Persamaan Garis Singgung Lingkaran (Lanjutan)

 A. Pendahuluan

Kita sebelumnya telah membahasas kedudukan suatu lingkaran terhadap suatu garis. Terkait dengan garis singgung lingkaran suatu lingkaran dapat memiliki sekian banyak garis singgung dan tentunya lebih dari satu garis singgung jika ingin dibuat. Garis singgung lingkaran adalah suatu garis yang memotong lingkaran tepat di satu titik. Masih ingat kembali kedudukan suatu garis terhadap lingkaran saat nilai  $D=b^{2}-4ac=0$, dari sanalah akhir dari penyelesaian masalah yang terkait dengan ini. 

B. Garis Singgung Melalui Sebuah Titik pada Lingkaran

Misalkan suatu titik $P(x_{1},y_{1})$ terdapat pada (keliling) lingkaran $x^{2}+y^{2}=r^{2}$, maka berakibat akan memiliki gradien dari garis OP berupa $m_{\textrm{P}}=\displaystyle \frac{y_{1}}{x_{1}}$.

Perhatikan dua ilustrasi berikut


Ilustrasi berikutnya menjadi seperti berikut

Perhatikan tiga ilustrasi di atas, jika titik P adalah titik sinngung lingkaran $x^{2}+y^{2}=r^{2}$, maka gradien garis singgung lingkarannya, misal kita namakan $m_{l}$ adalah $m_{l}=-\displaystyle \frac{x_{1}}{y_{1}}$, sehingga persamaan garis singgungnya yang melalui titik P tersebut dan bergradien $m_{l}=-\displaystyle \frac{x_{1}}{y_{1}}$ adalah:

$\begin{aligned}y-y_{1}&=-\displaystyle \frac{x_{1}}{y_{1}}\left ( x-x_{1} \right )\\ \Leftrightarrow y_{1}y-&y_{1}^{2}=-x_{1}x+x_{1}^{2}\\ \Leftrightarrow x_{1}x+&y_{1}y=x_{1}^{2}+y_{1}^{2}\\ \Leftrightarrow x_{1}x+&y_{1}y=r^{2}\\\\ \textrm{Jadi, per}&\textrm{samaan garis singgungnya adalah}:\\ &\quad \LARGE\boxed{x_{1}x+y_{1}y=r^{2}} \end{aligned}$.

$\LARGE\colorbox{magenta}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukanlah persamaan lingkaran yang }\\ &\textrm{berpusat di pangkal koordinat dan}\\ &\textrm{menyinggung}\: \: k\equiv 2x+y-5=0\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikan ilustrasi berikut} \end{array}$.


menjadi


$.\qquad\begin{aligned}&\textrm{Diketahui}\: \textrm{bahwa titik}\: \: O\: \: \textrm{ke garis}\: \: k\: \: \textrm{adalah}\\ &r=OA=\displaystyle \left |\frac{ax_{1}+by_{1}+c}{\sqrt{a^{2}+b^{2}}} \right |\\ &=\displaystyle \left | \frac{2(0)+(0)-5}{\sqrt{2^{2}+1^{2}}} \right |\\ &=\displaystyle \left | \frac{-5}{\sqrt{5}} \right |\\ &=\left | -\sqrt{5} \right |\\ &=-(-\sqrt{5})=\sqrt{5}\\ &\textrm{(ingat, nilai mutlak bilangan negatif adalah bilngan positif)}\\ &\textrm{Sehingga persamaan lingkarannya adalah}:\\ &\qquad L\equiv x^{2}+y^{2}=r^{2}\Leftrightarrow \color{red}x^{2}+y^{2}=5\end{aligned}$.

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah persamaan lingkaran yang }\\ &\textrm{berpusat di}\: \: A(2,-1)\: \: \textrm{dan menginggung}\\ &\textrm{garis}\: \: 4y+3x-12=0\: \: \textrm{di titik}\: \: P\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikan ilustrasi berikut} \end{array}$.
$.\qquad\begin{aligned}&\textrm{Sehingga}\\ &r=AP=\left | \frac{3(2)+4(1)-12}{\sqrt{3^{2}+4^{2}}} \right |\\ &\: \: =\left | \frac{-10}{5} \right |=\left | -2 \right |=2\\ &\textrm{Sehingga persamaan lingkarannya adalah}\\\ &L\equiv (x-2)^{2}+(y+1)^{2}=\color{red}4 \end{aligned}$.

$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran}\\ & x^{2}+y^{2}=169\: \: \textrm{dan melalui titik}\: \: Q(5,-12)\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\color{red}\textrm{Alternatif 1}\\ &\textrm{Diketahui}\: \: L\equiv x^{2}+y^{2}=169\: \: \color{blue}\textrm{atau}\\ &L\equiv x^{2}+y^{2}-169=0\: \: \textrm{dan}\: \: Q(5,-12)\\ &\textrm{kuasa titik A (posisi titik Q) adalah}:\\ &=5^{2}+(-12)^{2}-169=0\\ &\textrm{Sehingga titik Q pada lingkaran dengan}\\ &\textrm{persamaan}\\ &\qquad x_{1}x+y_{1}y=r^{2}\Rightarrow \color{red}5x-12y=169\\ &\begin{aligned}&\color{red}\textrm{Alternatif 2}\\ &\textrm{Persamaan lingkaran}\\& L\equiv x^{2}+y^{2}=169\: ...................(1)\\ &\textrm{Persamaan garis singgung}\: \: g\: \: \textrm{melalui}\\ &Q(5,-12)\: \: \textrm{adalah}:\\ &g\equiv y+12=m(x-5)\\ &\Leftrightarrow \: \: \qquad y=mx-5m-12\: ....(2)\\ &\textrm{Dari persamaan (1) dan (2)}\\ &x^{2}+(mx-5m-12)^{2}=169\\ &\Leftrightarrow x^{2}+m^{2}x^{2}+25m^{2}+144-10m^{2}-24mx+120m=169\\ &\Leftrightarrow (1+m^{2})x^{2}-(10m^{2}+24m)x+25m^{2}+120m-25=0\\ &\textrm{Syarat menyinggung}\: \: \color{blue}D\color{black}=\color{blue}b^{2}-4ac\color{black}=0\\ &(10m^{2}+24m)^{2}-4(1+m^{2})(25m^{2}+120m-25)=0\\ &\Leftrightarrow 144m^{2}-120m+25=0\\ &\Leftrightarrow (12m-5)^{2}=0\\ &\Leftrightarrow m=\displaystyle \frac{5}{12}\: .......(3)\\ &\textrm{Jika (1) disebstitusikan ke (2), maka}\\ &y+12=\displaystyle \frac{5}{12}(x-5)\\ &\Leftrightarrow y=\displaystyle \frac{5}{12}x-\frac{169}{12}\: \: \textrm{atau}\\ &\Leftrightarrow \color{red}5x-12y=169  \end{aligned}   \end{array}$.

$.\qquad\textrm{Berikut ilustrasi lingkaran dan garis singgungnya}$

$\begin{array}{ll}\\ 4.&\textrm{Tentukan persamaan garis singgung di}\\ &\textrm{titik}\: \: R(-2,-4)\: \: \textrm{pada lingkaran}\\ &(x-2)^{2}+(y+1)^{2}=25\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Kita cek sebentar posisi/kedudukan titik}\: \: R\\ &K_{R}=K_{(-2,-4)}\equiv (-2-2)^{2}+(-4+1)^{2}-\color{blue}25\\ &\: \: \: \qquad\qquad\qquad \equiv 16+9-\color{blue}25\color{black}=\color{red}0\\ &\textrm{Sehingga posisi titik}\: \: R\: \: \textrm{pada keliling lingkaran}\\ &\color{blue}\textrm{Alternatif 1}\\ &(x_{1}-a)(x-a)+(y_{1}-b)(y-b)=r^{2}\\ &\textrm{maka}\\ &(x_{1}-2)(x-2)+(y_{1}+1)(y+1)=25\\ &\textrm{Untuk titik}\: \: R(-2,-4),\: \textrm{maka garis singgungnya}\\ &(-2-2)(x-2)+(-4+1)(x+1)=25\\ &\Leftrightarrow (-4)(x-2)+(-3)(x+1)=25\\ &\Leftrightarrow -4x+8-3x-3=25\\ &\Leftrightarrow 4x+3y+20=0\\ &\textrm{Jadi, garis singgungnya adalah}:\: 4x+3y+20=0\\ &\begin{aligned}&\color{blue}\textrm{Alternatif 2}\\ &(x-2)^{2}+(y+1)^{2}=25\\ &\Leftrightarrow x^{2}-4x+4+y^{2}+2y+1=25\\ &\Leftrightarrow x^{2}+y^{2}-4x+2y-20=0\\ &\textrm{Selanjutnya untuk garis sinngung}\\ &\textrm{lingkaran di titik}\: \: R(-2,-4)\: \: \textrm{adalah}:\\ &x_{1}x+y_{1}y+\displaystyle \frac{1}{2}A(x_{1}+x)+\displaystyle \frac{1}{2}B(y_{1}+y)+C=0\\ &\Leftrightarrow (-2)x+(-4)y-2(-2+x)+(-4+y)-20=0\\ &\Leftrightarrow -2x-4y+4-2x-4+y-20=0\\ &\Leftrightarrow -4x-3y-20=0\\ &\Leftrightarrow 4x+3y+20=0\\ &\textrm{Jadi, garis singgungnya adalah}:\: 4x+3y+20=0 \end{aligned} \end{array}$.



C. Garis Singgung Melalui Sebuah Titik di Luar Lingkaran

Perhatikan ilustrasi berikut

Titik $\textrm{T}(x_{1},y_{1})$ berada di luar lingkaran $L$. Garis  $\textrm{g}_{1}$  dan  $\textrm{g}_{2}$ melalui T dan menyinggung lingkaran L di titik Q dan R.
Ada dua alternatif minimal untuk mencari persamaan garis dinggung $\textrm{g}_{1}$  dan  $\textrm{g}_{2}$ pada lingkaran L.
  1. menentukan gradien garis $\textrm{g}_{1}$  dan  $\textrm{g}_{2}$, kemudian menentukan garis singgungnya
  2. menentukan titik singgung Q dan R dengan cara menentukan garis kutub dati titik T, kemudian menentukan perpotongan dengan lingkaran L. Sealanjutnya menentukan persamaan garis singgung di titik Q dan R.

$\LARGE\colorbox{magenta}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran}\\ & x^{2}+y^{2}=25\: \: \textrm{dan melalui titik}\: \: P(7,0)\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui persamaan lingkaran}\\ &x^{2}+y^{2}=25\\ &\textrm{Kedudukan titik}\: \: \textrm{T}(7,0):7^{2}+0^{2}=49>25\\ &\textrm{Sehingga T berada di luar lingkaran L}\\&\color{blue}\textbf{Cara 1}\\ &\textrm{Persamaan garis singgung lingkaran (PGSL)}\\ &\textrm{melalui titik T}(7,0)\: \: \textrm{adalah}:\\ &\begin{aligned}y&=m(x-x_{1})+y_{1}\\ &=m(x-7)+0=\color{red}mx-7m\end{aligned}\\ &\textrm{Selanjutnya hasil di atas kita substitusikan}\\ &\textrm{lingkaran L, yaitu}:\\ &x^{2}+(mx-7m)^{2}=25\\ &\Leftrightarrow x^{2}+m^{2}x^{2}-14m^{2}x+49m^{2}-25=0\\ &(1+m^{2})x^{2}-14m^{2}x+49m^{2}-25=0  \end{aligned} \\ &\begin{aligned}&\textrm{Selanjutnya, syarat menyinggung}\: ,\: \textrm{D}=b^{2}-4ac=0\\ & (-14m^{2})^{2}-4.(m^{2}+1)(49m^{2}-25)=0\: \: \textrm{(dibagi 4)}\\ &\Leftrightarrow 49m^{4}-(49m^{4}-25m^{2}+49m^{2}-25)=0\\ &\Leftrightarrow 24m^{2}-25=0\Leftrightarrow m^{2}=\displaystyle \frac{25}{24}\Leftrightarrow m=\pm \displaystyle \frac{5}{12}\sqrt{6}\\ & \textrm{Sehingga persa}\textrm{maan garis singgungnya}\\ &y_{1}= \displaystyle \frac{5}{12}x\sqrt{6}- \displaystyle \frac{35}{12}\sqrt{6}\: \: \textrm{dan}\\ &y_{2}=- \displaystyle \frac{5}{12}x\sqrt{6}+ \displaystyle \frac{35}{12}\sqrt{6} \end{aligned}\\ &\begin{aligned}&\color{blue}\textbf{Cara 2}\\ &\textrm{Persmaan garis kutubnya dari titik T}(7,0)\\ &x_{1}x+y_{1}y=25\Leftrightarrow 7x=25\Leftrightarrow x=\displaystyle \frac{25}{7}\\ &\textrm{Hasilnya kita substitusikan ke persamaan }\\ &\textrm{lingkaran L, yaitu}:x^{2}+y^{2}=25\\ &\Leftrightarrow \left ( \displaystyle \frac{25}{7} \right )^{2}+y^{2}=5^{2}\Leftrightarrow y^{2}=5^{2}-\left ( \displaystyle \frac{25}{7} \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow y=\pm \sqrt{\left ( 5+\displaystyle \frac{25}{7} \right )\left ( 5-\displaystyle \frac{25}{7} \right )}\\ &\Leftrightarrow y=\pm \sqrt{\displaystyle \frac{60}{7}\times \frac{10}{7}}=\pm \displaystyle \frac{10}{7}\sqrt{6}\\ &\Leftrightarrow \left\{\begin{matrix} y_{1}=\displaystyle \frac{10}{7}\sqrt{6}\\ y_{2}=-\displaystyle \frac{10}{7}\sqrt{6} \end{matrix}\right.\\ &\textrm{Sehingga diperoleh titik singgungnya yaitu}:\\ &\left ( \displaystyle \frac{25}{7},\frac{10}{7}\sqrt{6} \right )\: \: \textrm{dan}\: \: \left ( \displaystyle \frac{25}{7},-\frac{10}{7}\sqrt{6} \right )\\ &\textrm{dan garis singgungnya adalah}:\\ &\displaystyle \frac{25}{7}x+\frac{10}{7}y\sqrt{6}=25\: \: \textrm{dan}\: \: \displaystyle \frac{25}{7}x-\frac{10}{7}y\sqrt{6}=25\\ &\textrm{atau}\\ &\color{red}\displaystyle \frac{5}{7}x+\frac{2}{7}y\sqrt{6}=5\color{black}\: \: \textrm{dan}\: \: \color{red}\displaystyle \frac{5}{7}x-\frac{2}{7}y\sqrt{6}=5\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{5}{7}x+\frac{2}{7}y\sqrt{6}=5\: \: \textrm{dan}\: \: \displaystyle \frac{5}{7}x-\frac{2}{7}y\sqrt{6}=5\\ &\Leftrightarrow \displaystyle 5x+2y\sqrt{6}=35\: \: \textrm{dan}\: \: \displaystyle 5x-2y\sqrt{6}=35\\ &\Leftrightarrow 2y\sqrt{6}=-5x+35\: \: \textrm{dan}\: \: 2y\sqrt{6}=5x-35\\ &\Leftrightarrow y=\displaystyle \frac{-5x+35}{2\sqrt{6}}\: \: \textrm{dan}\: \:  y=\displaystyle \frac{5x-35}{2\sqrt{6}}\\ &\Leftrightarrow y=\displaystyle \frac{-5x+35}{2\sqrt{6}}\times \frac{\sqrt{6}}{\sqrt{6}}\: \: \textrm{dan}\: \:  y=\displaystyle \frac{5x-35}{2\sqrt{6}}\times \frac{\sqrt{6}}{\sqrt{6}}\\ &\Leftrightarrow y=\displaystyle \frac{-5x\sqrt{6}+35\sqrt{6}}{12}\: \: \textrm{dan}\: \:  y=\displaystyle \frac{5x\sqrt{6}-35\sqrt{6}}{12}\\ &\Leftrightarrow \color{red}y=-\displaystyle \frac{5}{12}x\sqrt{6}+\displaystyle \frac{35}{12}\sqrt{6}\: \: \color{black}\textrm{atau}\: \:  \color{red}y=\displaystyle \frac{5}{12}x\sqrt{6}-\displaystyle \frac{35}{12}\sqrt{6}   \end{aligned} \end{array}$.

Berikut ilustrasi gambarnya



$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran}\\ & x^{2}+y^{2}=12\: \: \textrm{dan melalui titik}\: \: P(0,4)\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui persamaan lingkaran}\\ &x^{2}+y^{2}=12\\ &\textrm{Persamaan garis kutub lingkaran}\\ &\textrm{melalui titik}\: \: (x_{1},y_{1})\: \: \textrm{adalah}:\\ &\begin{aligned}x^{2}+y^{2}&=12\\ xx+yy&=12\\ x_{1}x+y_{1}y&=12\\ \textrm{garis ini melalui}&\: \: \textrm{titik}\\ P(0,4)&, \textrm{maka}\\ x_{1}.0+y_{1}.4&=12\\ y_{1}&=3\: ......(1)\end{aligned}\\ &\textrm{Karena titik}\: \: (x_{1},y_{1})\: \: \textrm{pada lingkaran}\\ &\textrm{maka},\\ &x_{1}^{2}+y_{1}^{2}=12\: ......(2)\\ &\textrm{Selanjutnya dari persamaan}\: \: (1)\: \&\: (2)\\ &\textrm{akan diperoleh}\\ &\begin{aligned}&x_{1}^{2}+y_{1}^{2}=12\\ y_{1}=3\Rightarrow \: \: &x_{1}^{2}+(3)^{2}=12\\ \Leftrightarrow \: \: &x_{1}^{2}+9=12\\ \Leftrightarrow \: \: &x_{1}^{2}=3\\ \Leftrightarrow \: \: &x_{1}=\pm \sqrt{3}\end{aligned}\\ &\begin{aligned}& \textrm{Sehingga persa}\textrm{maan garis singgungnya}\\ &\left ( x_{1}x+y_{1}y=12 \right )\: \: \textrm{adalah}:\\ &\begin{cases} \textrm{di titik} & (x_{1},y_{1})=(\sqrt{3},3)\: \: \, \, \Rightarrow \color{red}\sqrt{3}x+3y=12\\ \textrm{di titik} & (x_{1},y_{1})=(-\sqrt{3},3)\Rightarrow \color{red}-\sqrt{3}x+3y=12 \end{cases}\\ &\end{aligned} \end{aligned} \end{array}$
Berikut ilustrasi gambarnya


DAFTAR PUSTAKA
  1. Kartini, Suprapto, Subandi, Setiadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
  2. Noormandiri. 2017. Matematika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: ERLANGGA.
  3. Sobirin. 2006. Kompas Matematika Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika SMA Kelas 2. Jakarta: KAWAN PUSTAKA.
  4. Wirodikromo, S. 2007. Matematika Jilid 2 IPA untuk Kelas XI. Jakarta: ERLANGGA.

Kedudukan Garis terhadap Lingkaran (Lanjutan)

 $\color{blue}\textrm{E. Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran }$.

Posisi garis terhadap lingkaran tergantung nilai Diskriminan (D) hasil substitusi persamaan garis ke persamaan lingkaran.

$\begin{cases} \bullet &\textrm{memotong lingkaran di dua titik}\: \: (D>0)\\ & \textrm{ada garis dan titik polar} \\ \bullet &\textrm{menyinggung lingkaran}\: \: (D=0) \\ \bullet &\textrm{tidak memotong ataupun menyinggung}\: \: (D<0) \end{cases}$.

