KUMPULAN MATERI MATEMATIKA PEMINATAN untuk MA Kurtilas Revisi 2018

 A. Kelas X (Sepuluh)

A. 1 Fungsi Eksponensial dan Fungsi Logaritma

A. 2 Vektor

B. Kelas XI (Sebelas)

B. 1 Persamaan Trigonometri

B. 2 Rumus Jumlah dan Selisih

B. 3 Persamaan Lingkaran

B. 4 Polinom


C. Kelas XII (Duabelas)

C. 1 Limit Fungsi Trigonometri

C.2 Turunan Fungsi Trigonometri

C.3 Distribusi peluang binomial

C.4 Distribusi normal


KUMPULAN MATERI MATEMATIKA WAJIB untuk MA Kurtilas Revisi 2018

 A. Kelas X (Sepuluh)

A. 1 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel

A. 2 Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel

A. 3 Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

A. 4 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear-Linear

A. 5 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear dan Kuadrat

A. 6 Fungsi

A. 7 Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

A. 8 Rasio Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku

A. 9 Rasio Trigonometri Sudut-Sudut diberbagai Kuadran

A. 10 Aturan Sinus dan Cosinus


B. Kelas XI (Sebelas)

B. 1 Program Linear

B. 2 Matriks

B. 3 Determinan dan Invers Matriks Ordo 2x2

B. 4 Transformasi Geometri

B. 5 Pola Bilangan dan Jumlah pada Barisan Aritmetika dan Geometri

B. 6 Limit Fungsi Aljabar

B. 7 Turunan Fungsi Aljabar

B. 8 Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Tambahan/Pengayaan

Integral Tentu Fungsi Aljabar


C. Kelas XII (Dua Belas)

C. 1 Jarak dalm Ruang

Statistika

C. 3 Aturan Pencacahan

C. 4 Peluang Kejadian Majmuk


Vektor di Ruang

 $\color{blue}\textrm{A. Vektor Di Ruang}$

Perhatikanlah ilustrasi gambar berikut

$\begin{array}{|c|c|}\hline \textrm{Nama}&\textbf{R}^{3}\\\hline \textrm{Vektor Satuan}&\textrm{Ruang (Bidang XYZ)}\\\hline \hat{e}_{\bar{a}}=\displaystyle \frac{\bar{a}}{\left | \bar{a} \right |}&\begin{cases} i= &\textrm{vektor satuan} \\ &\textrm{yang searah sumbu X}\\ j= &\textrm{Vektor satuan}\\ &\textrm{yang searah sumbu Y}\\ k=&\textrm{Vektor satuan}\\ &\textrm{searah sumbu Z} \end{cases} \\\hline \textrm{Vektor nol}&\overrightarrow{O}=\begin{pmatrix} 0\\ 0\\ 0 \end{pmatrix}\\\hline \textrm{Vektor posisi}&\overrightarrow{OP}=\vec{p}=\begin{pmatrix} p_{1}\\ p_{2}\\ p_{3} \end{pmatrix}=p_{1}\bar{i}+p_{2}\bar{j}+p_{3}\bar{j}\\\hline \textrm{Besar Vektor}&\overrightarrow{OP}=\sqrt{p_{1}^{2}+p_{2}^{2}+p_{3}^{2}}\\\hline \end{array}$

$\color{blue}\textrm{B. Operasi Vektor}$

$\color{blue}\textrm{1. Sifat-Sifat Aljabar Vektor}$

$\begin{array}{|l|l|l|}\hline 1.&\textrm{Komutatif penjumlahan}&\vec{a}+\vec{b}=\vec{b}+\vec{a}\\\hline 2.&\textrm{Asosiatif penjumlahan}&\left ( \vec{a}+\vec{b} \right )+\vec{c}=\vec{a}+\left ( \vec{b}+\vec{c} \right )\\\hline 3.&\textrm{Elemen Identitas}&\vec{a}+\vec{0}=\vec{0}+\vec{a}=\vec{a}\\\hline 4.&\textrm{Invers Penjumlahan}&\vec{a}+\left ( -\vec{a} \right )=\left ( -\vec{a} \right )+\vec{a}=\vec{0}\\\hline 5.&\textrm{Perkalian dengan skalar}&k\left ( l\vec{a} \right )=\left ( kl \right )\vec{a}\\ &&k\left ( \vec{a}+ \vec{b} \right )=k\vec{a}+k\vec{b}\\ &&k\left ( \vec{a}- \vec{b} \right )=k\vec{a}-k\vec{b}\\\hline 6.&\begin{aligned}&\textrm{Jika A, B, dan C segaris }\\ &\color{blue}\textrm{(Kolinear)} \end{aligned}&\begin{cases} \overrightarrow{AB}=k\overrightarrow{BC} \\ \overrightarrow{AC}=k\overrightarrow{AB} \\ dll \end{cases}\\\hline \end{array}$.
$\begin{array}{|c|c|}\hline \color{blue}\textrm{Vektor}&\color{blue}\textrm{Contoh}\\\hline \vec{z}=a\vec{i}+b\vec{j}+c\vec{k}&\begin{aligned}&\textrm{diketahui}\: \: \vec{p}=\vec{i}-2\vec{j}+2\vec{k}\\ &\textrm{maka pangjang vektor}\: \: \vec{p}\: \: \textrm{adalah}\\ &\left | \vec{p} \right |=\sqrt{1^{2}+(-2)^{2}+2^{2}}\\ &\quad\: \: =\sqrt{1+4+4}=\sqrt{9}=3 \end{aligned}\\\hline &\begin{aligned}&\textrm{Vektor satuan dari}\: \: \vec{p}\: \: \textrm{adalah}\\ &\vec{e}_{\vec{p}}=\frac{\vec{p}}{\left | \vec{p} \right |}=\displaystyle \frac{\begin{pmatrix} 1\\ -2\\ 2 \end{pmatrix}}{3}\\ &=\displaystyle \frac{1}{3}\begin{pmatrix} 1\\ -2\\ 2 \end{pmatrix}=\displaystyle \begin{pmatrix} \frac{1}{3}\\ -\frac{2}{3}\\ \frac{2}{3} \end{pmatrix} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix},\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix},\\ & \textrm{tentukanlah hasil dari}\\ &\textrm{a}.\quad \overrightarrow{a}+\overrightarrow{b}\\ &\textrm{b}.\quad 6\overrightarrow{a}+2\overrightarrow{b}\\ &\textrm{c}.\quad 2\overrightarrow{a}-\overrightarrow{b}+\overrightarrow{c}\\ &\textrm{d}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\overrightarrow{c}-\overrightarrow{a}+\displaystyle \frac{3}{4}\overrightarrow{b}\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\textrm{a}\quad&\overrightarrow{a}+\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 2+(-3)\\ 1+(-5)\\ (-4)+2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 2-3\\ 1-5\\ -4+2 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} -1\\ -4\\ -2 \end{pmatrix}\\ \textrm{b}.\quad&6\overrightarrow{a}+2\overrightarrow{b}=6\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}+2\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 18-6\\ 6-10\\ -24+4 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} 12\\ -4\\ -20 \end{pmatrix}\\ \textrm{c}.\quad&2\overrightarrow{a}-\overrightarrow{b}+\overrightarrow{c}\\ &2\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}-\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 4+3+7\\ 2+5+0\\ -8-2+4 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} 17\\ 7\\ -6 \end{pmatrix}\\ \textrm{d}.\quad&\displaystyle \frac{1}{2}\overrightarrow{c}-\overrightarrow{a}+\displaystyle \frac{3}{4}\overrightarrow{b}=\cdots \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\textrm{tentukanlah}\: \: \left | \overrightarrow{a} \right |\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\left | \overrightarrow{a} \right |&=\sqrt{2^{2}+1^{2}+(-4)^{2}}\\ &=\sqrt{4+1+16}\\ &=\color{red}\sqrt{21} \end{aligned} \end{array}$

