Peluang Kejadian Majmuk (Lanjutan Materi 1 Kelas XII Matematika Wajib)

 C.Peluang Kejadian Tunggal

Jika A adalah suatu kejadian dengan  AS  dan S suatu ruang sampel, maka peluang kejadian A didefinisikan dengan

P(A)=n(A)n(S)Keterangan:P(A)=Peluang kejadianAn(A)=Banyak elemen pada suatukejadianAn(S)=Banyak titik sampel padaruang sampelS

Darikemungkinan di atasdapatdisimpulkanaKisaran nilai peluangnya, yaitu0P(A)1bJikaA=,makaP(A)=0dan ini dinamakan kejadianyang mustahilcJikaA=S,makaP(A)=1dan kejadian ini dinamakankejadian yangpasti terjadi

D.Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Frekuensi harapan suatu kejadian adalah hasil kali peluang suatu kejadian dengan dengan banyaknya percobaan dan dirumuskan dengan

fh(A)=n(A)n(S)×n

CONTOH SOAL

1.Sebuah dadu dilempar sekali. Berapakahpeluang munculnya mata dadu lebihdari 3Jawab:MisalkanAkejadian muncul mata dadulebih dari 3, makaS={1,2,3,4,5,6},danA={4,5,6}SehinggaP(A)=n(A)n(S)=36=12Jadi, peluang kejadian ini adalah12


Peluang Kejadian Majmuk (Matematika Wajib Kelas XII)

 Masih ingat konsep materi peluang pada saat Amda duduk di SMP? 

A.Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian

Mari lakukan aktivitas berikut

No.PercobaanTitikNotasiSampelHimpunan1Pelemparan sekepinguang logamA,G{A,G}2Pelemparan dua kepingAA,mata uang logamAG,secara bersamaanGA,GG3Pelemparan sebuahdadu4Pelemparan dua buahdadu secara bersamaan

Sebagai penjelasan istilah di atas adalah:Percobaan:proses berupa tindakan yangbisa diamati atau dapat juga dikatakansuatu tindakan untuk mendapatkan hasiltertentuRuang sampel:kumpulan dari semuahasil yang mungkin dari sebuah percobaanTitik Sampel:tiap hasil yang mungkinKejadianatauperistiwa (event):hasil-hasil (titik-titik sampel) tertentudari ruang sampel.

Selanjutnya ruang sampel dilambangkan dengan S dan kejadian/event dilambangkan dengan E.

B.Penentuan Ruang Sampel

Ada 2 macam penentuan ruang sampel, yaitu tabel dan diagram pohon

Sebagai misal pada pelemparan 3 buah uang koin sebanyak tiga kali, maka akan didapatkan ruang sampel sebagai berikut

a.Dengan tabelMula-mula (pelemparan)1&2AGAAAAGGGAGGselanjutnya pada pelemparan ke-3AGAAAAAAAGAGAGAAGGGAGAAGAGGGGGAGGGbDengan Diagram PohonMula(1)(2)(3)Ruang sampelMulai{A{A{A(A,A,A)G(A,A,G)G{A(A,G,A)G(A,G,G)G{A{A(G,A,A)G(G,A,G)G{A(G,G,A)G(G,G,G)

CONTOH SOAL

1.Pada percobaan pelemparan sebuah dadu,tentukanlaha.ruang sampelb.titik sampelc.banyak titik sampeld.banyak kejadian muncul mata dadu 6e.banyak kejadian muncul mata dadu ganjilJawab:a.ruang sampelS={1,2,3,4,5,6}b.titik sampel:1,2,3,4,5dan6c.banyak titik sampel:n(S)=6d.kejadian muncul mata dadu 6,E={6}n(E)=1e.kejadian muncul mata dadu ganjil,E={1,3,5},n(E)=3

2.Pada percobaan pelemparan sekeping uanglogam, tentukanlaha.ruang sampelb.titik sampelc.banyak titik sampeld.banyak kejadian muncul sisi angkae.banyak kejadian muncul sisi gambarJawab:a.ruang sampelS={A,G}b.titik sampel:AdanGc.banyak titik sampel:n(S)=2d.kejadian muncul sisi angka,E={A}n(E)=1e.kejadian muncul sisi gambar,E={G}n(E)=1

3.Pada percobaan pelemparan 2 keping uanglogam, tentukanlaha.ruang sampelb.titik sampelc.banyak titik sampeld.banyak kejadian muncul 2 angkae.banyak kejadian muncul minimalsebuah sisi gambarJawab:a.ruang sampelS={AA,AG,GA,GG}b.titik sampel:AA,AG,GAdanGGc.banyak titik sampel:n(S)=4d.kejadian muncul 2 sisi angka,E={AA}n(E)=1e.kejadian muncul minimalsebuah sisi gambarE={AG,GA,GG}n(E)=3


Binomial Newton pada Kombinasi (Matematika Wajib Kelas XII)

 Pengayaan:

E. Binomial Newton

E. 1 Binomial Newton

Perhatikanlah susunan bilangan berikut1=C011=C11(a+b)11=C022=C121=C22(a+b)21=C033=C133=C231=C33(a+b)31=C044=C146=C244=C341=C44(a+b)4dst(a+b)(a+b)nSusunan bilangan-bilangan di atas selanjutnyadinamakanSegitiga Pascal

BilanganCrn=(nr)merupakan koefisiendari binomial(a+b)nSelanjutnya perhatikanlah bahwa untukn=1,2,3,4,berlaku(a+b)n=C0nanb0+C1nan1b1+C2nan2b2+C3nan3b3++Cn3na3bn3+Cn2na2bn2+Cn1na1bn1+Cnna0bn=r=0nCrnanrbr