Berikut Ilustrasi gambarnya

$\color{blue}\textrm{F. Jarak Garis ke Pusat Lingkaran}$.

$\begin{array}{|l|l|}\hline \textrm{Jarak titik}\: \: M(p,q)\: \: \textrm{terhadap pusat}&\\ \textrm{lingkaran}\: \: N(a,b)&\left | MN \right |=r\\ \qquad r=\left | \displaystyle \frac{Ap+Bq+C}{\sqrt{A^{2}+B^{2}}} \right |&\\\hline \end{array}$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukanlah nilai}\: \: p\: \: \textrm{supaya lingkaran}\\ & x^{2}+y^{2}-px-10y+4=0 \\ &\textrm{a}.\quad \textrm{menyinggung sumbu x}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{memotong sumbu x di dua titik}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{tidak memotong dan tidak menyinggung }\\ &\quad\: \: \: \: \textrm{sumbu x}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\\ &\textrm{Persamaan lingkaran}:\\ &x^{2}+y^{2}-px-10y+4=0\\ &\textrm{saat menyinggung}\: \: \textrm{sumbu x},\: \: \textrm{maka}\: \: y=0\\ &\textrm{adalah gar}\textrm{is yang sejajar sumbu x, maka}\\ &y=0\Rightarrow \: \: x^{2}+y^{2}-px-10y+4=0\\ &\: \qquad \Leftrightarrow \: \: x^{2}+0^{2}-px-0+4=0\\ &\: \qquad \Leftrightarrow \: \: \color{red}x^{2}-px+4 \end{aligned}\\ &\textrm{Selanjutnya}\\ &\begin{array}{|c|c|c|}\hline \textrm{Menyinggung}&\textrm{memotong}&\textrm{Tidak keduanya}\\\hline \begin{aligned}D&= b^{2}-4ac=0\\ &\Leftrightarrow p^{2}-4.1.4=0\\ &\Leftrightarrow p^{2}=16\\ &\Leftrightarrow p=\pm 4\\ & \end{aligned}&\begin{aligned}D&>0\\ &\Leftrightarrow b^{2}-4ac>0\\ &\Leftrightarrow p^{2}-16>0\\ &\Leftrightarrow (p+4)(p-4)>0\\ &\therefore \quad p<-4\: \: \textrm{atau}\: \: p>4 \end{aligned}&\begin{aligned}D&<0\\ &\Leftrightarrow b^{2}-4ac<0\\ &\Leftrightarrow p^{2}-16<0\\ &\Leftrightarrow (p+4)(p-4)<0\\ &\therefore \quad -4<p<4 \end{aligned}\\\hline \end{array} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah nilai}\: \: a\: \: \textrm{supaya lingkaran}\\ & x^{2}+y^{2}=1\: \: \textrm{dan garis}\: \: y=ax+2 \\ &\textrm{a}.\quad \textrm{bersinggungan}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{berpotongan}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{tidak berpotongan maupun bersinggungan}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Di sini yang kita bahas adalah yang poin b, }\\ &\textrm{yaitu untuk}\: \: y=ax+2,\: \: \textrm{maka}\\ &x^{2}+y^{2}=1\\ &x^{2}+(ax+2)^{2}=1\\ &x^{2}+a^{2}x^{2}+4ax+4=1\\ &(1+a^{2})x^{2}+4ax+3=0\\ &\textrm{syarat berpotongan}\: \: D=b^{2}-4ac\geq 0\\ &(\textrm{artinya bersinggungan sekaligus berpotongan di 2 titik})\\ &(4a)^{2}-4(1+a^{2})(3)\geq 0\\ &16a^{2}-12a^{2}-12\geq 0\\ &4a^{2}-12\geq 0\\ &a^{2}-3\geq 0\\ &(a+\sqrt{3})(a-\sqrt{3})\geq 0\\ &\therefore \: \: \: \: a\leq -\sqrt{3}\: \: \textrm{atau}\: \: a\geq \sqrt{3} \end{aligned} \end{array}$.

Kedudukan Titik terhadap Lingkaran (Lanjutan)

 $\color{blue}\textrm{D. Kedudukan Titik Terhadap Lingkaran }$.


Kedudukan sebuah titik terhadap sebuah lingkaran yang berpusat di O(0,0) memiliki 3 kemungkinan, yaitu:
  • jika titik A(x,y) di dalam lingkaran, maka berlaku  $x^{2}+y^{2}<r^{2}$.
  • jika titik A(x,y) pada lingkaran, maka berlaku  $x^{2}+y^{2}=r^{2}$, dan
  • jika titik A(x,y) di luar lingkaran, maka berlaku  $x^{2}+y^{2}>r^{2}$.

Demikian juga kedudukan sebuah titik terhadap sebuah lingkaran yang berpusat di $(a,b)$ memiliki 3 kemungkinan, yaitu:

  • jika titik A(x,y) di dalam lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}<r^{2}$  atau  $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C<0$.
  • jika titik A(x,y) pada lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}$  atau  $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C=0$.
  • jika titik A(x,y) di luar lingkaran, maka berlaku $(x-a)^{2}+(y-b)^{2}>r^{2}$  atau  $x^{2}+y^{2}+Ax+By+C>0$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Sebuah lingkaran yang berpusat pada }\\ &\textrm{pangkal koordinat}\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{Tentukanlah persamaan lingkaran }\\ &\qquad\textrm{yang berjari-jari 5}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{Gambarlah lingkaran (pada soal a.) }\\ &\qquad\textrm{pada kertas grafiks}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{Lukislah titik-titik dari},\\ &\qquad A(2,3),\: B(4,3),\: \: \textrm{dan}\: \: C(3,6).\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{Nyatakan kedudukan titik-titik}\\ &\qquad A,\: B,\: \textrm{dan}\: C\: \textrm{terhadap lingkaran. }\\ &\qquad\textrm{Di dalam, pada, atau}\\ &\qquad\textrm{beradakah di luar lingkaran}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikanlah ilustrasi berikut} \end{array}$.


$\begin{aligned}\textrm{a}.\quad&\textrm{Diketahui}\: \: r=5\\ &\begin{aligned}&x^{2}+y^{2}=5^{2}\\ &\qquad\qquad \updownarrow\\ &x^{2}+y^{2}=25\\ &\textrm{atau}\\ &L\equiv \left \{ (x,y)|x^{2}+y^{2}=25 \right \} \end{aligned}\\ \textrm{b}.\quad&\textrm{Lihat gambar di atas}\\ \textrm{c}.\quad&\textrm{Lihat juga gambar di atas}\\ \textrm{d}.\quad&\textrm{Dari gambar jelas bahwa}:\\ &\begin{matrix} \bullet \quad \textrm{Titik}\: \: A(2,3)\: \textrm{berada di dalam lingkaran}\\ \textrm{atau}:(2)^{2}+(3)^{2}=4+9=13<\color{red}25\\ \bullet \quad \textrm{Titik}\: \: A(4,3)\: \textrm{berada pada lingkaran}\: \: \: \: \: \: \: \\ \textrm{atau}:(4)^{2}+(3)^{2}=16+9=25=\color{red}25\\ \bullet \quad \textrm{Titik}\: \: A(3,6)\: \textrm{berada di luar lingkaran}\: \: \: \,\\ \textrm{atau}:(3)^{2}+(6)^{2}=9+36=45>\color{red}25\\ \end{matrix} \end{aligned}$.

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah persamaan lingkaran}\\ &\textrm{yang berpusat di pangkal koordinat}\\ &\textrm{dan melalui titik}\: \: P(5,-3)\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\textrm{Diketahui}&\: \textrm{pusat lingkaran di pangkal }\\ \textrm{koordinat}&\: \: O(0,0)\: \: \textrm{serta lingkaran}\\ \textrm{yang mela}&\textrm{lui titik}\: \: P(5,-3),\: \textrm{maka}\\ r&=\sqrt{(x_{p}-0)^{2}+(y_{p}-0)^{2}}\\ &=\sqrt{5^{2}+(-3)^{2}}\\ &=\sqrt{25+9}\\ &=\sqrt{34}\\ \textrm{Sehingga }&,\: \textrm{persamaan lingkarannya adalah}\\ L&\equiv x^{2}+y^{2}=r^{2}\Leftrightarrow x^{2}+y^{2}=\color{red}34 \end{aligned}\end{array}$.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Kartini, Suprapto, Subandi, Setiadi, U. 2005. Matematika Program Studi Ilmu Alam Kelas XI untuk SMA dan MA. Klaten: INTAN PARIWARA.
  2. Sobirin. 2006. Kompas Matematika Strategi Praktis Menguasai Tes Matematika SMA Kelas 2. Jakarta: KAWAN PUSTAKA.
  3. Wirodikromo, S. 2007. Matematika Jilid 2 IPA untuk Kelas XI. Jakarta: ERLANGGA.

Lingkaran

 $\color{blue}\textrm{A. Definisi Lingkaran}$.

Secara definisi lingkaran adalah tempat kedudukam titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu. Selanjutnya titik tertentu disebut sebagai pusat lingkaran sedangkan jarak yang salalu sama terhadapa titik tertentu tersebut disebut sebagai jari-jari atau radius (r).

Sebagai ilustrasi berikut diberikan gambar berkaitan kedudukan titik-titik tersebut

$\color{blue}\textrm{B. Persamaan Lingkaran Berpusat di O(0,0) }$.

