KUMPULAN MATERI SMA/MA KELAS X/FASE E (Bagian 2) Tahun 2024

 Kelas X 

Kurikulum Merdeka

Fase E Kelas X

Semester Gasal

Eksponen dan Logaritma

Barisan dan Deret

(pilih  materi yang Anda butuhkan saja)
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Semester Genap

Kelas XI dan Kelas XII 

Matematika Wajib

Matematika Peminatan

KUMPULAN MATERI SMA/MA KELAS X/FASE E (Bagian 1)

 Kelas X 

Kurikulum Merdeka

Fase E Kelas X

Semester Gasal

Eksponen dan Logaritma

Barisan dan Deret

(pilih  materi yang Anda butuhkan saja)
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Semester Genap

  • Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat, contoh soal
  • Statistika
  • Aturan Pencacahan dan Peluang

Kelas XI dan Kelas XII 

Matematika Wajib

Matematika Peminatan

KUMPULAN MATERI MATEMATIKA PEMINATAN untuk MA Kurtilas Revisi 2018

 A. Kelas X (Sepuluh)

A. 1 Fungsi Eksponensial dan Fungsi Logaritma

A. 2 Vektor

B. Kelas XI (Sebelas)

B. 1 Persamaan Trigonometri

B. 2 Rumus Jumlah dan Selisih

B. 3 Persamaan Lingkaran

B. 4 Polinom


C. Kelas XII (Duabelas)

C. 1 Limit Fungsi Trigonometri

C.2 Turunan Fungsi Trigonometri

C.3 Distribusi peluang binomial

C.4 Distribusi normal


KUMPULAN MATERI MATEMATIKA WAJIB untuk MA Kurtilas Revisi 2018

 A. Kelas X (Sepuluh)

A. 1 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel

A. 2 Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel

A. 3 Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

A. 4 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear-Linear

A. 5 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear dan Kuadrat

A. 6 Fungsi

A. 7 Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

A. 8 Rasio Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku

A. 9 Rasio Trigonometri Sudut-Sudut diberbagai Kuadran

A. 10 Aturan Sinus dan Cosinus


B. Kelas XI (Sebelas)

B. 1 Program Linear

B. 2 Matriks

B. 3 Determinan dan Invers Matriks Ordo 2x2

B. 4 Transformasi Geometri

B. 5 Pola Bilangan dan Jumlah pada Barisan Aritmetika dan Geometri

B. 6 Limit Fungsi Aljabar

B. 7 Turunan Fungsi Aljabar

B. 8 Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Tambahan/Pengayaan

Integral Tentu Fungsi Aljabar


C. Kelas XII (Dua Belas)

C. 1 Jarak dalm Ruang

Statistika

C. 3 Aturan Pencacahan

C. 4 Peluang Kejadian Majmuk


Vektor di Ruang

 $\color{blue}\textrm{A. Vektor Di Ruang}$

Perhatikanlah ilustrasi gambar berikut

$\begin{array}{|c|c|}\hline \textrm{Nama}&\textbf{R}^{3}\\\hline \textrm{Vektor Satuan}&\textrm{Ruang (Bidang XYZ)}\\\hline \hat{e}_{\bar{a}}=\displaystyle \frac{\bar{a}}{\left | \bar{a} \right |}&\begin{cases} i= &\textrm{vektor satuan} \\ &\textrm{yang searah sumbu X}\\ j= &\textrm{Vektor satuan}\\ &\textrm{yang searah sumbu Y}\\ k=&\textrm{Vektor satuan}\\ &\textrm{searah sumbu Z} \end{cases} \\\hline \textrm{Vektor nol}&\overrightarrow{O}=\begin{pmatrix} 0\\ 0\\ 0 \end{pmatrix}\\\hline \textrm{Vektor posisi}&\overrightarrow{OP}=\vec{p}=\begin{pmatrix} p_{1}\\ p_{2}\\ p_{3} \end{pmatrix}=p_{1}\bar{i}+p_{2}\bar{j}+p_{3}\bar{j}\\\hline \textrm{Besar Vektor}&\overrightarrow{OP}=\sqrt{p_{1}^{2}+p_{2}^{2}+p_{3}^{2}}\\\hline \end{array}$

