$\begin{array}{ll}\\ 4.&\color{blue}\textrm{Perhatikanlah ilustrasi gambar berikut} \end{array}$
Contoh Soal Vektor di Dimensi Dua (Kelas X Matematika Peminatan) Bagian 2
Contoh Soal Vektor di Dimensi Dua (Kelas X Matematika Peminatan) Bagian 1
Perhatikanlah gambar berikut untuk menjawab soal no.1
Materi Vektor Lanjutan 2 (Kelas X Matematika Peminatan)
$\color{blue}\textrm{K. Operasi Vektor}$
$\color{blue}\textrm{1. Penjumlahan}$
$\color{blue}\textrm{1. 1 Secara Geometri}$
$\color{blue}\textrm{1. 2 Secara Aljabar}$
$\color{blue}\textrm{2. 1 Secara Geometri}$
$\color{blue}\textrm{2. 2 Secara Aljabar}$
$\color{blue}\textrm{3. 1 Secara Geometri}$
- Kuntarti, Sulistiyono, & Kurnianingsih, S. 2005. Matematika untuk SMA dan MA Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Materi Vektor Lanjutan (Kelas X Matematika Peminatan)
$\color{blue}\textrm{D. Modulus Vektor}$
Modulus suatu vektor adalah ukuran (panjang) suatu vektor. Dalam hal ini modulus suatu vektor adalah besar/panjang suatu vektor.
Lihat pada pembahasan sebelumnya tentang panjang vektor di $\color{red}\textrm{R}^{2}$ di sini.
Dalam menuliskan modulus/panjang vektor ini digunakan notasi $\left | \overline{a} \right |$ jika vektornya $\overline{a}$.
Bila $\color{red}\overline{a}=\begin{pmatrix} x_{1}\\ y_{1} \end{pmatrix},\: \: \color{black}\textrm{maka}\: \: \color{red}\left | \overline{a} \right |=\sqrt{x_{1}^{2}+y_{1}^{2}}$
$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$
Perhatikanlah ilustrasi gambar berikut
Vektor (Kelas X Matematika Peminatan)
$\color{blue}\textrm{A. Pendahuluan}$
Vektor adalah besaran yang memiliki panjang/besar sekaligus memiliki arah. Secara geometri, vektor digambarkan dengan anak panah (ruas garis berarah) yang mana memiliki titik pangkal dan titik ujung.
Perhatikanlah ilustrasi berikut
- Menggunakan dua huruf kapital yang di atasnya ada anak panah, misalnya $\overline{PQ},\: \overline{RS},\: \: \textrm{dan}\: \: \overline{AZ}$
- Menggunakan dua huruf kapital yang di atasnya diberikan anak panah, seperti $\overrightarrow{PQ},\: \overrightarrow{RS},\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{AZ}$
- Menggunakan sebauah huruf kecil tercetak tebal seperti pembahasan sebelumnya di atas, yaitu : $\textbf{a},\: \textbf{b},\: \textbf{c},\: \textbf{d},\: \: \textrm{dan}\: \: \textbf{e}$
- Menggunakan sebuah huruf kecil yang di atsnya diberikan anak panah, misalnya: $\vec{a},\: \vec{b},\: \vec{c},\: \vec{d},\: \: \textrm{dan}\: \: \vec{e}$
- Menggunakan sebuah huruf kecil yang bawahnya diberi garis
- Menggunakan sebuah huruf kecil yang di atasnya diberi ruas garis, seperti $\bar{a},\: \bar{b},\: \bar{c},\: \bar{d},\: \: \textrm{dan}\: \: \bar{e}$
Kedudukan Titik terhadap Lingkaran (Kelas XI)
$\color{blue}\textrm{D. Kedudukan Titik Terhadap Lingkaran }$.
- jika titik A(x,y) di dalam lingkaran, maka berlaku $x^{2}+y^{2}<r^{2}$.