Persamaan sebuah lingkaran dengan dengan jari-jari  $r$  dan berpusat di titik pusat koordinat dapat dilustrasikan sebagai berikut

Misalkan sebuah titik  $\textrm{P}(x,y)$  terletak pada sebuah lingkaran yang berpusat di O(0,0). Dan titik $\textrm{P}'(x,0)$ adalah proyeksi titik  P  pada sumbu-X sehingga  $\bigtriangleup \textrm{OP}'\textrm{P}$   berupa sebuah segitiga siku-siku di $\textrm{P}'$. Dengan rumus Pythagoras kita mendapatkan
$\begin{aligned}&OP^{2}=(OP')^{2}+(PP')^{2}\\ &\Leftrightarrow \: r^{2}=x^{2}+y^{2}\\ &\Leftrightarrow r=\sqrt{x^{2}+y^{2}} \end{aligned}$
Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda, perhatikanlah ilustrasi berikut
Sehingga dapat disimpulkan persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0) adalah:
$\begin{array}{|ccc|}\hline &&\\ &\color{red}x^{2}+y^{2}=r^{2}&\\ &&\\\hline \end{array}$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukan persamaan lingkaran yang }\\ & \textrm{berpusat di O dan berjari-jari}\: \: \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{10}\\\\ &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui pusat lingkaran di O}\\ &\textrm{dengan jarijari}\: \: r=\displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{10}\\ &\textrm{Persamaan lingkarannya adalah}:\\ &\color{red}x^{2}+y^{2}=r^{2}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+y^{2}=\left ( \displaystyle \frac{1}{2}\sqrt{10} \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+y^{2}=\displaystyle \frac{10}{4},\quad \textrm{atau}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+y^{2}=\displaystyle \frac{5}{2}\\ &\textrm{Jadi, persamaan lingkarannya}\\ &\textrm{adalah}\: \: \: x^{2}+y^{2}=\displaystyle \frac{5}{2} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukan pusat dan jari-jari lingkaran}\\ & \textrm{yang memenuhi persamaan}\: \: \\ &x^{2}+y^{2}=6\\\\ &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui persamaan lingkaran}\\ &\: \: x^{2}+y^{2}=6\\ &\textrm{maka }\\ &\bullet \: \: \textrm{pusat lingkaran adalah O}\\ &\qquad\color{red}x^{2}+y^{2}=r^{2}\\ &\bullet \: \: \textrm{dengan jari-jarinya adalah}\\ &\qquad r^{2}=6\Rightarrow \color{red}r=\sqrt{6}\\ &\textrm{Jadi, pusat lingkaran di O dengan}\\ &\textrm{jari-jari sebesar}\: \: r=\sqrt{6} \end{aligned} \end{array}$.

$\color{blue}\textrm{C.  Persamaan Lingkaran Berpusat di (a,b)}$.

Perhatikanlah ilustrasi berikut

Pada ilustrasi gambar di atas ditunjukkan sebuah lingkaran berpusat di $N(a,b)$ dengan jari-jari  $r$, misalkan kita ambil sebuah titik $P(x,y)$ pada keliling lingkaran, maka $NP=r$.

$\begin{aligned}&\sqrt{(x-a)^{2}+(y-b)^{2}}=r^{2}\\ &\color{red}(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}\\ &\textrm{persamaan di atas adalah}\: \: \textbf{Bentuk Umum}\\ &\textrm{dari}\: \: \textbf{Persamaan Lingkaran}\: \: \textrm{yang}\\ &\textrm{berpusat di}\: \: (a,b) \end{aligned}$

Selanjutnya perhatikanlah rangkuman berikut

$\begin{array}{|l|c|c|}\hline \textrm{Lingkaran} &x^{2}+y^{2}=r^{2}&(x-p)^{2}+(y-q)^{2}=r^{2}\\\hline \textrm{Pusat}&(0,0)&(p,q)\\\hline \textrm{Jari-jari}&r&r\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Pesamaan garis}\\ &\textrm{singgung melalui}\\ &\textrm{titik}\: \: (x_{1},y_{1})\\ &\textrm{pada lingkaran} \end{aligned}&x_{1}x+y_{1}y=r^{2}&\begin{aligned}&(x_{1}-p)(x-p)\\ &\: +(y_{1}-q)(y-q)=r^{2} \end{aligned}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Persamaan garis}\\ &\textrm{singgung dengan}\\ &\textrm{gradien}\: \: m \end{aligned}&\begin{aligned}&y=mx\\ &\: \pm r\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}&\begin{aligned}&(y-q)=m(x-a)\\ &\: \pm r\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.

Kusus untuk yang pusat  $(a,b)$ adalah:

$\begin{array}{|l|c|}\hline \textrm{Lingkaran} &x^{2}+y^{2}+Ax+By+C=0\\\hline \textrm{Pusat}&\left ( -\frac{1}{2}A,-\frac{1}{2}B \right )\\\hline \textrm{Jari-jari}&r=\sqrt{\displaystyle \frac{1}{4}\left ( A^{2}+B^{2} \right )-C}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Pesamaan garis}\\ &\textrm{singgung melalui}\\ &\textrm{titik}\: \: (x_{1},y_{1})\\ &\textrm{pada lingkaran} \end{aligned}&\begin{aligned}&x_{1}x+y_{1}y\\ &\: +\displaystyle \frac{A}{2}(x_{1}+x)\\ &\: +\displaystyle \frac{B}{2}(y_{1}+y)+C=0 \end{aligned}\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Persamaan garis}\\ &\textrm{singgung dengan}\\ &\textrm{gradien}\: \: m \end{aligned}&\begin{aligned}&y+\frac{1}{2}B=m(x+\frac{1}{2}A)\\ &\: \pm \sqrt{\displaystyle \frac{1}{4}\left ( A^{2}+B^{2} \right )-C}.\sqrt{m^{2}+1} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Tentukan persamaan lingkaran yang }\\ & \textrm{berpusat di (0,-2) dan berjari-jari}\: \: 5\\\\  &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\  &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui pusat lingkaran berpusat}\\ &\textrm{di}\: \: (0,-2)\: \: \textrm{dan berjari-jari}\: r=5\\ &\textrm{Persamaan lingkarannya adalah}:\\ &\color{red}(x-a)^{2}+(y-b)^{2}=r^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-0)^{2}+(y-(-2))^{2}=\left ( 5 \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+(y+2)^{2}=25,\quad \textrm{atau}\\ &\Leftrightarrow \: x^{2}+y^{2}+4y+4=25\\ &\textrm{Jadi, persamaan lingkarannya}\\ &\textrm{adalah}\: \: \: x^{2}+y^{2}+4y-21=0 \end{aligned}  \end{array}$,

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukan persamaan lingkaran}\\ & \textrm{yang berpusat di titik}\: \: M(1,3)\\ &\textrm{dan melalui titik}\: \: N(-2,5)\\\\ &\color{blue}\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui jari-jari lingkaran}\\ &r=MN=\sqrt{(x_{M}-x_{N})^{2}+()^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{(-2-1)^{2}+(5-3)^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{(-3)^{2}+2^{2}}\\ &\Leftrightarrow \: \: =\sqrt{9+4}=\sqrt{13}\\ &\textrm{maka}\\ &\textrm{persamaan lingkarannya adalah}\\ &(x-1)^{2}+(y-3)^{2}=r^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=\left ( \sqrt{13} \right )^{2}\\ &\Leftrightarrow \: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=13\\ &\textrm{Jadi, jari-jari lingkarannya}\\ &\textrm{adalah}\: \: \sqrt{13}\: .\: \textrm{Dan persamaan}\\ &\textrm{lingkarannya adalah}:\: (x-1)^{2}+(y-3)^{2}=13 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Tentukanlah pusat dan jari-jari lingkaran berikut?}\\ &\textrm{a}.\quad L\equiv (x+1)^{2}+(y+2)^{2}=9\\ &\textrm{b}.\quad L\equiv (x+1)^{2}+(y-2)^{2}=9\\ &\textrm{c}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y+2)^{2}=9\\ &\textrm{d}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y-2)^{2}=9\\ &\textrm{e}.\quad L\equiv (x+3)^{2}+(y-3)^{2}=9\\ &\textrm{f}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+(y-2)^{2}=25\\ &\textrm{g}.\quad L\equiv (x-1)^{2}+y^{2}=27\\ &\textrm{h}.\quad L\equiv x^{2}+(y-1)^{2}=27\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &L\equiv (x+1)^{2}+(y+2)^{2}=9,\: \: \textrm{pusat di}\: \: (-1,-2)\\  &\textrm{dan jari-jarinya adalah}\: \: \sqrt{9}=3\\ &\textrm{Selanjutnya, perhatikantabel berikut}\\ &\begin{array}{|c|l|c|l|}\hline 3.\textrm{a}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (-1,2)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{9}=3 \end{matrix}\right.&3.\textrm{b}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (-1,-2)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{9}=3 \end{matrix}\right.\\\hline 3.\textrm{c}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (1,-2)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{9}=3 \end{matrix}\right.&3.\textrm{d}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (1,2)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{9}=3 \end{matrix}\right.\\\hline 3.\textrm{e}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (-3,3)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{9}=3 \end{matrix}\right.&3.\textrm{f}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (1,2)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{25}=5 \end{matrix}\right.\\\hline 3.\textrm{g}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (1,0)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{27}=3\sqrt{3} \end{matrix}\right.&3.\textrm{h}&\left\{\begin{matrix} \textrm{Pusat}\: :\: (0,1)\\ \textrm{Jar-jari}:\sqrt{27}=3\sqrt{3} \end{matrix}\right.\\\hline \end{array} \end{array}$