$\color{blue}\textrm{B. Operasi Vektor}$

$\color{blue}\textrm{1. Sifat-Sifat Aljabar Vektor}$

$\begin{array}{|l|l|l|}\hline 1.&\textrm{Komutatif penjumlahan}&\vec{a}+\vec{b}=\vec{b}+\vec{a}\\\hline 2.&\textrm{Asosiatif penjumlahan}&\left ( \vec{a}+\vec{b} \right )+\vec{c}=\vec{a}+\left ( \vec{b}+\vec{c} \right )\\\hline 3.&\textrm{Elemen Identitas}&\vec{a}+\vec{0}=\vec{0}+\vec{a}=\vec{a}\\\hline 4.&\textrm{Invers Penjumlahan}&\vec{a}+\left ( -\vec{a} \right )=\left ( -\vec{a} \right )+\vec{a}=\vec{0}\\\hline 5.&\textrm{Perkalian dengan skalar}&k\left ( l\vec{a} \right )=\left ( kl \right )\vec{a}\\ &&k\left ( \vec{a}+ \vec{b} \right )=k\vec{a}+k\vec{b}\\ &&k\left ( \vec{a}- \vec{b} \right )=k\vec{a}-k\vec{b}\\\hline 6.&\begin{aligned}&\textrm{Jika A, B, dan C segaris }\\ &\color{blue}\textrm{(Kolinear)} \end{aligned}&\begin{cases} \overrightarrow{AB}=k\overrightarrow{BC} \\ \overrightarrow{AC}=k\overrightarrow{AB} \\ dll \end{cases}\\\hline \end{array}$.
$\begin{array}{|c|c|}\hline \color{blue}\textrm{Vektor}&\color{blue}\textrm{Contoh}\\\hline \vec{z}=a\vec{i}+b\vec{j}+c\vec{k}&\begin{aligned}&\textrm{diketahui}\: \: \vec{p}=\vec{i}-2\vec{j}+2\vec{k}\\ &\textrm{maka pangjang vektor}\: \: \vec{p}\: \: \textrm{adalah}\\ &\left | \vec{p} \right |=\sqrt{1^{2}+(-2)^{2}+2^{2}}\\ &\quad\: \: =\sqrt{1+4+4}=\sqrt{9}=3 \end{aligned}\\\hline &\begin{aligned}&\textrm{Vektor satuan dari}\: \: \vec{p}\: \: \textrm{adalah}\\ &\vec{e}_{\vec{p}}=\frac{\vec{p}}{\left | \vec{p} \right |}=\displaystyle \frac{\begin{pmatrix} 1\\ -2\\ 2 \end{pmatrix}}{3}\\ &=\displaystyle \frac{1}{3}\begin{pmatrix} 1\\ -2\\ 2 \end{pmatrix}=\displaystyle \begin{pmatrix} \frac{1}{3}\\ -\frac{2}{3}\\ \frac{2}{3} \end{pmatrix} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$.