E. 2 Perluasan Binomial Newton

Untuk bilangan realndan bilangannon negatifr,serta|A|<1,berlaku:(1+A)n=r=0nCrnAr

E. 3 Teorema Multinomial

Pada bentuk multinomial dengan ekspresi  (x1+x2+x3++xr)n  dengan n dan r bilangan bulat positif, maka koefisien dari  x1n1x2n2x3n3xrnr   adalah  n!n1!n2!n3!nr!  dinotasikan dengan  (nn1,n2,n3,,nr)

CONTOH SOAL

1.Misalkan untuknbilangan bulatPositif. Tunjukklan bahwaa.(1+x)n=r=0nCrnxr=r=0n(nr)xrb.(n0)+(n1)+(n2)++(nn)=2nBuktia.(1+x)n=C0n1nx0+C1n1n1x1+C2n1n2x2+C3n1n3x3++Cn3n13xn3+Cn2n12xn2+Cn1n11xn1+Cnn10xn=C0n+C1nx+C2nx2+C3nx3++Cn3nxn3+Cn2nxn2+Cn1nxn1+Cnnxnataudengan bentuk lain=(n0)+(n1)x+(n2)x2+(n3)x3++(nn3)xn3+(nn2)xn2+(nn1)xn1+(nn)xn=r=0n(nr)xrb.(1+x)nlihat jawaban poina,saatx=1(1+1)n=(n0)+(n1)1+(n2)12+(n3)13++(nn3)1n3+(nn2)1n2+(nn1)1n1+(nn)1n(2)n=(n0)+(n1)+(n2)+(n3)++(nn1)+(nn)=r=0n(nr)Sehingga2n=r=0n(nr)

2.Misalkan untuknbilangan bulatPositif. Tunjukklan bahwa(n0)(n1)+(n2)+(1)n(nn)=0BuktiSebelumnya diketahui bahwa(a+b)n=r=0n(nr)anrbrataur=0n(nr)anrbr=(a+b)nsaata=b=1,makar=0n(nr)1nr1r=(1+1)nr=0n(nr)=2n...(bukti no. 1.b)saata=1&b=1makar=0n(nr)1nr(1)r=(11)n=0Sehingga(n0)(n1)+(n2)+(1)n(nn)=0

3.Untukn,r0,tunjukkan bahwaa.(nr)=(nnr)b.(nr)=nr(n1r1)c.(nr)=nr+1r(nr1)d.(nr)=(1)k(n+r1r)e.(nr)+(nr+1)=(n+1r+1)f.(nm)(mr)=(nr)(nrmr)Bukti:a.(nr)=n!r!(nr)!=n!(nr)!(n(nr))!=n!(nr)!r!=(nnr)b.(nr)=n!r!(nr)!=n.(n1)!r.(r1)!((n1)(r1))!=nr(n1)!(r1)!((n1)(r1))!=nr(n1r1)c.(nr)=n!r!(nr)!=n!r.(r1)!(nr)!×((nr)+1)((nr)+1)=nr+1r×n!(r1)!((nr)+1)!=nr+1r×n!(r1)!(n(r1))!=nr+1r(nr1)d.Silahkan dicoba buat latihane.Silahkan dicoba buat latihanf.Silahkan dicoba buat latihan

4.Tentukan nilai daria.(11)+(21)+(31)++(1001)b.(100100)+(101100)+(102100)++(200100)Jawab:a.(11)+(21)+(31)++(1001)Sebelumnya perhatikan=(11)+(21)+(31)++(n1)Karena(nr1)+(nr)=(n+1r)Saat(11)+(21)=(22)+(21)=(32)Sehingga(11)+(21)(32)+(31)(42)+(41)(52)maka=(11)+(21)+(31)++(n1)=(n+12)Jadi,(11)+(21)+(31)++(1001)=(1012)bSilahkan coba sendirisebagai latihan

5.Tentukanlah nilai daria.r=01000(1000r)b.(20091)+(20092)+(20093)++(20092004)(OSK 2009)Jawab:a.r=01000(1000r)=r=01000(1000r)11000r1r=(1+1)1000=21000b.r=02009(2009r)=22009karena(nr)=(nnr),maka(20090)=(20092009),(20091)=(20092008),,(20091004)=(20091005)Sehingga(20090)+(20091)+(20092)++(20092009)=22009(20090)+(20091)+(20092)++(20091004)=220092=220081+(20091)+(20092)+(20093)++(20091004)=22008(20091)+(20092)+(20093)++(20091004)=220081

  1. Bintari, N. 2009. Master Juara Olimpiade Matematika SMA Nasional dan Internasional. Yogyakarta: PUSTAKA WIDYATAMA.
  2. Kanginan, M., Terzalgi, Y. 2014. Matematika untuk SMA-MA/SMK Kelas XI. Bandung: SEWU.
  3. Rasiman, Rahmawati, N., D. 2012. Matematika Diskrit. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Sharma, dkk. 2017. Jelajah Matematika SMA Kelas XII Program Wajib. Jakarta: YUDHISTIRA.

Contoh Soal 14 (Segitiga dan Ketaksamaan)

66.Jikax,ybilangan positif, tunjukkanx2+y2(x+y)22Bukti:Alternatif 1Perhatikan bahwa(xy)20x22xy+y20x2+y22xy2x2+2y2x2+y2+2xy2(x2+y2)(x+y)2x2+y2(x+y)22Alternatif 2Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=12(i=12λi=1)akan diperoleh(x21+y21)12(1+1)12x+y(x2+y2)(1+1)(x+y)2(x2+y2)(x+y)22.

67.Untukx,ybilangan positif, tunjukkankebenaran ketaksamaan Cauchy-Schwarzx12y1+x22y2+x32y3++xn2yn(x1+x2++xn)2y1+y2++ynBukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=12(i=12λi=1)akan diperoleh(x12y1+x22y2++xn2yn)12(y1+y2++yn)12(x1+x2++xn)(x12y1+x22y2++xn2yn)(y1+y2++yn)(x12+x22++xn2)2(x12y1+x22y2++xn2yn)(y1+y2++yn)(x1+x2++xn)2(x12y1+x22y2++xn2yn)(x1+x2++xn)2(y1+y2++yn).

