Contoh 3 Soal Permutasi dan Kombinasi (Matematika Wajib Kelas XII)

 11.Dalam suatu rapat mengelilingi meja bundaryang dihadiri sebanyak 7 oranga.ada berapa susunan yang terjadi?b.Jika A dan B bagian dari 7 orang iniduduknya selalu berdampingan, makaposisi duduk yang terbentuk sejumlah?c.Jika seperti poin b, tetapi yangduduk berdampingan atau saling berdekatanadalah A, B, dan CJawab:Diketahui bahwan=7a.Posisi duduk melingkarnya=(71)!=6!=720ataun=r=7orang, maka=P(7,7)7=6!=720b.Ada syarat A dan B berdampingan, makaA dan B dihitung 1 objek dulu, sehingga totalobjek ada 1 objek ditambah sisanya = 6 objek.Dari 6 objek ini yang dianggap duduk melingkardengan 2 orang (A dan B) bisa gantian posisi.sehingga(61)!×2!=5!×2!=240atau=P(6,6)6×P(2,2)=5!×2!=120×2=240b.3 orang (A, B, dan C) dianggap 1 objekdulu sehigga yang duduk posisi melingkardianggap 5 orang, sehingga perhitungannya=P(5,5)5×P(3,3)=24×6=144

12.Suatu kelompok yang terdiri dari 20 remajaa.Jika mereka saling berjabat tanganseseorang dengan lainnya hanya satu kalimaka banyak jabat tangan yang terjadi?b.Jika mereka membentuk regu voly, makaberapa banyak regu voly yang terbentuk?c.Jika mereka membentuk regu sepak bola,maka banyak regu sepak bola yang terbentuk?Jawab:Diketahui bahwan=20a.Karena jabat tangan dilakukan hanya hanyapada dua remaja yang berbeda dan urutantidak diperlukan, maka hal ini persoalankombinasi. Sehingga banyaknya jabat tangan(nr)=n!r!(nr)!(202)=20!2!(202)!=20!2!×18!(202)=20.19.18!2.18!=190b.Karena satu regu voli ada 6 orang, maka(206)=20!6!(206)!(206)=20!6!×14!(206)=20.19.18.17.16.15.14!720×14!c.Karena satu regu terdiri dari 11 orang,maka(2011)=20!11!(2011)!=20!11!×9!

13.Jajargenjang yang dapat dibuat olehhimpunan empat garis sejajar yangberpotongan dengan garis yang terhimpundalam 7 garis sejajar adalah....Jawab:Diketahui bahwa kombinasi dari dua himpunangaris sejajar yang masing-masing berjumlah4 dan 7 garis, makabanyak jajar genjang=(42)×(72)=4!2!(42)!×7!2!×(72)!=4×3×2!2×2!×7×6×5!2×5!=6×21=126jajar genjang

14.Diketahui segi enam beraturan. Tentukanlaha.Banyak diagonal dapat dibentuk?b.Banyak segi tiga di dalamnya?c.Banyak perpotongan diagonal-diagonaljika tidak ada titik-titik perpotonganyang sama?Jawab:Diketahui segindengann=6Dan perlu diingat bahwa di sini tidak diperlukanurutan mana yang perlu didahulukan, makarumus kombinasi yang perlu digunakan, yaitua.Banyak diagonalnya adalah:(n2)n=n(n3)2=6.(63)2=6.32=9b.Banyaknya segi tiga, berarti melibatkantiga garis, maka(63)=6!3!×(63)!=6×5×4×3!6×3!=20c.Satu buah titik potong dapat dibentukdengan dua garis ekuivalen dengan empatbuah titik sudut, maka banyaknya titikpotong adalah:(64)=6!4!×(64)!=6!4!×2!=15



15.Perhatikalah dua ilustrasi gambar berikut
Gambar (1)


Gambar (2)
.Tentukanlaha.jalur terpendek dari titik A ke Bpada gambar (1)b.jalur terpendek dari titik P ke Qpada gambar (2)Jawab:a.Perhatikanlah bahwa langkah dari titik Ake titik B harus terdiri dari 8 langkah, yaitu3 langkah ke kanan dan 5 langkah ke atasKarena yang diinginkan lintasan terpendekdan tidak ada kekhususn harus dimulai darimana, maka banyaknya langkah berbdedadan terpendek adalah:(83)atau(85).Misal kita hitung salahsatunya saja:(83)=8!3!(85)!=8!3!×5!=8.7.6.5!6.5!=56
.b.Untuk poin b, perhatikanlah ilustrasigambar berikut(untuk memudahkanperhitungan). Tempatkan titik-titikbantu A, B, C, D, E, dan F sepertipada gambar berikut

..Perhatikanlah untuk setiap lintasanterpendek dari titik P ke titik Qdapat dipastikan akan melewatititik A, B, C, dan D. Sehingga darikeempat titik itulah akan diperolehrute PAQ, PBQ, PCQ, dan PDQ.Sehingga banyak rute terpendek darititik P ke Q yang selanjutnya kitasimbolkan dengan#PQadalah:#PQ=#PAQ+#PBQ+#PCQ+#PDQ=(40)(50)+(43)(51)+#PECQ+#PFCQ+#PFDQ=1.1+4.5+(32)(30)(32)+(31)(31)(32)+(31)(30)(30)=1+20+3.1.3+3.3.3+3.1.1=1+20+9+27+3=60


DAFTAR PUSTAKA

  1. Bintari, N. 2009. Master Juara Olimpiade Matematika SMA Nasional dan Internasional. Yogyakarta: PUSTAKA WIDYATAMA.
  2. Ibrahim, Mussafi, N, S, M. 2013. Pengantar Kombinatorika dan Teori Graf. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
  3. Kanginan, M., Terzalgi, Y. 2014. Matematika untuk SMA-MA/SMK Kelas XI (Wajib). Bandung: SRIKANDI EMPAT WIDYA UTAMA.
  4. Sobirin. 2006. Kompas Matematika: Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika (SMA Kelas XI IPA). Jakarta: KAWAN PUSTAKA.
  5. Sukino. 2011. Maestro Olimpiade Matematika SMP Seri B. Jakarta: ERLANGGA.
  6. Susyanto, N, 2012. Tutor Senior Olimpiade Matematika Lima Benua Tingkat SMP. Yogyakarta: KENDI MAS MEDIA.
  7. Tampomas, H. 1999. SeribuPena Matematika SMU Jilid 2 Kelas 2 Berdasarkan Kurikulum 1994 Suplemen CBPP 1999. Jakarta: ERLANGGA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi