Lingkaran
$\color{blue}\textrm{A. Definisi Lingkaran}$.
Secara definisi lingkaran adalah tempat kedudukam titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu. Selanjutnya titik tertentu disebut sebagai pusat lingkaran sedangkan jarak yang salalu sama terhadapa titik tertentu tersebut disebut sebagai jari-jari atau radius (r).
Sebagai ilustrasi berikut diberikan gambar berkaitan kedudukan titik-titik tersebut
$\color{blue}\textrm{B. Persamaan Lingkaran Berpusat di O(0,0) }$.
Persamaan sebuah lingkaran dengan dengan jari-jari $r$ dan berpusat di titik pusat koordinat dapat dilustrasikan sebagai berikut
Kumpulkan Materi Ketaksamaan
Kumpulan Materi Ketaksamaan
- Konsep Ketaksamaan QM-AM-GM-HM
- Materi Ketaksamaan QM-AM-GM-HM
- Materi Ketaksamaan Cauchy-Schwarz-Engel (CS-E)
- Materi Ketaksamaan Renata (Rearrangement)
- Materi Ketaksamaan Chebyshev
- Materi Ketaksamaan Holder
- Materi Ketaksamaan Schur
- Materi lanjutan Ketaksamaan Schur
- Contoh Soal 1 Ketaksamaan
- Contoh Soal 2 Ketaksamaan
- Contoh Soal 3 Ketaksamaan
- Contoh Soal 4 Ketaksamaan
- Contoh Soal 5 Ketaksamaan
- Contoh Soal 6 Ketaksamaan
- Contoh Soal 7 Ketaksamaan
- Contoh Soal 8 Ketaksamaan
- Contoh Soal 9 Ketaksamaan
- Contoh Soal 10 Ketaksamaan
- Contoh Soal 11 Ketaksamaan
- Contoh Soal 12 Ketaksamaan
- Contoh Soal 13 Ketaksamaan
- Contoh Soal 14 Ketaksamaan
- Contoh Soal 15 Ketaksamaan
Materi dan Contoh Soal Matematika Wajib Kelas X, XI, XII Tahun 2023
A. Kelas X (Sepuluh)
A. 1 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel
- materi persamaan nilai mutlak
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5
- materi pertidaksamaan nilai mutlak
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 ,
A. 2 Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel
- materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 ,
A. 3 Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
- materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)
- lanjutan materi SPLTV
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4
A. 4 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear-Linear
- materi sistem pertidaksamaan dua variabel linear-linear
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4
A. 5 Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Linear dan Kuadrat
A. 6 Fungsi
A. 7 Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers
- materi fungsi komposisi dan fungsi invers
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5
A. 8 Rasio Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
A. 9 Rasio Trigonometri Sudut-Sudut diberbagai Kuadran
A. 10 Aturan Sinus dan Cosinus
- aturan sinus
- aturan cosinus (bagian 1), aturan cosinus (bagian 2)
- contoh soal
B. Kelas XI (Sebelas)
B. 1 Program Linear
B. 2 Matriks
B. 3 Determinan dan Invers Matriks Ordo 2x2
B. 4 Transformasi Geometri
B. 5 Pola Bilangan dan Jumlah pada Barisan Aritmetika dan Geometri
- materi pola bilangan - induksi matematika
- pola bilangan dan barisan serta deret aritmetika
- pola bilangan dan barisan serta deret geometri
- berikut contoh soal induksi matematika dan pola bilangan
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5
- materi barisan dan deret aritmetika (hitung)
- lanjutan materi barisan dan deret geometri (ukur)
- berikut contoh soalnya
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5, contoh 6, contoh 7.
- barisan dan deret aritmetika dan geometri sekaligus
- contoh soal selingan (diselipkan soal untuk kompetisi) yang terkait barisan dan deret: contoh 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4.
B. 6 Limit Fungsi Aljabar
B. 7 Turunan Fungsi Aljabar
- materi turunan fungsi aljabar
- bentuk umum turunan aljabar
- sifat turunan pertama dan aturan rantai
- aturan rantai pada turunan pertama dan kedua
- penggunaan turunan fungsi
- menyelesaikan masalah terkait keekstriman fungsi
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4
B. 8 Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
- materi pendahuluan
- teknik pengintegralan (dengan teknik substitusi)
- teknik pengintegralan (dengan integral parsial dan atau Tanzalin)
- penggunaan integral tak tentu
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4.
C. Kelas XII (Dua Belas)
C. 1 Jarak dalm Ruang
- Geometri ruang
- Lanjutan materi 1, lanjutan materi 2, lanjutan materi 3, lanjutan materi 4, lanjutan materi 5.
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5
Statistika
- materi statistika, penyajian data dalam bentuk diagram.
- ukuran pemusatan data. ukuran letak data 1, ukuran letak data 2, ukuran letak data 3, interpolasi linear, ukuran penyebaran data 1, ukuran penyebaran data 2, koefisien variansi
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5 , contoh 6 , contoh 7 , contoh 8 , contoh 9 , contoh 10, contoh 11, contoh 12, contoh 13
C. 3 Aturan Pencacahan
- materi pendahuluan(kombinatorial dan percobaan), kaidah pencacahan(kaidah perkalian), faktorial-permutasi-kombinasi,
- contoh soal 1 permutasi-kombinasi, contoh 2, contoh 3,
- materi Binomial Newton (pengayaan), fungsi pembangkit untuk kombinasi (pengayaan),
- contoh soal 1 (kaidah pencacahan), contoh 2, contoh 3,
C. 4 Peluang Kejadian Majmuk
- materi pendahuluan (percobaan, ruang sampel, dan kejadian), peluang kejadian tunggal dan frekuensi harapan, peluang kejadian majmuk (peluang komplemen, dua kejadian saling bebas, dua kejadian tidak saling bebas), kejadian saling lepas, kejadian tidak saling lepas,
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3,
Materi dan Contoh Soal Matematika Peminatan Kelas X, XI, XII Tahun 2023
A. Kelas X (Sepuluh)
A. 1 Fungsi Eksponensial dan Fungsi Logaritma
- materi eksponen 1, materi fungsi eksponen 2, lanjutan fungsi eksponen, lanjutan materi 2 fungsi ekponen, lanjutan materi 3 fungsi eksponen,
- contoh soal eksponen 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5 , contoh 6 , contoh 7 , contoh 8 , contoh 9 , contoh 10
- materi logaritma
- materi logaritma lanjutan
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5 , contoh 6
- materi logaritma lanjutan 2
- materi persamaan logaritma 1, persamaan 2, persamaan 3, persamaan 4, persamaan 5. aplikasi logaritma, pengayaan (operasi logaritma natural)
- contoh soal 7 , contoh 8 , contoh 9 , contoh 10, contoh 11, contoh 12, contoh 13.
A. 2 Vektor
- materi vektor, operasi vektor, vektor di dimensi dua, perkalian skalar dua vektor, proyeksi ortogonal suatu vektor, vektor dimensi tiga, lanjutan vektor dimensi tiga, operasi vektor berdimensi tiga, lanjutan 1 operasi vektor berdimensi tiga, lanjutan 2 operasi vektor berdimensi tiga, proyeksi orthogonal suatu vektor di dimensi tiga,
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, (urutan) contoh soal 5, contoh 6, contoh 7, contoh 8, contoh 9, contoh 10, contoh 11, contoh 12, contoh 13.
B. Kelas XI (Sebelas)
B. 1 Persamaan Trigonometri
- materi persamaan trigonometri, identitas trigonometri, menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, relasi sudut, persamaan trigonometri sederhana.
- lanjutan materi 1 , materi 2 , materi 3
- materi baru
- persamaan tigonometri: identitas trigonometri, menentukan nilai perbandingan trigonometri, sudut-sudut berelasi, persamaan trigonometri sederhana, persamaan bentuk a sin x + b cos x=c, grafik fungsi trigonometri,
- contoh soal 1 , contoh 2 , contoh 3 , contoh 4 , contoh 5 , contoh 6
- soal tengah semester gasal : contoh 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4,
B. 2 Rumus Jumlah dan Selisih
- rumus jumlah dan selisih 1
- rumus jumlah dan selisih 2
- materi terbaru : rumus jumlah dan selisih dudut sinus, cosinus, tangen, rumus sudut rangkap/ganda, sudut paruh/tengahan, rumus perkalian sinus dan cosinus, rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus,
- soal persiapan menghadapi semester gasal: contoh 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5, contoh 6, contoh 7.
B. 3 Persamaan Lingkaran
- materi lingkaran, kedudukan titik terhadap lingkaran, kedudukan garis terhadap lingkaran, persamaan garis singgung lingkaran, hubungan dua lingkaran
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4. Contoh 5 (Hubungan Dua Lingkaran), Contoh 6, Contoh 7, Contoh 8
B. 4 Polinom
- materi pendahuluan, operasi polinom, metode Horner-Kino (materi lanjutan operasi polinom) teorema sisa dan teorema faktor, persamaan polinom
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5, contoh 6, contoh 7, contoh 8, contoh 9
C. Kelas XII (Duabelas)
C. 1 Limit Fungsi Trigonometri
- limit fungsi trigonometri (materi lama-perkenalan dengan limit fungsi aljabar), lanjutan materi lama, lanjutan rumus dasar limit trigonometri,
- materi pendahuluan limit, menentukan nilai limit fungsi trigonometri, pembuktian teorema apit (identitas limit fungsi trigonometri), limit fungsi trigonometri di tak hingga,
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5,
- materi limit diketakhinggan.