$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix},\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix},\\ & \textrm{tentukanlah hasil dari}\\ &\textrm{a}.\quad \overrightarrow{a}+\overrightarrow{b}\\ &\textrm{b}.\quad 6\overrightarrow{a}+2\overrightarrow{b}\\ &\textrm{c}.\quad 2\overrightarrow{a}-\overrightarrow{b}+\overrightarrow{c}\\ &\textrm{d}.\quad \displaystyle \frac{1}{2}\overrightarrow{c}-\overrightarrow{a}+\displaystyle \frac{3}{4}\overrightarrow{b}\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\textrm{a}\quad&\overrightarrow{a}+\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 2+(-3)\\ 1+(-5)\\ (-4)+2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 2-3\\ 1-5\\ -4+2 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} -1\\ -4\\ -2 \end{pmatrix}\\ \textrm{b}.\quad&6\overrightarrow{a}+2\overrightarrow{b}=6\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}+2\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 18-6\\ 6-10\\ -24+4 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} 12\\ -4\\ -20 \end{pmatrix}\\ \textrm{c}.\quad&2\overrightarrow{a}-\overrightarrow{b}+\overrightarrow{c}\\ &2\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}-\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}+\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=\begin{pmatrix} 4+3+7\\ 2+5+0\\ -8-2+4 \end{pmatrix}=\color{red}\begin{pmatrix} 17\\ 7\\ -6 \end{pmatrix}\\ \textrm{d}.\quad&\displaystyle \frac{1}{2}\overrightarrow{c}-\overrightarrow{a}+\displaystyle \frac{3}{4}\overrightarrow{b}=\cdots \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\textrm{tentukanlah}\: \: \left | \overrightarrow{a} \right |\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\left | \overrightarrow{a} \right |&=\sqrt{2^{2}+1^{2}+(-4)^{2}}\\ &=\sqrt{4+1+16}\\ &=\color{red}\sqrt{21} \end{aligned} \end{array}$

$\color{blue}\textrm{2. Perkalian Skalar Dua Vektor}$

Konsep perkalian skalar dua buah vektor di ruang sama persis dengan konsep di bidang, yaitu:
$\color{red}\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}=\left | \overrightarrow{a} \right |\left | \overrightarrow{b} \right |\cos \theta$.
Misalkan diketahui
$\color{red}\begin{aligned}&\overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} a_{1}\\ a_{2}\\ a_{3} \end{pmatrix}, \overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} b_{1}\\ b_{2}\\ b_{3} \end{pmatrix},\: \: \color{black}\textrm{maka}\\ & \overrightarrow{a} \cdot \overrightarrow{b} =\color{black}\begin{pmatrix} a_{1}\\ a_{2}\\ a_{3} \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} b_{1}\\ b_{2}\\ b_{3} \end{pmatrix}\\ &\qquad\quad =\color{black}a_{1}b_{1}+a_{2}b_{2}+a_{3}b_{3} \end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL}$
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Diketahui vektor-vektor}\: \overrightarrow{a}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\\ &\overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix},\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix},\\ & \textrm{tentukanlah hasil dari}\\ &\textrm{a}.\quad \overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}\\ &\textrm{b}.\quad \overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{c}\\ &\textrm{c}.\quad \overrightarrow{b}\cdot \overrightarrow{c}\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}\textrm{a}\quad&\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{b}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\\ &=(2)(-3)+(1)(-5)+(-4)(2)\\ &=-6-5-8=\color{red}-19\\ \textrm{b}\quad&\overrightarrow{a}\cdot \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} 2\\ 1\\ -4 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=(2)(7)+(1)(0)+(-4)(4)\\ &=14+0-16=\color{red}-2\\ \textrm{c}\quad&\overrightarrow{b}\cdot \overrightarrow{c}=\begin{pmatrix} -3\\ -5\\ 2 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 7\\ 0\\ 4 \end{pmatrix}\\ &=(-3)(7)+(-5)(0)+(2)(4)\\ &=-21+0+8=\color{red}-13 \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Tentukanlah nilai}\: \: t\: \: \textrm{jika}\\ & \overrightarrow{p}=3\bar{i}+t\bar{j}+\bar{k}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=13\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=13\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{p} \right |\cos 0^{\circ}=13,\\ &\qquad\qquad \color{blue}\textrm{ingat bahwa}\: \: \angle \left ( \overrightarrow{p},\overrightarrow{p} \right )=0^{\circ}\\ &\qquad\qquad \color{blue}\textrm{dan nilai}\: \: \cos 0^{\circ}=1,\\ & \color{black}\textrm{maka}\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{p}=\left | \overrightarrow{p} \right |^{2}.1=13\Leftrightarrow \left | \overrightarrow{p} \right |^{2}=13\\ &\Leftrightarrow \left (\sqrt{3^{2}+t^{2}+1^{2}} \right )^{2}=13\\ &\Leftrightarrow 3^{2}+t^{2}+1^{2}=13\\ &\Leftrightarrow 9+t^{2}+1=13\\ &\Leftrightarrow t^{2}=13-9-1=10\\ &\Leftrightarrow t^{2}=3\\ &\Leftrightarrow t=\color{red}\pm \sqrt{3} \end{aligned} \end{array}$
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Diketahui}\: \: \overrightarrow{p}=\begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}=\begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}\\ &\textrm{Jika}\: \: \overrightarrow{p}\: \: \textrm{tegak lurus}\: \: \overrightarrow{q}\: \: \textrm{maka}\\ &\textrm{tentukanlah nilai}\: \: t\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui bahwa}\\ &\overrightarrow{p}=\begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}=\begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}\\ &\textrm{dengan}\: \: \overrightarrow{p}\: \: \textrm{dan}\: \: \overrightarrow{q}\: \: \textrm{tegak lurus}\\ &\textrm{artinya}\: \: \color{blue}\angle \left ( \overrightarrow{p},\overrightarrow{q} \right )=90^{\circ}.\: \color{black}\textrm{Sehingga}\\ &\textrm{nilai}\: \: \color{blue}\cos 90^{\circ}=0\\ &\textrm{maka}\\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{q}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{q} \right |\cos \theta \\ &\overrightarrow{p}\cdot \overrightarrow{q}=\left | \overrightarrow{p} \right |\left | \overrightarrow{q} \right |\cdot 0=0\\ &\Leftrightarrow \: \begin{pmatrix} -2\\ 1\\ 3 \end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix} 4\\ -1\\ t \end{pmatrix}=0\\ &\Leftrightarrow \: (-2)(4)+(1)(-1)+(3)(t)=0\\ &\Leftrightarrow \: -8-1+3t=0\\ &\Leftrightarrow \: 3t=9\\ &\Leftrightarrow \: t=\color{red}3 \end{aligned} \end{array}$.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Yuana, R.A., Indriyastuti. 2017. Persektif Matematika untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Solo: PT TIGA SERANGKAI MANDIRI.