$\color{blue}\textrm{2. Perkalian Skalar Dua Vektor}$

Konsep perkalian skalar dua buah vektor di ruang sama persis dengan konsep di bidang, yaitu:
$\color{red}\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}=\left | \overrightarrow{a} \right |\left | \overrightarrow{b} \right |\cos \theta$.
Misalkan diketahui
$\color{red}\begin{aligned}&\overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} a_{1}\\ a_{2}\\ a_{3} \end{pmatrix}, \overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} b_{1}\\ b_{2}\\ b_{3} \end{pmatrix},\: \: \color{black}\textrm{maka}\\ & \overrightarrow{a} \cdot \overrightarrow{b} =\color{black}\begin{pmatrix} a_{1}\\ a_{2}\\ a_{3} \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} b_{1}\\ b_{2}\\ b_{3} \end{pmatrix}\\ &\qquad\quad =\color{black}a_{1}b_{1}+a_{2}b_{2}+a_{3}b_{3} \end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix},\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix},\\ & \textrm{tentukanlah hasil dari}\\ &\textrm{a}.\quad \overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}\\ &\textrm{b}.\quad \overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{c}\\ &\textrm{c}.\quad \overrightarrow{b}\cdot \overrightarrow{c}\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\textrm{a}\quad&\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=(2)(-3)+(1)(-5)+(-4)(2)\\ &=-6-5-8=\color{red}-19\\ \textrm{b}\quad&\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=(2)(7)+(1)(0)+(-4)(4)\\ &=14+0-16=\color{red}-2\\ \textrm{c}\quad&\overrightarrow{b}\cdot \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=(-3)(7)+(-5)(0)+(2)(4)\\ &=-21+0+8=\color{red}-13 \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah nilai}\: \: t\: \: \textrm{jika}\\ & \overrightarrow{p}=3\bar{i}+t\bar{j}+\bar{k}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=13\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=13\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{p} \right |\cos 0^{\circ}=13,\\ &\qquad\qquad \color{blue}\textrm{ingat bahwa}\: \: \angle \left ( \overrightarrow{p},\overrightarrow{p} \right )=0^{\circ}\\ &\qquad\qquad \color{blue}\textrm{dan nilai}\: \: \cos 0^{\circ}=1,\\ & \color{black}\textrm{maka}\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=\left | \overrightarrow{p} \right |^{2}.1=13\Leftrightarrow \left | \overrightarrow{p} \right |^{2}=13\\ &\Leftrightarrow \left (\sqrt{3^{2}+t^{2}+1^{2}} \right )^{2}=13\\ &\Leftrightarrow 3^{2}+t^{2}+1^{2}=13\\ &\Leftrightarrow 9+t^{2}+1=13\\ &\Leftrightarrow t^{2}=13-9-1=10\\ &\Leftrightarrow t^{2}=3\\ &\Leftrightarrow t=\color{red}\pm \sqrt{3} \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Diketahui}\: \: \overrightarrow{p}=\begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}=\begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}\\ &\textrm{Jika}\: \: \overrightarrow{p}\: \: \textrm{tegak lurus}\: \: \overrightarrow{q}\: \: \textrm{maka}\\ &\textrm{tentukanlah nilai}\: \: t\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa}\\ &\overrightarrow{p}=\begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}=\begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}\\ &\textrm{dengan}\: \: \overrightarrow{p}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}\: \: \textrm{tegak lurus}\\ &\textrm{artinya}\: \: \color{blue}\angle \left ( \overrightarrow{p},\overrightarrow{q} \right )=90^{\circ}.\: \color{black}\textrm{Sehingga}\\ &\textrm{nilai}\: \: \color{blue}\cos 90^{\circ}=0\\ &\textrm{maka}\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{q}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{q} \right |\cos \theta \\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{q}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{q} \right |\cdot 0=0\\ &\Leftrightarrow \: \begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}=0\\ &\Leftrightarrow \: (-2)(4)+(1)(-1)+(3)(t)=0\\ &\Leftrightarrow \: -8-1+3t=0\\ &\Leftrightarrow \: 3t=9\\ &\Leftrightarrow \: t=\color{red}3 \end{aligned} \end{array}$.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Persektif Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Solo: PT TIGA SERANGKAI MANDIRI.


Polinom

 $\color{blue}\textrm{A. Pendahuluan}$

Polinom disebut juga suku banyak. Polinom atau suku banyak adalah suatu bentuk variabel yang berpangkat/berderajat.

Secara definisi suku banyak (polinomial) dalam  $x$  berderajat $n$ adalah:

Suatu bentuk

$\displaystyle a_{n}x^{n}+a_{n-1}x^{n-1}+a_{n-2}x^{n-2}+...+a_{2}x^{2}+a_{1}x^{1}+a_{0}$

dengan  $n$  bilangan cacah serta  $a_{0},\: a_{1},\: a_{2},\: ...,\: a_{n}$  koefisien dari suku  $x$  dan  $a_{n}\neq 0$  dengan  $a_{0}$  sebagai suku tetap (konstan)nya.

Selanjutnya perhatikanlah tabel berikut!