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5,
C.2 Turunan Fungsi Trigonometri
- materi turunan fungsi trigonometri
- lanjutan materi
- contoh soal (bagaian 1)
- lanjutan materi 2
- lanjutan materi 3
- lanjutan materi 4 (sifat-sifat turunan)
- lanjutan materi 5
- contoh soal 1 (bagain 2) , contoh 2 , contoh 3 contoh 4 , contoh 5
- lanjutan materi 6 (persamaan garis singgung kurva)-turunan pertama
- lanjutan materi 7 (fungsi naik dan fungsi turun)-turunan pertama
- lanjutan materi 8 (nilai stasioner)-turunan pertama
- lanjutan materi 9 (aplikasi nilai stasioner)-turunan pertama
- contoh 6 , contoh 7 , contoh 8 , contoh 9
- turunan kedua fungsi trigonometri (Fungsi naik dan fungsi turun, titik belok serta selang kecekungan)
- contoh 10 , contoh 11 , contoh 12 , contoh 13
C.3 Distribusi peluang binomial
- materi distribusi binomial, distribusi peluang diskrit,
- contoh soal 1, contoh 2,
- distribusi peluang kontinu, Binomial Newton,
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3,
- materi distribusi normal, lanjutan 1 materi, lanjutan 2 materi
- materi distribusi student, penarikan kesimpulan (pengujian hipotesis)
- contoh soal 1, contoh 2, contoh 3, contoh 4, contoh 5, contoh 6
Lanjutan 2 Materi Barisan dan Deret (Deret Aritmetika-Geometri tak Berhingga)
Sebelum kita membahas materi seperti judul di atas, Anda dapat mengulik materi sebelumnya tentang barisan dan deret di link berikut:
- Jika $\color{red}\left | r \right |< 1$, maka deretnya konvergen (memiliki jumlah atau jumlahnya dapat ditentukan), yaitu : $S_{\infty }=\displaystyle \frac{a}{1-r}+\frac{br}{(1-r)^{2}}$ dengan suku awal deret geometrinya adalah 1.
- Jika $\color{red}\left | r \right |\geq 1$, maka deret tak memiliki jumlah yang pas (jumlahnya tidak dapat ditentukan)
- Thohir, A. 2013. Barisan dan Deret Materi Pendamping Olimpiade Matematika MA/SMA. Grobogan: MA Futuhiyah.
Lanjutan 3 (Barisan & Deret)
$\begin{array}{ll}\\ 11.&\textrm{Hasil penjumlahan dari}\\ &\displaystyle \frac{1}{1.3}+\frac{1}{3.5}+\frac{1}{5.7}+\frac{1}{7.9}+\frac{1}{9.11}+\cdots +\frac{1}{97.99}=\cdots \\ &\begin{array}{lllllll}\\ \textrm{A}.&\displaystyle \frac{98}{99}&&&\textrm{D}.&\displaystyle \frac{48}{99}\\\\ \textrm{B}.&\displaystyle \frac{50}{99}\qquad&\textrm{C}.&\color{red}\displaystyle \frac{49}{99}\qquad&\textrm{E}.&\displaystyle \frac{47}{99} \end{array}\\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Bentuk di atas memenuhi bentuk}\\ &\displaystyle \frac{1}{x(x+2)}=\displaystyle \frac{1}{2}\left ( \displaystyle \frac{1}{x}-\frac{1}{(x+2)} \right ).\: \: \textrm{Bentuk ini pada}\\ &\textrm{bilangan dengan pola tertentu seperti di atas akan}\\ &\textrm{menghabiskan dengan bilangan sebelahnya}\\ &\textrm{atau lazim dikenal dengan}\: \: \textbf{prinsip teleskoping}\\ &\textrm{Sebagaimana bentuk penjumlahan dengan pola di atas}\\ &\textrm{maka}\\ &=\displaystyle \frac{1}{2}\left ( 1-\frac{1}{3}+\frac{1}{3}-\frac{1}{5}+\frac{1}{5}-\frac{1}{7}+\cdots +\frac{1}{97}-\frac{1}{99} \right )\\ &=\displaystyle \frac{1}{2}\left ( 1-\frac{1}{99} \right )=\displaystyle \frac{1}{2}.\frac{98}{99}=\color{red}\displaystyle \frac{49}{99} \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 12.&\textrm{Diketahui}\\ &x=\displaystyle \frac{1+p+p^{2}+p^{3}+\cdots +p^{n-1}}{1+p+p^{2}+p^{3}+\cdots +p^{n-2}+p^{n-1}+p^{n}} \\ &y=\displaystyle \frac{1+q+q^{2}+q^{3}+\cdots +q^{n-1}}{1+q+q^{2}+q^{3}+\cdots +q^{n-2}+q^{n-1}+q^{n}}\\\\ &\textrm{dan}\: \: p>q>0\\\\ &\textrm{Tunjukkan bahwa}\: \: x<y \\\\\\ &\textbf{Bukti}:\\ &\begin{aligned}&\textrm{Perhatikan bahwa}:\: \: p>q>0\\ &\textrm{sehingga}\\ &\displaystyle \frac{1}{p}< \frac{1}{q},\: \: \displaystyle \frac{1}{p^{2}}< \frac{1}{q^{2}},\cdots , \displaystyle \frac{1}{p^{n}}< \frac{1}{q^{n}}\\ &\textrm{Jika bentuk di atas dijumlahkan, maka}\\ &\displaystyle \frac{1}{p}+\frac{1}{p^{2}}+\cdots +\frac{1}{p^{n}}< \frac{1}{q}+\frac{1}{q^{2}}+\cdots +\frac{1}{q^{n}}\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{p^{n-1}+\cdots +p^{2}+p+1}{p^{n}}< \displaystyle \frac{q^{n-1}+\cdots +q^{2}+q+1}{q^{n}}\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{p^{n}}{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}}>\displaystyle \frac{q^{n}}{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}}\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{p^{n}}{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}}\color{red}+1\color{black}>\displaystyle \frac{q^{n}}{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}}\color{red}+1\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}+p^{n}}{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}}>\displaystyle \frac{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}+q^{n}}{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}}\\ &\Leftrightarrow \displaystyle \frac{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}}{1+p+p^{2}+\cdots +p^{n-1}+p^{n}}<\displaystyle \frac{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}}{1+q+q^{2}+\cdots +q^{n-1}+q^{n}}\\ &\Leftrightarrow x<y\qquad \blacksquare \end{aligned} \end{array}$.