Polinom

 $\color{blue}\textrm{A. Pendahuluan}$

Polinom disebut juga suku banyak. Polinom atau suku banyak adalah suatu bentuk variabel yang berpangkat/berderajat.

Secara definisi suku banyak (polinomial) dalam  $x$  berderajat $n$ adalah:

Suatu bentuk

$\displaystyle a_{n}x^{n}+a_{n-1}x^{n-1}+a_{n-2}x^{n-2}+...+a_{2}x^{2}+a_{1}x^{1}+a_{0}$

dengan  $n$  bilangan cacah serta  $a_{0},\: a_{1},\: a_{2},\: ...,\: a_{n}$  koefisien dari suku  $x$  dan  $a_{n}\neq 0$  dengan  $a_{0}$  sebagai suku tetap (konstan)nya.

Selanjutnya perhatikanlah tabel berikut!

$\color{red}\begin{array}{|l|l|}\hline \begin{aligned}a_{n}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n}\\ a_{n-1}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n-1}\\ a_{n-2}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{n-2}\\ \vdots &\\ a_{2}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{2}\\ a_{1}&\: \: \textrm{adalah koefisien dari} \: \: x^{1}\\ a_{0}&\: \: \textrm{adalah konstanta} \\ &(\textrm{suku tetap}) \end{aligned}&\begin{aligned}a_{n}\: &\: \neq 0\\ n:&\: \: \textrm{bilangan cacah},\\ :&\: \: \textrm{adalah derajat (pangkat)} \\ &\: \: \textrm{tertinggi dalam suku} \\ &\: \: \textrm{banyak tersebut}&\\ &\\ &\\ &\end{aligned}\\\hline \end{array}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 1}$

