Contoh Soal Turunan Fungsi Trigonomometri (Bagian 1)
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Sebuah partikel bergerak menurut}\: \: f(t)=3\sin \displaystyle \frac{1}{6}t\\ &\textrm{(dalam cm)}.\: \textrm{Posisi partikel saat}\: \: t=5\pi \: \: \textrm{detik adalah}\\ &....\: \: \textrm{cm}\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&-\displaystyle \frac{3}{2}\sqrt{3}\\ \textrm{b}.&-\displaystyle \frac{3}{2}\\ \color{red}\textrm{c}.&\displaystyle \frac{3}{2}\\ \textrm{d}.&\displaystyle \frac{3}{2}\sqrt{2}\\ \textrm{e}.&\displaystyle \frac{3}{2}\sqrt{3} \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{c}\\ &\color{blue}\begin{aligned}f(t)&=3\sin \displaystyle \frac{1}{6}t\\ \textrm{posi}&\textrm{si benda saat}\: \: t=5\pi\: \: \textrm{detik adalah}:\\ f(5\pi)&=3\sin \displaystyle \frac{1}{6}(5\pi)\\ &=3\sin \displaystyle \frac{5}{6}\pi\\ &=3\sin 150^{\circ}\\ &=3\left ( \displaystyle \frac{1}{2} \right )\\ &=\displaystyle \frac{3}{2} \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Sebuah objek bergerak melingkar mengikuti rumus}\\ &f(t)=-2\sin t\: \: \textrm{pada waktu}\: \: t.\: \textrm{Fungsi kecepatan}\\ &\textrm{dari benda tersebut adalah}....\: \: \textrm{cm}\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&-2\cos 2t\\ \color{red}\textrm{b}.&-2\cos t\\ \textrm{c}.&-\cos 2t\\ \textrm{d}.&\cos t\\ \textrm{e}.&2\cos t \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{b}\\ &\color{blue}\begin{aligned}f(t)&=-2\sin t\\ \textrm{fun}&\textrm{gsi kecepatannya adalah}:\\ v(t)&=f'(t)=-2\cos t \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Kedudukan sebuah partikel yang bergerak}\\ &\textrm{mengikuti model}\: \: f(t)=\cos 5t\: \: \textrm{(dalam cm)}\\ &\textrm{pada saat}\: \: t=\pi \: \: \textrm{detik adalah}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \color{red}\textrm{a}.&\textrm{1 cm di bawah sumbu horizontal}\\ \textrm{b}.&\textrm{1 cm di atas sumbu horizontal}\\ \textrm{c}.&\textrm{5 cm di bawah sumbu horizontal}\\ \textrm{d}.&\textrm{5 cm di atas sumbu horizontal}\\ \textrm{e}.&\textrm{tepat pada sumbu horizontal} \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{a}\\ &\color{blue}\begin{aligned}f(t)&=\cos 5t\\ \textrm{kedu}&\textrm{dukannya adalah}:\\ f\left ( \pi \right )&=\cos 5(\pi )\\ &=\cos \pi \\ &=-1 \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 4.&\textrm{Kedudukan sebuah partikel yang bergerak}\\ &\textrm{mengikuti rumus}\: \: f(t)=2\sin t+\cos \displaystyle \frac{1}{2}t\\ &\textrm{Selang waktu berikut yang menunjukkan}\\ &\textrm{posisi partikel di bawah sumbu X dan}\\ &\textrm{bergerak naik adalah}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&0<t<\displaystyle \frac{1}{2}\pi \\ \textrm{b}.&\displaystyle \frac{1}{2}\pi <t<\pi \\ \textrm{c}.&\displaystyle \frac{1}{2}\pi <t<\displaystyle \frac{3}{2}\pi \\ \color{red}\textrm{d}.&\pi <t<\displaystyle \frac{3}{2}\pi \\ \textrm{e}.&\displaystyle \frac{3}{2}\pi <t<2\pi \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{d}\\ &\color{blue}\begin{aligned}f(t)&=2\sin t+\cos \displaystyle \frac{1}{2}t\\ \textrm{kedu}&\textrm{dukannya adalah}:\\ \end{aligned} \end{array}$
Lanjutan Materi Turunan Fungsi Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XII)
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Diketahui suatu gelombang bergerak teratur}\\ &\textrm{sebagaimana gambar berikut} \end{array}$
Turunan Fungsi Trigonometri (Matematika Peminatan Kelas XII)
$\color{blue}\textbf{A. Pendahuluan}$
Konsep turunan fungsi pada awalnya digunakan dalam bidang kususnya Matematika dan fisika, dalam hal hal ini kita berikan contohnya adalah laju perubahan kecepatan.