68.(National Mathematical Contest, Belarus-2000)Jikaa,b,c,x,ydanzbilangan real positif, tunjukkana3x+b3y+c3z(a+b+c)33(x+y+z)Bukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=λ3=13(i=13λi=1)akan diperoleh(a3x+b3y+c3z)13(1+1+1)13(x+y+z)13(a+b+c)(a3x+b3y+c3z)(3)(x+y+z)(a+b+c)3(a3x+b3y+c3z)(a+b+c)33(x+y+z).

69.Jikaa,b,c,x,ydanzbilangan real positifdengana+b+c=x+y+ztunjukkan bahwaa3x2+b3y2+c3z2a+b+cBukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=λ3=13(i=13λi=1)akan diperoleh(a3x2+b3y2+c3z2)13(x+y+z)13(x+y+z)13(a+b+c)(a3x2+b3y2+c3z2)(x+y+z)2(a+b+c)3(a3x2+b3y2+c3z2)(a+b+c)2(a+b+c)3(a3x+b3y+c3z)(a+b+c)3(a+b+c)2a3x2+b3y2+c3z2a+b+c.

70.Jikaa,b,cadalah bilangan real positifdengana+b+c=1,tunjukkanbahwa(1a+1)(1b+1)(1c+1)64Bukti:Alternatif 1(1a+1)(1b+1)(1c+1)=1abc+(1ab+1bc+1ca)+(1a+1b+1c)+1Dengan AM-GM kita mendapatkan1a+1b+1c31abc31ab+1bc+1ca31(abc)23Kita tulis sintak prosesnya di atas=1+(1a+1b+1c)+(1ab+1bc+1ca)+1abc1+31abc3+31(abc)23+1(abc)331+31abc3+31(abc)23+1(abc)33=(1+1abc3)3Karenaabc3a+b+c3=13,maka(1a+1)(1b+1)(1c+1)(1+1abc3)3(1+1(13))3(1+3)44464Alternatif 2Dengan Ketaksamaan Holder diperoleh(1a+1)(1b+1)(1c+1)(1a.1b.1c3+1.1.13)3(1(abc)3+1)3(1abc3+1)3(3+1)364.


Contoh 3 Soal Permutasi dan Kombinasi (Matematika Wajib Kelas XII)

 11.Dalam suatu rapat mengelilingi meja bundaryang dihadiri sebanyak 7 oranga.ada berapa susunan yang terjadi?b.Jika A dan B bagian dari 7 orang iniduduknya selalu berdampingan, makaposisi duduk yang terbentuk sejumlah?c.Jika seperti poin b, tetapi yangduduk berdampingan atau saling berdekatanadalah A, B, dan CJawab:Diketahui bahwan=7a.Posisi duduk melingkarnya=(71)!=6!=720ataun=r=7orang, maka=P(7,7)7=6!=720b.Ada syarat A dan B berdampingan, makaA dan B dihitung 1 objek dulu, sehingga totalobjek ada 1 objek ditambah sisanya = 6 objek.Dari 6 objek ini yang dianggap duduk melingkardengan 2 orang (A dan B) bisa gantian posisi.sehingga(61)!×2!=5!×2!=240atau=P(6,6)6×P(2,2)=5!×2!=120×2=240b.3 orang (A, B, dan C) dianggap 1 objekdulu sehigga yang duduk posisi melingkardianggap 5 orang, sehingga perhitungannya=P(5,5)5×P(3,3)=24×6=144

12.Suatu kelompok yang terdiri dari 20 remajaa.Jika mereka saling berjabat tanganseseorang dengan lainnya hanya satu kalimaka banyak jabat tangan yang terjadi?b.Jika mereka membentuk regu voly, makaberapa banyak regu voly yang terbentuk?c.Jika mereka membentuk regu sepak bola,maka banyak regu sepak bola yang terbentuk?Jawab:Diketahui bahwan=20a.Karena jabat tangan dilakukan hanya hanyapada dua remaja yang berbeda dan urutantidak diperlukan, maka hal ini persoalankombinasi. Sehingga banyaknya jabat tangan(nr)=n!r!(nr)!(202)=20!2!(202)!=20!2!×18!(202)=20.19.18!2.18!=190b.Karena satu regu voli ada 6 orang, maka(206)=20!6!(206)!(206)=20!6!×14!(206)=20.19.18.17.16.15.14!720×14!c.Karena satu regu terdiri dari 11 orang,maka(2011)=20!11!(2011)!=20!11!×9!

13.Jajargenjang yang dapat dibuat olehhimpunan empat garis sejajar yangberpotongan dengan garis yang terhimpundalam 7 garis sejajar adalah....Jawab:Diketahui bahwa kombinasi dari dua himpunangaris sejajar yang masing-masing berjumlah4 dan 7 garis, makabanyak jajar genjang=(42)×(72)=4!2!(42)!×7!2!×(72)!=4×3×2!2×2!×7×6×5!2×5!=6×21=126jajar genjang

14.Diketahui segi enam beraturan. Tentukanlaha.Banyak diagonal dapat dibentuk?b.Banyak segi tiga di dalamnya?c.Banyak perpotongan diagonal-diagonaljika tidak ada titik-titik perpotonganyang sama?Jawab:Diketahui segindengann=6Dan perlu diingat bahwa di sini tidak diperlukanurutan mana yang perlu didahulukan, makarumus kombinasi yang perlu digunakan, yaitua.Banyak diagonalnya adalah:(n2)n=n(n3)2=6.(63)2=6.32=9b.Banyaknya segi tiga, berarti melibatkantiga garis, maka(63)=6!3!×(63)!=6×5×4×3!6×3!=20c.Satu buah titik potong dapat dibentukdengan dua garis ekuivalen dengan empatbuah titik sudut, maka banyaknya titikpotong adalah:(64)=6!4!×(64)!=6!4!×2!=15



