Lanjutan Bilangan Kompleks: Operasi Aljabar Bilangan Kompleks (Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI)

D. Operasi Aljabar Bilangan Kompleks

Perhatikan tabel berikut

NoJenis OperasiKeterangan1.PenjumlahanJumlahkan dua bilangan kompleksdengan cara bagian riil dan tidak riil(khayal murni) dilakukan secaraterpisahMisalkanz1=a+ib,danz2=c+id,makaz1+z2=(a+c)+(b+d)i2.PenguranganPengurangan dua bilangan kompleksdengan cara bagian riil dan tidak riil(khayal murni) dilakukan secaraterpisahMisalkanz1=a+ib,danz2=c+id,makaz1z2=(ac)+(bd)i3.PerkalianCara mengalikan dua bilangan kompleks yaitu lakukan dengan cara seperti binomial biasa dan gantii2dengan1Misalkanz1=a+ib,danz2=c+id,makaz1×z2=(a+ib)×(c+id)=ac+adi+bci+bdi2=ac+bdi2+(ad+bc)i=acbd+(ad+bc)iUntuk perkalian dengan skalarkalikan masing-masing bagian denganskalarnya saja4.Pembagiancara membagi dua bilangan komplekskalikan pembilang dan penyebut dengansekawan dari penyebutnya serta gantihasilnya yang mengandungi2dengan1Misalkan diketahui penyebutnya berupaa+ib,maka sekawannya adalah:aibatauz1z2=z1z21denganz20Jikaz2=a+ib,makaz21=aa2+b2iba2+b2.

CONTOH SOAL.

1.Diketahui bahwaz1=2+3idanz2=69i,tentukana.z1+z2c.z1×z2b.z1z2d.z1:z2Jawab:NoUraian jawabanDiketahui bahwa{z1=2+3iz2=69i1.z1+z2=(2+3i)+(69i)=(2+6)+(39)i=86i2.z1z2=(2+3i)(69i)=(26)+(3+9)i=8+12i3.z1×z2=(2+3i)×(69i)=(2×63×(9))+(2×(9)+3×6)i=(12+27)+(18+18)i=394.z1:z2=z1z2=2+3i69i×6+9i6+9i=12+18i+18i+27i262+92=1227+(18+18)i36+81=15117+36117i=539+413iatauAnda dapat menggunakan invershasilnyapun akan sama dengan yangdi atas, yaituz21=6+9i62+92,maka=z1×z21=(2+3i)×6+9i62+92=12+18i+18i+27i236+81=1227+(18+18)i117=15117+36117i=539+413i.

Lanjutan Bilangan Kompleks: Kesamaan Dua Bilangan Kompleks (Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI)

C. Kesamaan Dua Bilangan Kompleks

Dua buah bilangan kompleks  z1=a1+ib1  dan  z2=a2+ib2 dikatakan  z1=z2 jika dan hanya jika  a1=a2  dan  b1=b2.

CONTOH SOAL.

1.Diketahuiz1=1+32idanz2=1+18apakahz1=z2Jawab:Diketahuiz1=1+32idanz2=1+18Untukz2=1+18=1+181=1+32iKarenaa1=a2=1,danb1=b2=32,maka dapat dikatakan bahwaz1=z2.

2.Diketahuixyi=i32tentukan nilaidarixdan yJawab:Diketahuixyi=i32,makaxyi=32+i,ini artinya{x=32.y=1y=1Jadi, nilaix=32dany=1.

Bilangan Kompleks (Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI)

A. Pengertian Bilangan Kompleks

Bilangan Kompleks adalah suatu bilangan yang terdiri atas bagian riil (nyata) dan bagian tidak riil / imajiner (khayal) dan dituliskan dengan z=a+ib  atau z=a+bi. Bagian riil dari bilangan kompleks adalah bagian yang berupa bilangan riil, sementara untukbagian tidak riil dari bilangan kompleks adalah bagian yang berupa bilangan imajiner

1. Satuan Bilangan Imajiner / Khayal

Dalam hal ini, satuan bilangan khayal adalah i dengan  i=1.

2. Bilangan Kompleks

Dinyatakan dengan  z=a+ib  atau  z=a+bi, dengan

{a=Re(z)=bagian riilb=Im(z)= bagian imajiner /khayal.

Jika  a=0, maka bilangan kompleks disebut khayal murni dan jika b=0, maka bilangan kompleks menjadi bilangan riil. Sehingga semua bilangan nyata dan semua bilangan khayal murni semuanya termasuk bilangan kompleks.

CONTOH SOAL.

1.Bilangan4jika dinyatakan dalami=1adalah4=(4).(1)=4.1=2i2.i3=i2.i=(1)i=i3.i4=(i2)2=(1)2=14.z=13iRe(z)=1atau bagian riilnya adalah 1, danIm(z)=3atau bagian imajinernya adalah35.z=2+5iRe(z)=2atau bagian riilnya adalah 2, danIm(z)=5atau bagian imajinernya adalah5.

B. Bentuk Bilangan Kompleks

1. Bentuk Diagram. 

Bentuk diagram pada bidang gambar bilangan kompleks dinamakan bidang Argand, sesuai nama penemunya Jean Robert Argand.

Titik (x,y) pada bidang Argand

2. Bentuk Polar

Bilangan kompleks  z=a+ib  dapat dinyatakan dalam bentuk polar, yaitu menjadi  

.z=r(cosθ+isinθ)denganr=x2+y2x=rcosθ,y=rsinθ,danθ=dibacatheta.