- jika titik A(x,y) pada lingkaran, maka berlaku $x^{2}+y^{2}=r^{2}$, dan
- jika titik A(x,y) di luar lingkaran, maka berlaku $x^{2}+y^{2}>r^{2}$.
Demikian juga kedudukan sebuah titik terhadap sebuah lingkaran yang berpusat di $(a,b)$ memiliki 3 kemungkinan, yaitu:
- jika titik A(x,y) di dalam lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}<r^{2}$ atau $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C<0$.
- jika titik A(x,y) pada lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}$ atau $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C=0$.
- jika titik A(x,y) di luar lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}>r^{2}$ atau $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C>0$.
$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Sebuah lingkaran yang berpusat pada }\\ &\textrm{pangkal koordinat}\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{Tentukanlah persamaan lingkaran }\\ &\qquad\textrm{yang berjari-jari 5}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{Gambarlah lingkaran (pada soal a.) }\\ &\qquad\textrm{pada kertas grafiks}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{Lukislah titik-titik dari},\\ &\qquad A(2,3),\: B(4,3),\: \: \textrm{dan}\: \: C(3,6).\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{Nyatakan kedudukan titik-titik}\\ &\qquad A,\: B,\: \textrm{dan}\: C\: \textrm{terhadap lingkaran. }\\ &\qquad\textrm{Di dalam, pada, atau}\\ &\qquad\textrm{beradakah di luar lingkaran}\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikanlah ilustrasi berikut} \end{array}$.
- Kartini, Suprapto, Subandi, Setiadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
- Sobirin. 2006. Kompas Matematika Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika SMA Kelas 2. Jakarta: KAWAN PUSTAKA.
- Wirodikromo, S. 2007. Matematika Jilid 2 IPA untuk Kelas XI. Jakarta: ERLANGGA.
Lingkaran (Matematika Peminatan Kelas XI)
$\color{blue}\textrm{A. Definisi Lingkaran}$.
Secara definisi lingkaran adalah tempat kedudukam titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu. Selanjutnya titik tertentu disebut sebagai pusat lingkaran sedangkan jarak yang salalu sama terhadapa titik tertentu tersebut disebut sebagai jari-jari atau radius (r).
Sebagai ilustrasi berikut diberikan gambar berkaitan kedudukan titik-titik tersebut
$\color{blue}\textrm{B. Persamaan Lingkaran Berpusat di O(0,0) }$.
Persamaan sebuah lingkaran dengan dengan jari-jari $r$ dan berpusat di titik pusat koordinat dapat dilustrasikan sebagai berikut
$\color{blue}\textrm{C. Persamaan Lingkaran Berpusat di (a,b)}$.
Perhatikanlah ilustrasi berikut
Pada ilustrasi gambar di atas ditunjukkan sebuah lingkaran berpusat di $N(a,b)$ dengan jari-jari $r$, misalkan kita ambil sebuah titik $P(x,y)$ pada keliling lingkaran, maka $NP=r$.
$\begin{aligned}&\sqrt{(x-a)^{2}+(y-b)^{2}}=r^{2}\\ &\color{red}(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}\\ &\textrm{persamaan di atas adalah}\: \: \textbf{Bentuk Umum}\\ &\textrm{dari}\: \: \textbf{Persamaan Lingkaran}\: \: \textrm{yang}\\ &\textrm{berpusat di}\: \: (a,b) \end{aligned}$
Selanjutnya perhatikanlah rangkuman berikut
$\begin{array}{|l|c|c|}\hline \textrm{Lingkaran} &x^{2}+y^{2}=r^{2}&(x-p)^{2}+(y-q)^{2}=r^{2}\\\hline \textrm{Pusat}&(0,0)&(p,q)\\\hline \textrm{Jari-jari}&r&r\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Pesamaan garis}\\ &\textrm{singgung melalui}\\ &\textrm{titik}\: \: (x_{1},y_{1})\\ &\textrm{pada lingkaran} \end{aligned}&x_{1}x+y_{1}y=r^{2}&\begin{aligned}&(x_{1}-p)(x-p)\\ &\: +(y_{1}-q)(y-q)=r^{2} \end{aligned}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Persamaan garis}\\ &\textrm{singgung dengan}\\ &\textrm{gradien}\: \: m \end{aligned}&\begin{aligned}&y=mx\\ &\: \pm r\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}&\begin{aligned}&(y-q)=m(x-a)\\ &\: \pm r\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.
Kusus untuk yang pusat $(a,b)$ adalah:
$\begin{array}{|l|c|}\hline \textrm{Lingkaran} &x^{2}+y^{2}+Ax+By+C=0\\\hline \textrm{Pusat}&\left ( -\frac{1}{2}A,-\frac{1}{2}B \right )\\\hline \textrm{Jari-jari}&r=\sqrt{\displaystyle \frac{1}{4}\left ( A^{2}+B^{2} \right )-C}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Pesamaan garis}\\ &\textrm{singgung melalui}\\ &\textrm{titik}\: \: (x_{1},y_{1})\\ &\textrm{pada lingkaran} \end{aligned}&\begin{aligned}&x_{1}x+y_{1}y\\ &\: +\displaystyle \frac{A}{2}(x_{1}+x)\\ &\: +\displaystyle \frac{B}{2}(y_{1}+y)+C=0 \end{aligned}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Persamaan garis}\\ &\textrm{singgung dengan}\\ &\textrm{gradien}\: \: m \end{aligned}&\begin{aligned}&y+\frac{1}{2}B=m(x+\frac{1}{2}A)\\ &\: \pm \sqrt{\displaystyle \frac{1}{4}\left ( A^{2}+B^{2} \right )-C}.\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.
$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukan persamaan lingkaran yang }\\ & \textrm{berpusat di (0,-2) dan berjari-jari}\: \: 5\\\\ &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui pusat lingkaran berpusat}\\ &\textrm{di}\: \: (0,-2)\: \: \textrm{dan berjari-jari}\: r=5\\ &\textrm{Persamaan lingkarannya adalah}:\\ &\color{red}(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-0)^{2}+(y-(-2))^{2}=\left ( 5 \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+(y+2)^{2}=25,\quad \textrm{atau}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+y^{2}+4y+4=25\\ &\textrm{Jadi, persamaan lingkarannya}\\ &\textrm{adalah}\: \: \: x^{2}+y^{2}+4y-21=0 \end{aligned} \end{array}$,
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukan persamaan lingkaran}\\ & \textrm{yang berpusat di titik}\: \: M(1,3)\\ &\textrm{dan melalui titik}\: \: N(-2,5)\\\\ &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui jari-jari lingkaran}\\ &r=MN=\sqrt{(x_{M}-x_{N})^{2}+()^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{(-2-1)^{2}+(5-3)^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{(-3)^{2}+2^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{9+4}=\sqrt{13}\\ &\textrm{maka}\\ &\textrm{persamaan lingkarannya adalah}\\ &(x-1)^{2}+(y-3)^{2}=r^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=\left ( \sqrt{13} \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=13\\ &\textrm{Jadi, jari-jari lingkarannya}\\ &\textrm{adalah}\: \: \sqrt{13}\: .\: \textrm{Dan persamaan}\\ &\textrm{lingkarannya adalah}:\: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=13 \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Tentukanlah pusat dan jari-jari lingkaran berikut?}\\ &\textrm{a}.\quad L\equiv (x+1)^{2}+(y+2)^{2}=9\\ &\textrm{b}.\quad L\equiv (x+1)^{2}+(y-2)^{2}=9\\ &\textrm{c}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y+2)^{2}=9\\ &\textrm{d}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y-2)^{2}=9\\ &\textrm{e}.\quad L\equiv (x+3)^{2}+(y-3)^{2}=9\\ &\textrm{f}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y-2)^{2}=25\\ &\textrm{g}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+y^{2}=27\\ &\textrm{h}.\quad L\equiv x^{2}+(y-1)^{2}=27\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &L\equiv (x+1)^{2}+(y+2)^{2}=9,\: \: \textrm{pusat di}\: \: (-1,-2)\\ &\textrm{dan jari-jarinya adalah}\: \: \sqrt{9}=3\\ &\textrm{Soal yang belum dibahas silahkan }\\ &\textrm{diselesaikan sendiri sebagai latihan} \end{array}$.