$\color{red}\begin{array}{|l|l|}\hline \begin{aligned}a_{n}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n}\\ a_{n-1}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n-1}\\ a_{n-2}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n-2}\\ \vdots &\\ a_{2}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{2}\\ a_{1}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{1}\\ a_{0}&\: \: \textrm{adalah konstanta} \\ &(\textrm{suku tetap}) \end{aligned}&\begin{aligned}a_{n}\: &\: \neq 0\\ n:&\: \: \textrm{bilangan cacah},\\ :&\: \: \textrm{adalah derajat (pangkat)} \\ &\: \: \textrm{tertinggi dalam suku} \\ &\: \: \textrm{banyak tersebut}&\\ &\\ &\\ &\end{aligned}\\\hline \end{array}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 1}$

$\begin{aligned}1.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}2x^{3}-6x^{2}+2020\: \: \color{black}\textrm{dapat dinyatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}2x^{3}-6x^{2}+0x^{1}+2020x^{0}\\ &\textrm{Polinom tersebut memiliki suku tetap}\: \: 2020\\ 2.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}5x^{4}-8x^{3}+6x-2021 \: \: \color{black}\textrm{dapat dinyatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}5x^{4}-8x^{3}+0x^{2}+6x^{1}-2021x^{0}\\ &\textrm{Polinom tersebut memiliki suku tetap}\: \: -2021\\ 3.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}x^{4}-2x^{3}+3x^{2}-2\sqrt{x}+1 \: \: \color{black}\textrm{tidak dapat}\\ &\textrm{dinamakan polinom, sebab ada variabel dari}\: \: \: \color{blue}x\\ &\textrm{yang berderajat bukan bilangan cacah}\\ 4.\quad&\textrm{Sedangkan polinom}\: \: \color{red}5-x+(2-x)(1+x+x^{2})\\ &\textrm{adalah bentuk polinom, karena dapat dinayatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}-x^{3}+x^{2}+7 \end{aligned}$

$\color{blue}\textrm{B. Nilai Polinom}$

Polinom atau suku banyak yang berderajat $\color{red}n$ yang selanjutnya dinyatakan dengan 

$f(x)=\displaystyle a_{n}x^{n}+a_{n-1}x^{n-1}+a_{n-2}x^{n-2}+...+a_{1}x^{1}+a_{0}$

Berkaitan dengan kebutuhan penentuan nilai ini, dapat ditentukan dengan dua cara:

$\textbf{a. Substitusi}$

$\begin{aligned}&\textrm{Nilai suku banyak}\: \: \color{red}f(x)\: \: \textrm{berderajat}\\ &n\: \: \textrm{saat}\: \: \color{red}x = k\: \: \color{black}\textrm{adalah}\: \: \color{blue}f(k).\\ &\textrm{Jika}\: \: f(k)=0\: \: \textrm{maka}\: \: x = k\: \: \textrm{akar dari}\: \: f(x),\\ &\textrm{dan}\: \: (x-k)\: \: \textrm{faktor dari}\: \: f(x)\\ &\end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 2}$

Jika suatu polinom dinyatakan dengan  $f(x)$, maka nilai polinom itu untuk  $x=3$  adalah  $f(3)$.

Misalkan diketahui  

$\begin{aligned}1.\quad f(x)&=x^{3}-1\\ \textrm{mak}&\textrm{a}\\ f(1)&=1^{3}-1=1-1=0\\ f(3)&=3^{3}-1=27-1=26\\ f(-4)&=(-4)^{2}-1=-64-1=-65 \end{aligned}$

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Diketahui}\: \: h(x)=2x^{3}+5x^{2}-12x-6\\ &\textrm{Tentukanlah nilai untuk}\: \: h(-2),\: h(-1),\\ &h(0),\: h(1),\: \: \textrm{dan}\: \: h(2)\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{array}{|c|c|l|}\hline \color{red}x=k&\color{red}h(k)&\qquad\qquad\qquad\qquad\color{red}\textrm{Nilai}\\\hline x=-2&h(-2)&\begin{aligned}h(-2)&=2(-2)^{3}+5(-2)^{2}-12(-2)-6\\ &=-16+20+24-6\\ &=22 \end{aligned}\\\hline x=-1&h(-1)&\begin{aligned}h(-1)&=2(-1)^{3}+5(-1)^{2}-12(-1)-6\\ &=-2+5+12-6\\ &=9 \end{aligned}\\\hline x=0&h(0)&\begin{aligned}h(0)&=2(0)^{3}+5(0)^{2}-12(0)-6\\ &=-6 \end{aligned}\\\hline x=1&h(1)&\begin{aligned}h(1)&=2(1)^{3}+5(1)^{2}-12(1)-6\\ &=2+5-12-6\\ &=-11 \end{aligned}\\\hline x=2&h(2)&\begin{aligned}h(2)&=2(2)^{3}+5(2)^{2}-12(2)-6\\ &=16+20-24-6\\ &=6 \end{aligned}\\\hline \end{array} \end{array}$

$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Diketahui}\: \: p(x)=x-2019\\ &\textrm{dan}\: \: q(x)=x^{2019}+1.\: \textrm{Tentukanlah}\\ &\textrm{nilai untuk}\: \: p\left ( q(2) \right )\: \: \textrm{dan}\: \: q\left ( p(2) \right )\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\textrm{Yang dibahas yang bagian}\: \: p\left ( q(2) \right )\\ &q(2)=2^{2019}+1,\: \textrm{maka nilai}\\ &\begin{aligned}p\left ( q(2) \right )&=\left ( 2^{2019}+1 \right )-2019\\ &=2^{2019}-2018 \end{aligned}\\\\ &\textrm{Untuk yang}\: \: q\left ( p(2) \right )\: \: \textrm{adalah}\\ &p(2)=\cdots , \: \textrm{maka nilai}\\ &\begin{aligned}q\left ( p(2) \right )&=\because \cdots ^{2019}+1\\ &=\cdots \end{aligned} \end{array}$

$\textbf{b. Horner/Sintetik}$

Nilai suatu polinom dapat ditentukan dengan pembagian sintesis Horner

Misalkan:

$\begin{aligned}f(x)&=\color{blue}ax^{3}+bx^{2}+cx+d\: \: \color{black}\textrm{saat akan dibagi}\\ &\color{red}x=h,\: \: \color{black}\textrm{maka pembagian Horner itu}:\\ & \end{aligned}$


Perhatikan bahwa proses ke bawah adalah berup proses penjumlahan.