DAFTAR PUSTAKA
- Aziz, A. 2016. Rahasia Juara Olimpiade Matematika SMA. Yogyakarta: ANDI.
- Baskoro, B.D. 2012. Aljabar dan Trigonometri Cespleng Olimpiade Matematika. Yogyakarta: BERLIAN.
- Bintari, N., Gunarto, D. 2007. Panduan Menguasai Soal-Soal Olimpiade Nasional & Internasional. Yogyakarta: INDONESIA CERDAS.
- Idris, M,. Rusdi, I. 2015. Langkah Awal Meraih Medali Emas Olimpiade Matematika SMA. Bandung: YRAMA WIDYA.
- Sembiring, S. 2002. Olimpiade Matematika Untuk SMU. Bandung: YRAMA WIDYA.
- Sembiring, S., Suparmin, S. 2015. Pena Emas OSN Matematika SMA. Bandung: YRAMA WIDYA.
Lanjutan 2 (Barisan & Deret)
$\begin{array}{ll}\\ 9.&\textrm{Tentukan hasil dari}\\ &\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{3}{4}+\frac{5}{8}+\frac{7}{16}+\frac{9}{32}+\cdots \\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\color{blue}\textbf{Alternatif 1}\\ &\begin{aligned}&\textrm{Misalkan}\: \: S=\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{3}{4}+\frac{5}{8}+\frac{7}{16}+\frac{9}{32}+\cdots \\ &\textrm{maka}\: \: \displaystyle \frac{1}{2}S=\displaystyle \frac{1}{4}+\frac{3}{8}+\frac{5}{16}+\frac{7}{32}+\frac{9}{64}+\cdots\\ &\textrm{Jika}\\ &S-\displaystyle \frac{1}{2}S=\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{2}{4}+\frac{2}{8}+\frac{2}{16}+\frac{2}{32}+\frac{2}{64}+\cdots \\ &\begin{aligned}\Leftrightarrow \displaystyle \frac{1}{2}S&=\displaystyle \frac{1}{2}+\underset{\textrm{deret geometri}}{\underbrace{\left (\frac{1}{2}+\frac{1}{4}+\frac{1}{8}+\frac{1}{16}+\frac{1}{32}+\cdots \right )}}\\ \Leftrightarrow \displaystyle \frac{1}{2}S&=\displaystyle \frac{1}{2}+\displaystyle \frac{\displaystyle \frac{1}{2}}{1-\displaystyle \frac{1}{2}}=\displaystyle \frac{1}{2}+\displaystyle \frac{\frac{1}{2}}{\frac{1}{2}}=\displaystyle \frac{1}{2}+1=\color{blue}\displaystyle \frac{3}{2}\\ \Leftrightarrow \displaystyle \frac{1}{2}S&=\displaystyle \frac{3}{2}\\ \Leftrightarrow \, \: \: \: S&=\color{red}3 \end{aligned} \end{aligned}\\ &\color{blue}\textbf{Alternatif 2}\\ &\begin{aligned}&S_{\infty }=\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{3}{4}+\frac{5}{8}+\frac{7}{16}+\frac{9}{32}+\cdots \\ &\color{purple}\textrm{dengan suku awal geometri bukan 1, maka kita ubah menjadi}\\ &2S_{\infty }=1+\displaystyle \frac{3}{2}+\frac{5}{4}+\frac{7}{8}+\frac{9}{16}+\cdots \\ &\begin{array}{|c|c|}\hline \textrm{Bagian aritmetika}&\textrm{Bagian Geometri}\\ (\textrm{lihat bagian pembilang})&(\textrm{bagian pembilang-penyebut})\\\hline \begin{cases} \bullet \quad a& =U_{1}=1 \\ \bullet \: \: \: \: b&=U_{2}-U_{1}=3-1=2 \end{cases}&\bullet \quad r=\displaystyle \frac{U_{2}}{U_{1}}=\frac{\frac{1}{2}}{1}=\displaystyle \frac{1}{2}\\\hline \end{array}\\ &\begin{aligned}2S_{\infty }&=\color{red}\displaystyle \frac{a}{(1-r)}+\frac{br}{(1-r)^{2}}\\ 2S_{\infty }&=\displaystyle \frac{1}{1-\frac{1}{2}}+\frac{2\times \frac{1}{2}}{(1-\frac{1}{2})^{2}}=2+4=6\\ S_{\infty }&=\color{red}3 \end{aligned}\\ &\textrm{Jadi},\: \: \displaystyle \frac{1}{2}+\frac{3}{4}+\frac{5}{8}+\frac{7}{16}+\frac{9}{32}+\cdots =\color{red}3\end{aligned} \end{array}$.