3. Bentuk Eksponen 

Dengan rumus Euler berupa eiθ=cosθ+isinθ, bentuk pangkat dari bilangan ini adalah :  

Diketahuibahwaz=r(cosθ+isinθ)dengancosθ+isinθ=eiθ,makaz=reiθ

CONTOH SOAL.

1.Tentukan Re(z) dan Im(z) bilangan kompleksberikuta.z=2b.z=3ic.z=1+5iJawab:a.z=2=2+0iRe(z)=2Im(z)=0b.z=3i=0+(3)iRe(z)=0Im(z)=3c.z=1+5iRe(z)=1Im(z)=5.

2.Tentukan Re(z) dan Im(z) bilangan kompleksberikuta.z=2+2ib.z=13iJawab:a.z=2+2i,denganx=2,y=2r=(2)2+22=2+2=4=2sinθ=yr=22=122=sin450θ=450cosθ=xr=22=122Karena titiknya(x,y),maka titik berada dikuadran II, sehinggaθ=1800450=1350Selanjutnyaz=r(cosθ+isinθ)=2(cos1350+isin1350)Jadi, bentuk polar dariz=2+2i=2(cos1350+isin1350)b.z=13i,denganx=1,y=3r=12+(3)2=1+3=4=2sinθ=yr=32=123cosθ=xr=12=cos600θ=600Karena titiknya(x,y),maka titik berada dikuadran IV, sehinggaθ=3600600=3000Selanjutnyaz=r(cosθ+isinθ)=2(cos3000+isin3000)Jadi, bentuk polar dariz=13i=2(cos3000+isin3000).

3.Tentukan Re(z) dan Im(z) bilangan kompleksberikuta.z=2+2ib.z=13iJawab:a.z=2+2i,denganx=2,y=2r=22+22=2+2=4=2sinθ=yr=22=122=sin450θ=450cosθ=xr=22=122Karena titiknya(x,y),maka titik berada dikuadran I, sehingga tetap utuhθ=450Selanjutnyaz=r(cosθ+isinθ)=2(cos450+isin450)Jadi, bentuk polar dariz=2+2i=2(cos450+isin450)b.z=13i,denganx=1,y=3r=(1)2+(3)2=1+3=4=2sinθ=yr=32=123=sin600θ=600tanda negatif hanya menunjukkan posisi kuadrancosθ=xr=12Karena titiknya(x,y),maka titik berada dikuadran III, sehinggaθ=1800+600=2400Selanjutnyaz=r(cosθ+isinθ)=2(cos2400+isin2400)Jadi, bentuk polar dariz=13i=2(cos2400+isin2400).

4.Ubahlah bilangan kompleks berikut dalambentuk eksponena.z=2(cos450+isin450)b.z=13iJawab:a.z=2(cos450+isin450),denganr=2danθ=450.Sehinggaz=reiθ=2ei450b.z=13i,denganr=(1)2+(3)2=1+3=4=2danθ=450.Sehinggasinθ=yr=32=123=sin600θ=600tanda negatif hanya menunjukkan posisi kuadrancosθ=xr=12Karena titiknya(x,y),maka titik berada dikuadran III, sehinggaθ=1800+600=2400z=reiθ=2ei2400.

CatatanAndajuga bisa menggunakan nilaitanθuntuk menentukan besar sudutθnya, yaitu:tanθ=yxPerhatikanContoh Soal pada nomor 3a dan 3b3a3bz=(2,2)z=(1,3)Kuadran IIkuadran IV(1800θ)(3600θ)tanθ=22=1tanθ=tan450=tan(1800450)=tan1350θ=1350tanθ=31=3θ=tan600=tan(3600600)=tan3000θ=3000.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Ngapiningsih, Suparno. 2023. Matematika Tingkat Lanjut untuk SMA/MA Kelas 11A. Yogyakarta: INTAN PARIWARA
  2. Purwosetiyono, Didik. 2012. Pengantar Analisis Kompleks. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
  3. Spiegel, Murray, S., Iskandar, K. Seri Buku Schaum Teori dan Soal-Soal Matematika Dasar. Jakarta: ERLANGGA
  4. Thohir, Ahmad. 2013. Materi Contoh Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika MA/SMA. Grobogan

Statistika

 A. Pendahuluan 

Metode statistika banyak dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Pernyataan-pernyataan berikut terkait dengan statistika:rRata-rata nilai ulangan matematika siswa kelas XI SMA Ceria adalah 7,8; Jenis mobil yang banyak dibeli masyarakat triwulan tahun 2024 ini adalah jenis MPV, dan lain-lain.

B. Statitik dan Statistika

B. 1 Pengertian Statistika dan Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari metode-metode ilmiah terkait pengumpulan data, pengorganisasian dat, penyajian data, pengolahan data, serta interpretasi dan penarikan kesimpulan. Metode yang berkaitan dengan pengumpulan, pengorganisasian, penyajian serta pengolahan data disebut statistika deskriptif, sedangkan metode yang berkaitan dengan pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan, pendugaan dan lain-lainnya yang semisal disebut statistika inferensia.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat atau membaca berbagai macam laporan baik dalam bentuk angka maupun diagram. Laporan dalam bentuk diagram atau angka ini selanjutnya diamakan statistik.

