelanjutnya kita ambilL2(L1+λL2)=0x2+y24x2y+4(2x2y3)=0x2+y26x+7=0.

Gambar mula-mula

Lingkaran baru yang berpusat di (3,0) 


Lanjutan Materi Fungsi Trigonometri dan Grafiknya

F. 2 Garfik Fungsi Trigonometri

F. 2. 1 Grafik Fungsi Sinus


x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)0121221231123122120x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)121221231123122120.

F. 2. 2 Grafik Fungsi Cosinus

x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)1123122120121221231x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)123122120121221231.

F. 2. 3 Grafik Fungsi Tangen

x0π6π4π3π22π33π45π6πf(x)013313311330x7π65π44π33π25π37π411π62πf(x)13313311330.

Pada fungsi Tangen demikian juga nanti Cotangennya ada beberapa nilai fungsinya yang tidak terdefinisi. Dalam fungsi Tangen fungsi, nilai fungsi yang tidak terdefini terdapat pada saat nilai  x=π2=90 dan x=3π2=270. Sehingga pada saat posisi nilai itu, maka dibuatlah garis bantu berupa garis putus-putus pada grafik yang dan ditampakkan berupa garis vertikal yang selanjutnya garis vertikal itu disebut sebagai asimtot.

F. 2. 4 Menggambar Grafik Fungsi Trigonometri

untuk bentukf(x)={y=asinbx+cy=acosbx+cy=atanbx+c1.aAmplitudo2.bPeriode3.cGeseran.

 CONTOH SOAL.

1.Gambarlah grafik fungsi berikutjika0x360a.f(x)=2sinxb.f(x)=3cosxc.f(x)=12sinxd.f(x)=4cosxe.f(x)=2tanxJawab:.


.No.1 ay=f(x)=2sinx=asinbx+c1.aAmplitudo|2|=22.bPeriode2πb=2πb=13.cGeseran0.

.No.1 by=f(x)=3cosx=acosbx+c1.aAmplitudo|3|=32.bPeriode2πb=2πb=13.cGeseran0.

.No.1 cy=f(x)=12sinx=asinbx+c1.aAmplitudo|12|=122.bPeriode2πb=2πb=13.cGeseran0.
.No.1 dy=f(x)=4cosx=acosbx+c1.aAmplitudo|4|=42.bPeriode2πb=2πb=13.cGeseran0.
.No.1 ey=f(x)=2tanx=atanbx+c1.aAmplitudo|2|=22.bPeriode2πb=2πb=13.cGeseran0.

2.Gambarlah grafik fungsi berikutjika0x360a.f(x)=|2sinx|b.f(x)=|3cosx|c.f(x)=|12sinx|d.f(x)=|4cosx|e.f(x)=|2tanx|Jawab:.

.No.2 ay=f(x)=|2sinx|=|asinbx+c|1.aAmplitudo|2|=22.bPeriodeπb=13.cGeseran0.
.No.2 by=f(x)=|3cosx|=|acosbx+c|1.aAmplitudo|3|=32.bPeriodeπb=13.cGeseran0.

LATIHAN SOAL.
Silahkan selesaikan soal yg belum dibahas

DAFTAR PUSTAKA
  1. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Perspektif Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo: TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI.





















Fungsi Trigonometri dan Grafiknya

F. Fungsi Trigonometri dan Grafiknya

F. 1 Fungsi Trigonometri

Perhatikan ilustrasi berikut ini

Dengan
Dalil/rumus Pythagorasa2+b2=c2atauc=a2+b2sinACB=accosACB=bctanACB=ab=sinACBcosACB.
Adapun gambar dari fungsi atau pemetaan trigonometrinya dari setiap sudut α ke salah satu nilai dari sinαcosα, maupun tanα  dalam wilayah bilangan real adalah  sebagaimana ilustrasi berikut:



MisalkanAdanBdua himpunanSuatu relasiFA×Bdisebut fungsi jikasetiapaA,maka hanya ada tepat satubBdengan(a,b)F.FungsiFdisebut dengan fungsi dariAkeBSelanjutnyaAdinamakanDomainataudaerah asal atau juga daerah definisi fungsidanBdisebutKodomainHimpunan{bB|(a,b)F}selanjutnya disebutsebagainilai fungsiJika(a,b)F,maka dapat tuliskan denganb=F(a),yaitu nilai fungsiFdi titikaPerhatikan tabel berikutNoGambarFungsi(f:RR)1Fungsi Sinusf:αsinα2Fungsi Cosinusf:αcosα3Fungsi Tangenf:αtanα.