$\begin{aligned}1.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}2x^{3}-6x^{2}+2020\: \: \color{black}\textrm{dapat dinyatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}2x^{3}-6x^{2}+0x^{1}+2020x^{0}\\ &\textrm{Polinom tersebut memiliki suku tetap}\: \: 2020\\ 2.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}5x^{4}-8x^{3}+6x-2021 \: \: \color{black}\textrm{dapat dinyatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}5x^{4}-8x^{3}+0x^{2}+6x^{1}-2021x^{0}\\ &\textrm{Polinom tersebut memiliki suku tetap}\: \: -2021\\ 3.\quad&\textrm{Polinom}\: \: \color{red}x^{4}-2x^{3}+3x^{2}-2\sqrt{x}+1 \: \: \color{black}\textrm{tidak dapat}\\ &\textrm{dinamakan polinom, sebab ada variabel dari}\: \: \: \color{blue}x\\ &\textrm{yang berderajat bukan bilangan cacah}\\ 4.\quad&\textrm{Sedangkan polinom}\: \: \color{red}5-x+(2-x)(1+x+x^{2})\\ &\textrm{adalah bentuk polinom, karena dapat dinayatakan}\\ &\textrm{dengan}\: \: \: \color{blue}-x^{3}+x^{2}+7 \end{aligned}$

$\color{blue}\textrm{B. Nilai Polinom}$

Polinom atau suku banyak yang berderajat $\color{red}n$ yang selanjutnya dinyatakan dengan 

$f(x)=\displaystyle a_{n}x^{n}+a_{n-1}x^{n-1}+a_{n-2}x^{n-2}+...+a_{1}x^{1}+a_{0}$

Berkaitan dengan kebutuhan penentuan nilai ini, dapat ditentukan dengan dua cara:

$\textbf{a. Substitusi}$

$\begin{aligned}&\textrm{Nilai suku banyak}\: \: \color{red}f(x)\: \: \textrm{berderajat}\\ &n\: \: \textrm{saat}\: \: \color{red}x = k\: \: \color{black}\textrm{adalah}\: \: \color{blue}f(k).\\ &\textrm{Jika}\: \: f(k)=0\: \: \textrm{maka}\: \: x = k\: \: \textrm{akar dari}\: \: f(x),\\ &\textrm{dan}\: \: (x-k)\: \: \textrm{faktor dari}\: \: f(x)\\ &\end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 2}$

Jika suatu polinom dinyatakan dengan  $f(x)$, maka nilai polinom itu untuk  $x=3$  adalah  $f(3)$.

Misalkan diketahui  

$\begin{aligned}1.\quad f(x)&=x^{3}-1\\ \textrm{mak}&\textrm{a}\\ f(1)&=1^{3}-1=1-1=0\\ f(3)&=3^{3}-1=27-1=26\\ f(-4)&=(-4)^{2}-1=-64-1=-65 \end{aligned}$

$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Diketahui}\: \: h(x)=2x^{3}+5x^{2}-12x-6\\ &\textrm{Tentukanlah nilai untuk}\: \: h(-2),\: h(-1),\\ &h(0),\: h(1),\: \: \textrm{dan}\: \: h(2)\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\begin{array}{|c|c|l|}\hline \color{red}x=k&\color{red}h(k)&\qquad\qquad\qquad\qquad\color{red}\textrm{Nilai}\\\hline x=-2&h(-2)&\begin{aligned}h(-2)&=2(-2)^{3}+5(-2)^{2}-12(-2)-6\\ &=-16+20+24-6\\ &=22 \end{aligned}\\\hline x=-1&h(-1)&\begin{aligned}h(-1)&=2(-1)^{3}+5(-1)^{2}-12(-1)-6\\ &=-2+5+12-6\\ &=9 \end{aligned}\\\hline x=0&h(0)&\begin{aligned}h(0)&=2(0)^{3}+5(0)^{2}-12(0)-6\\ &=-6 \end{aligned}\\\hline x=1&h(1)&\begin{aligned}h(1)&=2(1)^{3}+5(1)^{2}-12(1)-6\\ &=2+5-12-6\\ &=-11 \end{aligned}\\\hline x=2&h(2)&\begin{aligned}h(2)&=2(2)^{3}+5(2)^{2}-12(2)-6\\ &=16+20-24-6\\ &=6 \end{aligned}\\\hline \end{array} \end{array}$