B. 2 Populasi dan Sampel

Misalkan suatu hari tertentu seorang karyawan dari sebuah pabrik lampu ingin mengetahui berapa persen produksi lampu yang mengalami cacat produksi. Untuk keperluan tersebut tentunya karyawan tersebut tidak akan mengecek seluruh lampu yang telah diproduksi tersebut, tetapi cukup mengambil secara acak/random untuk diteliti. Dalam hal ini bagian dari total produksi yang diambil secara acak tadi disebut sebagai sampel dari keselurhan produksi lampu tadi yang selanjutnya disebut sebagai contoh populasi.

C. Penyajian Data

Data yang telah dikumpulkan semuanya dapat disajikan dalam bentuk daftar atau tabel. Untuk data yang besar biasanya akan disusun dalam suatu daftar atau tabel yang disebut daftar distriusi frekuensi atau daftar sebaran frekuensi. Adapun dafar distribusi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu daftar distribusi frekuensi tunggal dan satunya daftar distribusi frekuensi berkelompok.

D. Ukuran Pemusatan Data

D.1 Data Tunggal

1.Mean(X)x=x1+x2+x3++xnn2.Median(Me)Nilai datum tengahMe=xganjil=xn+12Me=xgenap=12(x12+x12+1)3.Modus(Mo)Datum dengan frekuensi terbesar.

CONTOH SOAL.

1.Tentukan rata-rata dari75,60,62,87,83,65Jawab:x=75+60+62+87+83+656=4326=72.

2.Diketahui nilai rata-rata 10 siswa adalah 7,0Jika ditambah sejumlah siswa dengan nilai 8,nilai rata-ratanya menjadi713.Berapakah banyak siswa yang ditambahkan?Jawab:xbaru=xlama×10+8×n10+n713=7×10+8×n10+n223=70+8n10+n220+22n=210+24n22n24n=2102202n=10n=102=5Jadi, banyak siswa yang ditambahkan sebanyak 5 orang

D. 2 Data Berkelompok

1.Mean(X)x=i=1nfixii=1nfiatauX=xs+i=1ndixii=1nfiKeterangan:x=rataan sementaraxi=titik tengah interval kelas keidi=xixsfi=frekuensi kelas kei.

2.Median(Me=Q2)Me=L2+c(12nF2f3)Keterangan:L2=tepi bawah kelas kuartil tengah(Q2)n=ukuran data=total datum=total frekuensif2=frekuensi pada kelas kuartil tengah(Q2)F2=frekuensi kumulatif sebelum kelas kuartil tengahc=panjang kelas.

3.Modus(Mo)Mo=L+c(d1d1+d2)Keterangan:L=tepi bawah kelas modusd1=frekuensi kelas modus dengan kelas sebelumnyad2=frekuensi kelas modus dengan kelas setelahnyac=panjang kelas

E. Ukuran Letak Data

1.Kuartil(Qi)Qi=Li+c(i4nFifi)Keterangan:Li=tepi bawah kelas kuartil kein=ukuran data=total datum=total frekuensifi=frekuensi pada kelas kuartil keiFi=frekuensi kumulatif sebelum kelas kuartil keic=panjang kelas.

2.Desil(Di)Di=Li+c(i10nFifi)Keterangan:Li=tepi bawah kelas desil kein=ukuran data=total datum=total frekuensifi=frekuensi pada kelas desil keiFi=frekuensi kumulatif sebelum kelas desil keic=panjang kelas.

3.Persentil(Pi)Pi=Li+c(i100nFifi)Keterangan:Li=tepi bawah kelas persentil kein=ukuran data=total datum=total frekuensifi=frekuensi pada kelas persentil keiFi=frekuensi kumulatif sebelum kelas persentil keic=panjang kelas.

F. Ukuran Penyebaran Data

NoData DispersiSimbol1.JangkauanRatauJ2.JangkauanHantarkuartil3.SimpanganQdkuartil4.LangkahL5.Pagar dalamQ1L6.Pagar luarQ3L7.SimpanganSRrata-rata8.Ragam/variansiS29Simpangan bakuS10.Koefisien variansiV.

G. Histogram

  1. Diagram batang
  2. Diagram garis
  3. Line plot
  4. Histogram dan poligon 
H. Frekuensi Relatif

Daftar Pustaka

  1. Johanes, Kastolan, & Sulasim. 2005. Kompetensi Matematika Program Basaha SMA Kelas XI. JAkarta: YUDHISTIRA.
  2. Muklis. Ngapiningsih, & Astuti, A.Y. 2022. Buku Interaktif Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Yogyakarta:PENERBIT INTAN PARIWARA.
  3. Noormandiri. 2022. Matematika untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum Merdeka. Jakarta: ERLANGGA.
  4. Tim Penyusun. ....... Belajar Praktis Matematika Mata Pelajaran Wajib untuk SMA/MA Kelas XII. Klaten. VIVA PAKARINDO




Contoh Soal 8 Materi Hubungan Dua Lingkaran

 36.Persamaan lingkaran yang menyinggungsumbu X serta melalui titik potonglingkaran(x+1)2+(y+2)2=1danx2+y2+3x+3y+4=0adalah....a.x2+y24x+2y+4=0b.x2+y24x+2y4=0c.x2+y24x2y4=0d.x2+y2+4x+2y+4=0e.x2+y2+4x+2y4=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=(x+1)2+(y+2)2=1x2+y2+2x+4y+4=0L2=x2+y2+3x+3y+4=0UntukL1L2=x+y=0y=xDengan cara coba-coba, makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y2+2x+4y+4+p(x+y)=0Untukp=1x2+y2+2x+4y+4+(x+y)=0x2+y2+x+5y+4=0Untukp=1x2+y2+2x+4y+4(x+y)=0x2+y2+3x+3y+4=0Dan untukp=2x2+y2+2x+4y+42(x+y)=0x2+y2+4x+2y+4=0Berikut ilustrasi gambarnyanya