Jangan lupa, sebagai pengingat kita untuknilai sudut istimewanya adalah sebagai berikut:α030456090180sinα01212212310cosα11231221201tanα013313TD0.

 CONTOH SOAL.

1.Jika diketahuif(x)=sin2x,tentukan nilaia.f(60)b.f(13π)Jawab:a.f(60)=sin2(60)=sin120=sin(18060)=sin60=123b.f(13π)=sin2(13π)=sin(23π)=sin(23(180))=sin120=123.

2.Jika diketahuif(x)=sinx,tentukan hargaxjika diketahui(xsudut lancip)a.f(x)=12b.f(x)=14Jawab:a.f(x)=12=sinxx=30b.f(x)=14=sinxx=sin1(14)hal ini dikarenakan14bukanlahnilai dari salah satu sudut istimewauntuk fungsisinus.

LATIHAN SOAL.

1.Jika diketahuif(x)=cos2x,tentukan nilaia.f(60)b.f(13π).

2.Jika diketahuif(x)=tanx,tentukan nilaia.f(60)b.f(13π).

3.Jika diketahuif(x)=cosx,tentukan hargaxjika diketahui(xsudut lancip)a.f(x)=12b.f(x)=14.

4.Jika diketahuif(x)=tanx,tentukan hargaxjika diketahui(xsudut lancip)a.f(x)=133b.f(x)=163

DAFTAR PUSTAKA
  1. Budhi, W.S. 2014. Bupena Matematika SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Jakarta: ERLANGGA.
  2. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Perspektif Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo: TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI.





Lanjutan Identitas Trigonometri

 E. 3 Menentukan Nilai Perbandingan Trigonometripada Segitiga Siku-Siku.

 CONTOH SOAL.

1.Diketahuitanθ=axTentukanlah nilaixa2+x2Jawab:Perhatikanlah gambar segitiga AOX berikut

.Dengan rumus Pythagoras dapatr ditentukanpanjang ruasAX, yaitu:AO2+OX2=AX2atauAX2=AO2+OX2AX=AO2+OX2=x2+a2,makasinθ=ax2+a2cosθ=xx2+a2Jadi, nilaixx2+a2=cosθ.

2.Jikasinβ+cosβ=65,tentukanlaha.sinβcosβb.sin3β+cos3βJawab:a.sinβ+cosβ=65saat masing-masing ruas dikuadratkan,maka(sinβ+cosβ)2=(65)2sin2β+2sinβcosβ+cos2β=3625sin2β+cos2β+2sinβcosβ=36251+2sinβcosβ=36252sinβcosβ=362512sinβcosβ=362525=1125sinβcosβ=1150b.sin3β+cos3β=(sinβ+cosβ)(sin2β+cos2βsinβcosβ)=(sinβ+cosβ)(1sinβcosβ)=(65).(11150)=(65).(501150)=(65).(3950)=3×395×25=117125.

3.Jikatanα=17,tentukanlah(csc2αsec2αcsc2α+sec2α)Jawab:Diketahui bahwa:tanα=17,dan ingat juga bahwasec2α=tan2α+1=(17)2+1=17+1=87Demikian juga,cotα=1tanα=1(17)=7,maka,csc2α=cot2α+1=(7)2+1=7+1=8Selanjutnya(csc2αsec2αcsc2α+sec2α)=(8878+87)=568756+87=4864=34.

4.Jikaβsudut lancip dancosβ=35,tentukan nilai darisinβtanβ12tan2βJawab:Diketahuicosβ=35sin2β+cos2β=1sin2β+cos2β=1sinβ=1cos2β=1(35)2=1925=1625=45Sehinggatanβ=sinβcosβ=4535=43sinβtanβ12tan2β=45×4312(43)2=16151329=115329=932×15=332×5=3160

DAFTAR PUSTAKA
  1. Sukino. 2016. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA


Identitas Trigonometri

 E  Identitas Trigonometri.