$.\qquad \textrm{Untuk link materi pada pembahasan alternatif 2}$. di sini
$\begin{array}{ll}\\ 10.&\textrm{Hasil penjumlahan dari}\\ &\displaystyle \frac{1}{3}+\frac{2}{9}+\frac{3}{27}+\frac{4}{81}+\frac{5}{243}+\cdots =\cdots \\ &\begin{array}{lllllll}\\ \textrm{A}.&\displaystyle \frac{2}{3}&&&\textrm{D}.&\color{red}\displaystyle \frac{4}{3}\\\\ \textrm{B}.&\displaystyle \frac{3}{4}\qquad&\textrm{C}.&1\qquad&\textrm{E}.&\displaystyle \frac{3}{2} \end{array}\\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\begin{aligned}&S_{\infty }=\displaystyle \frac{1}{3}+\frac{2}{9}+\frac{3}{27}+\frac{4}{81}+\frac{5}{243}+\cdots \\ &\color{purple}\textrm{dengan suku awal geometri bukan 1, maka kita ubah menjadi}\\ &3S_{\infty }=1+\displaystyle \frac{2}{3}+\frac{3}{9}+\frac{4}{27}+\frac{5}{81}+\cdots \\ &\begin{array}{|c|c|}\hline \textrm{Bagian aritmetika}&\textrm{Bagian Geometri}\\ (\textrm{lihat bagian pembilang})&(\textrm{bagian pembilang-penyebut})\\\hline \begin{cases} \bullet \quad a& =U_{1}=1 \\ \bullet \: \: \: \: b&=U_{2}-U_{1}=2-1=1 \end{cases}&\bullet \quad r=\displaystyle \frac{U_{2}}{U_{1}}=\frac{\frac{1}{3}}{1}=\displaystyle \frac{1}{3}\\\hline \end{array}\\ &\begin{aligned}3S_{\infty }&=\color{red}\displaystyle \frac{a}{(1-r)}+\frac{br}{(1-r)^{2}}\\ 3S_{\infty }&=\displaystyle \frac{1}{1-\frac{1}{3}}+\frac{1\times \frac{1}{3}}{(1-\frac{1}{3})^{2}}=\displaystyle \frac{3}{2}+\frac{3}{4}=\displaystyle \frac{9}{4}\\ S_{\infty }&=\color{red}\displaystyle \frac{3}{4} \end{aligned}\\ &\textrm{Jadi},\: \: \displaystyle \frac{1}{3}+\frac{2}{9}+\frac{3}{27}+\frac{4}{81}+\frac{5}{243}+\cdots =\color{red}\displaystyle \frac{3}{4}\end{aligned} \end{array}$ .
Lanjutan (Barisan & Deret)
$\begin{array}{ll}\\ 5.&\textbf{(Lomba Matematika Nasional}\\ &\textbf{HIMATIKA UGM 2006)} \\ &\textrm{Jika bilangan}\\ &A=\displaystyle \frac{1}{1+1}+\frac{1}{1+2}+\frac{1}{1+3}+\cdots +\frac{1}{1+100}\\ &B=\displaystyle \frac{1}{1+1}+\frac{1}{1+\displaystyle \frac{1}{2}}+\frac{1}{1+\displaystyle \frac{1}{3}}+\cdots +\frac{1}{1+\displaystyle \frac{1}{100}}\\ &\textrm{maka}\: \: A+B\: \: \textrm{sama dengan}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad 202 \: \: \qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \color{red}100\\ &\textrm{B}.\quad 200\qquad\qquad \color{black}\textrm{C}.\quad 101\qquad\quad \color{black}\textrm{E}.\quad 99\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikan bahwa}\\ &\begin{array}{ll}\\ \begin{aligned}A&=\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{1}{3}+\frac{1}{4}+\cdots +\frac{1}{101}\\ B&=\displaystyle \frac{1}{2}+\frac{2}{3}+\frac{3}{4}+\cdots +\frac{100}{101}\\ \end{aligned}&\\&+\\\hline \\ A+B=\underset{100}{\underbrace{1+1+1+\cdots +1}}&=\color{red}100 \end{array} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 6.