15.Perhatikalah dua ilustrasi gambar berikut
Gambar (1)


Gambar (2)
.Tentukanlaha.jalur terpendek dari titik A ke Bpada gambar (1)b.jalur terpendek dari titik P ke Qpada gambar (2)Jawab:a.Perhatikanlah bahwa langkah dari titik Ake titik B harus terdiri dari 8 langkah, yaitu3 langkah ke kanan dan 5 langkah ke atasKarena yang diinginkan lintasan terpendekdan tidak ada kekhususn harus dimulai darimana, maka banyaknya langkah berbdedadan terpendek adalah:(83)atau(85).Misal kita hitung salahsatunya saja:(83)=8!3!(85)!=8!3!×5!=8.7.6.5!6.5!=56
.b.Untuk poin b, perhatikanlah ilustrasigambar berikut(untuk memudahkanperhitungan). Tempatkan titik-titikbantu A, B, C, D, E, dan F sepertipada gambar berikut

..Perhatikanlah untuk setiap lintasanterpendek dari titik P ke titik Qdapat dipastikan akan melewatititik A, B, C, dan D. Sehingga darikeempat titik itulah akan diperolehrute PAQ, PBQ, PCQ, dan PDQ.Sehingga banyak rute terpendek darititik P ke Q yang selanjutnya kitasimbolkan dengan#PQadalah:#PQ=#PAQ+#PBQ+#PCQ+#PDQ=(40)(50)+(43)(51)+#PECQ+#PFCQ+#PFDQ=1.1+4.5+(32)(30)(32)+(31)(31)(32)+(31)(30)(30)=1+20+3.1.3+3.3.3+3.1.1=1+20+9+27+3=60


DAFTAR PUSTAKA

  1. Bintari, N. 2009. Master Juara Olimpiade Matematika SMA Nasional dan Internasional. Yogyakarta: PUSTAKA WIDYATAMA.
  2. Ibrahim, Mussafi, N, S, M. 2013. Pengantar Kombinatorika dan Teori Graf. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
  3. Kanginan, M., Terzalgi, Y. 2014. Matematika untuk SMA-MA/SMK Kelas XI (Wajib). Bandung: SRIKANDI EMPAT WIDYA UTAMA.
  4. Sobirin. 2006. Kompas Matematika: Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika (SMA Kelas XI IPA). Jakarta: KAWAN PUSTAKA.
  5. Sukino. 2011. Maestro Olimpiade Matematika SMP Seri B. Jakarta: ERLANGGA.
  6. Susyanto, N, 2012. Tutor Senior Olimpiade Matematika Lima Benua Tingkat SMP. Yogyakarta: KENDI MAS MEDIA.
  7. Tampomas, H. 1999. SeribuPena Matematika SMU Jilid 2 Kelas 2 Berdasarkan Kurikulum 1994 Suplemen CBPP 1999. Jakarta: ERLANGGA.

Contoh 2 Soal Permutasi dan Kombinasi (Matematika Wajib Kelas XII)

 6.Dari angka-angka 2,3,5,6,7, dan 9 dibuatsusunan bilangana. berapa banyak bilangan yang terdiri dari 4angka berlainanb. berapa banyak bilangan yang terdiri dari 4angka boleh berulangc. berapa banyak bilangan ganjil yang terdiridari 4 angka berlainand. berapa banyak bilangan genap yang terdiridari 4 angka berlainane. berapa banyak bilangan yang terdiri dari 4angka berlainan yang lebih dari 2021f. berapa banyak bilangan yang terdiri dari 4angka boleh berulang yang lebih dari 2021g. berapa banyak bilangan genap yang terdiridari 4 angka berlainan yang lebih dari 2021h. berapa banyak bilangan ganjil yang terdiridari 4 angka berlainan yang lebih dari 2021Jawab:

.a.P(6,4)=6!(62)!=6!2!=6.5.4.3=360b.P(6,1)4=64=1296c.Untuk digit satuan ditentukan dulu, yaitukarena digit ganjil ada 4, maka ada 4 pilihansisanya disebar ke slot ribuan sampai puluhanmakakotakkotakkotakkotak1234digitdigitdigitdigitribuanratusanpuluhansatuanP(5,1)P(4,1)P(3,1)P(4,1)pilihanpilihanpilihanpilihanSehingga banyak bilangan yg terjadiP(5,1).P(4,1).P(3,1).P(4,1)=5.4.3.4=240d.Cara pertamaSemisal dengan jawaban poin c, Karenadigit genap ada 2, maka digit satuan ada2 pilihan, sisanya disebar, yaitukotakkotakkotakkotak1234digitdigitdigitdigitribuanratusanpuluhansatuanP(5,1)P(4,1)P(3,1)P(2,1)pilihanpilihanpilihanpilihanSehingga banyak bilangan yg terjadiP(5,1).P(4,1).P(3,1).P(2,1)=5.4.3.2=120Cara keduaJawaban poin a dikurangi poin c, yaitu360240=120

.e.Cara PertamaKarena digit pilihannya, 2,3,5,6,7, dan 9disusun bagaimanapun bilangan 4 digityang diambilkan dari bilangan di ataspasti semunya akan lebih besar dari 2021maka banyaknya bilangan yang terjadiadalah:kotakkotakkotakkotak1234digitdigitdigitdigitribuanratusanpuluhansatuanP(6,1)P(5,1)P(4,1)P(3,1)pilihanpilihanpilihanpilihan>2021Sehingga totalnya banyaknyaP(6,1)×P(5,1)×P(4,1)×P(3,1)=6.5.4.3=360Cara KeduaSama seperti jawaban pada poin af.Sama persis jawaban poin b, yaituP(6,1)4=64=1296Jika diuraikan adalah sebagai berikutkotakkotakkotakkotak1234digitdigitdigitdigitribuanratusanpuluhansatuanP(6,1)P(6,1)P(6,1)P(6,1)pilihanpilihanpilihanpilihan>2021