$\begin{array}{ll}\\ 4.&\textrm{Tentukanlah pusat dan jari-jari dari }\\ &\textrm{persamaan lingkaran}\\\ & L\equiv 2x^{2}+2y^{2}-2x+6y-3=0\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Persamaan lingkaran}\\\ & L\equiv 2x^{2}+2y^{2}-2x+6y-3=0\\ &\Leftrightarrow \color{blue}x^{2}+y^{2}-x+3y-\displaystyle \frac{3}{2}=0\color{red}\begin{cases} A & =-1 \\ B & =3 \\ C & =-\displaystyle \frac{3}{2} \end{cases}\\ &\textrm{maka}\: \: \begin{cases} \textrm{Pusat} & =\left ( -\displaystyle \frac{-1}{2},- \frac{3}{2}\right )=\left ( \displaystyle \frac{1}{2},-\frac{3}{2} \right ) \\ \textrm{Jari-jari} & =r=\sqrt{\displaystyle \frac{(-1)^{2}}{4}+\frac{3^{2}}{4}-\left ( -\frac{3}{2} \right )}\\ &=\sqrt{\displaystyle \frac{1}{4}+\frac{9}{4}+\frac{6}{4}}=\sqrt{4}=2 \end{cases}\\ &\textrm{Jadi, lingkaran}\: \: 2x^{2}+2y^{2}-2x+6y-3=0\\\ & \textrm{berpusat di} \: \: \left ( \displaystyle \frac{1}{2},-\frac{3}{2} \right )\: \: \textrm{dan berjari-jari}\: \: 2\end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 5.&\textrm{Diketahui persamaan lingkaran}\\\ &L\equiv 2x^{2}+2y^{2}-4x+3py-30=0\\ & \textrm{dan melalui titik}\: \: (-2,1).\: \textrm{Tentukanlah }\\ &\textrm{persamaan lingkaran baru yang} \\ &\textrm{kosentris(sepusat) dan panjang jari-jarinya}\\ &\textrm{dua kali panjang jari-jari lingkaran semula?}\\\\ &\textbf{Jawab}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui persamaan lingkaran}\\ &2x^{2}+2y^{2}-4x+3py-30=0,\: \: \textrm{melalui}\\ &(-2,1), \: \: \textrm{maka}\\ &\begin{aligned}&\textrm{kita tentukan harga}\: \: p\: \: \textrm{dulu, yaitu}:\\ &2(-2)^{2}+2(1)^{2}-4(-2)+3p(1)-30=0\\ &\Leftrightarrow \: \: 8+2+8+3p-30=0\\ &\Leftrightarrow \: \: 3p=12\\ &\Leftrightarrow \: \: \color{red}p=4 \end{aligned}\\ &\textrm{Akibatnya persamaan lingkaran menjadi}\\ &\begin{aligned}&2x^{2}+2y^{2}-4x+12y-30=0\\ &\Leftrightarrow \: \: x^{2}+y^{2}-2x+6y-15=0 \end{aligned}\\ &\begin{aligned}&\begin{cases} \color{blue}\textrm{Pusat}: \\ \left ( -\displaystyle \frac{1}{2}A,-\frac{1}{2}B \right )\\ =\left ( -\displaystyle \frac{1}{2}.(-2),-\frac{1}{2},6 \right )\\ =(1,-3) \\\\ \color{blue}\textrm{Jari-jari }:\\ \begin{aligned}r&=\sqrt{\left ( -\frac{1}{2}A \right )^{2}+\left ( -\frac{1}{2}B \right )-C}\\ &=\sqrt{1^{2}+(-3)^{2}-(-15)}\\ &=\sqrt{1+9+15}=5 \end{aligned} \end{cases} \\ & \end{aligned}\\ &\textrm{Selanjutnya}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Persamaan}\: \textrm{lingkaran baru }\\ &\textrm{dengan pusat}\: \: (1,-3)\: \: \textrm{dan jari-jari}\\ & r_{\textrm{baru}}=2r=2.5=10\\ &(x-1)^{2}+(y+3)^{2}=(10)^{2}\\ &\Leftrightarrow \: \: x^{2}-2x+1+y^{2}+6x+9=100\\ &\Leftrightarrow \: \: \color{red}x^{2}+y^{2}-2x+6y-90=0\end{aligned} \end{aligned} \end{array}$

Berikut ilustrasi gambarnya





Irisan Kerucut

A. Pendahuluan

Irisan Kerucut yang dimasud di sini adalah bangun-bangun geometri yang diperoleh dengan cara mengiris sebuah kerucut tegak berselimut ganda dengan sebuah bidang datar dengan arah pengirisan tertentu. Garis potong antara bidang datar dan kerucut tegak tersebut akan menyebabkan beberapa kemungkinan, di antaranya:

  • lingkaran, jika kerucut dipotong oleh bidang datar tegak lurus dengan sumbu kerucut dan tidak melalui titik puncak kerucut atau dapat juga dengan kondisi dipotong oleh bidang datar dan sejajar dengan bidang alas
  • elips, jika kerucut dipotong pada bidang miringdari garis pelukis sampai garis pelukislainnya, atau dapat juga dikatakan dengan kondisi di mana kerucut dipotong oleh bidang datar membentuk sudut lancip terhadap sumbu dan tidak melalui puncak kerucut
  • parabola, jika bidang datar membentuk sejajar dengan garis pelukis kerucut dan tidak melalui puncak kerucut
  • hiperbola, jika bidang datar sejajar dengan sumbu kerucut dan tidak melalui titik nol
Kerucut tegak ganda

Kerucut dipotong oleh bidang datar sejajar alas kerucut, penampang irisannya berupa lingaran
penampang irisannya berupa elips

Penampang irisannya berupa parabola

Penampang irisannya berupa hiperbola



$\begin{aligned}&\textrm{Eksentrisitas}\\ &e=\displaystyle \frac{PF}{PL}\\ &\begin{array}{|c|c|c|c|}\hline \textrm{Lingkaran}&\textrm{Elips}&\textrm{Parabola}&\textrm{Hiperbola}\\ (\textrm{Circle})&(\textrm{Ellips})&(\textrm{Parabola})&(\textrm{Hyperbola})\\\hline e=0&e<1&e=1&e>1\\\hline \end{array} \end{aligned}$







DAFTAR PUSTAKA
  1. Kurnia, N, dkk. 2017. Jelajah Matematika SMA Kelas XI Peminatan MIPA. Jakarta: YUDHISTIRA

Rangkuman Materi dan Contoh Soal Pelajaran Matematika Kelas X Fase E Tahun 2024

Kelas X 

Kurikulum Merdeka

Fase E Kelas X

Semester Gasal

Eksponen dan Logaritma

Barisan dan Deret

(pilih  materi yang Anda butuhkan saja)
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Semester Genap

Kelas XI dan Kelas XII 

Matematika Wajib

Matematika Peminatan

Contoh Soal 6 Fungsi Kuadrat (Kelas X/Fase E Semester Genap) Tahun 2024

 $\begin{array}{ll}\\ 26.&\textrm{Misalkan}\: \: F=\displaystyle \frac{6x^{2}+16x+3m}{6}\: \: \textrm{merupakan kuadrat}\\ &\textrm{dari bentuk linear terhadap}\: \: x(ax+b).\: \: \textrm{Nilai}\\ &m\: \: \textrm{yang memungkinkan kondisi tersebut terjadi}\\ &\textrm{terletak di antara}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle -6\: \: \textrm{dan}\: \: -5&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle \textrm{4 dan 5}\\ \textrm{B}.&\displaystyle -4\: \: \textrm{dan}\: \: -3&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle \textrm{5 dan 6}\\ \textrm{C}.&\color{red}\displaystyle 3\: \: \textrm{dan}\: \: 4 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{C}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK}:\displaystyle \frac{6x^{2}+16x+3m}{6}\\ &\textrm{merupakan bentuk kuadrat, maka}\\ &f(x)=\displaystyle \frac{6x^{2}+16x+3m}{6}=x^{2}+\displaystyle \frac{8}{3}x+\frac{1}{2}m\\ &\textrm{dengan}\: \: a=1,\: b=\displaystyle \frac{8}{3},\: \: \textrm{dan}\: \: \: c=\displaystyle \frac{1}{2}m\\ &\textrm{dan istilah bentuk linier mengarah kepada}\\ &\textrm{jenis akarnya real, maka}\: \: D=b^{2}-4ac>0\\ &\left ( \displaystyle \frac{8}{3} \right )^{2}-4.1.\left ( \displaystyle \frac{1}{2}m \right )>0\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{64}{9}-2m>0\\ &n \to \Leftrightarrow \displaystyle \frac{32}{9}-m>0\: \: \: (\textrm{dikali})-1\\ &m-\displaystyle \frac{32}{9}>0\\ &\Leftrightarrow m>\displaystyle \frac{32}{9}\Leftrightarrow m>\color{red}3\displaystyle \frac{5}{9} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 27.&\textrm{Ekspresi}\: \: 21x^{2}+ax+21\: \: \textrm{dapat dituliskan}\\ &\textrm{sebagai perkalian dua bentuk linear dengan}\\ &\textrm{koefisien bilangan bulat. Hal tersebut hanya}\\ &\textrm{dapat dilakukan jika}\: \: a\: \: \: \textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle \textrm{bilangan 0}&&&&&\\ \textrm{B}.&\displaystyle \textrm{beberapa bilangan ganjil}&&\\ \textrm{C}.&\color{red}\textrm{beberapa bilangan genap}\\ \textrm{D}.&\textrm{sembarang bilangan ganjil}\\ \textrm{E}.&\textrm{sembarang bilangan genap} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{C}\\ &\textrm{Ekspresi dapat dituliskan dalam perkalian dua}\\ &\textrm{bentuk linear, maka}\: D=b^{2}-4ac\geq 0\\ &\textrm{Dari}\: \: 21x^{2}+ax+21\\&a=21,\: b=a,\: c=21,\: \: \textrm{maka}\\ &a^{2}-4.21.21\geq 0\\ &\Leftrightarrow a^{2}-42^{2}\geq 0\\ &\Leftrightarrow (a+42)(a-42)\geq 0\\ &\Leftrightarrow \color{red}a\leq -42\: \: \color{black}atau\: \: \color{red}a\geq 42 \end{array}$.

Hubungan Fungsi Kuadrat dan Sebuah garis linear

$\begin{array}{ll}\\ 28.&\textrm{Garis}\: \: 2x+y=p\: \: \textrm{akan memotong parabola}\\ &4x^{2}-y=0\: \: \textrm{di dua titik apabila nilai}\: \: p=\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&p<-\displaystyle \frac{1}{4}&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle p<-\frac{3}{4}\\ \textrm{B}.&\color{red}\displaystyle p>-\displaystyle \frac{1}{4}&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle p<-1\\ \textrm{C}.&\displaystyle p<\displaystyle \frac{1}{4}\end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{B}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa garis}\: \: 2x+y=p\Rightarrow y=p-2x\\ &\textrm{memotong parabola}\: \: 4x^{2}-y=0\: \:  \textrm{di dua titik}\\ &\textrm{berbeda, maka}\\ &4x^{2}-y=0\Leftrightarrow 4x^{2}-(p-2x)=0\\ &4x^{2}+2x-p=0,\: \: \textrm{dengan}\: a=4,b=2,\: c=-p\\ &\textrm{Syarat memotong di dua titik berbeda adalah}:\\ &D=b^{2}-4ac>0\\ &\Leftrightarrow 2^{2}-4.4.(-p)>0\\ &\Leftrightarrow 4+16p>0\Leftrightarrow 16p>-4\Leftrightarrow p>-\displaystyle \frac{4}{16}\\ &\Leftrightarrow p>\color{red}-\displaystyle \frac{1}{4} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 29.&\textrm{Jika}\: \: ax^{2}+bx+c=0\: \: \textrm{tidak mempunyai akar real}\\ &\textrm{maka grafik fungsi}\: \: y=ax^{2}+bx+c\: \: \textrm{akan}\\ &\textrm{menyinggung garis}\: \: y=x\: \: \textrm{apabila}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\color{red}b<\displaystyle \frac{1}{2}&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle b>2\\ \textrm{B}.&\displaystyle b>\displaystyle \frac{1}{2}&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle 1<b<2\\ \textrm{C}.&\displaystyle b>1\end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{A}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui sebuah kurva parabola}\\ &y=ax^{2}+bx+c\: \: (\textrm{tidak punya akar real})\\ &\textrm{dan}\: \: \textrm{garis}\: \: y=x\: \: \textrm{saling bersinggungan, }\\&\textrm{sehingga}\: \: y=y\\ &\Leftrightarrow ax^{2}+bx+c=x\\ &\Leftrightarrow ax^{2}+bx-x+c=0\\ &\Leftrightarrow ax^{2}+(b-1)x+c=0\\ &\textrm{dengan}\: \: a=a,\: b=b-1,\: c=c \\&\textrm{Selanjutnya syarat menyinggung adalah}:\\ &D=b^{2}-4ac=0\\ &\Leftrightarrow (b-1)^{2}-4ac=0\Leftrightarrow (b-1)^{2}=4ac.\\ &\textrm{Karena}\: \: ax^{2}+bx+c\: \: (\textrm{tidak punya akar real})\\ &\textrm{maka}\: \: D<0\Leftrightarrow b^{2}-4ac<0\\ &\Leftrightarrow b^{2}-(b-1)^{2}<0\Leftrightarrow b^{2}-(b^{2}-2b+1)<0\\ &\Leftrightarrow 2b-1<0\Leftrightarrow b<\color{red}\displaystyle \frac{1}{2} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 30.&\textrm{Grafik}\: \: y=2x^{2}+ax+b\: \: \textrm{berpotongan dengan}\\ &\textrm{garis}\: \: y=3x-1\: \: \textrm{di titik}\: \: (x_{1},y_{1})\: \: \textrm{dan}\: \: (x_{2},y_{2})\\ &\textrm{Jika}\: \: x_{1}+x_{2}=3\: \: \textrm{dan}\: \: x_{1}\times x_{2}=4,\: \textrm{maka}\\ &a+b=....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&1&&&&&\textrm{D}.&\color{red}\displaystyle 4\\ \textrm{B}.&\displaystyle 2&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle 5\\ \textrm{C}.&\displaystyle 3\end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ & \end{array}$



Contoh Soal 5 Fungsi Kuadrat (Kelas X/Fase E Semester Genap) Tahun 2024

$\begin{array}{ll}\\ 21.&\textrm{Jika}\: \: y=\sqrt{x^{2}-2x+1}+\sqrt{x^{2}+2x+1}\\ &\textrm{maka nilai}\: \: y=....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle \displaystyle 2x&&&&&\textrm{D}.&\color{red}\displaystyle \left | x-1 \right |+\left | x+1 \right |\\ \textrm{B}.&\displaystyle 2(x+1)&&\textrm{C}.&\displaystyle 0&&\textrm{E}.&\displaystyle \textrm{tidak ada yang benar} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ &\textrm{Diketahui}\: \: y=\sqrt{x^{2}-2x+1}+\sqrt{x^{2}+2x+1}\\ &\Leftrightarrow y=\sqrt{(x-1)^{2}}+\sqrt{(x+1)^{2}}\\ &\Leftrightarrow y=\color{red}\left | x-1 \right |+\left | x+1 \right | \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 22.&\textrm{Jika}\: \: x\: \: \textrm{bilangan real dan}\: \: 4y^{2}+4xy+x+6=0,\\ &\textrm{maka nilai semua nilai}\: \: x\: \: \textrm{agar nilai}\: \: y\: \: \textrm{real adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\color{red}\displaystyle x\leq -2\: \: \textrm{atau}\: \: x\geq 3&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle -3\leq x\leq 2\\ \textrm{B}.&\displaystyle x\leq 2\: \: \textrm{atau}\: \: x\geq 3&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle -2\leq x\leq 3\\ \textrm{C}.&\displaystyle x\leq -3\: \: \textrm{atau}\: \: x\geq 2 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{A}\\ &\begin{aligned}&4y^{2}+(4x)y+(x+6)=0\\ &\textrm{agar}\: \: y\: \: \textrm{real, maka}\: \: D=b^{2}-4ac\geq 0\\ &(4x)^{2}-4(4)(x+6)\geq 0\\ &\Leftrightarrow 16x^{2}-16(x+6)\geq 0\\ &\Leftrightarrow x^{2}-x-6\geq 0\\ &\Leftrightarrow (x-3)(x+2)\geq 0\\ &\Leftrightarrow \color{red}\displaystyle x\leq -2\: \: \textrm{atau}\: \: x\geq 3 \end{aligned}\\\\ &\textrm{Jika kita diletakkan dalam garis bilangan}\\ &\textrm{akan tampak seperti berikut}\\\\ &\begin{aligned}&\underset{\begin{matrix} \color{red}\Downarrow\\  \color{red}\Downarrow \end{matrix} }{\textrm{Daerah Positif}}\\ &\begin{array}{cc|ccc|ccc}\\ &&&&&&\\ +\: +&+\: +&-\: -&-\: -&-\: -&+\: +&+\: +\\\hline &-\displaystyle 2&&&&3&&\textbf{Sumbu-X}\\  \end{array}\\ &\begin{matrix} \textrm{dengan}\\ \textrm{titik}\: \: \: \: \: \: \\ \textrm{uji}\qquad\\ \color{red}x=0\quad \end{matrix}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah negatif}}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah positif}} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 23.&\textrm{Diketahui}\: \: f(x)=\displaystyle \frac{x(x-1)}{2}\: ,\: \textrm{nilai}\: \: f(x+2)= ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle f(x)+f(2)&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle \frac{xf(x)}{x+2}\\ \textrm{B}.&\displaystyle (x+2)f(x)&&&\displaystyle &&\textrm{E}.&\color{red}\displaystyle \displaystyle \frac{(x+2)f(x+1)}{x}\\ \textrm{C}.&\displaystyle x(x+2)f(x) \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{E}\\ &f(x)=\displaystyle \frac{x(x-1)}{2},\\ &f(x+1)=\displaystyle \frac{(x+1)(x)}{2}\Leftrightarrow \displaystyle \frac{x+1}{2}=\frac{f(x+1)}{x}\: ,\: \textrm{maka}\\ &\begin{aligned}f(x+2)&=\displaystyle \frac{(x+2)((x+2)-1)}{2}=\frac{(x+2)(x+1)}{2}\\ &=\displaystyle \frac{f(x+1)}{x}.(x+2)=\color{red}\displaystyle \displaystyle \frac{(x+2)f(x+1)}{x} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 24.&\textrm{Jika}\: \: r_{1}\: \: \textrm{dan} \: \: r_{2}\: \: \textrm{merupakan dua penyelesaian }\\ &\textrm{dari persamaan}\: \: x^{2}+px+8=0\: ,\: \textrm{maka}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\color{red}\displaystyle \left | r_{1}+r_{2} \right |>4\sqrt{2}&&&\textrm{D}.&\displaystyle r_{1}<0\: \: \textrm{dan}\: \: r_{2}<0\\ \textrm{B}.&\displaystyle \left | r_{1} \right |>3\: \: \textrm{dan}\: \: \left | r_{2} \right |>3 &\displaystyle &&\textrm{E}.&\displaystyle -\left | r_{1}+r_{2} \right |<4\sqrt{2}\\ \textrm{C}.&\displaystyle \left | r_{1} \right |>2\: \: \textrm{dan}\: \: \left | r_{2} \right |>2 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{A}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui PK}:x^{2}+px+8=0\\ &\textrm{dengan}\left\{\begin{matrix} r_{1}\\  r_{2} \end{matrix}\right.\: \: \textrm{akar-akarnya, maka}\\ &\bullet \quad r_{1}+r_{2}=-p\\ &\bullet \quad r_{1}\times r_{2}=8\\ &\textrm{Asumsikan kedua akarnya real dan berbeda,}\\&\textrm{sehingga kita pilih nilai} \: \: \: D=b^{2}-4ac>0\\  &\Leftrightarrow (-p)^{2}-4.1.8>0\\ &\Leftrightarrow p^{2}-32>0\\ &\Leftrightarrow (\left | r_{1}+r_{2} \right |+\sqrt{32})(\left | r_{1}+r_{2} \right |-\sqrt{32})>0\\ &\Leftrightarrow \left | r_{1}+r_{2} \right |<-\sqrt{32}\: \: \textrm{atau}\: \: \color{red}\left | r_{1}+r_{2} \right |>\sqrt{32}\\&\qquad\overset{\begin{matrix} \Downarrow\\  \Downarrow \end{matrix}}{\textbf{tidak mungkin}} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 25.&\textrm{Jika titik}\: \: (1,y_{1})\: \: \textrm{dan}\: \: (-1,y_{2})\: \: \textrm{terletak pada}\\ &\textrm{grafik}\: \: y=ax^{2}+bx+c\: \: \textrm{dan}\: \: y_{1}-y_{2}=-6\\ &\textrm{maka nilai}\: \: b=....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\color{red}\displaystyle \displaystyle -3&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle \sqrt{ac}\\ \textrm{B}.&\displaystyle 0&&\textrm{C}.&\displaystyle 3&&\textrm{E}.&\displaystyle \displaystyle \frac{a+c}{2} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ &\textrm{Diketahui}\: \: y=ax^{2}+bx+c,\: \: \textrm{untuk}\\ &\bullet \quad (1,y_{1})\Rightarrow y_{1}=a+b+c\\ &\bullet \quad (-1,y_{1})\Rightarrow y_{2}=a-b+c\\ &\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_\_ -\\ &\qquad\qquad y_{1}-y_{2}= 2b=-6\Rightarrow b=\color{red}-3\end{array}$.