&\textbf{(OSN tk. Kota/Kab 2002)} \\ &\textrm{Misalkan}\\ &a=\displaystyle \frac{1^{2}}{1}+\frac{2^{2}}{3}+\frac{3^{2}}{5}+\cdots +\frac{1001^{2}}{2001}\\\\ &b=\displaystyle \frac{1^{2}}{3}+\frac{2^{2}}{5}+\frac{3^{2}}{7}+\cdots +\frac{1001^{2}}{2003}\\ &\textrm{Tentukanlah bilangan bulat yang}\\ &\textrm{nilainya paling dekat ke}\: \: a-b\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikan bahwa}\\ &\begin{aligned}a-b &=\left (\displaystyle \frac{1^{2}}{1}+\frac{2^{2}}{3}+\frac{3^{2}}{5}+\cdots +\frac{1001^{2}}{2001} \right )\\ &\: -\left ( \displaystyle \frac{1^{2}}{3}+\frac{2^{2}}{5}+\frac{3^{2}}{7}+\cdots +\frac{1001^{2}}{2003} \right )\\ &=\displaystyle \frac{1^{2}}{1}+\left ( \displaystyle \frac{2^{2}}{3}-\displaystyle \frac{1^{2}}{3} \right )+\left ( \displaystyle \frac{3^{2}}{5}-\displaystyle \frac{2^{2}}{5} \right )\\ &\: +\left ( \displaystyle \frac{4^{2}}{7}-\displaystyle \frac{3^{2}}{7} \right )+\cdots +\left ( \displaystyle \frac{1001^{2}}{2001}-\displaystyle \frac{1000^{2}}{2001} \right )\\ &\: \: \: -\displaystyle \frac{1001^{2}}{2003}\\ &=\underset{1001}{\underbrace{1+1+1+\cdots +1}}-\displaystyle \frac{1001^{2}}{2003}\\ &=1001-\displaystyle \frac{1001^{2}}{2003}=1001\left ( \displaystyle \frac{2003-1001}{2003} \right )\\ &=\displaystyle \frac{1001\times 1002}{2003}> \displaystyle \frac{1001}{2}=\color{red}500,5 \end{aligned}\\ &\textrm{Jadi bilangan bulat yang paling dekat}\\ &\textrm{ke}\: \: a-b\: \: \textrm{adalah}\: \: \color{red}501 \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 7.&\textrm{Misalkan}\\ &a_{n}=\displaystyle \frac{n(n+1)}{2},\: \textrm{tentukanlah jumlah}\\ &\textrm{dari}\: \: \displaystyle \frac{1}{a_{1}}+\frac{1}{a_{2}}+\cdots +\frac{1}{a_{2023}}\\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\begin{aligned}a_{n}&=\displaystyle \frac{n(n+1)}{2},\: \: \textrm{maka}\\ \displaystyle \frac{1}{a_{n}}&=\displaystyle \frac{2}{n(n+1)}\\ &=2\left ( \displaystyle \frac{1}{n}-\frac{1}{n+1} \right )\\ &\color{red}\textrm{lihat pembahasan no.3 di atas}\\ & \end{aligned} \\ &\begin{aligned}&\displaystyle \frac{1}{a_{1}}+\frac{1}{a_{2}}+\cdots +\frac{1}{a_{2023}}\\ &=2\left ( \left (1-\displaystyle \frac{1}{2} \right )+\left ( \displaystyle \frac{1}{2}-\frac{1}{3} \right )+\cdots +\left ( \displaystyle \frac{1}{2022}-\frac{1}{2023} \right ) \right )\\ &=2\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{2023} \right )\\ &=2\left (\displaystyle \frac{2022}{2023} \right )=\color{blue}\displaystyle \frac{4044}{2023} \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 8.&\textrm{Misalkan}\: \: n\: \: \textrm{adalah bilangan asli}\\ &\textrm{dan}\: \: \left \{ a_{n} \right \}\: \textrm{adalah barisan bilangan real}\\ &\textrm{dengan}\: \: a_{n}=\displaystyle \frac{2^{n}}{2^{2n+1}-2^{n+1}-2^{n}+1}\\\\ &\textrm{Tunjukkan bahwa untuk setiap bilangan}\\ &\textrm{asli}\: \: n, \: \: \textrm{berlaku}\: \: \: a_{1}+a_{2}+\cdots +a_{n}<1\\\\ &\textbf{Bukti}:\\ &\begin{aligned}a_{n}&=\displaystyle \frac{2^{n}}{2^{2n+1}-2^{n+1}-2^{n}+1}\\ &=\displaystyle \frac{2^{n}}{(2^{n+1}-1)(2^{n}-1)}\\ &=\left ( \displaystyle \frac{1}{2^{n+1}-1}-\frac{1}{2^{n}-1} \right )\\ a_{1}&=\displaystyle \frac{1}{2^{1}-1}-\frac{1}{2^{2}-1}=1-\displaystyle \frac{1}{3}\\ a_{2}&=\displaystyle \frac{1}{2^{2}-1}-\frac{1}{2^{3}-1}=\frac{1}{3}-\frac{1}{7}\\ a_{3}&=\displaystyle \frac{1}{2^{3}-1}-\frac{1}{2^{4}-1}=\frac{1}{7}-\frac{1}{15}\\ &\vdots \qquad\qquad\qquad \vdots \\ a_{n}&=\displaystyle \frac{1}{2^{n}-1}-\frac{1}{2^{n+1}-1}\quad\quad\quad\quad +\\ \color{purple}a_{1}&\color{purple}+a_{2}+a_{3}+\cdots +a_{n}\\ &=\color{red}1-\displaystyle \frac{1}{2^{n+1}-1}< 1\qquad \color{black}\blacksquare \end{aligned} \end{array}$.