Contoh Soal 14 (Segitiga dan Ketaksamaan)
$\begin{array}{ll}\\ 66.&\textrm{Diberikan}\: \: a,b,c>0,\: \: \textrm{tunjukkan bahwa}\\ &\displaystyle \frac{b+c}{a}+\frac{c+a}{b}+\frac{a+b}{c}\geq 6\\\\ &\textbf{Bukti}:\\ &\color{red}\textrm{Alternatif 1}\\ &\textrm{Dengan mengaplikasikan AM-GM-HM}\\ &\textrm{pada}\: \: \displaystyle \frac{1}{a}+\frac{1}{b}+\frac{1}{c}\: \: \textrm{kita dapat menemukan}\\ &\color{blue}\displaystyle \frac{1}{a}+\frac{1}{b}+\frac{1}{c}\color{black}\geq \displaystyle \frac{3}{(abc)^{.^{\frac{1}{3}}}}\geq \color{blue}\displaystyle \frac{9}{a+b+c}\\ &\textrm{Jika kedua ruas dikalikan dengan}\: \: \color{red}a+b+c\color{black},\\ &\textrm{maka}\\ &\color{blue}3+\displaystyle \frac{b+c}{a}+\frac{c+a}{b}+\frac{a+b}{c}\color{black}\geq \color{blue}\displaystyle \frac{9(a+b+c)}{a+b+c}\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{b+c}{a}+\frac{c+a}{b}+\frac{a+b}{c}\geq 6\qquad \blacksquare \\ &\begin{aligned}&\color{red}\textrm{Alternatif 2}\\ &\textrm{Asumsikan}\: \: a\leq b\leq c,\: \textrm{maka}\: \: a+b\leq a+c\leq b+c\\ &\textrm{dan}\: \: \displaystyle \frac{1}{c}\leq \frac{1}{b}\leq \frac{1}{a}.\\ &\textrm{Perhatikan bahwa}\\ & (a+b\leq a+c\leq b+c)\: \: \textrm{dan}\: \: \displaystyle \frac{1}{c}\leq \frac{1}{b}\leq \frac{1}{a}\\ &\textrm{memiliki kemonotonan yang sama}\\ &\textrm{maka dengan}\: \: \textbf{ketaksamaan Renata}\\ &\textrm{dapat diperoleh bentuk}\\ &(b+c).\displaystyle \frac{1}{a}+(c+a).\displaystyle \frac{1}{b}+(a+b).\displaystyle \frac{1}{c}\geq (b+c).\displaystyle \frac{1}{b}+(c+a).\displaystyle \frac{1}{c}+(a+b).\displaystyle \frac{1}{a}\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \doteq 1+\displaystyle \frac{c}{b}+1+\frac{a}{c}+1+\frac{b}{a}\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \doteq 3+\frac{c}{b}+\frac{a}{c}+\frac{b}{a}\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \doteq 3+3\left ( \displaystyle \frac{abc}{abc} \right )^{.^{\frac{1}{3}}}\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \doteq 3+3\\ &\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \doteq 6\qquad \blacksquare \end{aligned} \end{array}$.
DAFTAR PUSTAKA
- Young, B. 2009. Seri Buku Olimpiade Matematika Strategi Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade Matematika: Ketaksamaan (Inequality). Bandung: PAKAR RAYA.