$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Diketahui}\: \: p(x)=x-2019\\ &\textrm{dan}\: \: q(x)=x^{2019}+1.\: \textrm{Tentukanlah}\\ &\textrm{nilai untuk}\: \: p\left ( q(2) \right )\: \: \textrm{dan}\: \: q\left ( p(2) \right )\\\\ &\color{blue}\textrm{Jawab}:\\ &\textrm{Yang dibahas yang bagian}\: \: p\left ( q(2) \right )\\ &q(2)=2^{2019}+1,\: \textrm{maka nilai}\\ &\begin{aligned}p\left ( q(2) \right )&=\left ( 2^{2019}+1 \right )-2019\\ &=2^{2019}-2018 \end{aligned}\\\\ &\textrm{Untuk yang}\: \: q\left ( p(2) \right )\: \: \textrm{adalah}\\ &p(2)=\cdots , \: \textrm{maka nilai}\\ &\begin{aligned}q\left ( p(2) \right )&=\because \cdots ^{2019}+1\\ &=\cdots \end{aligned} \end{array}$

$\textbf{b. Horner/Sintetik}$

Nilai suatu polinom dapat ditentukan dengan pembagian sintesis Horner

Misalkan:

$\begin{aligned}f(x)&=\color{blue}ax^{3}+bx^{2}+cx+d\: \: \color{black}\textrm{saat akan dibagi}\\ &\color{red}x=h,\: \: \color{black}\textrm{maka pembagian Horner itu}:\\ & \end{aligned}$


Perhatikan bahwa proses ke bawah adalah berup proses penjumlahan.

Proses di atas akan sama saat kita mensubstitusikan  $\color{red}x=h$  ke dalam  $\color{red}f(x)$, yaitu:
$\begin{aligned}f(x)&=\color{blue}ax^{3}+bx^{2}+cx+d\: \: \textrm{saat}\\ &\color{red}x=h,\: \: \color{black}\textrm{maka}\\ f(\color{red}h\color{black})&=a\color{red}h^{3}\color{black}+b\color{red}h^{2}\color{black}+c\color{red}h\color{black}+d\\ &\\ &\textbf{Cukup JELAS bukan}? \end{aligned}$

$\LARGE\colorbox{yellow}{CONTOH SOAL 3}$

$\begin{array}{l}\\ \textrm{Tentukanlah nilai dari}\: \: f(4)\: \: \textrm{jika}\\ \textrm{diketahui}\: \: f(x)=x^{3}-x-5\\ \textrm{Jawab}:\\ \begin{aligned}(1).\quad&\textrm{Cara substitusi langsung}\\ &f(x)=x^{3}-x-5\\ &f(4)=\color{red}4^{3}-4-5\\ &\qquad=\color{red}64-9=\color{blue}55\\ (2).\quad&\textrm{Cara Horner}\\ &\textrm{Karena}\: \: f(x)=x^{3}-x-5\\ &\textrm{dan koefisiennya yang akan}\\ &\textrm{adalah}:\\ & a_{3}=1,\: a_{2}=0,\: a_{1}=-1,\: \&\: a_{0}=-5\\ &\textbf{maka bagan pembagian Hornernya}\\ &\begin{array}{ll|llllllllll}\\ &\color{red}x=4&1&\color{blue}0&\color{magenta}-1&-5&\\ &&&&&&\\ &&&\color{blue}4&\color{magenta}16&60&+\\\hline &&1&\color{blue}4&\color{magenta}15&55 \end{array} \end{aligned} \end{array}$