E. 1  Nilai Trigonometri Sudut
a.  Perbandingan Trigonometri dalam Segitiga Siku-Siku.
Perhatikanlah ilustrasi sebuah segitiga siku-siku sama kaki berikut
Diketahui pula bahwa :
sin45=12=122cos45=12=122tan45=1.
csc45=2sec45=2cot45=1.

Berikut ilustrasi segitiga dengan sudut istimewa yang lain yaitu 30 dan  60.

sin30=12cos30=123tan30=13=133sin60=123cos60=12tan30=3csc30=2sec30=23=233cot30=3csc60=23=233sec60=2cot30=133


Perhatikan segitiga ABC siku-siku di C berikut
Perhatikanlah segitiga OAB berikut
a.sinα=yrb.cosα=xrc.tanα=yxd.cscα=rye.secα=rxf.cotα=xy.

E. 2  Identitas Trigonometri Dasar

a.  Dalil Pythagoras Segitiga Siku-Siku.


Dalil/rumus Pythagorasa2+b2=c2atauc=a2+b2sinACB=accosACB=bctanACB=ab=sinACBcosACBcscACB=casecACB=cbcotACB=ba=cosACBsinACB

b. Identitas trigonometri pada segitiga siku-siku.

Dalil/rumus Pythagorasa2+b2=c2Perhatikan lagi gambar di poin c di atas1.Rumus saat dibagi denganc2a2c2+b2c2=c2c2a2c2+b2c2=1menjadi(ac)2+(bc)2=1sin2ACB+cos2ACB=12Rumus saat dibagi denganb2a2b2+b2b2=c2b2a2b2+1=c2b2menjadi(ab)2+1=(cb)2tan2ACB+1=sec2ACB3Rumus saat dibagi dengana2a2a2+b2a2=c2a21+b2a2=c2a2menjadi1+(ba)2=(ca)21+cot2ACB=csc2ACB

c. Tabel trigonometri nilai sudut istimewa.

α030456090180sinα01212212310cosα11231221201tanα013313TD0.

d. Macam-Macam Identitas Trigonometri Dasar1.cscα=1sinα5.tanα=sinαcosα2.secα=1cosα6.tan2α+1=sec2α3.cotα=1tanα7.cot2α+1=csc2α4.cotα=cosαsinα8.sin2α+cos2=1.


 CONTOH SOAL.
1.Tunjukkan bahwatanα=sinαcosα1sin2αBukti:tanα=sinαcosα=sinαcosα×cosαcosα=sinαcosαcos2α=sinαcosα1sin2α.
2.Tunjukkan bahwa1tan2β×sinβ=cosβBukti:1tan2β×sinβ=1tanβ×sinβ=cosβsinβ×sinβ=cosβ.
3.Tunjukkan bahwacos2γ1sinγ=1+sinγBukti:cos2γ1sinγ=1sin2γ1sinγ=(1sinγ)(1+sinγ)1sinγ=1+sinγ.
4.Tunjukkan bahwa1tan2θ1+tan2θ=cos2θsin2θBukti:1tan2θ1+tan2θ=1tan2θsec2θ=1sin2θcos2θ1cos2θ=cos2θsin2θcos2θ1cos2θ=cos2θsin2θ.
5.Tunjukkan bahwacos4αsin4α=12sin2αBukti:cos4αsin4α=(cos2α)2(sin2α)2=(cos2αsin2α)(cos2α+sin2α)=(cos2αsin2α)×1=cos2αsin2α=(1sin2α)sin2α=12sin2α.
6.Tunjukkan bahwasinβsecβsin2βtan2β=cosβsin3βBukti:sinβsecβsin2βtan2β=sinβ(1cosβ)sin2βsin2βcos2β=(sinβcosβ)sin2β(11cos2β)×cos2βcos2β=sinβcosβsin2β(cos2β1)=cosβsinβ(sin2β)=cosβsin3β.

7.Tunjukkan bahwa1111+1tan2x=sec2xBukti:1111+1tan2x=1111+cot2x=111csc2x=11sin2x=1cos2x=sec2x.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Noormandiri, B. K. 2016. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
  2. Sukino. 2016. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
  3. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Perspektif Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo: TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI.