DAFTAR PUSTAKA
  1. Kartini, Suprapto, Subandi, dan Setiadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
  2. Kanginan M., Nurdiansyah, H., Akhmad, G. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA.
  3. Noormandiri. 2017. Matematika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA
  4. Sembiring, S., Zulkifli, M., Marsito, Rusdi, I. 2017. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: SEWU
  5. Sukino. 2017. Matematika Jilid 2 untuk Kelas SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.

Contoh Soal 7 Materi Hubungan Dua Lingkaran

 31.Persamaan lingkaran yang melalui titik(0,0)dan titik potong kedua lingkaranx2+y26x8y11=0danx2+y24x6y22=0adalah....a.x2+y212x+10y=0b.x2+y2+8x10y=0c.x2+y28x+12y=0d.x2+y28x10y=0e.x2+y2+12x8y=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y26x8y11=0L2=x2+y24x6y22=0UntukL1L2=2x2y+11=0KarenaL3melalui(0,0),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y26x8y11+p(2x2y+11)=002+020011+p(0+11)=0p=1SehinggaL3=x2+y26x8y11+(2x2y+11)=0L3=x2+y28x10y=0.

Berikut ilustrasi gambarnya

32.Persamaan lingkaran yang melalui titik(8,4)dan titik potong lingkaranx2+y2=16danx2+y24x4y=0adalah....a.x2+y28x8y16=0b.x2+y28x+8y+16=0c.x2+y28x8y+16=0d.x2+y2+8x+8y16=0e.x2+y2+8x+8y+16=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y216=0L2=x2+y24x4y=0UntukL1L2=4x+4y16=0x+y=4KarenaL3melalui(8,4),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y216+p(x+y4)=082+4216+p(8+44)=08p=64p=8SehinggaL3=x2+y2168(x+y4)=0L3=x2+y28x8y+16=0Berikut ilustrasi gambarnyanya.

33.Persamaan lingkaran yang melalui titik(7,4)dan titik potong kedua lingkaranx2+y26x+8y27=0danx2+y226x+4y+121=0adalah....a.x2+y236x2y+121=0b.x2+y2+24x4y222=0c.3x2+3y218x+2y121=0d.x2+y236x+2y+195=0e.x2+y2+24x+2y+195=0Jawab:Diketahui bahwa:L3=L1+p(L1L2)=0denganL1=x2+y26x+8y27=0L2=x2+y226x+4y+121=0UntukL1L2=20x+4y148=0KarenaL3melalui(7,4),makaL3=L1+p(L1L2)=0=x2+y26x+8y27+p(20x+4y148)=072+(4)2423227+p(14016148)=024p=36p=32SehinggaL3=x2+y26x+8y2732(20x+4y148)=0L3=x2+y236x+2y+195=0.

Berikut ilustrasi gambarnya

Jika dimensi gambar diperkecil menjadi

34.Persamaan lingkaran yang melalui perpotonganlingkaranx2+y212x+6y+20=0danx2+y216x14y+64=0serta pusatnyaterletak pada garis8x3y19=0adalah....a.x2+y220x34y+108=0b.x2+y216x+12y+96=0c.x2+y212x+20y+88=0d.x2+y2+16x24y+108=0e.x2+y2+22x34y+96=0Jawab:Diketahui bahwa persamaan lingkaran:L1=x2+y212x+6y+20=0L2=x2+y216x14y+64=0Persamaan tali busurnya (garis kuasa)adalah:L1(x,y)L2(x,y)=4x+20y44=0x=115ySelanjutnya dengan substitusi x2+y212x+6y+20=0(x6)2+(y+3)2=25(115y6)2+(y+3)2=25(y5y)2+(y+3)2=2526y244y+9=0Sehingga denganmemodifikasi26y244y+9=025y244y+y2+9=0arahkan ke bentuk kuadrat sempurna25y210y+1+y234y+8=025y210y+1+y234y+172172+8=0(5y1)2+(y17)2281=0ingat bahwa ada tali busur5y=11x(11x1)2+(y17)2281=0(10x)2+(y17)2281=0x220x+100+y234y+289281=0x2+y220x34y+108=0Berikut ilustrasi gambarnya





35.Persamaan lingkaran dengan titik pusatpada garisx+2y3=0dan melaluititik potong dua lingkaranx2+y22x4y+1=0danx2+y24x2y+4=0adalah....a.x2+y26x+7=0b.x2+y23y+4=0c.x2+y22x2y+1=0d.x2+y22x4y+4=0e.x2+y23x2y+7=0Jawab:Alternatif 1Gunakan cara pembahasan sebagaimana padanomor-nomor sebelumnyaAlternatif 2DiketahuiL1x2+y22x4y+1=0,danL2x2+y24x2y+4=0Persamaantali busurdari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y22x4y+1(x2+y24x2y+4)=02x2y3=0Selanjutnya perlu ditentukan jugaPersamaanberkas lingkaranmelaluititik-titik potong kedua lingkarandi atas adalah:L1+λL2=0x2+y22x4y+1+λ(x2+y24x2y+4)=0(1+λ)x2+(1+λ)y2(2+4λ)x(4+2λ)y+1+4λ=0Saatλ=1,maka persamaan berkaslingkarannya adalah:2x2y3=0Hal ini hasilnya sama persis saat kitamenentukan persamaantali busurdi atasSelanjutnya kita ambilL2(L1+λL2)=0x2+y24x2y+4(2x2y3)=0x2+y26x+7=0.