Lanjutan Contoh Soal 6 Distribusi Normal

$\begin{array}{ll}\\ 26.&\textrm{Untuk menguji hipotesis}\\ &\begin{cases} H_{0} &: \mu =16 \\  H_{1} &: \mu >16  \end{cases}\\ &\textrm{Jika dalam penelitian terhadap sampel}\: n=20\\ &\textrm{diperoleh}\: \: \overline{\textrm{x}}=16,9\: \: \textrm{dengan simpangan baku}\\ &\sqrt{2,3},\: \textrm{maka perhitungan nilai statistik ujinya}\\ &\textrm{adalah}\: ....\\  &\textrm{a}.\quad z=-2,65\\ &\textrm{b}.\quad \color{red}t=-2,65\\ &\textrm{c}.\quad z=2,65\\ &\textrm{d}.\quad t=2,65\\ &\textrm{e}.\quad z=2,95\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis (penelitian sampel)}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =16\\ &\textrm{H}_{0}:\mu >16\\ &\textrm{dengan},\: n=20,\: \overline{\textrm{x}}=16,9,\: s =\sqrt{2,3}=1,52,\\ &\textrm{maka}\\ &\: \textrm{t}\: \: =\left (\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu  }{s}  \right )\sqrt{n}=\displaystyle \frac{16,9-16}{1,52}\sqrt{20}\\&\quad =\left (\displaystyle \frac{0,9}{1,52}  \right )\times 4,472=\color{red}2,65 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 27.&\textrm{Pada soal no.26 di atas, jika taraf nyata}\\ &0,01,\: \textrm{maka kesimpulannya adalah}\: ...\\  &\textrm{a}.\quad \color{red}H_{0}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{b}.\quad H_{0}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{c}.\quad H_{1}\: \: \textrm{diterima}\\ &\textrm{d}.\quad H_{1}\: \: \textrm{ditolak}\\ &\textrm{e}.\quad \textrm{tidak dapat ditarik kesimpulan}\\\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{b}\\ &\textrm{Kasus uji satu pihak}\\ &\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =16\\ &\textrm{H}_{0}:\mu >16\\ &\textrm{dengan}\: \alpha =0,01=1\%\Rightarrow t_{0,99}=2,54\\ &\textrm{Kriteria pengambilan keputusan}:\\ &\textrm{Tolak}\: \: H_{0}\: \: \textrm{jika}\: \: t\geq  \color{red}2,54 \end{aligned} \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 28.&\textrm{Seorang petugas}\: \: customer\: service\: \: \textrm{menyatakan}\\ &\textrm{bahwa di dealer A dapat mensevis rata-rata }\\ &\textrm{sebanyak}\: \: 75\: \: \textrm{unit sepeda motor perhari}.\: \textrm{Untuk}\\ & \textrm{mengecek kebenaran pernyataan di atas diambil}\\ &\textrm{sampel beberapa hari secara random sebanyak }\\ &\textrm{20 hari. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata}\\ &\textrm{78 unit dengan simpangan bakunya 5. Hasil}\\ &\textrm{perhitungan}\: \: \textrm{z}_{0}-\: \textrm{nya adalah}\:  ....\\ &\textrm{a}.\quad 2,35\\ &\textrm{b}.\quad 2,43\\ &\textrm{c}.\quad 2,55\\ &\textrm{d}.\quad \color{red}2,68\\ &\textrm{e}.\quad 2,75\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{d}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Diketahui data dianggap berdistribusi}\\ &\textrm{normal baku}\: N(0,1)\: \: \textrm{dengan}\\ &\textrm{Rata-rata sampel}=\overline{\textrm{x}}=\color{blue}78\: \: \color{black}\textrm{unit sepeda motor}\\ &\textrm{Rata-rata populasinya yang diuji}=\mu _{0}=75\\ &\textrm{Simpangan bakunya}=\sigma =\color{blue}5\: \: \color{black}\textrm{unit}\\ &\textrm{dengan banyak data sampel}=n=\: \color{blue}20\: \: \color{black}\textrm{hari}\\ &\textrm{Penghitungan nilainya}\: \: z-\textrm{nya}\\ &=\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu _{0}}{\displaystyle \frac{\sigma }{\sqrt{n}}}\\ &=\displaystyle \frac{78-75}{\displaystyle \frac{5}{\sqrt{20}}}=\displaystyle \frac{3}{\displaystyle \frac{5}{2\sqrt{5}}}\\ &=\displaystyle \frac{6}{\sqrt{5}}=\frac{6}{2,236}=\color{red}2,683 \end{aligned}  \end{array}$.