Coba perhatikanlah, misal pada kasus gerak jatuh bebas suatu benda yang dinyaatakan dengan $\color{magenta}h=\color{black}\displaystyle \frac{1}{2}gt^{2}$ dengan $\color{red}h$ adalah tinggi benda dengan percepatan grafitasinya adalah $\color{red}g=\color{black}10\: \: m/s^{2}$ dan $\color{red}t$ adalah waktu tempuh.
Misalkan suatu benda jatuh dari ketinggian 125 meter dari permukaan tanah dengan percepatan grafitasinya adalah $g=10\: \: m/s^{2}$, maka waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk sampai ke tanah adalah:
$\begin{aligned}h&=\displaystyle \frac{1}{2}gt^{2}\\ 125&= \frac{1}{2}(10)t^{2}\\ 25&=t^{2}\\ 5&=t \end{aligned}$
Dari kejadian di atas dapat kita dapatkan kecepatan rata-ratanya yaitu: perubahan tinggi dibagi perubahan waktu terjadinya, atau misal dituliskan
$\bigtriangleup v=\displaystyle \frac{\bigtriangleup y}{\bigtriangleup t}=\displaystyle \frac{y_{n}-y_{1}}{t_{n}-t_{1}}$
Sehingga kecepatan rata-ratanya adalah : $\color{cyan}\displaystyle \frac{125}{5}=25\: \: m/s^{2}$
- Noormandiri, B. K. 2004. Matematika SMA Jilid $2^{A}$ Berdasarkan Kurikulum 2004. Jakarta: ERLANGGA.
- Noormandiri, B. K. 2017. Matematika Jilid 3 untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
Contoh Soal 5 Program Linear (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 21.&\textrm{Jika daerah yang diarsir pada daerah penyelesaian}\\ &\textrm{untuk program linear dengan fungsi sasaran}\\ &f(x,y)=x-y,\: \: \textrm{maka nilai maksimum}\: \: f(x,y)\\ &\textrm{adalah}\: ...\\ & \end{array}$
Contoh Soal 4 Program Linear (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 16.&\textrm{Pada pertidaksamaan}\\ & 2y\geq x\: ;\: y\leq 2x\: ;\: 2y+x\leq 20\: ;\: x+y\geq 9\\ &\textrm{Nilai maksimum untuk}\: \: \color{red}3y-x\: \: \color{black}\textrm{dicapai saat}\: ....\\\\ \end{array}$
$.\: \: \: \quad\begin{array}{ll}\\ \textrm{a}.&\textrm{P}\\ \textrm{b}.&\textrm{Q}\\ \color{red}\textrm{c}.&\textrm{R}\\ \textrm{d}.&\textrm{S}\\ \textrm{e}.&\textrm{T}\\ \end{array}$Contoh Soal 3 Program Linear (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 11.&\textrm{Pada gambar berikut ini, pertidaksamaan}\\ &\textrm{yang memenuhi adalah}\\\\ \end{array}$
$.\: \: \: \quad\begin{array}{ll}\\ \textrm{a}.&2x+y-4\leq 0,\: 2x+3y-6\geq 0,\: x\geq 0,\: y\geq 0\\ \textrm{b}.&2x+y-4\geq 0,\: 2x+3y-6\leq 0,\: x\geq 0,\: y\geq 0\\ \textrm{c}.&2x+y-4\leq 0,\: 2x+3y-6\leq 0,\: x\geq 0,\: y\geq 0\\ \color{red}\textrm{d}.&\left (2x+y-4 \right )\left (2x+3y-6 \right )\leq 0,\: x\geq 0,\: y\geq 0\\ \textrm{e}.&\left (2x+y-4 \right )\left (2x+3y-6 \right )\geq 0,\: x\geq 0,\: y\geq 0\\ \end{array}$Contoh Soal 2 Program Linear (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 6.&\textrm{Pada gambar berikut ini, yang merupakan}\\ &\textrm{himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan}\\\\ &\color{magenta}\begin{cases} -x+2y & \leq 2 \\ 4x+3y &\leq 12 \\ x \geq 0&\\ y\geq 0& \end{cases}\\\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ \end{array}$
Contoh Soal 1 Program Linear (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Daerah yang diarsir berikut adalah himpunan}\\ &\textrm{penyelesaian pertidaksamaan dari}....\\ \end{array}$
Program Linear Dua Variabel (Matematika Wajib Kelas XI)
$\LARGE\color{blue}\textrm{A. Pendahuluan}$
Untuk menguasai materi ini, materi prasyarat yang harus pembaca kuasai adalah materi tentang persamaan linier dua variabel dan tentunya materi pertidaksamaan linear satu variabel. Materi program linear ini banyak digunakan dalam bidang ekonomi khususnya masalah optimasi.