Proses di atas akan sama saat kita mensubstitusikan  $\color{red}x=h$  ke dalam  $\color{red}f(x)$, yaitu:
$\begin{aligned}f(x)&=\color{blue}ax^{3}+bx^{2}+cx+d\: \: \textrm{saat}\\ &\color{red}x=h,\: \: \color{black}\textrm{maka}\\ f(\color{red}h\color{black})&=a\color{red}h^{3}\color{black}+b\color{red}h^{2}\color{black}+c\color{red}h\color{black}+d\\ &\\ &\textbf{Cukup JELAS bukan}? \end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 3}$

$\begin{array}{l}\\ \textrm{Tentukanlah nilai dari}\: \: f(4)\: \: \textrm{jika}\\ \textrm{diketahui}\: \: f(x)=x^{3}-x-5\\ \textrm{Jawab}:\\ \begin{aligned}(1).\quad&\textrm{Cara substitusi langsung}\\ &f(x)=x^{3}-x-5\\ &f(4)=\color{red}4^{3}-4-5\\ &\qquad=\color{red}64-9=\color{blue}55\\ (2).\quad&\textrm{Cara Horner}\\ &\textrm{Karena}\: \: f(x)=x^{3}-x-5\\ &\textrm{dan koefisiennya yang akan}\\ &\textrm{adalah}:\\ & a_{3}=1,\: a_{2}=0,\: a_{1}=-1,\: \&\: a_{0}=-5\\ &\textbf{maka bagan pembagian Hornernya}\\ &\begin{array}{ll|llllllllll}\\ &\color{red}x=4&1&\color{blue}0&\color{magenta}-1&-5&\\ &&&&&&\\ &&&\color{blue}4&\color{magenta}16&60&+\\\hline &&1&\color{blue}4&\color{magenta}15&55 \end{array} \end{aligned} \end{array}$


Lanjutan Contoh Soal 6 Distribusi Normal

$\begin{array}{ll}\\ 26.&\textrm{Untuk menguji hipotesis}\\ &\begin{cases} H_{0} &: \mu =16 \\  H_{1} &: \mu >16  \end{cases}\\ &\textrm{Jika dalam penelitian terhadap sampel}\: n=20\\ &\textrm{diperoleh}\: \: \overline{\textrm{x}}=16,9\: \: \textrm{dengan simpangan baku}\\ &\sqrt{2,3},\: \textrm{maka perhitungan nilai statistik ujinya}\\ &\textrm{adalah}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad z=-2,65\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}t=-2,65\\ &\textrm{c}.\quad z=2,65\\ &\textrm{d}.\quad t=2,65\\ &\textrm{e}.\quad z=2,95\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis (penelitian sampel)}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =16\\ &\textrm{H}_{0}:\mu >16\\ &\textrm{dengan},\: n=20,\: \overline{\textrm{x}}=16,9,\: s =\sqrt{2,3}=1,52,\\ &\textrm{maka}\\ &\: \textrm{t}\: \: =\left (\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu  }{s}  \right )\sqrt{n}=\displaystyle \frac{16,9-16}{1,52}\sqrt{20}\\&\quad =\left (\displaystyle \frac{0,9}{1,52}  \right )\times 4,472=\color{red}2,65 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 27.&\textrm{Pada soal no.26 di atas, jika taraf nyata}\\ &0,01,\: \textrm{maka kesimpulannya adalah}\: ...\\  &\textrm{a}.\quad \color{red}H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{b}.\quad H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{c}.\quad H_{1}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{d}.\quad H_{1}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{tidak dapat ditarik kesimpulan}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\textrm{Kasus uji satu pihak}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =16\\ &\textrm{H}_{0}:\mu >16\\ &\textrm{dengan}\: \alpha =0,01=1\%\Rightarrow t_{0,99}=2,54\\ &\textrm{Kriteria pengambilan keputusan}:\\ &\textrm{Tolak}\: \: H_{0}\: \: \textrm{jika}\: \: t\geq  \color{red}2,54 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 28.&\textrm{Seorang petugas}\: \: customer\: service\: \: \textrm{menyatakan}\\ &\textrm{bahwa di dealer A dapat mensevis rata-rata }\\ &\textrm{sebanyak}\: \: 75\: \: \textrm{unit sepeda motor perhari}.\: \textrm{Untuk}\\ & \textrm{mengecek kebenaran pernyataan di atas diambil}\\ &\textrm{sampel beberapa hari secara random sebanyak }\\ &\textrm{20 hari. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata}\\ &\textrm{78 unit dengan simpangan bakunya 5. Hasil}\\ &\textrm{perhitungan}\: \: \textrm{z}_{0}-\: \textrm{nya adalah}\:  ....\\ &\textrm{a}.\quad 2,35\\ &\textrm{b}.\quad 2,43\\ &\textrm{c}.\quad 2,55\\ &\textrm{d}.\quad \color{red}2,68\\ &\textrm{e}.\quad 2,75\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui data dianggap berdistribusi}\\ &\textrm{normal baku}\: N(0,1)\: \: \textrm{dengan}\\ &\textrm{Rata-rata sampel}=\overline{\textrm{x}}=\color{blue}78\: \: \color{black}\textrm{unit sepeda motor}\\ &\textrm{Rata-rata populasinya yang diuji}=\mu _{0}=75\\ &\textrm{Simpangan bakunya}=\sigma =\color{blue}5\: \: \color{black}\textrm{unit}\\ &\textrm{dengan banyak data sampel}=n=\: \color{blue}20\: \: \color{black}\textrm{hari}\\ &\textrm{Penghitungan nilainya}\: \: z-\textrm{nya}\\ &=\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu _{0}}{\displaystyle \frac{\sigma }{\sqrt{n}}}\\ &=\displaystyle \frac{78-75}{\displaystyle \frac{5}{\sqrt{20}}}=\displaystyle \frac{3}{\displaystyle \frac{5}{2\sqrt{5}}}\\ &=\displaystyle \frac{6}{\sqrt{5}}=\frac{6}{2,236}=\color{red}2,683 \end{aligned}  \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 29.&\textrm{Tersiar kabar bahwa harga beras di pasar di}\\ &\textrm{wilayah B adalah}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg dengan}\\ &\textrm{simpangan baku}\: \: \textrm{Rp}1.500,00.\: \textrm{Berdasar kabar}\\ & \textrm{tersebut dilakukan penelitian dengan mengambil}\\ &\textrm{sampel secara acak sebanyak}\: \: 60\: \: \textrm{kios yang dan}\\ &\textrm{diperoleh rata-rata harga beras}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{Jika penghitungan menggunakan tingkat}\\ &\textrm{signifikansi}\: \: 5\%,\: \textrm{maka kesimpulan berikut }\\ &\textrm{yang tepat adalah}\:  ....\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{harga beras di pasar lebih dari}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{harga beras di pasar lebih dari}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{harga beras di pasar kurang dari}\: \: \textrm{Rp}0.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{harga beras di pasar}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{e}.\quad \color{red}\textrm{harga beras di pasar}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{e}\\&\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{Rata-rata harga beras dipasar}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =8.000\\ &\textrm{H}_{0}:\mu \neq 8.000\\ &\underline{\textrm{Daerah Kritis}}\\ &\textrm{Taraf nyata yang dipilih adalah}=\alpha =0,05=5\%\\ &\displaystyle \frac{\alpha }{2}=2,5\%=0,025\\ &\textrm{z}_{0,025}=1,96\\ &\textrm{maka daerah kritis/penolakannya adalah}\\ &\textrm{z}<-1,96\: \: \textrm{atau}\: \: \textrm{z}>1,96 \end{aligned}  \end{array}$.