$\begin{array}{ll}\\ 29.&\textrm{Tersiar kabar bahwa harga beras di pasar di}\\ &\textrm{wilayah B adalah}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg dengan}\\ &\textrm{simpangan baku}\: \: \textrm{Rp}1.500,00.\: \textrm{Berdasar kabar}\\ & \textrm{tersebut dilakukan penelitian dengan mengambil}\\ &\textrm{sampel secara acak sebanyak}\: \: 60\: \: \textrm{kios yang dan}\\ &\textrm{diperoleh rata-rata harga beras}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{Jika penghitungan menggunakan tingkat}\\ &\textrm{signifikansi}\: \: 5\%,\: \textrm{maka kesimpulan berikut }\\ &\textrm{yang tepat adalah}\:  ....\\ &\textrm{a}.\quad \textrm{harga beras di pasar lebih dari}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{b}.\quad \textrm{harga beras di pasar lebih dari}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{c}.\quad \textrm{harga beras di pasar kurang dari}\: \: \textrm{Rp}0.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{d}.\quad \textrm{harga beras di pasar}\: \: \textrm{Rp}7.800,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{e}.\quad \color{red}\textrm{harga beras di pasar}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\\\ &\textbf{Jawab}:\quad \textbf{e}\\&\begin{aligned}&\underline{\textrm{Hipotesis}}\\ &\textrm{Rata-rata harga beras dipasar}\: \: \textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg}\\ &\textrm{H}_{0}:\mu =8.000\\ &\textrm{H}_{0}:\mu \neq 8.000\\ &\underline{\textrm{Daerah Kritis}}\\ &\textrm{Taraf nyata yang dipilih adalah}=\alpha =0,05=5\%\\ &\displaystyle \frac{\alpha }{2}=2,5\%=0,025\\ &\textrm{z}_{0,025}=1,96\\ &\textrm{maka daerah kritis/penolakannya adalah}\\ &\textrm{z}<-1,96\: \: \textrm{atau}\: \: \textrm{z}>1,96 \end{aligned}  \end{array}$.

$.\: \qquad\begin{aligned}&\underline{\textrm{Nilai Satistik Uji}}\\ &\textrm{Dihitung dengan rumus}:\: \textrm{z}=\displaystyle \frac{\overline{\textrm{x}}-\mu _{0}}{\displaystyle \frac{\sigma }{\sqrt{n}}}\\ &\textrm{z}=\displaystyle \frac{7.800-8.000}{\displaystyle \frac{1.500}{\sqrt{60}}}=-\displaystyle \frac{200\sqrt{60}}{1.500}=-1,03\\ &\underline{\textrm{Keputusan Uji}}\\ &\textrm{Karena nilai}\: \: -1,96<\textrm{z}<1,96,\\ &\textrm{maka}\: \: \textrm{H}_{0}\: \: \color{red}\textrm{diterima}\\ &\underline{\textrm{Kesimpulan}}\\ &\textrm{Rata-rata harga beras dipasar}\: \: \color{red}\textrm{Rp}8.000,00/\textrm{Kg} \end{aligned}$ .