Selingan (Barisan & Deret)
Lanjutan contoh soal dan pembahasannya terkait barisan dan deret
$\begin{array}{ll}\\ 1.&\textrm{Hasil kali bilangan bentuk berikut}\\ &\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{4} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{5} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{6} \right )\cdots \left ( 1-\displaystyle \frac{1}{100} \right )\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad \displaystyle \frac{1}{100} \: \: \qquad\qquad\qquad\qquad\qquad \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{4}{100}\\\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{2}{100}\qquad\qquad \color{black}\textrm{C}.\quad \displaystyle \color{red}\frac{3}{100}\qquad\quad \color{black}\textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{5}{100}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Perhatikan bahwa}\\ &\begin{aligned}&\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{4} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{5} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{6} \right )\cdots \left ( 1-\displaystyle \frac{1}{100} \right )\\ &=\left ( \displaystyle \frac{3}{4} \right )\left ( \displaystyle \frac{4}{5} \right )\left ( \displaystyle \frac{5}{6} \right )\cdots \left ( \displaystyle \frac{99}{100} \right )\\ &=\left ( \displaystyle \frac{\color{red}3}{\not{4}} \right )\left ( \displaystyle \frac{\not{4}}{\not{5}} \right )\left ( \displaystyle \frac{\not{5}}{\not{6}} \right )\cdots \left ( \displaystyle \frac{\not{99}}{\color{red}100} \right )\\ &=\color{red}\displaystyle \frac{3}{100} \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 2.&\textrm{Hasil kali bilangan bentuk berikut}\\ &\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{3} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{5} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{7} \right )\cdots \left ( 1-\displaystyle \frac{2}{2023} \right )\\ &\textrm{adalah}\: ....\\ &\textrm{A}.\quad \color{red}\displaystyle \frac{1}{2023} \: \: \qquad\qquad\qquad\qquad\qquad\: \: \textrm{D}.\quad \displaystyle \frac{4}{2023}\\\\ &\textrm{B}.\quad \displaystyle \frac{2}{2023}\qquad\qquad \color{black}\textrm{C}.\quad \displaystyle \frac{3}{2023}\qquad\quad \color{black}\textrm{E}.\quad \displaystyle \frac{5}{2023}\\\\ &\textbf{Jawab}:\\ &\textrm{Dengan cara pembahasan pada no.1 di atas, maka}\\ &\begin{aligned}&\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{3} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{5} \right )\left ( 1-\displaystyle \frac{2}{7} \right )\cdots \left ( 1-\displaystyle \frac{2}{2023} \right )\\ &=\left ( \displaystyle \frac{1}{3} \right )\left ( \displaystyle \frac{3}{5} \right )\left ( \displaystyle \frac{5}{7} \right )\cdots \left ( \displaystyle \frac{2021}{2023} \right )\\ &=\left ( \displaystyle \frac{\color{red}1}{\not{3}} \right )\left ( \displaystyle \frac{\not{3}}{\not{5}} \right )\left ( \displaystyle \frac{\not{5}}{\not{7}} \right )\cdots \left ( \displaystyle \frac{\not{2021}}{\color{red}2023} \right )\\ &=\color{red}\displaystyle \frac{1}{2023} \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 3.&\textrm{Bentuk sederhana dari}\\ &\displaystyle \frac{1}{1\times 2}+\frac{1}{2\times 3}+\frac{1}{3\times 4}+\cdots +\frac{1}{2022\times 2023}\\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\begin{aligned}&=\left ( 1-\displaystyle \frac{1}{2} \right )+\left ( \displaystyle \frac{1}{2}-\frac{1}{3} \right )+\left ( \displaystyle \frac{1}{3}-\frac{1}{4} \right )+\\ & \qquad\qquad +\quad\cdots\qquad +\left ( \displaystyle \frac{1}{2022}-\frac{1}{2023} \right )\\ &=1-\displaystyle \frac{1}{2023}\\ &=\color{blue}\displaystyle \frac{2022}{2023} \end{aligned} \end{array}$.
$\begin{array}{|c|}\hline \begin{aligned}\color{blue}\textbf{Seb}&\color{blue}\textbf{agai pengingat kita}\\ \bullet \quad&1+2+3+\cdots +n=\displaystyle \frac{n(n+1)}{2}\\ \bullet \quad&1+3+5+\cdots +(2n-1)=n^{2}\\ \bullet \quad&1^{2}+2^{2}+3^{2}+\cdots +n^{2}=\displaystyle \frac{n(n+1)(2n+1)}{6}\\ \bullet \quad&1^{3}+2^{3}+3^{3}+\cdots +n^{3}=\left ( \displaystyle \frac{n(n+1)}{2} \right )^{2}\\ \bullet \quad&1+\displaystyle \frac{1}{1+2}+\frac{1}{1+2+3}+\cdots +\frac{1}{1+2+3+\cdots +n}=\displaystyle \frac{2n}{n+1}\\ \bullet \quad&\displaystyle \frac{1}{1\times 2}+\frac{1}{2\times 3}+\frac{1}{3\times 4}+\cdots +\frac{1}{n(n+1)}=\displaystyle \frac{n}{n+1}\\ \bullet \quad&\displaystyle \frac{1}{1.2.3}+\frac{1}{2.3.4}+\cdots +\frac{1}{n(n+1)(n+2)}=\displaystyle \frac{n(n+3)}{4(n+1)(n+2)} \end{aligned}\\\hline \end{array}$.