Contoh Soal 4 Fungsi Kuadrat (Kelas X/Fase E Semester Genap) Tahun 2024

$\begin{array}{ll}\\ 16.&\textrm{Batas nilai}\: \: m\: \: \textrm{yang memenuhi agar fungsi}\\ &\textrm{kuadrat}\: \: y=mx^{2}+(m+2)x+m\: \: \\ &\textrm{memotong sumbu-X di dua titik yang}\\ &\textrm{berbeda adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\color{red}\displaystyle -\displaystyle \frac{2}{3}<m<2&&&&&\\ \textrm{B}.&\displaystyle -2<m<\displaystyle \frac{2}{3}&&\\ \textrm{C}.&m<-2\: \: \textrm{atau}\: \: m>2\\ \textrm{D}.&m<-2\: \: \textrm{atau}\: \: m>\displaystyle \frac{2}{3}\\ \textrm{E}.&m<-\displaystyle \frac{2}{3}\: \: \textrm{atau}\: \: m>2 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{A}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa}\: \: y=mx^{2}+(m+2)x+m\\ &\textrm{dengan}\: \: a=m,\: b=m+2,\: \&\: \: c=m\\ &\textrm{memotong sumbu-X di dua titik berbeda}\\ &\textrm{hal ini artinya nilai Diskriminan }D>0\\ &D=b^{2}-4ac>0\\ &(m+2)^{2}-4m.m>0\\ &\Leftrightarrow m^{2}+4m+4-4m^{2}>0\\ &\Leftrightarrow -3m^{2}+4m+4>0\: \: \: (\textrm{dikali} -1)\\ &\Leftrightarrow 3x^{2}-4m-4<0\\ &\Leftrightarrow (m-2)(3m+2)\color{red}<0\\ &\Leftrightarrow \color{red}-\displaystyle \frac{2}{3}<m<2\\ &\textbf{Anda bisa menggunakan titik uji dulu}\\ &\textrm{untuk memastikannya wilayah yg dimaksud}\\ &\textrm{misalkan pilih}\: \: m=0\\ &\textrm{lalu kita ujikan, yaitu}:\\ &m=0\Rightarrow (0-2)(3.0+2)=-4\color{red}<0\: \: (\textbf{benar})\\\\ &\textrm{Jika kita diletakkan dalam garis bilangan}\\ &\textrm{akan tampak seperti berikut}\\\\ &\begin{aligned}&\underset{\begin{matrix} \color{red}\Downarrow\\  \color{red}\Downarrow \end{matrix} }{\textrm{Daerah Positif}}\\ &\begin{array}{cc|ccc|ccc}\\ &&&&&&\\ +\: +&+\: +&-\: -&-\: -&-\: -&+\: +&+\: +\\\hline &-\displaystyle \frac{2}{3}&&&&2&&\textbf{Sumbu}-m\\  \end{array}\\ &\begin{matrix} \textrm{dengan}\\ \textrm{titik}\: \: \: \: \: \: \\ \textrm{uji}\qquad\\ \color{red}m=0\quad \end{matrix}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah negatif}}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah positif}} \end{aligned} \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 17.&\textrm{Batas nilai}\: \: m\: \: \textrm{yang menyebabkan fungsi kuadrat}\\ & y=(m-1)x^{2}-2(m-1)x+(2m+1)\: \: \\ &\textrm{definit positif adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle m>-2&&&&&\\ \textrm{B}.&\color{red}\displaystyle m>1&&\\ \textrm{C}.&m<1\\ \textrm{D}.&-2<m<1\\ \textrm{E}.&m<-\displaystyle 2\: \: \textrm{atau}\: \: m>1 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{B}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK}:\\ &y=(m-1)x^{2}-2(m-1)x+(2m+1)\\ &\textrm{Syarat fungsi kuadrat definit positif}:\\ &\bullet\quad a>0\\ &\bullet \quad D=b^{2}-4ac<0\\ &\textrm{maka}\\ &a=m-1>0\Leftrightarrow m>1,\: \: \textrm{dan}\\ &D=(2(m-1))^{2}-4(m-1)(2m+1)<0\\ &\Leftrightarrow 4(m-1)^{2}-(m-1)(8m+4)<0\\ &\Leftrightarrow (m-1)(4m-4)-(m-1)(8m+4)<0\\ &\Leftrightarrow (m-1)(4m-4-8m-4)<0\\ &\Leftrightarrow (m-1)(-4m-8)<0\: ,\: \textbf{dibagi}\: \: -4\\ &\Leftrightarrow (m-1)(m+2)\color{red}>0 \end{aligned}\\\\ &\textrm{Jika kita diletakkan dalam garis bilangan}\\ &\textrm{akan tampak seperti berikut}\\\\ &\begin{aligned}&\underset{\begin{matrix} \color{red}\Downarrow\\  \color{red}\Downarrow \end{matrix} }{\textrm{Daerah Positif}}\\ &\begin{array}{cc|ccc|ccc}\\ &&&&&&\\ +\: +&+\: +&-\: -&-\: -&-\: -&+\: +&+\: +\\\hline &-\displaystyle 2&&&&1&&\textbf{Sumbu}-m\\  \end{array}\\ &\begin{matrix} \textrm{dengan}\\ \textrm{titik}\: \: \: \: \: \: \\ \textrm{uji}\qquad\\ \color{red}m=0\quad \end{matrix}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah negatif}}\qquad \overset{\begin{matrix} \color{red}\Uparrow\\ \color{red}\Uparrow \end{matrix}}{\textrm{Daerah positif}} \end{aligned}  \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 18.&\textrm{Luas}\: \: L\: \: \textrm{suatu segitiga}\: \: ABC\: \: \textrm{diketahui}\\ & x(7-x)\: \: \textrm{cm}^{2}.\: \textrm{Luas maksimum segitiga} \\ &\textrm{tersebut adalah}\: \: ...\: \: \textrm{cm}^{2}\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle 3\displaystyle \frac{1}{2}&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle 10\displaystyle \frac{1}{4}\\\\ \textrm{B}.&\displaystyle 5\displaystyle \frac{1}{2}&&\textrm{C}.&\displaystyle 7\displaystyle \frac{1}{4}&&\textrm{E}.&\color{red}\displaystyle 12\displaystyle \frac{1}{4} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{E}\\ &\textrm{Diketahui}\: \: \left [ ABC \right ]=x(7-x)=7x-x^{2}\\ &\textrm{dengan}\: \: a=-1,\: \: b=7,\: \textrm{dan}\: \: c=0\\ &\textrm{akan}\: \textbf{maksimum},\: \textrm{saat}\: \: \left (x_{ss},f(x_{ss})\right )\\ &\textrm{yaitu}:\\ &x_{ss}=-\displaystyle \frac{b}{2a}=-\frac{7}{2.(-1)}=\frac{7}{2},\: \: \textrm{maka}\\ &f\left ( \displaystyle \frac{7}{2} \right )=7\left ( \displaystyle \frac{7}{2} \right )-\left ( \displaystyle \frac{7}{2} \right )^{2}=\displaystyle \frac{49}{2}-\frac{49}{4}=\color{red}\displaystyle \frac{49}{4} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 19.&\textrm{Perhatikan gambar persegi ABCD dengan}\\ &\textrm{panjang sisinya  10 cm} \end{array}$.