7.Andi akan mengambil 4 buah bola dari10 warna yang berbeda. Berapakah banyakkombinasi warna yang berbeda yang diambiloleh AndiJawab:n=10danr=4C(n,r)=n!r!(nr)!C(10,4)=10!4!(104)!=10!4!×6!=10×9×8×7×6!(4×3×2×1)×6!=420kombinasi warna bola berbeda

8.Berapa banyak cara dapat memilih untuk3 perwakilan dari 10 anggota suatukelompok, jikaa. tanpa perlakuan khususb. salah seorang harus terpilihJawab:a.Dengan tanpa perlakuanmemilih 3 orang dari 10 orang adalah:C(10,3)=10!3!(103)!=10!3!×7!=120b.Dengan perlakuan 1 orang terpilih(1 orang ini artinya tidak perlu diperhitungkan)memilih 2 orang dari 9 orang adalah:C(9,2)=9!2!(92)!=9!2!×8!=36

9.Berapa banyak cara dapat memilih 2 bukumatematika dan 3 buku fisika serta 4 bukuekonomi pada suatu lemari buku yangdi dalamnya terdapat 10 buku matematika,11 buku fisika dan 12 buku ekonomiJawab:Banyakcara pemilihan tersebut adalah:=C(10,2)×C(11,3)×C(12,4)=10!2!×8!×11!3!×8!×12!4!×8!=10×91×2×11×10×91×2×3×12×11×10×91×2×3×4=3675375

10.Banyak susunan huruf yang berbedapada satu baris yang dapat dibentukdari huruf-huruf pada kata "MATEMATIKA"adalah....Jawab:{Jumlah hurufn=10Penyusunnya, yaitu :{M jumlah =2A jumlah =3T jumlah =2E banyak =1I banyak =1K banyak =1SehinggaP(10;2,3,2,1,1,1)=10!2!.3!.2!.1!.1!.1!=10×9×8×7×6×5×44=10×9×8×7×6×5=151200

Ketaksamaan Holder

3. Ketaksamaan Holder

Misalkan a1,a2,a3,,an dan b1,b2,b3,,bn adalah merupakan kumpulan bilangan real positif dan misalkan pula α,β>0 dengan α+β=1, maka 
(a1++an)α(b1++bn)β(a1αb1β++anαbnβ).
Kesamaan terjadi jika dan hanya jika
a1b1=a2b2=a3b3==anbn.

Secara umum Ketaksamaan Holder dituliskan sebagai berikut:
Misalkan a1,a2,a3,,an, b1,b2,b3,,bn, ... , z1,z2,z3,,zn adalah merupakan barisan bilangan tak negatif serta λ1,λ2,λ3,,λn adalah bilangan-bilangan real positif dengan λ1+λ2+λ3++λn=1, maka
(a1++an)λa(b1++bn)λb(z1++zn)λza1λab1λbz1λz+a2λab2λbz2λz++anλabnλbznλz(a1++an)λa(b1++bn)λb(z1++zn)λzi=1naiλabiλbziλz(i=1nai)λa(i=1nbi)λb(i=1nzi)λzi=1naiλabiλbziλz.
Ketaksamaan terjadi jika dan hanya jikaa1:a2::an=b1:b2::bn=z1:z2::zn.

Bukti 1:
Tanpa mengurangi keumuman misalkan untuka1+a2++an=b1+b2++bn==1maka diperoleh1i=1naiλabiλbziλzataui=1naiλabiλbziλz1Dengan AM-GM akan diperolehi=1naiλabiλbziλzi=1n(λaa1+λbb1++λzz1)=1Misalkan lagi kita aturλa=λb=12(a1+a2++an)(b1+b2++bn)(a1b1+a2b2++anbn)2bentuk di atas adalah Ketaksamaan Cauchy-Schwarz.
Bentuk lain yang lebih luas untuk sekian-k variabel, adalah
(a1+a2++an)(b1+b2++bn)(z1+z2++zn)k(a1b1z1k+a2b2z2k++anbnznk)k.

Bukti 2:
Dengan induksi matematika sebagaimana berikut ini
DiketahuiP(n)(a1++an)λa(b1++bn)λb(z1++zn)λzi=1naiλabiλbziλzLangkah basisP(1)benar,karena(a1)λa(b1)λb(z1)λza1λab1λbz1λzLangkah induksiMisalkan rumus berlaku untukn=k,yaituP(k)(a1++ak)λa(b1++bk)λb(z1++zk)λza1λab1λbz1λz+a2λab2λbz2λz++akλabkλbzkλzmaka untukn=k+1(a1++ak+ak+1)λa(b1++bk+bk+1)λb(z1++zk+zk+1)λza1λab1λbz1λz+a2λab2λbz2λz++akλabkλbzkλz+ak+1λabk+1λbzk+1λz=i=1kaiλabiλbziλzk+ak+1λabk+1λbzk+1λz=i=1k+1aiλabiλbziλzP(k+1)Jadi,P(n)benar untukn=k+1KesimpulanJadi,P(n)benar untuknN.

CONTOH SOAL.

1.Jikax,ybilangan positif, tunjukkanx2+y2(x+y)22Bukti:Alternatif 1Perhatikan bahwa(xy)20x22xy+y20x2+y22xy2x2+2y2x2+y2+2xy2(x2+y2)(x+y)2x2+y2(x+y)22Alternatif 2Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=12(i=12λi=1)akan diperoleh(x21+y21)12(1+1)12x+y(x2+y2)(1+1)(x+y)2(x2+y2)(x+y)22.

2.Untukx,ybilangan positif, tunjukkankebenaran ketaksamaan Cauchy-Schwarzx12y1+x22y2+x32y3++xn2yn(x1+x2++xn)2y1+y2++ynBukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=12(i=12λi=1)akan diperoleh(x12y1+x22y2++xn2yn)12(y1+y2++yn)12(x1+x2++xn)(x12y1+x22y2++xn2yn)(y1+y2++yn)(x12+x22++xn2)2(x12y1+x22y2++xn2yn)(y1+y2++yn)(x1+x2++xn)2(x12y1+x22y2++xn2yn)(x1+x2++xn)2(y1+y2++yn).

3.(National Mathematical Contest, Belarus-2000)Jikaa,b,c,x,ydanzbilangan real positif, tunjukkana3x+b3y+c3z(a+b+c)33(x+y+z)Bukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=λ3=13(i=13λi=1)akan diperoleh(a3x+b3y+c3z)13(1+1+1)13(x+y+z)13(a+b+c)(a3x+b3y+c3z)(3)(x+y+z)(a+b+c)3(a3x+b3y+c3z)(a+b+c)33(x+y+z).

4.Jikaa,b,c,x,ydanzbilangan real positifdengana+b+c=x+y+ztunjukkan bahwaa3x2+b3y2+c3z2a+b+cBukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=λ3=13(i=13λi=1)akan diperoleh(a3x2+b3y2+c3z2)13(x+y+z)13(x+y+z)13(a+b+c)(a3x2+b3y2+c3z2)(x+y+z)2(a+b+c)3(a3x2+b3y2+c3z2)(a+b+c)2(a+b+c)3(a3x+b3y+c3z)(a+b+c)3(a+b+c)2a3x2+b3y2+c3z2a+b+c.

5.Jikaa,b,cadalah bilangan real positifdengana+b+c=1,tunjukkanbahwa(1a+1)(1b+1)(1c+1)64Bukti:Alternatif 1(1a+1)(1b+1)(1c+1)=1abc+(1ab+1bc+1ca)+(1a+1b+1c)+1Dengan AM-GM kita mendapatkan1a+1b+1c31abc31ab+1bc+1ca31(abc)23Kita tulis sintak prosesnya di atas=1+(1a+1b+1c)+(1ab+1bc+1ca)+1abc1+31abc3+31(abc)23+1(abc)331+31abc3+31(abc)23+1(abc)33=(1+1abc3)3Karenaabc3a+b+c3=13,maka(1a+1)(1b+1)(1c+1)(1+1abc3)3(1+1(13))3(1+3)44464Alternatif 2Dengan Ketaksamaan Holder diperoleh(1a+1)(1b+1)(1c+1)(1a.1b.1c3+1.1.13)3(1(abc)3+1)3(1abc3+1)3(3+1)364.

6.(IMO 2001)Diberikana,bdancbilangan real positif, tunjukkanaa2+8bc+bb2+8ca+cc2+8ab1Bukti:Dengan Ketaksamaan Holder diperoleh(siklik.a(a2+8bc))13(siklik.aa2+8bc)13(siklik.aa2+8bc)13(siklik.a)dapat juga dituliskan lebih sederhana(siklik.a(a2+8bc))13(siklik.aa2+8bc)23(siklik.a)(siklik.a(a2+8bc))(siklik.aa2+8bc)2(siklik.a)3(siklik.aa2+8bc)2(siklik.a)3(siklik.a(a2+8bc))Perhatikan bahwa(siklik.a)3=(a+b+c)3a3+b3+c3+24abc(siklik.a(a2+8bc))=a3+b3+c3+24abcmaka(siklik.aa2+8bc)2a3+b3+c3+24abca3+b3+c3+24abc=1siklik.aa2+8bc1.

.Sebagai catatan(a+b+c)3=a3+b3+c3+3a2b+3ab2+3b2c+3bc2+3a2c+3ac2+6abc(a+b+c)3(a3+b3+c3)=3a2b+3ab2+3b2c+3bc2+3a2c+3ac2+6abcDengan AM-GM akan diperoleh bentuk(a+b+c)3(a3+b3+c3)3(3(abc)33+3(abc)33)+6abc3(3abc+3abc)+6abc=24abcSehingga(a+b+c)3a3+b3+c3+24abc.

7.Jikaa,b,dancbilangan real positifdengana+b+c=1tunjukkan bahwa1a(b+c)2+1b(a+c)2+1c(a+b)2814Bukti:Dengan Ketaksamaan Holder pilihλ1=λ2=λ3=λ4=14(i=14λi=1)akan diperoleh(a+b+c)(b+c+a+c+a+b)(b+c+a+c+a+b)(1a(b+c)2+1b(a+c)2+1c(a+b)2)(1.14+1.14+1.14)4=34=81(1)(2)(2)(1a(b+c)2+1b(a+c)2+1c(a+b)2)811a(b+c)2+1b(a+c)2+1c(a+b)2814.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Chen, E. 2014. A Brief Introduction to Olympiad Inequalities.
  2. Riasat, S. 2008. Basics of Olympiad Inequalities.
  3. Todinov, M.T. 2020. Risk And Uncertaintly Reduction by Using Algebraic Inequalities. Boca Raton: CRC Press.
  4. Tung. K.Y. 2013. Ayo Raih Medali Emas Olimpiade Matematika SMA. Yogyakarta: ANDI.
  5. Young, B. 2009. Seri Buku Olimpiade Matematika Strategi Menyelesaikan Soal-Soal Olimpiade Matematika: Ketaksamaan (Inequality). Bandung: PAKAR RAYA.


Contoh 1 Soal Permutasi dan Kombinasi (Matematika Wajib Kelas XII)

 1.Bentuk sederhana daria.5!+6!+7!b.(n+1)!(n1)!c.(n+2)!n!d.(n2)!(n+1)!Jawab:a.5!+6!+7!=5!+6.5!+7.6.5!=(1+6+42).5!=49.5!=49.120=5880b.(n+1)!(n1)!=(n+1)n(n1)!(n1)!=(n+1)n=n2+nc.(n+2)!n!=(n+1)(n+1)n!n!=(n+2)(n+1)=n2+3n+2d.(n2)!(n+1)!=(n2)!(n+1)n(n1)(n2)!=1(n+1)n(n1)=1n3n

2.Tentukanlah nilainyang memenuhipersamaan berikuta.n!3!6!(n3)!=334b.38!27!+16!=5n+38!c.7!5!2!:10!5!5!=1:4nJawab:a.n!3!6!(n3)!=334n(n1)(n2)(n3)!.3!6.5.4.3!(n3)!=334n(n1)(n2)=33.6.5=11.10.9n(n1)(n2)=11.(111).(112)n=11b.38!27!+16!=5n+38!32.8+568!=5n+38!438!=5n+38!43=5n+35n=40n=8c.7!5!2!:10!5!5!=1:4n4n=5!2!10!7!5!5!4n=5!2!10.9.8.7!7!5!5!n=3

3.Tentukanlah nilainyang memenuhipersamaan berikuta.P(n,2)=42b.7.P(n,3)=6.P(n+1,3)c.3.P(n,4)=P(n1,5)Jawab:a.P(n,2)=42n!(n2)!=42n!(n2)!=n×(n1)×(n2)!(n2)!=42n×(n1)=7.6=7.(71)n=7b.7.P(n,3)=6.P(n+1,3)7.n!(n3)!=6(n+1)!(n+13)!7n!(n3)!=6.(n+1).n!(n2)!7(n3)!=6n+6(n1)(n3)!7(n2)=6n+67n6n=6+14n=20c.3.P(n,4)=P(n1,5)3.n!(n4)!=(n1)!(n15)!3.n.(n1)!(n4)!=(n1)!(n6)!3n(n4)(n5).(n6)!=1(n6)!3n=(n4)(n5)3n=n29n+20n212n+20=0(n2)(n10)=0n=2tidak memenuhiataun=10jadi,n=10

4.Jika 10 siswa akan dipilih 4 orang untukmenjadi ketua kelas, wakil, sekretaris danseorang bendahara, maka banyak susunanterjadi adalah....Jawab:Penyusunan memerlukan urutanmaka perlu digunakan permutasi, yaitu:P(n,r)=n!(nr)!P(10,4)=10!(104)!=10!6!=10×9×8×7×6!6!=5040

5.Jika dari kota A ke kota B terdapat 3 jalur.Dan dari kota B ke kota C terdapat 4 jalur,serta dari kota C sampai ke kota D ada 5 jalurBanyak jalan dari kota A ke kota D adalah....Jawab:Jalur yang ada semuanya berbedamaka perlu digunakan permutasi, yaitu:P(n,r)=n!(nr)!adari A ke B ada 3 jalur cukup pilih satu, makaP(3,1)=3!(31)!=3!2!=3bdari B ke C ada 4 jalur cukup pilih satu, makaP(4,1)=4!(41)!=4!3!=4cdari C ke D ada 5 jalur cukup pilih satu, makaP(5,1)=5!(51)!=5!4!=5Jadi, total jalur yang dapat di lalui dari A sampai D adalah:P(3,1)×P(4,1)×P(5,1)=3×4×5=60

Materi Dasar Persiapan Mengadapi Olimpiade Matematika

 


Silahkan download di sini


silahkan download di sini (Barisan dan Deret)


Lanjutan Materi 3 Persamaan Garis Singgung Lingkaran Melalui Titik di Luar Lingkaran

D. Persamaan Garis Singgung Lingkaran Melalui Titik di Luar Lingkaran

Coba perhatikan ilustrasi berikut

Dalam penyelesaian permasalah terkait dengan ini tidak ada rumus baku, tetapi terdapat beberapa langkah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, yaitu dengan menggunkan diskriminan persamaan kuadrat hasil substitusi dan  menggunakan rumus persamaan garis singgung jika terdapat gardiennya.

CONTOH SOAL.

1.Tentukan persamaan garis singgungpada lingkaranx2+y2=25danmelalui titik(7,1)Jawab:Alternatif 1Kita cek dulu posisi titik (7,1) iniK(7,1)72+12=49+1=50>25ini artinya titik (7,1) beradadi luarlingkaranx2+y2=25Persamaan garis singgung melalui(7,1)yy1=m(xx1)y1=m(x7)y=mx+(17m)Hasilnya kita substitusikan ke persamaanlingkaran, yaitu:x2+y2=25x2+(mx+(17m))2=25x2+m2x2+2m(17m)x+(17m)225=0(1+m2)x2+2m(17m)x+(49m214m24)=0Syarat menyinggungD=0D=b24ac=0(2m(17m))24(1+m2)(49m214m24)=096m256m96=012m27m12=0(12m16)(12m+9)4.3=0(3m4)(4m+3)=0m=43ataum=34Substitusi gradien ke garis singgungnyay=mx+(17m){=43x+(1283)=34x+(1+214)maka{4x3y25=03x+4y25=0.

2.(SBMPTN 2015 Matematika IPA)Misalkan titikAdanBpada lingkaranx2+y26x2y+k=0sehingga garissinggung lingkaran ke titikAdanBberpotongan diC(8,1).Jika luas segiempatyang melalui titikA,B,Cdan pusatlingkaran adalah 12, maka nilaikadalah....A.1D.2B.0E.3C.1Jawab:Lingkaran:x2+y26x2y+k=0Pusat:P((6)2,(2)2)=(3,1)Jari-jari=r=32+12k=10kPerhatikan ilustrasinya berikut ini.

.Penentuan jarak antar titikPA=r=10kPA2=10kPC=(83)2+(11)2=25=5APCsiku-siku diA,makaAC2=PC2PA2=52(10k)=15kLuasPACB=[PAC]+[PBC]=12Karena[PAC]=[PBC],maka2(12PA×PC)=12PA×PC=12(10k)(15k)=12(10k)(15k)=144(101)(151)=144k=1Jadi, nilaik=1.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Kanginan, M., Nurdiansyah, H., Akhmad, G. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: YRAMA WIDYA.

Lanjutan Materi 2 Persamaan Garis Singgung Lingkaran (dengan Gradien m)

C. Garis Singgung dengan Gradien m

Perhatikan ilustrasi berikut

Jika ada 2 garis yang saling sejajar dan keduanya atau salah satunya menyinggung lingkaran dengan kondisi garis singgungnya hanya diketahui garadiennya saja tanpa diketahui persamaannya, maka bagaimana kita menentukan persamaanya garis singgung tersebut? 
Coba perhatikan lagi ilustrasi gambar di atas dengan tambahan beberapa keterangan
 

Berikut uraiannya
Misalkan diketahuiPersamaan lingkarannya:x2+y2=r2Persamaan garisnya:y=mx+cJika kita substitusikan persamaan gariske persamaan lingkaran, maka hasilnyax2+(mx+c)2=r2x2+m2x2+2mcx+c2r2=0(1+m2)x2+2mck+c2r2=0Syarat garis menyinggung lingkaran,D=0D=b24ac=0(2mc)24(1+m2)(c2r2)=04m2c24(c2+m2c2r2m2r2)=0m2c2c2m2c2+r2+m2r2=0c2=r2+m2r2=r2(1+m2)c=±r1+m2Sehingga persamaan garis singgungnyaberubah menjadi bentuky=mx+cy=mx±r1+m2.

Catatan:
Untuk lingkaran berpusat di (a,b), maka persamaan garis singgungnya adalah:
(yb)=m(xa)±r1+m2.

CONTOH SOAL.

1.Tentukan persamaan garis singgunglingkaran yang bergradienm=34danpersamaan lingkaran singgungnyax2+y2=25Jawab:Diketahui lingkaran{x2+y2=25r=5maka persamaan garis singgung lingkarannyay=mx±r1+m2y=34x±51+(34)2=34x±51+916y=34x±52516=34x±2544y=3x±253x4y±25=0Jadi, persamaan garis singgungnya adalah3x4y+25=0dan3x4y25=0.

2.Tentukan persamaan garis singgunglingkaran yang bergradien43denganpersamaan lingkaran singgungnya(x1)2+(y2)2=25Jawab:Diketahui lingkaran{(x1)2+(y2)2=25r=5Persamaan garis singgungnya adalah:yb=m(xa)±r1+m2y2=43(x1)±51+(43)2y2=43(x1)±51+169y2=43(x1)±5259y2=43(x1)±2533y6=4x+4±254x+3y10±25=0Jadi, persamaan garis singgungnya adalah4x+3y+15=0dan4x+3y35=0.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Noormandiri. 2017. Matematika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
  2. Sembiring, S., Zulkifli, M., Marsito, Rusdi, I. 2017. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: SRIKANDI EMPAT WIDYA UTAMA.






Contoh Soal dan Pembahasan Distribusi Binomial (Bagian 3)

 11.Suatu tes dengan pilihan jawaban benar-salah berjumlah 8 soalSupaya lulus tes, peserta diharuskan menjawab benar minimal 50%Peluang seseorang dianggap lulus tes adalah....a.0,2188d.0,6367b.0,2734c.0,3633e.0,7266Jawab:p=Peluang benar=12,danq=Peluang Salah=112=12f(x)=P(X=x)=(nx)px.qnxmakaP(X=50%(8)=4)=(84)×(12)4×(12)84=8!4!×4!(12)4+4=70×1256=0,2734

12.Sebuah kotak berisi 20 bola dengan rincian 12 boal berwarna kuning dan sisanya berwarna hijau. Dari kotakdiambil 6 bola secara acak. Peluangterambil 4 bola hijau adalah....a.0,1238d.0,8132b.0,1382c.0,3110e.0,9590Jawab:p=Peluang bola kuning=C112C120=1220=35,q=Peluang bola hijau=135=25f(x)=P(X=x)=(nx)px.qnxmakaf(4)=(64)×(25)4×(35)64=6!2!×4!(16625)×(925)=15×14415625=216015625=0,1382

13.Dua dadu dilambungkan 5 kaliPeluang muncul pasangan mata daduberjumlah 4 sampai dengan 7 sebanyak 4 kali adalah....a.0,1503d.0,1583b.0,1553c.0,1563e.0,1593Jawab:p=Peluang mata dadu berjumlah 4 sampai 7=1836=12,danq=Peluang bola hijau=112=12f(x)=P(X=x)=(nx)px.qnxf(4)=P(X=4)=(54)×(12)4×(12)54=5!1!×4!(116)×(12)=5×132=532=0,1563

14.Peluang seseorang sembih dari penyakit jantung adalah 0,6Jika 7 orang penderita ini menjalani operasi, maka peluang 3 sampai6 orang sembuh adalah....a.0,0629d.0,6822b.0,2613c.0,2898e.0,9720Jawab:p=Peluang sembuh=0,6,makaq=Peluang tidak sembuh=10,6=0,4f(x)=P(X=x)=(nx)px.qnxmakaP(3X6)=P(X6)P(X3)=C47(0,6)4(0,4)3+C57(0,6)5(0,4)2+C67(0,6)6(0,4)1=35×0,0082944+21×0,0124416+7×0,0186624=0,290304+0,2612736+0,1306368=0,6822144

15.Peluang seseorang mendapatkan reaksi buruk setelah disuntik adalah 0,0005Dari 4000 orang yang disuntik, maka peluang seseorang mendapatkan reaksiada 2 orang adalah.....a.12e2b.e2c.2e2d.12e2e.2e2Jawab:Di atas adalah contoh kasus permasalahanDistribusi PoissonP(X=x)=f(x)={eλ.λxx!,x=0,1,2,3, 0,untukxyang lainP(X=2)=enp.(np)22!=e(4000.0,0005).(4000.0,0005)22!=e2.222=2e2