$.\: \qquad\begin{aligned}&\underline{\textrm{Nilai Satistik Uji}}\\ &\textrm{Dihitung dengan rumus}:\: \textrm{z}=\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu _{0}}{\displaystyle \frac{\sigma }{\sqrt{n}}}\\ &\textrm{z}=\displaystyle \frac{7.800-8.000}{\displaystyle \frac{1.500}{\sqrt{60}}}=-\displaystyle \frac{200\sqrt{60}}{1.500}=-1,03\\ &\underline{\textrm{Keputusan Uji}}\\ &\textrm{Karena nilai}\: \: -1,96<\textrm{z}<1,96,\\ &\textrm{maka}\: \: \textrm{H}_{0}\: \: \color{red}\textrm{diterima}\\ &\underline{\textrm{Kesimpulan}}\\ &\textrm{Rata-rata harga beras dipasar}\: \: \color{red}\textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg} \end{aligned}$ .


Lanjutan Contoh Soal 5 Distribusi Normal

$\begin{array}{ll}\\ 21.&\textrm{Pada suatu kelas seorang guru matematika}\\ &\textrm{menyatakan bahwa nilai ulangan mapel }\\ & \textrm{yang diampunya tidak kurang dari}\: \:68\\ &\textrm{Untuk menentukan uji tersebut, maka guru}\\ &\textrm{yang bersangkutan memilih 10 anak secara}\\ &\textrm{acak untuk ditanyai nilai hasil ulangannya}\\ &\textrm{Hipotesis}\: \: \textrm{H}_{0}\: \: \textrm{dan}\: \: \textrm{H}_{1}\: \: \textrm{yang tepat dari kondisi}\\ &\textrm{kondisi di atas adalah}\:  ....\\ &\textrm{a}.\quad \begin{matrix} \textrm{H}_{0}:\mu =68\\  \textrm{H}_{1}:\mu \neq 68 \end{matrix}\\ &\textrm{b}.\quad \begin{matrix} \textrm{H}_{0}:\mu =68\\  \textrm{H}_{1}:\mu > 68 \end{matrix}\\ &\textrm{c}.\quad \color{red}\begin{matrix} \textrm{H}_{0}:\mu \geq 68\\  \textrm{H}_{1}:\mu < 68 \end{matrix}\\ &\textrm{d}.\quad \begin{matrix} \textrm{H}_{0}:\mu \leq 68\\  \textrm{H}_{1}:\mu >q 68 \end{matrix}\\ &\textrm{e}.\quad \begin{matrix} \textrm{H}_{0}:\mu >68\\  \textrm{H}_{1}:\mu \neq 68 \end{matrix}\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{c}\\ &\textrm{Cukup jelas}\\ &\textrm{Dan ini contoh uji satu pihak, yaitu kiri}  \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 22.&\textrm{Untuk menguji hipotesis}\\ &\begin{cases} H_{0} &: \mu =800 \\  H_{1} &: \mu \neq 800  \end{cases}\\ &\textrm{Jika dalam penelitian didapatkan}\: \overline{\textrm{x}}=795\\ &\textrm{dan}\: \: n=100\: \: \textrm{serta simpangan baku}\\ &\textrm{populasi}\: \: 55,\: \textrm{maka perhitungan nilai}\\ &\textrm{statistik ujinya adalah}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad z=-1,10\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}z=-0,91\\ &\textrm{c}.\quad t=-0,91\\ &\textrm{d}.\quad t=0,91\\ &\textrm{e}.\quad z=0,91\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =800\\ &\textrm{H}_{0}:\mu \neq 800\\ &\textrm{dengan},\: n=100,\: \overline{\textrm{x}}=795,\: \sigma =55,\: \textrm{maka}\\ &\: \textrm{z}\: \: =\left (\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu  }{\sigma }  \right )\sqrt{n}=\displaystyle \frac{795-800}{55}\sqrt{100}\\&\quad =\left (\displaystyle \frac{-5}{55}  \right )\times 10=\color{red}-0,91 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 23.&\textrm{Pada soal no.22 di atas, jika taraf nyata}\\ &5\%,\: \textrm{maka kesimpulannya adalah}\: ...\\  &\textrm{a}.\quad H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{c}.\quad H_{1}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{d}.\quad H_{1}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{tidak dapat ditarik kesimpulan}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\textrm{Kasus uji dua pihak}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =800\\ &\textrm{H}_{0}:\mu \neq 800\\ &\textrm{dengan}\: \alpha =5\%=0,05\Rightarrow z_{\frac{1}{2}(1-0,05)}\\ &\quad =z_{0,475}=1,96 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 24.&\textrm{Untuk menguji hipotesis}\\ &\begin{cases} H_{0} &: \mu =20 \\  H_{1} &: \mu <20  \end{cases}\\ &\textrm{Jika dalam penelitian terhadap sampel}\: n=21\\ &\textrm{diperoleh}\: \: \overline{\textrm{x}}=19,8\: \: \textrm{dengan simpangan baku}\\ &0,4,\: \textrm{maka perhitungan nilai statistik ujinya}\\ &\textrm{adalah}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad z=-2,29\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}t=-2,29\\ &\textrm{c}.\quad z=2,29\\ &\textrm{d}.\quad t=2,29\\ &\textrm{e}.\quad z=2,99\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis (penelitian sampel)}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =20\\ &\textrm{H}_{0}:\mu <20\\ &\textrm{dengan},\: n=21,\: \overline{\textrm{x}}=19,8,\: s =0,4,\: \textrm{maka}\\ &\: \textrm{t}\: \: =\left (\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu  }{s}  \right )\sqrt{n}=\displaystyle \frac{19,8-20}{0,4}\sqrt{21}\\&\quad =\left (\displaystyle \frac{-0,2}{0,4}  \right )\times 4,5828=\color{red}-2,29 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 25.&\textrm{Pada soal no.24 di atas, jika taraf nyata}\\ &0,01,\: \textrm{maka kesimpulannya adalah}\: ...\\  &\textrm{a}.\quad H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{c}.\quad H_{1}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{d}.\quad H_{1}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{tidak dapat ditarik kesimpulan}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\textrm{Kasus uji satu pihak}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =20\\ &\textrm{H}_{0}:\mu < 20\\ &\textrm{dengan}\: \alpha =0,01=1\%\Rightarrow t_{0,99}=2,53\\ &\textrm{Kriteria pengambilan keputusan}:\\ &\textrm{Tolak}\: \: H_{0}\: \: \textrm{jika}\: \: t\leq \color{red}-2,53 \end{aligned} \end{array}$.


Lanjutan Contoh Soal 4 Distribusi Normal

$\begin{array}{ll}\\ 16.&\textrm{Dalam pengujian hipotesis dapat terjadi kesalahan}\\ &\textrm{Jika kita menerima hipotesis yang seharusnya kita}\\ &\textrm{tolak. Kejadian ini merupakan kekeliruan, yaitu}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{kekeliruan tipe I}\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}\textrm{kekeliruan tipe II}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{kekeliruan tipe III}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{kekeliruan sampling}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{kekeliruan non sampling}\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ & \textrm{Cukup jelas} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 17.&\textrm{Pengertian dari taraf signifikansi}\: \: 1\%\: \textrm{adalah}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad \textrm{sekitar}\: \: 95\%\: \textrm{kesimpulan benar telah diambil}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{kurang lebih 5 dari 100 kesimpulan yang }\\ &\qquad\textrm{seharusnya hipotesisnya diterima kita tolak}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{kurang lebih 1 dari 100 kesimpulan yang }\\ &\qquad\textrm{seharusnya hipotesisnya ditolak kita terima}\\ &\textrm{d}.\quad \color{red}\textrm{kurang lebih 1 dari 100 kesimpulan yang }\\ &\qquad\color{red}\textrm{seharusnya hipotesisnya diterima kita tolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{kurang lebih 5 dari 100 kesimpulan yang }\\ &\qquad\textrm{seharusnya hipotesisnya ditolak kita terima}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ & \textrm{Cukup jelas} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 18.&\textrm{Dalam pengujian hipotesis, penggunaan statistik}\\ &t\: \: \textrm{ketika penghitungan}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad \textrm{simpsngsn baku saat sampel tidak diketahui}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{rata-rata sampel tidak diketahui}\\ &\textrm{c}.\quad \color{red}\textrm{simpangan baku populasi tidak diketahui}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{rata-rata populasi tidak diketahui}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{simpangan baku populasi diketahui}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{c}\\ & \textrm{Cukup jelas} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 19.&\textrm{Penggunaan kriteria pada uji pihak kiri jika}\\ &\textrm{diketahui}\: \: d\: \: \textrm{adalah nilai yang diperoleh dari}\\ &\textrm{daftar distribusi yang bersangkutan dengan}\\ &\textrm{peluang yang ditentukan oleh}\: \: \alpha \: \: \textrm{adalah}\:  ....\\  &\textrm{a}.\quad \textrm{tolak}\: H_{0}\: \textrm{jika nilai statistik uji lebih dari}\\ &\qquad d\: ,\: \textrm{dalam hal lainnya}\: \: H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}\textrm{tolak}\: H_{0}\: \textrm{jika nilai statistik uji kurang dari}\\ &\qquad d\: ,\: \textrm{dalam hal lainnya}\: \: H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{terima}\: H_{0}\: \textrm{jika nilai statistik uji kurang dari}\\ &\qquad d\: ,\: \textrm{dalam hal lainnya}\: \: H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{terima}\: H_{0}\: \textrm{jika nilai statistik uji lebih dari}\\ &\qquad d\: ,\: \textrm{dalam hal lainnya}\: \: H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{terima}\: H_{0}\: \textrm{jika nilai statistik uji lebih dari}\\ &\qquad\textrm{atau sama dengan}\:  d\: ,\: \textrm{dalam hal lainnya}\\ &\qquad H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ & \textrm{Cukup jelas} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 20.&\textrm{Hipotesis nol adalah}\:  ....\\  &\textrm{a}.\quad \textrm{hipotesis yang nilai statistik ujinya}\\ &\qquad \textrm{bernilai nol}\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}\textrm{hipotesis yang perumusannys mrngandung}\\ &\qquad \textrm{pengertian yang tidak memiliki perbedaan}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{hipotesis yang perumusannya terkandung}\\ &\qquad \textrm{pengertian yang tidak sama}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{hipotesis yang perumusannya mengandung}\\ &\qquad \textrm{pengertian lebih dari}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{hipotesis yang perumusannya mengandung}\\ &\qquad \textrm{pengertian kurang dari}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ & \textrm{Cukup jelas} \end{array}$.



Lanjutan Contoh Soal 3 Distribusi Normal

$\begin{array}{ll}\\ 11.&\textrm{Perhatikan ilustrasi berikut}\:   ....\\    \end{array}$.

$.\qquad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika luas yang diarsir adalah 0,90 dan}\: \: n=21,\\ &\textrm{maka nilai}\: \: t\: \: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad1,32\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}1,72\\&\textrm{c}.\quad 2,08\\ &\textrm{d}.\quad 2,09\\ &\textrm{e}.\quad 2,53\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Luas arsiran (distribusi student) adalah}:\\ &=1-0,90=0,10,\: \textrm{karena luas kedua ujung}\\ &\textrm{sama, mulai dari}\: t\: \textrm{ke kanan}=\displaystyle \frac{0,10}{2}=0,05\\ &\textrm{Sehingga luas dari}\: t\: \textrm{ke kiri}=1-0,05=0,95\\ &\textrm{Dari ini diketahui luas arsirannya}=p=\color{red}0,95\\ &\textrm{Dengan}\: dk=n-1=21-1=20,\: \textrm{maka}\\ &t=\color{red}\pm 1,72   \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 12.&\textrm{Misalkan luas dari}\: t\: \textrm{ke kiri}=0,05,\\ &\textrm{dengan}\: \: dk=15.\: \textrm{Nilai}\: \: t\: \: \textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad -1,76\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}-1,75\\&\textrm{c}.\quad -1,74\\ &\textrm{d}.\quad 1,75\\ &\textrm{e}.\quad 1,76\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui dari soal di atas}\\ &\textrm{dari}\: \: t\: \: \textrm{ke kiri}=0,05,\: \textrm{maka}\\ &\textrm{luas arsiran}=p=1-0,05=0,95\\ &t=\color{red}-1,75 \: \: (\textrm{lihat tabel})\end{aligned}   \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 13.&\textrm{Transformasi Z}-score\: \: \textrm{dikaitan dengan}\\ &\textrm{data dimaksudkan agar data}\\ &\textrm{terdistribusi secara}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{tak normal}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{binomial}\\&\textrm{c}.\quad Chi-square\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{Poison}\\ &\textrm{e}.\quad \color{red}\textrm{normal}\\\\ &\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned} &\color{red}\textrm{Cukup jelas} \end{aligned}   \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 14.&\textrm{Perhatikan ilustrasi berikut}\:   ....\\    \end{array}$.

$.\qquad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika kurva normal di atas memiliki simpangan}\\ &\textrm{bakunya}\: \: 12,\: \textrm{maka luar daerah arsiran adalah}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad 0,4821\\ &\textrm{b}.\quad 0,4966\\&\textrm{c}.\quad 0,4999\\ &\textrm{d}.\quad \color{red}0,5934\\ &\textrm{e}.\quad 0,6921\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Diketahui},\: \mu =60,\sigma =12,\textrm{x}_{1}=50,\textrm{x}_{2}=70\\ &\textrm{dengan nilai}\: \: z=\displaystyle \frac{\textrm{x}-\mu }{\sigma },\: \:\textrm{ maka}\\ &\begin{aligned}\textrm{z}_{1}&=\displaystyle \frac{\textrm{x}_{1}-\mu }{\sigma }=\frac{50-60}{12}=\frac{-10}{12}=-0.83\\ \textrm{z}_{2}&=\displaystyle \frac{\textrm{x}_{2}-\mu }{\sigma }=\frac{70-60}{12}=\frac{10}{12}=0.83 \end{aligned}\\ &\textrm{Luas}=P(-z\leq Z\leq z)=2\times P(0\leq Z\leq z)\\ &\qquad\, \:  =2\times (0,2967)=\color{red}0,5934   \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 15.&\textrm{Perhatikan ilustrasi berikut}\:   ....\\    \end{array}$.

$.\qquad\begin{array}{ll}\\ &\textrm{Jika kurva normal di atas memiliki simpangan}\\ &\textrm{bakunya}\: \: 5,\: \textrm{maka luar daerah arsiran adalah}\: ....\\ &\textrm{a}.\quad 0,1585\\ &\textrm{b}.\quad 0,1815\\&\textrm{c}.\quad 0,3413\\ &\textrm{d}.\quad 0,8172\\ &\textrm{e}.\quad \color{red}0,8185\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Diketahui},\: \mu =40,\sigma =5,\textrm{x}_{1}=30,\textrm{x}_{2}=45\\ &\textrm{dengan nilai}\: \: z=\displaystyle \frac{\textrm{x}-\mu }{\sigma },\: \:\textrm{ maka}\\ &\begin{aligned}\textrm{z}_{1}&=\displaystyle \frac{\textrm{x}_{1}-\mu }{\sigma }=\frac{30-40}{5}=\frac{-10}{5}=-2\\ \textrm{z}_{2}&=\displaystyle \frac{\textrm{x}_{2}-\mu }{\sigma }=\frac{45-40}{5}=\frac{5}{5}=1 \end{aligned}\\ &\textrm{Luas}=P(z_{1}\leq Z\leq z_{2})= P(0\leq Z\leq z_{1})\\ &\qquad\: \: +P(0\leq Z\leq z_{2})\\ &\qquad\, \:  =P(0\leq Z\leq 2)+P(0\leq Z\leq 1)\\ &\qquad\, \:  =0,3413+0,4772=\color{red}0,8185   \end{array}$.


Distribusi Student (Uji t)

Uji "t"

Dalam pengujian hipotesis kita mengenal 2 rumus pengujian yaitu rumus z (distribusi normal standar) dan rumus t (distribusi student). Rumus z digunakan manakala simpangan baku pada populasi diketahui, sedangkan rumus t digunakan ketika simpangan baku pada populasi tidak diketahui. Ketika simpangan baku setiap populasi jarang diketahui, maka biasanya alternatifnya adalah digunakan simpangan baku sampel dan selanjutnya digunakanlah uji t.

$\begin{aligned}t&=\color{red}\displaystyle \frac{\bar{\textrm{x}}-\mu _{0}}{\frac{s}{\sqrt{n}}}\: \: \color{black}\textrm{atau}\: \:  t=\color{red}\displaystyle \frac{\bar{\textrm{x}}-\mu _{0}}{s}\sqrt{n}\\ &\textrm{Dimana}\\ &t=\textrm{nilai}\: \: t\: \: \textrm{yang dihitung}\\ &\bar{\textrm{x}}=\textrm{rata-rata sampel}\\ &\mu =\textrm{rata-rata populasi}\\ &\qquad \textrm{atau nilai yang dihipotesiskan}\\ &s=\textrm{simpangan baku sampel}\\ &n=\textrm{jumlah anggota sampel}  \end{aligned}$.

Selanjutnya untuk perhitungan simpangan baku s digunakan rumus berikut

$\begin{aligned}s&=\color{red}\sqrt{\displaystyle \frac{\sum (\textrm{x}_{i}-\bar{\textrm{x}})^{2}}{n-1}}\\ &\textrm{Dimana}\\ &\bar{\textrm{x}}=\textrm{rata-rata sampel}\\ &n-1=\textrm{derajat kebebasan}  \end{aligned}$.