$\begin{array}{ll}\\ 4.&\textrm{Bentuk sederhana dari}\\ &\displaystyle \frac{1}{1+\sqrt{2}}+\frac{1}{\sqrt{2}+\sqrt{3}}+\frac{1}{\sqrt{3}+\sqrt{4}}+\cdots +\frac{1}{\sqrt{2023}-\sqrt{2022}}\\\\ &\textbf{Pembahasan}:\\ &\begin{aligned}\displaystyle \frac{1}{1+\sqrt{2}}&=\frac{1}{1+\sqrt{2}}\times \frac{1-\sqrt{2}}{1-\sqrt{2}}\\ &=\displaystyle \frac{1-\sqrt{2}}{1^{2}-(\sqrt{2})^{2}}=\frac{1-\sqrt{2}}{1-2}\\ &=\displaystyle \frac{1-\sqrt{2}}{-1}=\color{red}\sqrt{2}-1\\ \displaystyle \frac{1}{\sqrt{2}+\sqrt{3}}&=\frac{1}{\sqrt{2}+\sqrt{3}}\times \frac{\sqrt{2}-\sqrt{3}}{\sqrt{2}-\sqrt{3}}\\ &=\displaystyle \frac{\sqrt{2}-\sqrt{3}}{(\sqrt{2})^{2}-(\sqrt{3})^{2}}=\frac{\sqrt{2}-\sqrt{3}}{2-3}\\ &=\displaystyle \frac{\sqrt{2}-\sqrt{3}}{-1}=\color{red}\sqrt{3}-\sqrt{2}\\ \displaystyle \frac{1}{\sqrt{3}+\sqrt{4}}&=\frac{1}{\sqrt{3}+\sqrt{4}}\times \frac{\sqrt{3}-\sqrt{4}}{\sqrt{3}-\sqrt{4}}\\ &=\displaystyle \frac{\sqrt{3}-\sqrt{4}}{(\sqrt{3})^{2}-(\sqrt{4})^{2}}=\frac{\sqrt{3}-\sqrt{4}}{3-4}\\ &=\displaystyle \frac{\sqrt{3}-\sqrt{4}}{-1}=\color{red}\sqrt{4}-\sqrt{3}\\ &\vdots \\ \end{aligned}\\ &\textrm{Sehingga}\\ &\begin{aligned}&=\color{red}\not{\sqrt{2}}-1\color{black}+\color{red}\not{\sqrt{3}}-\not{\sqrt{2}}\color{black}+\color{red}\not{\sqrt{4}}-\not{\sqrt{3}}\color{black}+\color{red}\cdots \color{black}+\color{red}\sqrt{2023}-\not{\sqrt{2022}}\\ &=\color{blue}\sqrt{2023}-1 \end{aligned} \end{array}$
Contoh Soal Persiapan Menghadapi Semester Gasal Tahun 2022 untuk Kelas XII MA/SMA/MAK Matematika Wajib (K13 Revisi)
MATEMATIKA WAJIB
Kelas XII
1. Bangun ruang / dimensi tiga
2. Statistika
Contoh soal dan pembahasan materi terkait di atas lebih dari 85 soal disertai dengan pembahasannya, berikut linknya
Dimensi tiga
Statistika
no. 36
no. 56 sampai dengan 59
Contoh Soal Persiapan Menghadapi Semester Gasal Tahun 2022 untuk Kelas XI MA/SMA/MAK Matematika Wajib (K13 Revisi)
MATEMATIKA WAJIB
Kelas XI
1. Induksi matematika dan pola bilangan
2. Program linear
3. Matrik dan operasi matriks
4. Transformasi geometri
Contoh soal dan pembahasan materi terkait di atas ada sebanyak 100 contoh soal diserati dengan pembahasannya, berikut link soal yang dimaksud
Tambahan contoh soal khusus pola bilangan dan barisan serta deret aritmetika dan geometri
Tambahan contoh soal khusus transformasi geometri
Contoh Soal Persiapan Menghadapi Semester Gasal Tahun 2022 untuk Kelas X MA/SMA/MAK Matematika Wajib (K13 Revisi)
MATEMATIKA WAJIB
Kelas X
1. Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
2. Pertidaksamaan rasional dan irasional
3. Sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan dua variabel
Contoh soal dan pembahasan materi terkait di atas ada sebanyak 110 soal disertai dengan pembahasannya, berikut link soalnya