Gambar mula-mula

Lingkaran baru yang berpusat di (3,0) 


Contoh Soal 6 Materi Hubungan Dua Lingkaran

 26.Diketahui lingkaran-lingkaranx2+y22x+3y+k=0danx2+y2+8x6y7=0salingberpotongan ortogonal saatk=....a.10b.3c.1d.5e.8Jawab:Perhatikan tabel berikutLingakaranPusat/rL1x2+y22x+3y+k=0{P1=(1,32)r1=134k4L2x2+y2+8x6y7=0{P2=(4,3)r2=32Syarat dua lingkaran berpotongan ortogonal(P1P2)2=r12+r22(1+4)2+(323)2=(134k4)2+32225+814=134k4+32100+81=134k+128k=10Sebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

27.Persamaan lingkaran yang berpotonganlingkaran lainx2+y2+2x+y11=0secara tegak lurus dan melalui(4,3)sertapusatnya pada9x+4y=37adalah....a.x2+y210x+4y+3=0b.x2+y28x+10y+6=0c.x2+y2+4x8y+7=0d.x2+y2+6x+y+5=0e.x2+y2+12x+6y+5=0Jawab:Perhatikan tabel berikutLingakaranPusat/rL1x2+y2+2x+y11=0{P1=(1,12)r1=494=72L2(xa)2+(yb)2=r2{P2=(a,b)r2=rKarena berpotongan tegak lurus, maka(P1P2)2=r12+r22(1a)2+(12b)2=494+r2a2+2a+1+b2+b+14=494+r2a2+b2+2a+b+54=494+r2a2+b2+2a+b11=r2.......(1)SelanjutnyaLingkaranL2melalui titik(4,3),artinyabahwa:(4a)2+(3b)2=r2a28a+16+b26b+9=r2a2+b28a6b+25=r2.......(2)Pusat lingkaranL2melalui garis9x+4y=37artinya:9a+4b=37...............(3)Dengan eliminasi1&2dapat diperoleh:a2+b28a6b+25=r2a2+b2+2a+b11=r210a7b+36=0atau10a+7b=36......(4)Dari persamaan3&4dapat diperoleh:10a+7b=36(×4)9a+4b=37(×7)40a+28b=14463a+28b=25923a=115a=11523=510(5)+7b=367b=14b=2Adapun langkah berikutnyaL2(4a)2+(3b)2=r2L2(45)2+(3+2)2=r2L2r2=25+1=26Sehingga,L2(x5)2+(y+2)2=26x2+y210x+4y+25+426=0x2+y210x+4y+3=0Berikut ilustrasi gambarnya.


Jika diperjelas dengan tambahan garis 9x+4y=37

28.Diketahui lingkaran pertama berpusat di(1,2)dan menyinggung garis3x4y+10=0.Jika ada lingkaran kedua dengan pusat(4,6)dan menyinggung lingkaran yang pertama,maka persamaan lingkaran yang keduatersebut adalah....a.x2+y28x12y+48=0b.x2+y28x12y+43=0c.x2+y28x12y+36=0d.x2+y28x12y+27=0e.x2+y28x12y+16=0Jawab:Diketahui bahwa kedua lingkaran salingbersinggungan di luar,makar1+r2=P1P2=(y2y1)2+(x2x1)2=(14)2+(26)2=32+42=52=5Selanjutnyarpertama=|3(1)4(2)+1032+42|=|38+1052|=|55|=|1|=1sehinggarkedua=5rpertama=51=4maka persamaan lingkaran keduanya adalah:(x4)2+(y6)2=42x28x+16+y212y+36=16x2+y28x12y+36=0Berikut ilustrasi gambarnya.

29.Garis kuasa (tali busur sekutu)dari lingkaranL1x2+y2+6x4y12=0danL2x2+y212y=0adalah....a.3x+4y+9=0b.3x4y8=0c.3x4y+7=0d.3x+4y7=0e.3x+4y6=0Jawab:DiketahuiL1x2+y2+6x4y12=0,danL2x2+y212y=0Persamaangaris kuasadari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y2+6x4y12(x2+y212y)=06x+8y12=03x+4y6=0.

30.Jika dua lingkaranx2+y2=9danx2+y24y+2y+3=0yangberpotongan di(x1,y1)dan(x2,y2),maka nilai5(x1+x2)adalah....a.24b.26c.28d.30e.32Jawab:DiketahuiL1x2+y29=0danL2x2+y24x+2y+3Persamaangaris kuasadari kedualingkaran tersebut adalah:L1(x,y)L2(x,y)=0x2+y29(x2+y24y+2y+3)=04x2y12=02xy6=0y=62xSelanjutnyax2+y29=0x2+(62x)29=0x2+3624x+4x29=05x224x+27=0x1,2=24±57654010x1,2=24±3610=24±610x1,2=24±3610=24±610x1=3ataux2=1,8maka5(x1+x2)=5(3+1,8)=24.