Contoh 6 Soal dan Pembahasan Materi Hubungan Dua Lingkaran

26.Diketahui lingkaran-lingkaranx2+y22x+3y+k=0danx2+y2+8x6y7=0salingberpotongan ortogonal saatk=....a.10b.3c.1d.5e.8Jawab:Perhatikan tabel berikutLingakaranPusat/rL1x2+y22x+3y+k=0{P1=(1,32)r1=134k4L2x2+y2+8x6y7=0{P2=(4,3)r2=32Syarat dua lingkaran berpotongan ortogonal(P1P2)2=r12+r22(1+4)2+(323)2=(134k4)2+32225+814=134k4+32100+81=134k+128k=10Sebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

27.Persamaan lingkaran yang berpotonganlingkaran lainx2+y2+2x+y11=0secara tegak lurus dan melalui(4,3)sertapusatnya pada9x+4y=37adalah....a.x2+y210x+4y+3=0b.x2+y28x+10y+6=0c.x2+y2+4x8y+7=0d.x2+y2+6x+y+5=0e.x2+y2+12x+6y+5=0Jawab:Perhatikan tabel berikutLingakaranPusat/rL1x2+y2+2x+y11=0{P1=(1,12)r1=494=72L2(xa)2+(yb)2=r2{P2=(a,b)r2=rKarena berpotongan tegak lurus, maka(P1P2)2=r12+r22(1a)2+(12b)2=494+r2a2+2a+1+b2+b+14=494+r2a2+b2+2a+b+54=494+r2a2+b2+2a+b11=r2.......(1)SelanjutnyaLingkaranL2melalui titik(4,3),artinyabahwa:(4a)2+(3b)2=r2a28a+16+b26b+9=r2a2+b28a6b+25=r2.......(2)Pusat lingkaranL2melalui garis9x+4y=37artinya:9a+4b=37...............(3)Dengan eliminasi1&2dapat diperoleh:a2+b28a6b+25=r2a2+b2+2a+b11=r210a7b+36=0atau10a+7b=36......(4)Dari persamaan3&4dapat diperoleh:10a+7b=36(×4)9a+4b=37(×7)40a+28b=14463a+28b=25923a=115a=11523=510(5)+7b=367b=14b=2Adapun langkah berikutnyaL2(4a)2+(3b)2=r2L2(45)2+(3+2)2=r2L2r2=25+1=26Sehingga,L2(x5)2+(y+2)2=26x2+y210x+4y+25+426=0x2+y210x+4y+3=0Berikut ilustrasi gambarnya.


Jika diperjelas dengan tambahan garis 9x+4y=37

28.Diketahui lingkaran pertama berpusat di(1,2)dan menyinggung garis3x4y+10=0.Jika ada lingkaran kedua dengan pusat(4,6)dan menyinggung lingkaran yang pertama,maka persamaan lingkaran yang keduatersebut adalah....a.x2+y28x12y+48=0b.x2+y28x12y+43=0c.x2+y28x12y+36=0d.x2+y28x12y+27=0e.x2+y28x12y+16=0Jawab:Diketahui bahwa kedua lingkaran salingbersinggungan di luar,makar1+r2=P1P2=(y2y1)2+(x2x1)2=(14)2+(26)2=32+42=52=5Selanjutnyarpertama=|3(1)4(2)+1032+42|=|38+1052|=|55|=|1|=1sehinggarkedua=5rpertama=51=4maka persamaan lingkaran keduanya adalah:(x4)2+(y6)2=42x28x+16+y212y+36=16x2+y28x12y+36=0Berikut ilustrasi gambarnya.

29.Garis kuasa (tali busur sekutu)dari lingkaranL1x2+y2+6x4y12=0danL2x2+y212y=0adalah....a.3x+4y+9=0b.3x4y8=0c.3x4y+7=0d.3x+4y7=0e.3x+4y6=0Jawab:DiketahuiL1x2+y2+6x4y12=0,danL2x2+y212y=0Persamaangaris kuasadari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y2+6x4y12(x2+y212y)=06x+8y12=03x+4y6=0.