$\LARGE\color{blue}\textrm{B. Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel}$
Sebelumnya perhatikanlah ilustrasi berikut
Bentuk umum yang akan digunakan dalam bahasan ini adalah sebagai berikut
$\color{blue}\begin{aligned}&\begin{cases} ax+by &\geq m \\ ax+by &>m \\ cx+dy &\leq n \\ cx+dy & <n \end{cases}\\\\ &\color{magenta}\textrm{dengan}\\ &a,b,c,d,m,n\: \: \textrm{bilangan riil}\\ &\color{magenta}\textrm{serta}\\ &x,y\: \: \textrm{keduanya adalah peubah bebas/variabel} \end{aligned}$
Sebagai misal
Untuk membantu menentukan pertidaksamaan linear dua variabel di atas tentunya penting juga membuat persamaan garis lurus (linear) sebagai prasyarat untuk membuat pertidaksaan yang dimaksud, yaitu:
$\begin{aligned}&\textrm{maka persamaan garisnya adalah}:\\ &(1)\qquad ax-by=0,\: \: \textrm{atau}\\ &(2)\qquad y=\left (\tan \alpha \right )x \end{aligned}$
dan jika garisnya berupa ilustrasi berikut
$\begin{aligned}&\textrm{maka persamaan gradien dan garisnya adalah}:\\ &(1)\qquad m=\displaystyle \frac{y_{2}-y_{1}}{x_{2}-x_{1}},\: \: \textrm{dan}\\ &(2)\qquad y=m\left ( x-x_{1} \right )+y_{1} \end{aligned}$
Dalam program linear terdapat dua hal yang harus diperhatikan yang berkaitan dalam penyelesaian dari masalah optimasi nantinya, yaitu kendala-kendala berupa pertidaksamaan linear dua variabel yang menjadi bahasan utama dan fungsi objektif sebagai fungsi sasarannya untuk mendapatkan dan menentukan mana yang nantinya dinyatakan suatu vektek (titik pojok) sebagai titik maksimum atau minimum.
$\LARGE\color{blue}\textrm{C. Nilai Optimum Fungsi Objektif}$
Bentuk umum dari fungsi objektif ini adalah
$\LARGE\color{magenta}\boxed{f(x,y)=ax+by}$
Fungsi optimum ini akan menunjukkan keoptimumnya mana kala titik-titik pojok disubstitusikan pada fungsi ini sehingga akan didapatkan nilai maksimum atau minimunya.
Untuk mendapatkan nilai optimum dari fungsi objektif ini dapat digunakan salah satu metode berikut
- metode uji titik pojok
- metode garis selidik
DAFTAR PUSTAKA
- Muis, A. 2009. Perang Siasat Matematika Dasar. Bantul: KREASI WACANA
- Tim VisiMath. 2009. 5000Plus Soal Matematika. Jakarta: Cerdas Interaktif
Contoh Soal 5 Induksi Matematika (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 21.&\textrm{Diketahui bahwa}\: \: S(n)\: \: \textrm{adalah formula dari}\\ &3+6+12+24+...+\left ( 3.2^{n-1} \right )=3.\left ( 2^{n}-1 \right )\\ &\textrm{Jika}\: \: S(n)\: \: \textrm{benar, untuk}\: \: n=k+1,\: \: \textrm{maka}\\ &\textrm{ruas kiri persamaan tersebut dapat dituliskan}\\ &\textrm{dengan}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&3+6+12+24+...+ 3.2^{k+1} \\ \textrm{b}.&3+6+12+24+...+ 3.2^{k-1} \\ \color{red}\textrm{c}.&3+6+12+24+...+ 3.2^{k-1}+3.2^{k} \\ \textrm{d}.&3+6+12+24+...+ 3.2^{k-1}+3.2^{k+1} \\ \textrm{e}.&3+6+12+24+...+ 3.2^{k}+3.2^{k+1} \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{c}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&3+6+12+24+...+ 3.2^{n-1} =3.\left ( 2^{n}-1 \right )\\ &\color{red}3+6+12+24+...+ 3.2^{k-1}+3.2^{k}\color{black}=3.\left ( 2^{k+1}-1 \right ) \end{aligned} \end{array}$
DAFTAR PUSTAKA
- Budhi, W.S. 2018. Bupena Matematika SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: ERLANGGA.