Sebagai catatan dalam pemilihan statistik uji dan penghitungan statistik uji

  • Jika ukuran sampel  $n\geq 30$, statistik uji yang digunakan adalah z (rumus z di atas), $Z\sim N(0,1)$.
  • Jika ukuran sampel  $n< 30$, statistik uji yang digunakan adalah t, dengan derajat kebebasan $dk=n-1$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Sebuah perusahaan X mengatakan bahwa}\\ &\textrm{performance pegawainya rata-rata nilai}\\ &\textrm{skornya adalah}\: 8,5.\: \textrm{Untuk membuktikan}\\ &\textrm{pernyataan tersebut diambillah secara }\\ &\textrm{random 16 orang pegawai untuk dites dan}\\ &\textrm{hasilnya tersaji berikut}\\ &7,8\: \: \: 8,2\: \: \: 8,4\: \: \: 7,8\: \: \: 8,9\: \: \: 9,1\: \: \: 8,5\: \: \: 7,7\\ &8,5\: \: \: 7,9\: \: \: 9,1\: \: \: 7,8\: \: \: 9,2\: \: \: 8,9\: \: \: 8,8\: \: \: 8,3\\ &\textrm{Pada taraf}\: 1\%,\: \textrm{apakah pernyataan}\\ &\textrm{perusahaan tersebut benar}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Misalkan rata-rata skor performance}\\ &\textrm{berdistribusi student}\\ &\textbf{Rumusan hipotesis}\: \: H_{0}\: \textrm{dan}\: H_{1}\\ &H_{0}:\mu =8,5\\ &H_{1}:\mu \neq 8,5\\ &\textbf{Daerah kritis}\\ &\textrm{Uji dua pihak/hipotesis dua arah dengan}\: \alpha =1\%\\ &t_{1-\frac{1}{2}(0,01)}=t_{0,995}.\: \textrm{Dengan dk}=16-1=15\\ &\textrm{diperoleh nilai}\: \: t=\color{red}2,95\: \: \color{black}(\textrm{tabel distribusi student})\\ &\bullet \: \: \textrm{Terima}\: \: H_{0},\: \textrm{jika}:\color{blue}-2,95< t< 2,95\\ &\bullet \: \: \textrm{Tolak}\: \: H_{0},\: \textrm{jika}:\color{blue}t<-2,95\: \: \textrm{atau}\: \:  t> 2,95\\ &\textrm{Berikut disajikan tabel}\: \textbf{distribusi student}\\ &\qquad\qquad \begin{array}{|c|c|c|c|c|}\hline dk&\color{blue}t_{0,995}&t_{0,99}&t_{0,975}&t_{0,95}\\\hline 1&63,66&31,82&12,71&6,31\\\hline 2&9,92&6,96&4,3&2,92\\\hline 3&5,84&4,54&3,18&2,35\\\hline 4&4,6&3,75&2,78&2,13\\\hline 5&4,03&3,36&2,57&2,02\\\hline \vdots &\vdots &\vdots &\vdots &\vdots \\\hline \color{blue}15&\color{red}2,95&2,60&2,13&1,75\\\hline \vdots &\vdots &\vdots &\vdots &\vdots \\\hline 99&\cdots &\cdots &1,99&\cdots \\\hline \vdots &\vdots &\vdots &\vdots &\vdots \\\hline 120&2,62&2,36&1,98&1,66\\\hline \infty &2,56&2,33&1,96&1,645\\\hline \end{array}\\ &\textbf{Nilai statistik uji}\\ &\bar{x}=\displaystyle \frac{7,5+8,2+8,4+\cdots +8,8+8,3}{16},\\ &\quad =8,4125\\ &s=\sqrt{\displaystyle \frac{(7,5-8,4125)^{2}+\cdots +(8,3-8,4125)^{2}}{\color{red}16-1}}\\ &\quad =\sqrt{0,308}=0,555\\ &n=100,\: \: \color{red}t\color{black}=\displaystyle \frac{\bar{x}-\mu _{0}}{s}\sqrt{n}\\ &\Leftrightarrow \color{red}t\color{black}=\displaystyle \frac{(8,4125-8,5)}{0,555}\sqrt{16}=\color{red}-0,63\\ &\textbf{Penentuan keputusan uji}\\ &\textrm{Karena}\: :\: -2,95< \color{red}-0,63\color{black}< 2,95\: ,\: H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textbf{Kesimpulan}\\ &\textrm{Dengan taraf nyata 1}\%\: \: \textrm{rata-rata skor}\\ &\textrm{performan pegawai adalah}\: \: 8,5  \end{aligned} \end{array}$.



$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Sebuah sampel acak 100 catatan kematian}\\ &\textrm{di negara A selama 1 tahun yang kemaren}\\ &\textrm{menunjukkan umur rata-rata 58,8 tahun}\\ &\textrm{dengan simpangan baku 7,8 tahun. Apakah}\\ &\textrm{hal itu menunjukkan bahwa harapan umur}\\ & \textrm{rata-rata sekarang minimal 60 tahun}?\\ &\textrm{Jelaskan pernyataan tersebut dengan tingkat}\\ &\textrm{signifikansi}\: \: 5\%\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Misalkan umur rata-rata sekarang}\geq 60\: \: \textrm{tahun}\\ &\textrm{berdistribusi student}\\ &\textbf{Rumusan hipotesis}\: \: H_{0}\: \textrm{dan}\: H_{1}\\ &H_{0}:\mu \geq 60\\ &H_{1}:\mu < 60\\ &\textbf{Daerah kritis}\\ &\textrm{Uji satu pihak/hipotesis pihak kiri dengan}\: \alpha =5\%\\ &t_{1-(0,05)}=t_{0,995}.\: \textrm{Dengan dk}=100-1=99\\ &\textrm{diperoleh nilai}\: \: t=\color{red}2,63\: \: \color{black}(\textrm{tabel distribusi student})\\ &\bullet \: \: \textrm{Terima}\: \: H_{0},\: \textrm{jika}:\color{blue} t> -2,63\\ &\bullet \: \: \textrm{Tolak}\: \: H_{0},\: \textrm{jika}:\color{blue}t\leq - 2,63\\ &\textbf{Nilai statistik uji}\\ &\mu =58,8,\: s=7,8\: \: \textrm{tahun}\\ &n=100,\: \: \color{red}t\color{black}=\displaystyle \frac{\bar{x}-\mu _{0}}{s}\sqrt{n}\\ &\Leftrightarrow \color{red}t\color{black}=\displaystyle \frac{(58,8-60)}{7,8}\sqrt{100}=\color{red}-1,54\\ &\textbf{Penentuan keputusan uji}\\ &\textrm{Karena}\: :\: t\leq  \color{red}-1,54,\: \color{black}H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textbf{Kesimpulan}\\ &\textrm{Dengan taraf nyata 5}\%\: \: \textrm{umur rata-rata}\\ &\textrm{sekarang minimal}\: \: 60\: \: \textrm{tahun}   \end{aligned} \end{array}$.



DAFTAR PUSTAKA
  1. Tasari, Aksin, N., Miyanto, Muklis. 2016. Matematika untuk SMA/MA Kelas XII Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: INTAN PARIWARA.
  2. Sembiring, S., Zulkifli. M., Marsito, Rusdi. I. 2016. Matematika untuk Siswa SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: SRIKANDI EMPAT WIDYA UTAMA.
  3. Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitan. Bandung: ALFABETA