30.Jika dua lingkaranx2+y2=9danx2+y24y+2y+3=0yangberpotongan di(x1,y1)dan(x2,y2),maka nilai5(x1+x2)adalah....a.24b.26c.28d.30e.32Jawab:DiketahuiL1x2+y29=0danL2x2+y24x+2y+3Persamaangaris kuasadari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y29(x2+y24y+2y+3)=04x2y12=02xy6=0y=62xSelanjutnyax2+y29=0x2+(62x)29=0x2+3624x+4x29=05x224x+27=0x1,2=24±57654010x1,2=24±3610=24±610x1,2=24±3610=24±610x1=3ataux2=1,8maka5(x1+x2)=5(3+1,8)=24.


Lanjutan Ketaksamaan Schur

(Bagian Kedua)

Bagian Pertama silahkan klik di sini

1. Penyederhanaan dengan pola siklik dan simetri

.Mengenal penulisan polaSiklik dan SimetriMisal untukn=3,pada penulisan unsurx,y,danz,makaPola SiklikPola Simetrisiklik.x2=x2+y2+z2sym.x2=x2+x2+y2+y2+z2+z2=2(x2+y2+z2)siklik.x3=x3+y3+z3sym.x3=2(x3+y3+z3)siklik.x2y=x2y+y2z+z2xsym.x2y=x2y+x2z+y2x+y2z+z2x+z2ysiklik.xyz=xyz+yzx+zxy=3xyzsym.xyz=xyz+xzy+=6xyz

2. Bentuk ketaksamaan berdasar nilai r

Masih ingat kita pada ketaksamaan Schur saat r=1, yaitu,:

a(ab)(ac)+b(ba)(bc)+c(ca)(cb)=a3+b3+c3(a2b+a2c+b2a+b2c+c2a+c2b)+3abc=sym.(a32a2b+abc)0.

Selanjutnya saat  r=1, kita bisa mendaptkan

1.a3+b3+c3+3abcab(a+b)+bc(b+c)+ca(c+a)2.abc(a+bc)(b+ca)(c+ab)3.(a+b+c)3+9abc4(a+b+c)(ab+bc+ca).

Dan saat  r=2, kita bisa mendaptkan

a4+b4+c4+abc(a+b+c)ab(a2+b2)+bc(b2+c2)+ca(c2+a2).

3. Beberapa formulasi bantu

1.(a+b+c)(a2+b2+c2)=a3+b3+c3+a(b2+c2)+b(a2+c2)+c(a2+b2)2.(a+b+c)(a2+b2+c2)=a3+b3+c3+a2(b+c)+b2(a+c)+c2(a+b)3.(a+b+c)(ab+ac+bc)=3abc+ab(a+b)+ac(a+c)+bc(b+c)4.(a+b+c)(ab+ac+bc)=3abc+a2(b+c)+b2(a+c)+c2(a+b)5.(a+b+c)3+3abc=a3+b3+c3+3(a+b+c)(ab+ac+bc)6.(a+b)(a+c)(b+c)=2abc++a2(b+c)+b2(a+c)+c2(a+b)7.(a+bc)(a+cb)(b+ca)=2abc(a3+b3+c3)+a2(b+c)+b2(a+c)+c2(a+b)8.(ab)(bc)(ca)=a2(cb)+b2(ac)+c2(ba).

4. Penyederhanaan ketaksamaan metode pqr

.KesamaanKetaksamaan1.sik.x2=p22q2.sik.x3=p(p23q)+3r3.sik.x2y2=q22pr4.(x+y)=pqr5.sik.xy(x+y)=pq3r6.sik.x2(y+z)=pq3r7.(1+x)=1+p+q+r1.pq9r2.p23q3.q23pr4.p327r5.q327r26.p3rq37.p3+9r4pq8.2p3+9r7pq9.2p3+27r9pq10.2p3+9r27pqr11.q3+9r24pqr12.2q3+27r29pqr13.p4+3q24p2q14.p4+4q2+6pr5p2q15.p2q+3pr4q216.pq22p2r+3qr17.p2q2+12r24p3r+pqr.

5. Ketaksamaan Schur bentuk pqr

Perhatikan poin 2 di atas saat r=1, kitaa akan medapatkan bentuk berikut ini:

(a+b+c)3+9abc4(a+b+c)(ab+bc+ca)p3+9r4pq.