Contoh Soal 4 Induksi Matematika (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 16.&\textrm{Diketahui}\: \: 1+5+9+...+(4n-1)=2n^{2}-n\\ &\textrm{dengan}\: \: n\: \: \textrm{bilangan asli}.\: \textrm{Jika}\: \: m<k\: \: \textrm{dengan}\\ &m,k\: \: \textrm{bilangan asli juga},\: \textrm{maka}\\ &(4m-3)+(4m+1)+...+(4k-3)=....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&(k-m)(2k+2m-2)\\ \color{red}\textrm{b}.&(k-m+1)(2k+2m-3)\\ \textrm{c}.&(k-m+1)(2k-2m+1)\\ \textrm{d}.&(k-m+1)(2k^{2}+2m^{2}-3)\\ \textrm{e}.&(k-m)^{2}(2k-2m+4) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{b}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&1+5+9+...+(4m-3)+(4m+1)+...+(4k-3)\\ &=\underset{2k^{2}-k}{\underbrace{1+5+...+(4k-3)}}-\underset{2(m-1)^{2}-(m-1)}{\underbrace{1+5+...+(4(m-1)-3)}}\\ &=2k^{2}-k-\left ( 2(m-1)^{2}-(m-1) \right )\\ &=2k^{2}-k-2(m-1)^{2}+(m-1)\\ &=2k^{2}-k-2\left ( m^{2}-2m+1 \right )+m-1\\ &=2k^{2}-k-2m^{2}+4m-2+m-1\\ &=2k^{2}-k-2m^{2}+5m-3\\ &=(k-m+1)(2k+2m-3) \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 17.&\textrm{Diketahui}\: \: 2^{1}+2^{2}+2^{3}+...+2^{n}=2^{n+1}-2\\ &\textrm{dengan}\: \: n\: \: \textrm{bilangan asli}.\: \textrm{Jika}\: \: k\: \: \textrm{bilangan asli},\\ &\textrm{maka}\: \: 2^{2}+2^{3}+2^{4}+...+2^{k}+2^{k+1}=....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&(k-m)(2k+2m-2)\\ \textrm{b}.&(k-m+1)(2k+2m-3)\\ \textrm{c}.&(k-m+1)(2k-2m+1)\\ \color{red}\textrm{d}.&(k-m+1)(2k^{2}+2m^{2}-3)\\ \textrm{e}.&(k-m)^{2}(2k-2m+4) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{d}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&2^{2}+2^{3}+2^{4}+...+2^{k}+2^{k+1}\\ &=2^{1}+2^{2}+2^{3}+2^{4}+...+2^{k}+2^{k+1}-2^{1}\\ &=\underset{2^{k+1+1}-2}{\underbrace{2^{1}+2^{2}+2^{3}+2^{4}+...+2^{k}+2^{k+1}}}-2^{1}\\ &=2^{k+2}-2-2\\ &=2^{k+2}-4\\ &=2^{k}.2^{2}-4\\ &=2^{k}\times 4-4\\ &=4\left ( 2^{k}-1 \right ) \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 18.&\textrm{Diketahui bahwa}\: \: S(n)\: \: \textrm{adalah formula dari}\\ &2+5+10+17+...+\left ( n^{2}+1 \right )=\displaystyle \frac{1}{6}(n+1)\left ( 2n^{2}+n+6 \right )\\ &\textrm{Jika}\: \: S(n)\: \: \textrm{benar, untuk}\: \: n=k,\: \: \textrm{maka}....\\ &\begin{array}{llll}\\ \color{red}\textrm{a}.&2+5+10+17+...+\left ( k^{2}+1 \right )\\ &=\displaystyle \frac{1}{6}(k+1)\left ( 2k^{2}+k+6 \right )\\ \textrm{b}.&2+5+10+17+...+\left ( n^{2}+1 \right )\\ &=\displaystyle \frac{1}{6}(k+1)\left ( 2k^{2}+k+6 \right )\\ \textrm{c}.&2+5+10+17+...+\left ( k^{2}+2 \right )\\ &=\displaystyle \frac{1}{6}(k+2)\left ( 2k^{2}+5k+9 \right )\\ \textrm{d}.&\left ( k^{2}+1 \right )=\displaystyle \frac{1}{6}(k+1)\left ( 2k^{2}+k+6 \right )\\ \textrm{e}.&\left ( n^{2}+2 \right )=\displaystyle \frac{1}{6}(n+1)\left ( 2n^{2}+5n+9 \right ) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{a}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&\textrm{Cukup jelas}\\ &\textrm{Tinggal mensubstitusikan dari}\\ &\textrm{tiap}\: \: n\: \: \textrm{diganti}\: \: k \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 19.&\textrm{Diketahui bahwa}\: \: S(n)\: \: \textrm{adalah formula dari}\\ &12+17+22+...