Contoh Soal 5 Materi Hubungan Dua Lingkaran

 21.Titik Kuasa dari lingkaran-lingkaranberikutL1x2+y2+x+y14=0L2x2+y2=13L3x2+y2+3x2y26=0adalah....a.(3,2)b.(2,3)c.(3,2)d.(2,3)e.(3,2)Jawab:Dengan eliminasi, kita mendapatkan(L1)x2+y2+x+y=14(L2)x2+y2=13x+y=1....(1)dan(L3)x2+y2+3x2y=26(L2)x2+y2=133x2y=13....(2)Selanjutnya kita eliminasi(1)&(2)dan hasilnya adalah:(2)3x2y=13(1)3x+3y=3(×3)5y=10y=2x=3Jadi, titik kuasa ketiganya:(3,2)Sebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut


22.Titik-titik potong dari persekutuan dualingkaranL1(x2)2+y2=10danL2x2+(y2)2=10adalah....a.(3,3)dan(1,1)b.(3,3)dan(1,1)c.(3,3)dan(1,1)d.(3,3)dan(1,1)e.(3,3)dan(1,1)Jawab:Alternatif 1Dengan substitusi opsi pilihan jawabanmaka akan ketemu jawabannya langsungAlternatif 2Dengan eliminasi dan ilustrasi gambar(L1)(x2)2+y2=10(L2)x2+(y2)2=10menjadi(L1)x2+y24x=6(L2)x2+y24y=64x+4y=0maka hasilnyay=xJelas opsi jawaban c, d salahkarenay=x,Dengan bantuan ilustrasi, pilihan jawabanakan tampak dengan jelas.

23.Persamaan tali busur persekutuan dualingkaranL1(x3)2+y2=16danL2x2+(y3)2=16adalah....a.y=2xb.y=xc.y=xd.y=2xe.y=12xJawab:Dengan eliminasi, kita mendapatkan(L1)(x3)2+y2=16(L2)x2+(y3)2=16menjadi(L1)x2+y26x=9(L2)x2+y26y=96x+6y=0maka hasilnyay=xSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

24.Banyaknya garis singgung persekutuanlingkaran-lingkaranx2+y2+2x6y+9=0danx2+y2+8x6y+9=0adalah....a.0b.1c.2d.3e.4Jawab:Perhatikan bahwaLingakaranPusat/rL1x2+y2+2x6y+9=0{P1=(1,3)r1=1L2x2+y2+8x6y+9=0{P2=(4,3)r2=4Perhatikan pula bahwar2r1=41=3KarenaP1P2=r2r1,hal ini berarti lingkaranL1bersinggungan di dalam dengan lingkaranL2Sehingga kedua lingkaran ini hanya akan memilikisatugaris singgung persekutuanSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

25.Persamaan lingkaran dengan jari-jari5dan menyinggung lingkaran lainx2+y22x4y20=0di titik(5,5)adalah....a.x2+y22x4y120=0b.x2+y22x4y120=0c.x2+y22x4y120=0d.x2+y22x4y120=0e.x2+y22x4y120=0Jawab:Diketahi bahwa(L1)(xa)2+(yb)2=52(L2)x2+y22x4y=20Titik singgung dua lingkarandi titik(5,5),artinya(55)=(ab)+(12)2(1010)=(ab)+(12)(ab)=(101102)=(98)maka persamaan lingkarannya adalah:(x9)2+(y8)2=52x2+y218x16y+120=0Berikut ilustrasi gambarnya.


Contoh Soal 4 Materi Lingkaran dan Hubungan Dua Lingkaran

 16.Salah satu garis singgung yang bersudut120terhadap sumbu x positif terhadap lingkarandengan ujung diameter titik(7,6)dan(1,2)adalah....a.y=x3+43+12b.y=x343+8c.y=x3+434d.y=x3438e.y=x3+43+22Jawab:Pusat LingkaranGradien Garis Singgung(a,b)=(x1+x22,y1+y22)=(7+12,6+(2)2)=(4,2)m=tan120=tan(18060)=tan60=3Jari-jariGaris Singgungr=jarak titiksinggung ke pusat=(74)2+(62)2=32+42=25=5(yb)=m(xa)±r1+m2(y2)=3(x4)±51+(3)2y2=3x+43±51+4y=3x+43+2±10y={3x+43+2+103x+43+210y={3x+43+123x+438Berikut ilustrasi gambarnya.