CONTOH SOAL.

1Untuka,b,ctak negatif, tunjukkan bahwa(a+b+c)(ab+ac+bc)9abcBuktiMisalkanp=a+b+c,q=ab+ac+bc,danr=abcUntuk pembuktian pernyataan di atasdengan AM-GM kita memilikia+b+c3abc3ab+ac+bc3(abc)23maka hasil dari(a+b+c)(ab+ac+bc)3abc.3(abc)23pq3r3.3r23pq9r33pq9r.

2Untuka,b,ctak negatif, tunjukkan bahwa(a+b+c)23(ab+ac+bc)BuktiAlternatif 1Misalkanp=a+b+c,q=ab+ac+bc,danr=abcUntuk pembuktian pernyataan di atasdengan AM-GM kita memilikia2+b2+c2ab+ac+bcDan juga sebuah kesamaana2+b2+c2=(a+b+c)22(ab+ac+bc)maka dari kedua bentuk di atas kita akandapatkan bentuka2+b2+c2ab+ac+bc(a+b+c)22(ab+ac+bc)ab+ac+bc(a+b+c)23(ab+ac+bc)p23qAlternatif 2Telah kita ketahui bahwa(a+b+c)2=a2+b2+c2+2(ab+ac+bc)Dengan ketaksamaanrenatakita akandapatkan bentuk(a+b+c)2ab+bc+ca+2(ab+ac+bc)(a+b+c)23(ab+ac+bc)p23q.

3.Untuka,b,ctak negatif, tunjukkanbahwa(ab+ac+bc)23abc(a+b+c)BuktiMisalkanp=a+b+c,q=ab+ac+bc,danr=abcPerhatikan kesamaan berikut(ab+ac+bc)2=a2b2+a2c2+b2c2+2abc(a+b+c)Dengan AM-GM dan GM-AM kita dapatkan(ab+ac+bc)23a4b4c43+2abc(a+b+c)(ab+ac+bc)23abcabc3+2abc(a+b+c)(ab+ac+bc)2abc(a+b+c)+2abc(a+b+c)(ab+ac+bc)23abc(a+b+c)q23pr.

4.Untuka,b,ctak negatif, tunjukkan bahwa(a+b+c)327abcBuktiMisalkanp=a+b+c,q=ab+ac+bc,danr=abcUntuk pembuktian pernyataan di atasdengan AM-GM kita memilikia+b+c3abc3Masing-masing ruas pangkatkan 3, maka(a+b+c)327abcp327r.

5.Untuka,b,ctak negatif, tunjukkan bahwa(a+b+c)327abcBuktiMisalkanp=a+b+c,q=ab+ac+bc,danr=abcUntuk pembuktian pernyataan di atasdengan AM-GM kita memilikiab+ac+bc3(abc)23Masing-masing ruas pangkatkan 3, maka(ab+ac+bc)327(abc)2q327r2.

6.Misalkanx,y,xbilangan real positif dengantunjukkan bahwaa2+b2+c2+2abc+12(ab+acb+c)(Darij Grinberg)BuktiDenganketaksamaan AM-GMdandilanjutkan denganketaksamaan Schurserta menggesernya ke ruas kiri, makaa2+b2+c2+2abc+12(ab+ac+bc)a2+b2+c2+3(abc)23+12(ab+ac+bc)((a)23)3+((b)23)3+((c)23)3+3(abc)232(ab+ac+bc)a.23b.23(a.23+b.23)+a.23c.23(a.23+c.23)+b.23c.23(b.23+c.23)2(ab+ac+bc)a.23b.23(a.23+b.23)+a.23c.23(a.23+c.23)+b.23c.23(b.23+c.23)2(ab+ac+bc)=a.23b.23(a.23b.23)2+a.23c.23(a.23c.23)2+b.23c.23(b.23c.23)20.