+\left ( 5n+7 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(n+1)(5n+14)\\ &\textrm{Jika}\: \: S(n)\: \: \textrm{benar, untuk}\: \: n=k,\: \: \textrm{maka benar}\\ &\textrm{untuk}\: \: n=k+1.\: \textrm{Pernyataan ini dapat}\\ &\textrm{dinyatakan dengan}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&12+17+22+...+\left ( 5k+7 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+1)(5k+14)\\ \textrm{b}.&12+17+22+...+\left ( 5k+7 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+1)(5k+19)\\ \textrm{c}.&12+17+22+...+\left ( 5k+12 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+1)(5k+19)\\ \textrm{d}.&12+17+22+...+\left ( 5k+12 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+2)(5k+14)\\ \color{red}\textrm{e}.&12+17+22+...+\left ( 5k+12 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+2)(5k+19) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{e}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&12+17+22+...+\left ( 5k+7 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+1)(5k+14)\\ &12+17+22+...+\left ( 5(k+1)+7 \right )\\ &\qquad\qquad\qquad\quad=\displaystyle \color{magenta}\frac{1}{2}((k+1)+1)(5(k+1)+14)\\ &12+17+22+...+\left ( 5k+12 \right )=\displaystyle \frac{1}{2}(k+2)(5k+19) \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 20.&\textrm{Diketahui bahwa}\: \: S(n)\: \: \textrm{adalah formula dari}\\ &4+5+6+7+...+(n+3)<5n^{2}\\ &\textrm{Jika}\: \: S(n)\: \: \textrm{benar, untuk}\: \: n=k+1,\: \: \textrm{maka}\\ &\textrm{pernyataan ini dapat ditulis dengan}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&4+5+6+...+(k+4)<5k^{2}\\ \textrm{b}.&4+5+6+...+(k+3)<5k^{2}\\ \textrm{c}.&4+5+6+...+(k+3)<5(k+1)^{2}\\ \color{red}\textrm{d}.&4+5+6+...+(k+4)<5(k^{2}+2k+1)\\ \textrm{e}.&4+5+6+...+(k+4)<5(k+1)(k-1) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{d}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&4+5+6+...+(n+3)<5n^{2}\\ &\textrm{Saat}\: \: n=k+1,\: \: \textrm{maka}\\ &4+5+6+...+((k+1)+3)<5(k+1)^{2}\\ &=4+5+6+...+(k+4)<5\left ( k^{2}+2k+1 \right ) \end{aligned} \end{array}$
Contoh Soal 3 Induksi Matematika (Matematika Wajib Kelas XI)
$\begin{array}{ll}\\ 11.&\textrm{Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut}\\ &(1)\quad \displaystyle \sum_{i=1}^{5}(5i+2)=4\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i+10\\ &(2)\quad \displaystyle \sum_{i=1}^{5}(5i^{2}-i)=5\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-\sum_{i=1}^{5}i\\ &(3)\quad \displaystyle \sum_{i=1}^{5}(3i-4)=3\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-4\\ &(4)\quad \displaystyle \sum_{i=1}^{5}(i+7i^{2})=\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i-7\sum_{i=1}^{5}i\\ &\textrm{Pernyataan yang tepat ditunjukkan oleh}....\\ &\begin{array}{llll}\\ \color{red}\textrm{a}.&(1)\: \: \textrm{dan}\: \: (2)\\ \textrm{b}.&(1)\: \: \textrm{dan}\: \: (3)\\ \textrm{c}.&(1)\: \: \textrm{dan}\: \: (4)\\ \textrm{d}.&(2)\: \: \textrm{dan}\: \: (3)\\ \textrm{e}.