Dengan ilustrasi tambahan



17.Salah satu garis singgung lingkaran x2+y2=10yang ditarik darititik(4,2)adalah....a.x+3y=10b.x3y=10c.x3y=10d.2x+y=10e.x+2y=10Jawab:Garis Singgungdi titik(x1,y1)=(4,2)Tahapan menentukanhargamyy1=m(xx1)y2=m(x4)y=mx4m+2x2+y2=10x2+(mx4m+2)2=10x2+m2x2+16m2+48m2x+4mx16m=10x2+m2x2+16m28m2x+4mx16m6=0(1+m2)x2+(4m8m2)x+16m216m6=0{a=1+m2b=4m8m2c=16m216m6Syarat menyinggungD=0b24ac=0(4m8m2)24(1+m2)(16m216m6)=016m264m3+64m464m2+64m+2464m4+64m3+24m2=024m2+64m+24=03m2+8m+3=0(m3)(3m+1)=0m=3ataum=13m={3y=3x103xy=1013y=13x+43+2x+3y=10.
.Berikut ilustrasi gambarnya
18.Diketahui persamaan lingkaranx2+y2=r2dan sebuah titik di luar lingkaranM(a,b)Posisi garisax+by=r2adalah....a.menyinggung lingkaranb.memotong lingkaran di dua titikc.melalui titik pusat lingkarand.tidak memotong lingkarane.tidak ada yang benarJawab:Diketahui bahwaLx2+y2=r2M(a,b)di luar lingkaranLSelanjutnya perhatikan penjelasan berikutKarenaM(a,b)di luar lingkaranL,makamaka salah satu dariaataubatau keduanyaakan lebih besar nilanya dari padar.Misalkan kita piliha>rAmbil posisi saat memotong sumbuX,y=0Untuk lingkaranx2+y2=r2y=0x2+02=r2x=|r|Untuk garisax+by=r2y=0ax=r2x=r2aDari sini tampak posisix=|r|>r2a0Sehingga kesimpulannya adalah:garis tersebut akan selalu memotong lingkaranSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.

19.Dua lingkaran dengan persamaanlingkaran-lingkaranx2+y2+6x8y+21=0danx2+y2+10x8y+25=0adalah....a.berpotongan di luar titikb.tidak berpotongan atau bersinggunganc.bersinggungan luard.bersinggungan dalame.sepusatJawab:Perhatikan bahwaLingakaranPusat/rL1x2+y2+6x8y+21=0{P1=(3,4)r1=2L2x2+y2+10x8y+25=0{P2=(5,4)r2=4danJarak kedua pusatJumlah/selisih jari-jari(P1P2)=(3+5)2+(44)2=22+02=4=2{r1+r2=2+4=6|r1r2|=|24|=2Karena nilaiP1P2=|r1r2|=2hal ini menunjukkan keduanya bersinggungandi dalamSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut .

20.Dua lingkaran dengan persamaanlingkaran-lingkaranx2+y2+2x6y+9=0danx2+y2+8x6y+9=0adalah....a.berpotonganb.bersinggungan di dalamc.bersinggungan luard.tidak berpotongane.sepusatJawab:Perhatikan bahwaLingakaranPusat/rL1x2+y2+2x6y+9=0{P1=(1,3)r1=1L2x2+y2+8x6y+9=0{P2=(4,3)r2=4danJarak kedua pusatJumlah/selisih jari-jari(P1P2)=(1+4)2+(33)2=32+02=9=3{r1+r2=1+4=5|r1r2|=|14|=3Karena nilaiP1P2=|r1r2|=3hal ini menunjukkan keduanya bersinggungandi dalamSebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut.



DAFTAR PUSTAKA
  1. Budi, W. S. 2010. Bahan Ajar Persiapan Menuju Olimpiade Sain Nasional/Internasional Matematika 3. Jakarta: ZAMRUD KEMALA.
  2. Kartini, Suprapto, Subandi, dan Setiadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
  3. Kanginan M., Nurdiansyah, H., Akhmad, G. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA.
  4. Noormandiri. 2017. Matematika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA
  5. Sembiring, S., Zulkifli, M., Marsito, Rusdi, I. 2017. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: SEWU
  6. Sukino. 2017. Matematika Jilid 2 untuk Kelas SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.

Contoh Soal 3 Materi Lingkaran

 11.Lingkaranx2+y2+2ax+2by+c=0menyinggung sumbu Y jikac=....A.abB.ab2C.a2bD.a2E.b2Jawab:Alternatif 1x2+y2+2ax+2by+c=0x=002+y2+2a.0+2by+c=0y2+2by+c=0{a=1b=2bc=cSyarat menyinggungadalah:D=b24ac=0(2b)24.1.c=04c=4b2c=b2Alternatif 2x2+y2+2ax+2by+c=0x2+2ax+a2+y2+2by+b2+ca2b2=0(x+a)2+(y+b)2=a2+b2cKarena menyinggung sumbu-Y, makaR=aSehinggaR2=a2+b2c=a2b2c=0b2=cc=b2.

12.Diketahui pusat lingkaran L terletak dikuadranI dan berada di sepanjang garisy=2x.Jikalingkaran L menyinggung sumbu Y di titik(0,6),maka persamaan lingkaran L adalah....A.x2+y23x6y=0B.x2+y2+6x+12y108=0C.x2+y2+12x+6y72=0D.x2+y212x6y=0E.x2+y26x12y+36=0Jawab:(xa)2+(yb)2=r2,menyinggung titik(0,6)berarti pusat lingkaran L juga terletakpada garisy=6.Hal ini menunjukkan bahwa pusat lingkaranL berpusat di(x,2x)=(y2,y),dengany=6.Dari informasi di atas, didapatlah pusat lingkaran berada di titik(3,6).Sehingga persamaan lingkarannya adalah:(x3)2+(y6)2=32ingatr=absisx=3(x3)2+(y6)2=x26x+9+y2+12x+36=9x2+y26x+12y+36=0Berikut ilustrasi gambarnya.