7.(APMO 2004)Misalkanx,y,xbilangan real positif dengantunjukkan bahwa(x2+2)(y2+2)(z2+2)9(xy+yz+zx)BuktiAlternatif 1Dengan menjabarkan akan didapatkanx2y2z2+2siklik.x2y2+4siklik.x2+89siklik.xyPerhatikan bahwa2siklik.x2y24siklik.xy+6=2siklik.(xy1)20siklik.x2siklik.xyataux2+y2+z2xy+xz+yzKita cukup membuktikan bahwax2y2z2+siklik.x2+22siklik.xyx2y2z2+2siklik.xyUntuka,b,cbilangan real positif,Ketaksamaan Schursaatr=1memberikansiklik.a3+3abcsiklik.a2b+siklik.ab2=ab(a+b)+bc(b+c)+ca(c+a)DenganKetaksamaan AM-GMdidapakansiklik.a3+3abc2siklik.(ab)32Piliha=x23,b=y23,c=z23,maka didapatkan(x23)3+(y23)3+(z23)3+3(xyz)232(xy+yz+zx)Selanjutnya kita selesaikan ini,x2y2z2+2siklik.xyx2y2z2+23(xyz)23Misalkan(xyz)23=t,makat3+23tt33t+20(t1)2(t+2)0adalah hal benar.

.Alternatif 2x2y2z2+2siklik.x2y2+4siklik.x2+89siklik.xyatau dalam bentuk utuhnya, yaitux2y2z2+2(x2y2+x2z2+y2z2)+4(x2+y2+z2)+89(xy+xz+yz)Sekarang kira uraikan satu persatu bagianx2y2z2+1+13(xyz)239abca+b+c=9rpingat bahwajika ada9rp4qp2=4(xy+xz+yz)(x+y+z)2adalahketaksamaan Schur saatr=1x2y2+1+x2z2+1+y2z2+12(xy+xz+yz)x2+y2+z2xy+xz+yzkeduanya didapat dengan ketaksamaanAM-GMx2y2z2+2(x2y2+x2z2+y2z2)+4(x2+y2+z2)+8=x2y2z2+2+2(x2y2+x2z2+y2z2+3)+4(x2+y2+z2)4(xy+xz+yz)(x+y+z)2+4(xy+xz+yz)+4(xy+xz+yz)12(xy+xz+yz)(x+y+z)212(xy+xz+yz)3(xy+xz+yz)=9(xy+xz+yz).

.Alternatif 3(x2+2)(y2+2)(z2+2)9(xy+yz+zx)Denganketaksamaan AM-GM=x2y2z2+2(x2y2+x2z2+y2z2)+4(x2+y2+z2)+89(xy+xz+yz)=4(x2+y2+z2)+2((x2y2+1)+(x2z2+1)+(y2z2+1))+(x2y2z2+1)+19(xy+xz+yz)4(x2+y2+z2)+4(xy+xz+yz)+2xyz+19(xy+xz+yz)=(x2+y2+z2)+3(x2+y2+z2)+2xyz+15(x2+y2+z2)x2+y2+z2+3(xy+xz+yz)+2xyz5(xy+xz+yz)=x2+y2+z2+2xyz+12(xy+xz+yz)0adalah benar dengan bukti ada padanomor soal sebelumnya.

8.Misalkanx,y,xbilangan real positif dengantunjukkan bahwa2(a2+b2+c2)+abc+85(a+b+c)(Tran Nam Dung)BuktiDenganketaksamaan AM-GMdanmenggeser ke ruas kiri dan masing-masingserta mengalikan semunya dengan 6, maka12(a2+b2+c2)+6abc+4830(a+b+c)=12(a2+b2+c2)+3(2abc+1)+455.2.3(a+b+c)2(a2+b2+c2)+9(abc)23+455((a+b+c)2+9)=12(a2+b2+c2)+9abcabc35((a2+b2+c2)+2(ab+ac+bc))=7(a2+b2+c2)+9abcabc310(ab+ac+bc)7(a2+b2+c2)+27abca+b+c10(ab+ac+bc)denganketaksamaan Schur,yaitu:p3+9r4pq9rp4qp2maka ketaksamaan akan menjadi7(a2+b2+c2)+3(4qp2)10q7(a2+b2+c2)+2q3p2=7(a2+b2+c2)+2(ab+ac+bc)3(a+b+c)2=7(a2+b2+c2)+2q3((a2+b2+c2)+2q)=4(a2+b2+c2)+2q6q=4(a2+b2+c2)4q=4(a2+b2+c2)4(ab+ac+bc)=4(a2+b2+c2abacbc)0.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Venkatachala, B.J. 2009. Inequalities An Approach Through Problems (2nd). India: SPRINGER.
  2. Vo Tranh Van..... Bat Dang Thuc Schur Va Phuong Phap Doi Bien P, Q, R.
  3. Vo Quoc Ba Can. 2007. Bai Viet Ve Bat Dang Thuc Schur Va Vornicu Schur.
  4. Young, B. 2009. Seri Buku Olimpiade Matematika Strategi Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade Matematika: Ketaksamaan (Inequality). Bandung: PAKAR RAYA.