&(2)\: \: \textrm{dan}\: \: (4) \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{a}\\ &\color{blue}\begin{aligned}(1)\quad&\displaystyle \sum_{i=1}^{5}(5i+2)=4\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i+\sum_{i=1}^{5}2\\ &=4\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i+5\times 2\\ &=4\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i+10\\ (2)\quad&\displaystyle \sum_{i=1}^{5}(5i^{2}-i)=5\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-\sum_{i=1}^{5}i\\ (3)\quad&\displaystyle \sum_{i=1}^{5}(3i-4)=3\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-\sum_{i=1}^{5}4\\ &=3\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-5\times 4\\ &=3\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i^{2}-20\\ (4)\quad&\displaystyle \sum_{i=1}^{5}(i+7i^{2})=\displaystyle \sum_{i=1}^{5}i+7\sum_{i=1}^{5}i \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 12.&\textrm{Hasil dari}\: \: \displaystyle \sum_{i=1}^{4}i^{2}+\sum_{i=5}^{6}i^{2}\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&\displaystyle 86\\ \color{red}\textrm{b}.&\displaystyle 91\\ \textrm{c}.&\displaystyle 95\\ \textrm{d}.&\displaystyle 101\\ \textrm{e}.&\displaystyle 105 \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{b}\\ &\color{blue}\begin{aligned}\displaystyle \sum_{i=1}^{4}i^{2}+\sum_{i=5}^{6}i^{2}&=\displaystyle \sum_{i=1}^{6}i^{2}\\ &=1^{2}+2^{2}+3^{2}+4^{2}+5^{2}+6^{2}\\ &=1+4+9+16+25+36\\ &=91 \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 13.&\textrm{Hasil dari}\: \: \displaystyle \sum_{i=2}^{5}\left ( 4i^{2}-2i \right )\: \: \textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&\displaystyle 144\\ \textrm{b}.&\displaystyle 148\\ \textrm{c}.&\displaystyle 154\\ \textrm{d}.&\displaystyle 164\\ \color{red}\textrm{e}.&\displaystyle 188 \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{e}\\ &\color{blue}\begin{aligned}&\displaystyle \sum_{i=2}^{5}\left ( 4i^{2}-2i \right )\\ &=\left ( 4.2^{2}-2.2 \right )+\left ( 4.3^{2}-2.3 \right )+\left ( 4.4^{2}-2.4 \right )+\left ( 4.5^{2}-2.5 \right )\\ &=12+30+56+90\\ &=188 \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 14.&\textrm{Bentuk}\: \: 11^{n}-1\: \: \textrm{dengan}\: \: n\: \: \textrm{bilangan asli}\\ &\textrm{akan habis dibagi oleh}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&\displaystyle 7\\ \textrm{b}.&\displaystyle 9\\ \color{red}\textrm{c}.&\displaystyle 10\\ \textrm{d}.&\displaystyle 11\\ \textrm{e}.&\displaystyle 13 \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{c}\\ &\color{blue}\begin{aligned}\textrm{Bentuk}&\: \: 11^{n}-1\\ \textrm{untuk}&\: \: n=1\\ &=11^{1}-1\\ &=10 \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 15.&\textrm{Rumus yang tepat untuk pola}\: \: 12,13,14,15,...\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{llll}\\ \textrm{a}.&\displaystyle U_{n}=n+9\\ \textrm{b}.&\displaystyle U_{n}=n+10\\ \color{red}\textrm{c}.&\displaystyle U_{n}=n+11\\ \textrm{d}.&\displaystyle U_{n}=2n+10\\ \textrm{e}.&\displaystyle U_{n}=2n+11 \end{array}\\\\ &\textrm{Jawab}:\quad \color{red}\textbf{c}\\ &\color{blue}\begin{aligned}\textrm{Bentuk}&\: \: 12,13,14,15,...\\ \textrm{untuk}&\: \: U_{n}=pn+q\\ 12&=p+q\\ 13&=2p+q\\ \textrm{akan}&\: \textrm{didapatkan}\\ &\begin{cases} p & =1 \\ q & =11 \end{cases}\\ \textrm{Sehing}&\textrm{ga}\\ U_{n}&=n+11 \end{aligned} \end{array}$