13.Persamaan garis singgung lingkaranx2+y2+8x3y24=0,di titik(2,4)adalah....A.12x5y44=0B.12x+5y44=0C.12xy50=0D.12x+y50=0E.12x+y+50=0Jawab:x2+y2+8x3y24x2+8x+16+y23y+9424=16+94(x+4)2+(y32)2=16+94+24=4214Persamaan garis singgung lingkaran lingkaran di titik(x1,y1)adalah:(x1+4)(x+4)+(y132)(y32)=4214,untuk(x1,y1)=(2,4),maka(2+4)(x+4)+(432)(y32)=16946(x+4)+52(y32)=169424(x+4)+5(2y3)=16924x+96+10y15=16924x+10y=16996+15=8812x+5y44=0Berikut ilustrasi gambarnya.

14.Sebuah garis singgunggmenyinggung lingkaran yang berpusat di(2,5)danberjari-jari210di titk(4,3),maka persamaan garis singgunggadalah....A.y=3x+9B.y=3x9C.y=3x+9D.y=3x9E.y=3x+21Jawab:(xa)2+(yb)2=r2{Pusat=(2,5)r=210maka persamaan lingkarannya:(x+2)2+(y5)2=(210)2(x1+2)(x+2)+(y15)(y5)=40,menyingung garisgdi(4,3)(4+2)(x+2)+(35)(y5)=406x+122y+10=406x2y=4012103xy=9y=3x+9y=3x9Berikut ilustrasi gambarnya.

15.Suatu lingkaran dengan titik pusatnya terletak pada kurvay=xdan melalui titik asalO(0,0).Jika diketahui absis titik pusat lingkaran tersebut adalaha,maka persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titikOtersebut adalah....A.y=xB.y=xaC.y=axD.y=2x2E.y=2axJawab:PusatlingkaranGradien garis singgungyang tegak lurus dengan garis yang melalui titikpusat lingkaran yang bergradienmLPersamaan garis singgung yang melalui titik asalO(0,0)(a,b)=(a,a)m.m1=1m.yx=1m=xy=aa=ay=mx,karena melaluititik asaly=ax,y=xa.


Contoh Soal 2 Materi Lingkaran

 6.Diketahui lingkaranx2+y2+4x+ky12=0melalui titik(2,8)maka jari-jari lingkarantersebut adalah....A.1B.5C.6D.12E.25Jawab:Diketahui ingkaran berpusat di(2,12k),yaitu:x2+y2+4x+ky12=0melalui(2,8)berarti (2)2+82+4(2)+k.812=04+64812+8k=048+8k=0k=6Sehinggar=424+(6)24(12)=4+9+12=25=5.

7.Persmaan lingkaranx2+y2+px+8y+9=0menyinggung sumbu X. Pusat lingkaran tersebut adalah....A.(6,4)B.(6,6)C.(3,4)D.(6,4)E.(3,4)Jawab:Lingkaranx2+y2+px+8y+9=0maka,x2+px+y2+8y+9=0(x+12p)214p2+(y+4)216+9=0(x+12p)2+(y+4)2=7+14p2karena menyinggung sumbu-X,R=b=4,sehingga7+14p2=4214p2=167=9p2=36p=±6p=6x2+y26x+8y+9=0pusatnya adalah(A2,B2)=(3,4)p=6x2+y2+6x+8y+9=0pusatnya adalah(A2,B2)=(3,4)dan berikut ilustrasi gambarnya.

8.Titik-titik berikut yang posisinya berada di luar lingkaranx2+y22x+8y32=0adalah....A.(0,0)B.(6,4)C.(3,2)D.(3,1)E.(4,1)Jawab:OpsiTitikLingkaranKeteranganA(0,0)02+022.0+8.032=32dalamB(6,4)(6)2+(4)22(6)+8(4)32=0padaC(3,2)(3)2+(2)22(3)+8(2)32=3di luarD(3,1)32+122.3+8.132=20dalamE(4,1)42+122.4+8.132=15dalamBerikut ilustrasi gambarnya.

9.Diketahui garisx2y=5memotong lingkaranx2+y24y+8y+10=0di titik A dan B.Panjang ruas garis AB adalah....A.42B.25C.10D.5E.4Jawab:Perhatikanlah bahwa garisx2y=5memotong lingkaranx2+y24x+8y+10=0,maka garisx=2y+5disubstitusikan kelingkaran tersebut, yaitu:(2y+5)2+y24(2y+5)+8y+10=04y2+20y+25+y28y20+8y+10=05y2+20y+15=0y2+4y+3=0(y+1)(y+3)=0y=1y=3untuk nilaiy=3x=2(3)+5=1,A(1,3)y=1x=2(1)+5=3,B(3,1)maka,AB=(3(1))2+(1(3))2=42+22=16+4=20=25Berikut ilustrasi gambarnya .
10.Kekhususan persamaan lingkaranx2+y26x6y+6=0adalah....A.menyinggung sumbu XB.menyinggung sumbu YC.berpusat diO(0,0)D.titik pusatnya terletak padaxy=0E.berjari-jari 3Jawab:Diketahui persamaan lingkaranx2+y26x6y+6=0x26x+9+y26y+9+6=9+9(x3)2+(y3)2=186(x3)2+(y3)2=12(x3)2+(y3)2=(23)2lingkaran ini{Pusat=(3,3)Jari-jari=23OpsiPernyataanKeteranganAmenyinggung sumbu Xtidak tepatBmenyinggung sumbu Ytidak tepatCberpusat diO(0,0)tidak tepatDtitik pusatnya terletak pada garisxy=0tepatEberjari-jari 3tidak tepatBerikut ilustrasi gambarnya.