Contoh Soal 13 (Segitiga dan Ketaksamaan)
$.\quad\qquad\begin{aligned}&\color{red}\textrm{Mengenal penulisan pola}\: \textbf{Siklik dan Simetri}\\ &\textrm{Misal untuk}\: \: n=3,\: \: \textrm{pada penulisan unsur}\\ &x,y,\: \: \textrm{dan}\: \: z,\: \textrm{maka}\\ &\begin{array}{|l|l|}\hline \textbf{Pola Siklik}&\textbf{Pola Simetri}\\\hline\begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{siklik}}^{.}x^{2}=x^{2}+y^{2}+z^{2}\\ &\\ &\\ &\\ &\\ & \end{aligned} &\begin{aligned}\displaystyle\sum_{\textrm{sym}}^{.}x^{2}&=x^{2}+x^{2}\\ &+y^{2}+y^{2}\\ \\ &+z^{2}+z^{2}\\ \\ &=2\left (x^{2}+y^{2}+z^{2} \right ) \end{aligned}\\ \begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{siklik}}^{.}x^{3}=x^{3}+y^{3}+z^{3}\end{aligned}&\begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{sym}}^{.}x^{3}=2\left (x^{3}+y^{3}+z^{3} \right ) \end{aligned}\\ \begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{siklik}}^{.}x^{2}y=x^{2}y+y^{2}z+z^{2}x\\ &\\ &\\ & \end{aligned}&\begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{sym}}^{.}x^{2}y&=x^{2}y+x^{2}z\\ &+y^{2}x+y^{2}z\\\\ &+z^{2}x+z^{2}y \end{aligned}\\ \begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{siklik}}^{.}xyz&=xyz+yzx+zxy\\ &=3xyz \end{aligned}&\begin{aligned}\displaystyle \sum_{\textrm{sym}}^{.}xyz&=xyz+xzy+\cdots \\ &=6xyz \end{aligned} \\\hline \end{array} \end{aligned}$.
DAFTAR PUSTAKA
- Young, B. 2009. Seri Buku Olimpiade Matematika Strategi Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade Matematika: Ketaksamaan (Inequality). Bandung: PAKAR RAYA.
- https://holdenlee.github.io/high_school/omc/23-rearrange.pdf diakses 18 Januari 2022.
- https://www.gotohaggstrom.com/Advanced%20inequality%20manipulations.pdf diakses 20 Januari 2022
Contoh Soal 12 (Segitiga dan Ketaksamaan)
$\begin{array}{ll}\\ 56.&(\textbf{OSK 2018})\\ &\textrm{Diketahui bilangan real}\: \: x\: \: \textrm{dan}\: \: y\\ &\textrm{yang memenuhi}\: \: \displaystyle \frac{1}{2}< \frac{x}{y}< 2\\ &\textrm{Nilai minimum}\: \: \displaystyle \frac{x}{2y-x}+\frac{2y}{2x-y}\: \: \textrm{adalah}\: ....\\\\ &\textbf{Jawab}\\ &\begin{aligned}&\color{red}\textrm{Alternatif 1}\\ &\textrm{Misal}\: \: t=\displaystyle \frac{x}{y}\\ &\textrm{Misalkan juga}\: \: f(t)=\displaystyle \frac{x}{2y-x}+\displaystyle \frac{2y}{2x-y}\\ &\textrm{maka}\: \: f(t)=\displaystyle \frac{2t^{2}-3t+4}{-2t^{2}+5t-2}\\ &\bullet \:\textrm{Agar minimum, maka}\: \: f'(t)=0\\ &\: \: \: \: \: \textrm{Sehingga}\\ &\: \: \: \: \: f'(t)=4t^{2}+8t-14=0\\ &\: \: \: \: \Leftrightarrow t_{1,2}=-1\pm \displaystyle \frac{3}{2}\sqrt{2}\\ &\: \: \: \: \textrm{Pilih yang positif, yaitu}\: \: t=-1+ \displaystyle \frac{3}{2}\sqrt{2}\\ &\bullet \: \textrm{Dengan proses substistusi harga}\: \: t\\ &\: \: \: \: \textrm{di atas, maka akan didapatkan }\\ &\: \: \: \: \textrm{nilai}\: \: f(t)=1+\displaystyle \frac{4}{3}\sqrt{2} \end{aligned} \\ &\begin{aligned}&\color{red}\textrm{Alternatif 2}\\ &\textrm{Menurut bentuk}\: \: \displaystyle \frac{1}{2}< \frac{x}{y}< 2\\ &\textrm{jelas bahwa baik}\: \: 2y-x\: \: \textrm{dan}\: \: 2x-y \\ &\textrm{keduanya}\: \textbf{positif}\\ &\color{purple}\textrm{Lihat tabel berikut}\\ &\begin{array}{|c|c|c|}\hline \textrm{Bentuk}&\textrm{Pengecekan 1}&\textrm{Pengecekan 2}\\\hline \begin{aligned}&\displaystyle \frac{1}{2}< \frac{x}{y}< 2\\ &\textrm{Jelas bahwa}\\ &x,y\neq 0\\ &\\ &\\ &\\ &\\ &\\ & \end{aligned}&\begin{aligned}&\textrm{Saat}\: \: (\times y)\\ &\textrm{Yaitu}:\\ &\displaystyle \frac{1}{2}(y)< \frac{x}{y}(y)< 2(y)\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{1}{2}y< x< 2y\\ &\textrm{Jelas bahwa}\\ &2y-x>0\\ &\\ &\\ & \end{aligned}&\begin{aligned}&\textrm{Saat dibali posisinya}\\ &\displaystyle \frac{1}{2}< \frac{y}{x}< 2\\ &\textrm{Saat}\: \: (\times x)\\ &\textrm{Yaitu}:\\ &\displaystyle \frac{1}{2}(x)< \frac{y}{x}(x)< 2(x)\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{1}{2}x< y< 2x\\ &\textrm{Jelas bahwa}\\ &2x-y>0 \end{aligned}\\\hline \end{array}\\ &\textrm{Saat masing-masing}\\ &\bullet \: \displaystyle \frac{x}{2y-x}=\displaystyle \frac{1}{3}+\frac{2}{3}\left ( \displaystyle \frac{2x-y}{2y-x} \right )\: \: \: \textrm{dan}\\ &\bullet \: \displaystyle \frac{2y}{2x-y}=\displaystyle \frac{2}{3}+\frac{4}{3}\left ( \displaystyle \frac{2y-x}{2x-y} \right )\\ &\color{blue}\textrm{Dengan ketaksamaan AM-GM diperoleh}\\ &\begin{aligned} \displaystyle \frac{x}{2y-x}+\displaystyle \frac{2y}{2x-y}&=1+\frac{2}{3}\left ( \displaystyle \frac{2x-y}{2y-x} \right )+\frac{4}{3}\left ( \displaystyle \frac{2y-x}{2x-y} \right )\\ &\geq 1+2\sqrt{\frac{2}{3}\left ( \displaystyle \frac{2x-y}{2y-x} \right )\frac{4}{3}\left ( \displaystyle \frac{2y-x}{2x-y} \right )}\\ &= 1+2\sqrt{\displaystyle \frac{8}{9}}\\ &=1+2\left ( \displaystyle \frac{2}{3} \right )\sqrt{2}\\ &=1+\displaystyle \frac{4}{3}\sqrt{2} \end{aligned} \end{aligned} \end{array}$.
DAFTAR PUSTAKA
- Muslim, M.S. 2020. Kumpulan Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Tahun 2007-2019 Tingkat Kota/Kabupaten. Bandung: YRAMA WIDYA.
- Widodo, T. 2018. Booklet OSN SMA 2018: Soal dan Solusi OSK, OSP, OSN SMA Bidang Matematika.
- Young, B. 2009. Seri Buku Olimpiade Matematika Strategi Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade Matematika: Ketaksamaan (Inequality). Bandung: PAKAR RAYA.