- Faires, J. Douglas. 2006. Langkah Pertama Menuju Olimpiade Matematika Menggunakan Kompetisi Matematika Amerika, ed. ke-3. Terjemahan: Tim Penerjemah. Pakar Raya, Bandung. 307 hal.
Contoh Soal Numerasi Lanjutan Persiapan Asesmen Nasional (AN)
Mencoba Lebih Dekat dengan Numerasi AKM untuk Siswa Setingkat SMA/MA atau Sederajat pada Asesmen Nasional (AN)
A. Apa itu AKM
AKM adalah singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Ada 2 macam kompetensi mendasar yang akan diukur pada AKM ini, yaitu: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik literasi membaca maupun literasi matematika/numerasi, kompetensi mendasar yang akan dinilai mencakup
- keterampilan berpikir logis-sistematis
- keterampilan bernalar dengan konsep yang ada
- keterampilan mengolah data dan fakta dari informasi yang ada.
- Azis, A., Budi, D. S. 2013. Kupas Tuntas Olimpiade Matematika Tingkat SD. Yogyakarta: ANDI.
- Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan. 2021. Kebijakan Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Pusat Asesmen dan Pembelajaran: Asesmen Kompetensi Minimum. http://pusmenjar.kemdikbud.go.id/AKM
- Susyanto, N. 2012. Tutor Senior Olimpiade Matematika Lima Benua Tingkat SMP. Yogyakarta: KENDI MAS MEDIA.
- Thohir, Ahmad, 2013. Materi Contoh Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika MA/SMA. Grobogan: MA FUTUHIYAH.
Lanjutan 4 Persamaan Trigonometri
B. 2 Persamaan Trigonometri Bentuk Kuadrat
Persamaan trigonometri terkadang juga terdapat dalam bentuk kuadrat, sehingga penyelesaiannya menyesuaikan dengan persamaan kuadrat tersebut yaitu proses faktorisasi, atau melengkapkan kudrat sempurna,dan atau dengan rumus ABC.
B. 3 Persamaan Trigonometri Bentuk a sin x + b cos x
Selain bentuk sederhana seperti yang telah diuraikan pada materi sebelumnya (lihat di sini), terdapat persamaan trigonometri bentuk
Untuk lebih lanjut tentang bukti dan lain sebagainya akan dipelajari di subbab berikutnya setelah materi persamaan trigonometri ini.
DAFTAR PUSTAKA
- Kanginan, M., Nurdiasyah, H., Akhmad, G. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA.
- Noormandiri, B. K. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
- Sembiring, S., Zulkifli, M., Marsito, Rusdi, I. 2017. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: SRIKANDI EMPAT WIDYA UTAMA.
- Sukino. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
Lanjutan Materi : Persamaan Eksponen
A. Persamaan Eksponen
Berikut bentuk persamaan eksponen yang sering digunakan terangkum dalam tabel berikut beserta cara penyelesaiannya
DAFTAR PUSTAKA
- Kurnia, N, dkk. 2016. Jelajah Matematika I SMA Kelas X Peminatan MIPA. Jakarta: YUDHISTIRA.
Lanjutan 4 Materi Geometri Ruang (Dimensi Tiga)
C. 1 Sudut antara Garis dengan Bidang
Secara definisi jika garis
Perhatikanlah ilustrasi berikut
C. 2 Sudut antara Bidang dengan Bidang
Sudut antara bidang dua yang berpotongan adalah sudut yang terbentuk oleh dua garis pada masing-masing bidang tersebut di mana setiap garis itu tegak lurus pada garis potong kedua bidang tersebut di satu titik.- Rasiman. 2000. Diktat Geometri. Semarang: IKIP Semarang
- Tampomas, H. 1999. Seribu Pena Matematika SMU Kelas 3. Jakarta: ERLANGGA.
Lanjutan 3 Persamaan Trigonometri
B. 1 Persamaan Trigonometri Sederhana
Dalam penyelesaian persamaan trigonometri sederhana dapat digunakan salah satu rumus berikut, yaitu:
Jika sudutnya dinyatakan dalam phi radian
Lanjutan 2 Persamaan Trigonometri
A. 2 Relasi Sudut
Mengingatkan kembali materi tentang nilai sudut diberbagai kuadran yang selanjutnya berkaitan erat dengan relasi sudutnya dari kuadran selain satu diubah ke kuadran satu supaya mudah menentukan nilai trigonometri.
Untuk tanda perbandingan trigonometrinya berkaitan dengan relasi sudutnya adalah disajikan sebagaimana dalam bagan berikut
atau
Adapun penjabaran sudut-sudut yang berelasi sebagaimana ilustrasi bagan berikut, yaitu:
Ketentuan perubahan trigonometri berkaitan dengan sudut berelasi adalah sebagaimana tabel berikut:
KUADRAN PERTAMA
KUADRAN KEDUA
ada 2 pilihan yaitu:
pertama
kedua
KUADRAN KETIGA
ada 2 pilihan juga yaitu:
pertama
kedua
KUADRAN KEEMPAT
ada 2 pilihan juga yaitu:
pertama
kedua
A. 3 Sudut Negatif dan Sudut lebih Besar dari
Catatan :