$.\quad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika}\: \: BP=DQ=x\: \: \textrm{cm, maka luas }\\ &\textrm{maksimum segitiga}\: \: APQ\: \: \textrm{adalah}\: ...\: \: \textrm{cm}^{2}\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle 35&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle 75\\ \textrm{B}.&\color{red}\displaystyle 50&&\textrm{C}.&\displaystyle 60&&\textrm{E}.&80 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{B}\\ &\textrm{Diketahui bahwa}\\ &\begin{aligned}\left [ APQ \right ]&=L_{\square ABCD}-\left [ ADQ \right ]-\left [ QCP \right ]-\left [ APB \right ]\\ &=10^{2}-\displaystyle \frac{1}{2}x.10-\frac{1}{2}.(10-x)^{2}-\frac{1}{2}x.10\\ &=100-10x-\displaystyle \frac{1}{2}(10-x)^{2}\\ &=10(10-x)-\displaystyle \frac{1}{2}(10-x)^{2}\\ &=(10-x)\left ( 10-\displaystyle \frac{1}{2}(10-x) \right )\\ &=(10-x)\left ( 5+\displaystyle \frac{1}{2}x \right )\\ &=50-\displaystyle \frac{1}{2}x^{2} \end{aligned}\\ &x_{ss}=-\displaystyle \frac{b}{2a}=-\displaystyle \frac{0}{2.\displaystyle \frac{1}{2}}=0,\: \: \textrm{maka nilai}\\ &f(x_{ss})=f(0)=50-\displaystyle \frac{1}{2}.0^{2}=\color{red}50 \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 20.&\textrm{Fungsi}\: \: f(x)=a(b-c)x^{2}+b(c-a)x+c(a-b)\\ &\textrm{akan memotong sumbu-X di titik}\: \: (1,0)\: \: \textrm{dan}\\ &\textrm{memenuhi}\: \: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle \displaystyle \frac{b(c-a)}{a(b-c)}&&&&&\textrm{D}.&\color{red}\displaystyle \displaystyle \frac{c(a-b)}{a(b-c)}\\\\ \textrm{B}.&\displaystyle \displaystyle \frac{a(b-c)}{c(a-b)}&&\textrm{C}.&\displaystyle \displaystyle \frac{a(b-c)}{b(c-a)}&&\textrm{E}.&\displaystyle \displaystyle \frac{c(a-b)}{b(c-a)} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ &\textrm{Diketahui bahwa FK}:\\ &f(x)=a(b-c)x^{2}+b(c-a)x+c(a-b)\\ &\textrm{maka nilai}\\ &\bullet \quad x_{1}+x_{2}=-\displaystyle \frac{b(c-a)}{a(b-c)}=\displaystyle \frac{b(a-c)}{a(b-c)}\\ &\bullet \quad x_{1}\times x_{2}=\color{red}\displaystyle \frac{c(a-b)}{a(b-c)} \end{array}$

Contoh Soal 3 Fungsi Kuadrat (Kelas X/Fase E Semester Genap) Tahun 2024

 $\begin{array}{ll}\\ 11.&\textrm{Perhatikan gambar berikut} \end{array}$.

$.\quad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Persamaan grafik fungsi kuadrat pada}\\ &\textrm{pada gambar tersebut di atas dengan}\\ &\textrm{titik balik}\: \: \left ( -2,\displaystyle \frac{9}{2} \right )\: \: \textrm{dan melalui}\: (-1,4)\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle y=\displaystyle \frac{1}{2}\left (2+4x-x^{2}  \right )&&&&&\\ \textrm{B}.&\color{red}\displaystyle y=\displaystyle \frac{1}{2}\left (5-4x-x^{2}  \right )&&\\ \textrm{C}.&y=\displaystyle \frac{1}{2}\left (5-2x-x^{2}  \right )\\ \textrm{D}.&y=1-4x-x^{2}\\ \textrm{E}.&y=5+3x-x^{2} \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{B}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK}:f(x)=ax^{2}+bx+c,\: \: \textrm{dengan}\\ &\textrm{koordinat}\: \: \left ( x_{ss},y_{ss} \right )=\left ( -2,\displaystyle \frac{9}{2} \right )\: \: \textrm{dan melalui}\\ &\textrm{titik}\: \: (-1,4)\: ,\: (\color{red}-5\color{black},0)\: ,\: \textrm{serta}\: \: (\color{red}1\color{black},0),\: \textrm{maka}\\ &y=a(x-x_{ss})^{2}+y_{ss}=a(x-x_{1})(x-x_{2})\\ &\textrm{Pilih salah satunya, di sini saya pilih formula}\\ &\textrm{yang kedua, yaitu}:\color{red}y=a(x-x_{1})(x-x_{2})\\ &\Leftrightarrow 4=a(-1-(-5))(-1-1)\Leftrightarrow 4=a(4)(-2)\\ &\Leftrightarrow a=-\displaystyle \frac{1}{2}\\ &\textrm{Selanjutnya kembalikan ke formula semula}\\ &\textrm{yaitu}:\\ &y=a(x-x_{1})(x-x_{2})=-\displaystyle \frac{1}{2}(x-(-5))(x-1)\\ &\Leftrightarrow y=-\displaystyle \frac{1}{2}(x+5)(x-1)=\color{red}\displaystyle \frac{1}{2}(5-4x-x^{2}) \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 12.&\textrm{Gambar berikut adalah fungsi parabola}\\ &\textrm{dengan persamaan}\: \: y=ax^{2}-4x+k \end{array}$.

$.\quad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika nilai minimum}\: \: y\: \: \textrm{adalah}\: \: -8\: \: \textrm{maka}\\ &\textrm{nilai}\: \: k\: \: \textrm{adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle -5&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle 2\\ \textrm{B}.&\displaystyle -4&&\textrm{C}.&\color{red}\displaystyle -2&&\textrm{E}.&5 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{C}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK}:f(x)=ax^{2}-4x+k,\: \: \textrm{dengan}\\ &\textrm{koordinat}\: \: \left ( x_{ss},y_{ss} \right )=\left ( 3,-8 \right )\: \: \textrm{maka}\\ &y=a(x-x_{ss})^{2}+y_{ss}\\ &-2=a(0-3)^{2}+(-8)\Leftrightarrow -2+8=9.a\\&6=9a\Leftrightarrow a=\displaystyle \frac{6}{9}=\frac{2}{3}\\ &\textrm{Kembali ke persamaan awal, yaitu}:\\ &y=\displaystyle \frac{2}{3}(x-3)^{2}-8=\frac{2}{3}(x^{2}-6x+9)-8\\ &\Leftrightarrow y=\displaystyle \frac{2}{3}x^{2}-4x+6-8=\color{red}\displaystyle \frac{2}{3}x^{2}-4x-2\\ &\textrm{Jadi, nilai}\: \: \: k=\color{red}-2 \end{aligned} \end{array}$.

 $\begin{array}{ll}\\ 13.&\textrm{Perhatikan gambar berikut} \end{array}$.

$.\quad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Persamaan grafik fungsi kuadrat pada}\\ &\textrm{gambar di atas adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle y=-(x-3)^{2}-1&&&&&\\ \textrm{B}.&\displaystyle y=-(x-3)^{2}+1&&\\ \textrm{C}.&y=-\displaystyle \frac{1}{3}\left (x-3 \right )^{2}+1\\ \textrm{D}.&\color{red}y=-\displaystyle \frac{1}{3}\left (x-3 \right )^{2}-1\\ \textrm{E}.&y=-\displaystyle \frac{1}{3}\left (x+3 \right )^{2}-1 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK dengan koordinat}\\ &\left ( x_{ss},y_{ss} \right )=\left ( 3,-1 \right )\: \: \textrm{dan melalui titik}\: \: (0,-4)\\ &\textrm{maka}\: \: y=a(x-x_{ss})^{2}+y_{ss}\\ &-4=a(0-3)^{2}+(-1)\Leftrightarrow -4+1=9.a\\&-3=9a\Leftrightarrow a=-\displaystyle \frac{1}{3}\\ &\textrm{Kembali ke persamaan awal, yaitu}:\\ &y=\color{red}-\displaystyle \frac{1}{3}(x-3)^{2}-1 \end{aligned} \end{array}$.

 $\begin{array}{ll}\\ 14.&\textrm{Perhatikan gambar berikut} \end{array}$.

$.\quad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika grafik fungsi kuadrat di atas adalah}\\ &y=ax^{2}+bx+c,\: \textrm{maka hasil kali dari}\\ &a.b.c\: \: \textrm{ adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle -20&&&&&\textrm{D}.&\displaystyle 3\\ \textrm{B}.&\displaystyle -6&&\textrm{C}.&\color{red}\displaystyle -3&&\textrm{E}.&20 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{C}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui FK}:ax^{2}+bx+c\\ &\left ( x_{ss},y_{ss} \right )=\left ( -2,-4 \right )\: \: \textrm{dan melalui titik}\: \: (0,-6)\\ &\textrm{maka}\: \: y=a(x-x_{ss})^{2}+y_{ss}\\ &-6=a(0-(-4))^{2}+(-2)\Leftrightarrow -6+2=16.a\\&-4=16a\Leftrightarrow a=-\displaystyle \frac{1}{4}\\ &\textrm{Kembali ke persamaan awal, yaitu}:\\ &y=\color{red}-\displaystyle \frac{1}{4}(x+4)^{2}-2\\ &=-\displaystyle \frac{1}{4}x^{2}-2x-6\left\{\begin{matrix} a=-\displaystyle \frac{1}{4}\\  b=-2\\  c=-6 \end{matrix}\right.\\ &\textrm{Sehingga nilai}\: \: abc=\left ( -\displaystyle \frac{1}{4} \right ).(-2).(-6)=\color{red}-3 \end{aligned}  \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 15.&\textrm{Grafik fungsi kuadrat}\: \: y=f(x)=x^{2}\\ &\textrm{digeser 1 satuan ke kanan dan dilanjutkan}\\ &\textrm{1 satuan ke atas. Persamaan parabola }\\ &\textrm{yang baru adalah}\: ....\\ &\begin{array}{lllllllll}\textrm{A}.&\displaystyle y+1=(x+1)^{2}&&&&&\\ \textrm{B}.&\displaystyle y+1=x^{2}+1&&\\ \textrm{C}.&y-1=x^{2}-1\\ \textrm{D}.&\color{red}y-1=(x-1)^{2}\\ \textrm{E}.&y=(x+1)^{2}+1 \end{array}\\\\ &\textbf{Jawab}:\textbf{D}\\ &\textrm{Sebagai pedoman bantuan, suatu fungsi}\\ &\textrm{di geser ke kanan berarti}:x-1\: \: \textrm{dan}\\ &\textrm{digeser ke atas berarti}:y-1\\ &\textbf{Catatan}:\\ &\textrm{Andai digeser ke kiri 1 kemudian ke bawah 1,}\\ &\textrm{maka garfik akan menjadi}:y+1=(x+1)^{2}\\&\textrm{Berikut ilustrasi grafiknya}  \end{array}$.