Contoh 5 Soal dan Pembahasan Materi Hubungan Dua Lingkaran

21.Titik Kuasa dari lingkaran-lingkaranberikutL1x2+y2+x+y14=0L2x2+y2=13L3x2+y2+3x2y26=0adalah....a.(3,2)b.(2,3)c.(3,2)d.(2,3)e.(3,2)Jawab:Dengan eliminasi, kita mendapatkan(L1)x2+y2+x+y=14(L2)x2+y2=13x+y=1....(1)dan(L3)x2+y2+3x2y=26(L2)x2+y2=133x2y=13....(2)Selanjutnya kita eliminasi(1)&(2)dan hasilnya adalah:(2)3x2y=13(1)3x+3y=3(×3)5y=10y=2x=3Jadi, titik kuasa ketiganya:(3,2)Sebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut

22.Titik-titik potong dari persekutuan dualingkaranL1(x2)2+y2=10danL2x2+(y2)2=10adalah....a.(3,3)dan(1,1)b.(3,3)dan(1,1)c.(3,3)dan(1,1)d.(3,3)dan(1,1)e.(3,3)dan(1,1)Jawab:Alternatif 1Dengan substitusi opsi pilihan jawabanmaka akan ketemu jawabannya langsungAlternatif 2Dengan eliminasi dan ilustrasi gambar(L1)(x2)2+y2=10(L2)x2+(y2)2=10menjadi(L1)x2+y24x=6(L2)x2+y24y=64x+4y=0maka hasilnyay=xJelas opsi jawaban c, d salahkarenay=x,Dengan bantuan ilustrasi, pilihan jawabanakan tampak dengan jelas.

23.Persamaan tali busur persekutuan dualingkaranL1(x3)2+y2=16danL2x2+(y3)2=16adalah....a.y=2xb.y=xc.y=xd.y=2xe.y=12xJawab:Dengan eliminasi, kita mendapatkan(L1)(x3)2+y2=16(L2)x2+(y3)2=16menjadi(L1)x2+y26x=9(L2)x2+y26y=96x+6y=0maka hasilnyay=xSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

24.Banyaknya garis singgung persekutuanlingkaran-lingkaranx2+y2+2x6y+9=0danx2+y2+8x6y+9=0adalah....a.0b.1c.2d.3e.4Jawab:Perhatikan bahwaLingakaranPusat/rL1x2+y2+2x6y+9=0{P1=(1,3)r1=1L2x2+y2+8x6y+9=0{P2=(4,3)r2=4Perhatikan pula bahwar2r1=41=3KarenaP1P2=r2r1,hal ini berarti lingkaranL1bersinggungan di dalam dengan lingkaranL2Sehingga kedua lingkaran ini hanya akan memilikisatugaris singgung persekutuanSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

25.Persamaan lingkaran dengan jari-jari5dan menyinggung lingkaran lainx2+y22x4y20=0di titik(5,5)adalah....a.x2+y22x4y120=0b.x2+y22x4y120=0c.x2+y22x4y120=0d.x2+y22x4y120=0e.x2+y22x4y120=0Jawab:Diketahi bahwa(L1)(xa)2+(yb)2=52(L2)x2+y22x4y=20Titik singgung dua lingkarandi titik(5,5),artinya(55)=(ab)+(12)2(1010)=(ab)+(12)(ab)=(101102)=(98)maka persamaan lingkarannya adalah:(x9)2+(y8)2=52x2+y218x16y+120=0Berikut ilustrasi gambarnya.