Lanjutan 1 Contoh Soal Kombinasi (Distribusi Binomial)

4.Bentuk sederhana daria.5!+6!+7!b.(n+1)!(n1)!c.(n+2)!n!d.(n2)!(n+1)!Jawab:a.5!+6!+7!=5!+6.5!+7.6.5!=(1+6+42).5!=49.5!=49.120=5880b.(n+1)!(n1)!=(n+1)n(n1)!(n1)!=(n+1)n=n2+nc.(n+2)!n!=(n+1)(n+1)n!n!=(n+2)(n+1)=n2+3n+2d.(n2)!(n+1)!=(n2)!(n+1)n(n1)(n2)!=1(n+1)n(n1)=1n3n

5.Tentukanlah nilainyang memenuhipersamaan berikuta.n!3!6!(n3)!=334b.38!27!+16!=5n+38!c.7!5!2!:10!5!5!=1:4nJawab:a.n!3!6!(n3)!=334n(n1)(n2)(n3)!.3!6.5.4.3!(n3)!=334n(n1)(n2)=33.6.5=11.10.9n(n1)(n2)=11.(111).(112)n=11b.38!27!+16!=5n+38!32.8+568!=5n+38!438!=5n+38!43=5n+35n=40n=8c.7!5!2!:10!5!5!=1:4n4n=5!2!10!7!5!5!4n=5!2!10.9.8.7!7!5!5!n=3

6.Tentukanlah nilainyang memenuhipersamaan berikuta.P(n,2)=42b.7.P(n,3)=6.P(n+1,3)c.3.P(n,4)=P(n1,5)Jawab:a.P(n,2)=42n!(n2)!=42n!(n2)!=n×(n1)×(n2)!(n2)!=42n×(n1)=7.6=7.(71)n=7b.7.P(n,3)=6.P(n+1,3)7.n!(n3)!=6(n+1)!(n+13)!7n!(n3)!=6.(n+1).n!(n2)!7(n3)!=6n+6(n1)(n3)!7(n2)=6n+67n6n=6+14n=20c.3.P(n,4)=P(n1,5)3.n!(n4)!=(n1)!(n15)!3.n.(n1)!(n4)!=(n1)!(n6)!3n(n4)(n5).(n6)!=1(n6)!3n=(n4)(n5)3n=n29n+20n212n+20=0(n2)(n10)=0n=2tidak memenuhiataun=10jadi,n=10

7.Jika 10 siswa akan dipilih 4 orang untukmenjadi ketua kelas, wakil, sekretaris danseorang bendahara, maka banyak susunanterjadi adalah....Jawab:Penyusunan memerlukan urutanmaka perlu digunakan permutasi, yaitu:P(n,r)=n!(nr)!P(10,4)=10!(104)!=10!6!=10×9×8×7×6!6!=5040

8.Jika dari kota A ke kota B terdapat 3 jalur.Dan dari kota B ke kota C terdapat 4 jalur,serta dari kota C sampai ke kota D ada 5 jalurBanyak jalan dari kota A ke kota D adalah....Jawab:Jalur yang ada semuanya berbedamaka perlu digunakan permutasi, yaitu:P(n,r)=n!(nr)!adari A ke B ada 3 jalur cukup pilih satu, makaP(3,1)=3!(31)!=3!2!=3bdari B ke C ada 4 jalur cukup pilih satu, makaP(4,1)=4!(41)!=4!3!=4cdari C ke D ada 5 jalur cukup pilih satu, makaP(5,1)=5!(51)!=5!4!=5Jadi, total jalur yang dapat di lalui dari A sampai D adalah:P(3,1)×P(4,1)×P(5,1)=3×4×5=60

9.Jika di suatu kelas terdapat 4 orang akan dipilih 3 orang untuk menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara.Tentukanlah banyak cara memilih 3 orang tersebut?Jawab:Karena ada 4 orang, misal A, B, C, dan D yangakan dipilih 3 orang untuk menduduki posisiketua, sekretaris, dan bendahara, maka kita tinggalbuat permutasinya, yaitu posisi ketua dapat dipilih dengan 4 cara, sekretaris dapat dipilih dengan 3 cara,dan bendahara dapat dipilih dengan 2 cara. atauP(4,3)=4!(43)!=4!1!=4×3×2×11=24caraBerikut ilustrasinya dengan diagram pohon

{A{B{CABCDABDC{BACBDACDD{BADBCADCB{A{CBACDBADC{ABCADBCDD{ABDACBDCC{A{BCABDCADB{ACBADCBDD{ACDABCDBD{A{BDABCDACB{ADBACDBCC{ADCABDCB
10.Seorang anak akan mengambil 4 buah bola dari10 warna yang berbeda. Berapakah banyakkombinasi warna yang berbeda yang diambiloleh AndiJawab:n=10danr=4C(n,r)=n!r!(nr)!C(10,4)=10!4!(104)!=10!4!×6!=10×9×8×7×6!(4×3×2×1)×6!=420kombinasi warna bola berbeda

11.Berapa banyak cara dapat memilih untuk3 perwakilan dari 10 anggota suatukelompok, jikaa. tanpa perlakuan khususb. salah seorang harus terpilihJawab:a.Dengan tanpa perlakuanmemilih 3 orang dari 10 orang adalah:C(10,3)=10!3!(103)!=10!3!×7!=120b.Dengan perlakuan 1 orang terpilih(1 orang ini artinya tidak perlu diperhitungkan)memilih 2 orang dari 9 orang adalah:C(9,2)=9!2!(92)!=9!2!×8!=36

12.Berapa banyak cara dapat memilih 2 bukumatematika dan 3 buku fisika serta 4 bukuekonomi pada suatu lemari buku yangdi dalamnya terdapat 10 buku matematika,11 buku fisika dan 12 buku ekonomiJawab:Banyakcara pemilihan tersebut adalah:=C(10,2)×C(11,3)×C(12,4)=10!2!×8!×11!3!×8!×12!4!×8!=10×91×2×11×10×91×2×3×12×11×10×91×2×3×4=3675375.

13.Berapa banyak cara dapat memilih 3 tasdan 4 dompet serta 5 kunci kotak motordi atas meja yang di atasnya telah tersedia10 tas, 11 dompet serta 12 kunci kontakmotorJawab:Banyakcara pemilihan tersebut adalah:=C(10,3)×C(11,4)×C(12,5)=10!3!×7!×11!4!×7!×12!5!×7!=10×9×81×2×3×11×10×9×81×2×3×4×12×11×10×9×81×2×3×4×5=120×330×792=31363200.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Johnaes, Kastolan, & Sulasim. 2004. Kompetensi Matematika SMA Kelas 2 Semester 1 Program Ilmu Sosial KBK 2004. Jakarta: YUDHISTIRA.
  2. Kartini, Suprapto, Subandi, & Setiyadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
  3. Sobirin. 2006. Kompas Matematika Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika. Jakarta: KAWAN PUSTAKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi